Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Contoh Soal Ujian Akhir Sekolah Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum K13

ilmubindo.com_ Kali inin admin akan membagikan contoh soal Ujian Sekolah kelas 9 mata pelajaran Bahasa Indonesia. Semoga soal-soal yang admin bagikan ini dapat membantu peserta didik dalam mencari referensi soal-soal terbaru seputar Ujian Sekolah tahun ini. Selamat belajar, dan kiranya apa yang kalian pelajari saat ini dapat bermanfaat. Salam sukses.

1. Perhatikan penggalan teks ulasan berikut!
Sulit sekali menemukan kekurangan pada buku ini. Semua unsur yang seharusnya dimiliki sebuah karya fiksi terpenuhi oleh buku ini. Bagi siswa yang tidak senang membaca karya sastra memang buku ini tidak menarik sebab novel ini serius dan tidak  cukup menarik.

Makna kata bergaris bawah pada teks ulasan tersebut adalah ...
A. rekaan/khayalan
B. sesuatu yang pasti
C. cerita nyata
D. objektif

Contoh Soal Ujian Akhir Sekolah Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum K13
www.ilmubindo.com
2. Perhatikan teks berikut!
David Cooper melihat masyarakat dengan kaca mata hitam-putih. Ia membagi masyarakat menjadi dua golongan saja yaitu, kelas menengah dan kaum buruh. Masyarakat kelas menengah cenderung pandai dan masyarakat kaum buruh cenderung lebih bodoh. Padahal dalam kenyataan sehari-hari banyak tokoh-tokoh masyarat yang berasal dari kaum buruh dan sebaliknya, tidak sedikit sampah masyarakat berasal dari kelas menengah.

Makna kata "sampah masyarakat" pada kalimat terakhir teks tersebut adalah ...
A. sampah yang bertebaran di tengah-tengah masyarakat
B. orang yang pekerjaannya memungut sampah di tengah masyarakat.
C. orang-orang yang dianggap tidak berguna bagi masyarakat
D. sampah yang menjadikan lingkungan masyarakat kotor

3. Bacalah paragraf berikut!
Pemerintah akan memberikan bantuan pembangunan rumah atau bangunan kepada korban gempa. Bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut disesuaikan dengan tingkat kerusakannya. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapat bantuan sekitar 10 juta. Warga yang rumahnya rusak sedang mendapat bantuan sekitar 20 juta, Warga rumahnya rusak berat mendapat bantuan sekitar 30 juta. Calon penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dengan pengawasan dari pihak LSM.

Informasi tersurat dari paragraf tersebut adalah ...
A. Pemerintah Indonesia sangat peduli terhadap rakyatnya yang sedang terimpa bencana.
B. Aparat desa dengan pengawasan dari pihak LSM bekerja keras membantu pemerintah.
C. Pemerintah akan memberikan bantuan pembangunan rumah atau bangunan kepada korban gempa.
D. Warga yang rumahnya rusak berat mendapatkan bantuan 20 juta lebih banyak dari yang rusak ringan.

4. (1) Perilaku sehat merupakan pilar yang utama. (2) Hal ini karena komponen tersebut ternyata sangat berpengatuh kepada kedua pilar lainnya. (3) Seperti seseorang dengan perilaku sehat, tentu akan menjaga lingkungannya tetap sehat juga. (4) Selain itu, dengan perilaku sehat, seseorang akan memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang ada untuk menjaga kesehatannya.

Kalimat penjelas dalam teks eksposisi tersebut adalah nomor ...
A. 2, 3, 4
B. 3, 4, 1
C. 2, 3, 1
D. 1, 2, 3, 4

5. Bunga glabrata memang uni. Kantong ketakungnya terlihat berbeda dengan nephentes yang lain, memiliki dua sayap memanjang di bagian depannya. Keunikan kantong glabrata adalah kelopak yang sangat tipis, sehingga seperti transparan. Denga kantong itulah sang ketakung memerangkap dari golongan arthropoda.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ...
A. Keunikan bunga glabrata
B. Perbedaan bunga glabrata
C. Bentuk bunga glabrata
D. Bagian bunga glabrata

6. Bacalah teks eksposisi berikut dengan saksama!
(1) Kenaikan tarif BBM merupakan pilihan yang harus diambil dalam rangka penghematan konsumsi bahan bakar minyak (BBM). (2) Sebab, tanpa langkah penghematan, konsumsi BBM akan mencapai 65 juta kiloliter per tahun atau 10 persen dari jatah yang ditetapkan DPR, sebesar 59,6 juta kiloliter per tahun. (3) Penjualan mobil tahun 2015 semakin meningkat. (4) Kebijakan ini lebih baik kerena mendorong produksi mobil yang lebih hemat energi. Kenaikan tarif BBM ini hanya akan efektif menurunkan konsumsi BBM jika sambungkan dengan kebijakan penghematan lainnya, yaitu batasan temperatur pendingin udara dan pengurangan jam siar televisi. Kalau yang dilihat hanya satu bagian, pasti tidak efektif karena yang dikenal hanya masyarakat tertentu, yaitu pemiliki mobil antara 1.500 cc hingga 3.000 cc.

Kalimat utama teks eksposisi tersebut adalah nomor ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

7. Sepeda memiliki magnet bagi banyak orang. Bukan hanya anak-anak yang menggemari sepeda, para remaja, orang dewasa usia produktif hingga orang-orang yang sudah beranjak tua senang bersepeda. Bahkan, kini sepeda sudah menjadi bagian dari gaya hidup msyarakat perkotaan.

Simpulan isi paragraf tersebut adalah ...
A. Sepeda dapat dijumpai di mana pun.
B. Sepeda sebagai alat transportasi modern.
C. Sepeda bermanfaat bagi kesehatan masyarakat.
D. Sepeda digemari oleh berbagai lapisan masyarakat.

8. Pada dasarnya saat ini kegiatan masyarakat tidak lepas dari listrik, dari kalangan kurang mampu sampai pengusaha kaya raya membutuhkan listrik. Apalagi jumlah penduduk di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya kebutuhan listrik akan semakin meningkat pula. PLN yang bertanggung jawab atas ketersedian listrik di Indonesia sudah mengeluarkan kebijakan listrik bersubsudi. Keputusan ini dianggap tepat karena kebijakan listrik bersubsidi ini dapat meratakan ketersediaan listrik di Indonesia.

Simpulan pendapat pro pada teks tersebut adalah ...
A. Pada dasarnya saat ini kegiatan masyarakat tidak lepas dari listrik. Dari kalangan kurang mampu sampai pengusaha kaya raya membutuhkan listrik.
B. Apalagi jumlah penduduk di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya maka kebutuhan listrik akan semakin meningkat pula.
C. PLN yang bertanggung jawab atas ketersedian listrik di Indonesia sudah mengeluarkan kebijakan listrik bersubsidi.
D. Keputusan ini dianggap tepat karena kebijakan listrik bersubsidi ini dapat meratakan ketersediaan listrik di Indonesia.

9. (1) Buku ini secara garis besar bercerita mengenai persahabatan dan nasionalisme. (2) Banyak diantara kita yang beranggapan nasionalisme adalah perkara yang pelik. (3) Melalui 5 cm, kita diajak "bermain-main" dengan rasa cinta pada negeri ini secara sederhana melalui kelima sahabat yang menjadi tokoh utama novel besutan penulis muda, Donny Dirghantoro. (4) Novel ini dibuka dengan perkenalan masing-masing tokoh yaitu Arial, Zafran, Genta, Riani, dan Ian.

Hal yang menyatakan pendapat kontra penulis ditunjukkan pada kalimat nomor ...
A. kalimat 1
B. kalimat 2
C. kalimat 3
D. kalimat 4

10. Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati. Benda hidup memiliki ciri-ciri umum, seperti bergerak, bernapas, tumbuh, dan mempunyai keturunan. Benda hidup juga membutuhkan makanan. Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut. Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga adalah contoh benda hidup. Sementara itu, kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.

Ringkasan isi teks laporan tersebut  ...
A. Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati, yang masing-masing memiliki ciri-ciri umum.
B. Semua benda di dunia dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati.
C. Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati, keduanya mempunyai ciri yang berbeda.
D. Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati, yang keduanya sama.

11. Bacalah kedua teks biografi berikut dengan saksama!
Teks 1
Dia seorang politisi lintas orde yang telah teruji. Mantan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (1988-1993) dan Menteri Negara Lingkungan Hidup (1993-1998) di era Presiden Soeharto ini teruji bebas KKN. Pada era pemerintahan Abdurahman Wahid, ia dipercaya menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan (1999-2001). Seperti burung phoenix, ia merupakan orang yang tak mau mundur dan selalu hidup kembali. Kariernya berliku timbul tenggelam sampai akhirnya ia menjabat Menteri Lingkungan Hidup. Impian ini terwujud setelah 30 tahun melalui perjalanan panjang. Sebelas tahun ia sabar menjadi sukarelawan di Kementrian Lingkungan Hidup. Namun, itulah yang membuat hidupnya lebih terpacu mewujudkan obsesi mengatur dan memperbaiki lingkungan di Indonesia.

Teks 2
Sekolah menengah di tahun 1950-an, buku pegangan Tata Bahasa Indonesia adalah karangan Sutan Takdir Alisjahbana (STA). Bahasa Indonesia, memang pelajaran pokok dan semua murid harus memiliki buku itu. Setelah tua sekarang ini, kita menyadari betapa pentingnya tata bahasa itu. Sebab sampai sekarang pun masih banyak banyak bangsa kita yang Bahasa Indonesianya berlepotan. Haruslah diakui bahwa STA merupakan tokoh yang telah berjasa bagi kita semua. Melihat pendidikannya yang pernah belajar di Kweek School (Sekolah Guru), kita segera tahu mengapa karangan-karangannya ditulisnya dengan bahasa yang bagus dan memukau. Belakangan, bahkan dua jilid bukunya Tata Bahasa Baru Bahasa Indonesia yang menjadi buku resmi  pengajaran Bahasa Indonesia di sekolah-sekolah itu, sudah dicetak ulang ke-41 kalinya cukup fantastis!

Perbedaan pola penyajian kedua teks biografi tersebut adalah ...
A. Teks 1, apa-siapa-mengapa. Teks 2, bagaimana-siapa-apa
B. Teks 1, siapa-kapan-apa. Teks 2, apa-apa-siapa
C. Teks 1, bagaimana-mengapa-apa. Teks 2, siapa-apa-mengapa
D. Teks 1, kapan-bagaimana-apa. Teks 2, siapa-kapan-bagaimana

12. Simak penggalan teks berikut!
Jika ditelaah, Donny Dhirgantoro menggunakan bahasa sehari-hari khas anak muda Jakarta. Bahasanya ringan namun tetap sanggup menghantarkan makna yang dalam. Dalam novel ini, penulis juga banyak menyisipkan kata-kata asing sebab ada banyak kutipan lirik lagu yang dimasukkan. Bagi sebagian orang, hal ini mencederai jiwa nasionalis yang mencoba dibangun novel ini dibagian akhir. Namun, jika jernih melihat, nasionalisme tak ada hubungannya dengan selera musik. Secara umum, dari pemilihan bahasa, Donny dengan jelas membidik pembaca muda.

Yang merupakan kelemahan dari isi teks narasi tersebut adalah ...
A. Menggunakan bahasa sehari-hari khas anak muda Jakarta
B. Bahasanya ringan namun tetap sanggup menghantarkan makna yang dalam.
C. Menyisip kata-kata asing yang mudah dipahami pembaca
D. Menyisip kata-kata asing yang sulit dipahami pembaca.

Perhatikan penggalan fabel berikut untuk soal nomor 13 dan 14!
...
Pada suatu pagi yang cerah, ia bergumam "sepertinya aku hanya cocok melakukan pekerjaan pada ketinggian atau di luar ruangan. "Saat Jiji sedang berkeliling kampung, tiba-tiba ia melihat seekor tikus yang sedang mengecat sebuah rumah. Namun, tikus itu terlihat kesulitan untuk mengecat langit-langit rumah, karena ia terlalu pendek dan hanya mengandalkan tangga yang tidak begitu tinggi.
"Hai teman!" Sapa Jiji.
"Halo," sahut Kus Tikus.
"Apakah kamu kesulitan?" Tanya Jiji.
Kus Tikus menjawab, "Aku tidak bisa mecapai langit-langit itu karena lenganku yang pendek."
...

13. Makna kata bergaris bawah pada teks fabel tersebut adalah ...
A. menggunakan fungsi
B. percaya pada kekuatan
C. memanjat tanpa keraguan
D. menaiki dengan berani

14.Kutipan fabel tersebut merupakan bagian ...
A. orientasi
B. komplikasi
C. resolusi
D. koda

15. Bacalah  kutipan cerita berikut dengan saksama!
Tatkala aku masuk sekolah Mulo, demikian fasih lidahku dalam bahasa Belanda sehingga orang yang hanya mendengarkanku berbicara dan tidak melihat aku, mengira aku anak Belanda. Aku pun bertambah lama bertambah percaya bahwa aku anak Belanda. Sungguh hari-hari ini makin ditebalkan pula oleh tingkah laku orang tuaku yang berupaya sepenuh daya menyesuaikan diri dengan lenggak-lenggok orang Belanda.

Simpulan makna simbol dari penggalan cerpen tersebut adalah ...
A. Jangan cepat menyerah pada keadaan bagaimanapun juga
B. Jangan membuang waktu selagi masih ada waktu
C. Sebaiknya kita menyesuaikan diri dengan keadaan
D. Jangan lupa diri bila menguasai bahasa orang.

16. "Begini, Musang itu hendak memangsa kita, jadi turuti perintahku, supaya Musang tidak dapat memangsa kita, naiklah ke kayu yang ada di atas itu, supaya kita selamat,"kata induk Ayam.
Anak-anaknya sangat takut, mereka menuruti apa saja yang dikatakan induknya. Mereka sudah berada di atas. Di saat itu Musang bangun, lalu masuk ke rumah tua itu, rumah itu sangat gelap, Musang hanya mengandalkan indra penciumannya saja. Di saat itulah Ayam-ayam langsung turun dari kayu itu dengan pelan-pelan supaya tidak ketahuan, dan mereka pun lari terbirit-birit. Akhirnya mereka pun menemukan jalan pulang, ayam-ayam pun selamat dari bahaya.

Simpulan makna simbol pada penggalan fabel tersebut adalah ...
A. Kehati-hatian sangat diperlukan dalam hidup
B. Kehati-hatian sangat diperlukan ketika situasi bahaya
C. Dalam keadaan darurat perlu hati-hati
D. Dalam situasi senang tidak perlu hati-hati

17. Cermati cerpen berikut!
Tarisa banyak difitnah oleh keluarga Rafli. Mula-mula ia dituduh sebagai pembawa sial dalam kehidupan keluarga Ibu Aminah, lalu dituduh pembawa sial atas terbakarnya toko buku keluarga Aminah. Pendek kata, kehadiran Tarisa dipandang sebagai sumber mala petaka dan kehancuran keluarga Ibu Aminah. Bahkan, perkawinan Rafli dan Tarisa pun terancam bubar. Akan tetapi, sumber segala persoalan sebenarnya bermula dari kehadiran sosok Farida.

Simpulan isi tersirat yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Setiap manusia yang melakukan tindakan tertentu akan memetik buah dari segala tindakannya suatu saat nanti.
B. Maksud yang baik belum tentu dapat diterima sebagai suatu kebaikan, namun jangan pernah berhenti untuk berbuat baik
C. Bencana tidak diketahui dari mana datangnya, bencana dapat datang kapan saja tetapi jangan pernah putus asa.
D. Kita harus waspada terhadap kehadiran orang ketiga yang justru sering menimbulkan masalah dan kehancuran keluarga.

18. Seekor Rubah tengah berjalan lewat hutan ketika dia melihat seekor Gagak berdiri di atas ranting dengan sepotong keju di paruhnya. Rubah yang menginginkan keju tersebut memutuskan untuk mengecoh Gagak.
"Kulihat seekor burung mulia dan ramah di atas pohon," tutur Rubah, "Burung itu terlihat indah!  Jika suaranya indah seperti yang terlihat, maka tidak diragukan lagi, dia adalah permata semua burung. "Gagak begitu tersanjung mendengar pujian dari Rubah. Dia pun membuka paruhnya untuk berkicau menunjukkan suaranya pada rubah. "Caw.. caw...caw..." serunya. Keju yang ada di paruhnya pun terjatuh. Rubah segera mengambil keju itu dan pergi.

Simpulan isi tersirat dari fabel tersebut adalah ...
A. Waspadalah terhadap pujian
B. Berhati-hatilah pada teman baru
C. Jangan suka berbohong
D. Janganlah berlaku sombong

19. Keesokan harinya, betapa terkejutnya Sabir melihat onggokan onderdil sepedanya sudah leyap dari tempatnya. Padahal itu dia sudah ada janji dengan Pak Wahid untuk membeli kelengkapan onderdil darinya. Dengan langkah mantap didekatinya teman-temannya di ruang makan. "Saya tahu siapa diantara kalian yang mengambil onderdil sepeda saya. Mungkin satu atau dua diantara kalian," ucap Sabir sambil menatap Diki dan Bondan, "Saya tidak mengancam, tetapi saya kira setiap orang mempunyai kewajiban mempertahankan haknya. Onderdil sepeda itu hak milik saya. Kalau sampai besok pagi tidak kembali tahu apa akibatnya. "Diki dan Bondan tampak pucat wajahnya.

Sebab konflik kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Onderdil sepeda Sabir yang hilang
B. Sabir mendatangi teman-temannya
C. Sabir menuduh teman-temannya
D. Diki dan Bondan mencuri Onderdil.

Simak penggalan fabel berikut, untuk menjawab soal nomor 20!
"Sedang apa kamu Kicip?" Tanya Kera.
"Mancing," kata Kicip.
"Apa umpannya, Cip?" Tanya Kera.
" Cacing," jawab Kicip.
"Apa gagangnya, Cip?" Tanya Kera lagi.
"Bambu,"jawab Kicip.
Kera terus saja bertanya, hingga Kicip pun kesal. Maka ketika Kera bertanya lagi, ia menjawab.
"Sedang apa kamu, Cip?" Tanya Kera.
"Mancing," jawab Kicip.
"Apa umpannya, Cip?" Tanya Kera lagi.
"Hati Kera," jawab Kicip.
"Apa gagangnya, Cip?" Tanya Kera.
"Tangan Kera," Jawab Kicip.
Si Kera pun marah. Ia menggigit Kicip habis-habisan. Kicip pun pulang ke rumah dengan menangis.

20. Simpulan akibat konflik pada penggalan fabel tersebut adalah ...
A. Kera bertanya berulang-ulang kepada Kincip
B. Kera menggigit Kincip sampai habis
C. Si Kera marah pada Kincip, dan menggigit habis-habisan
D. Kincip pulang ke rumah sambil menangis

Cermati teks fabel berikut untuk menjawab soal nomor 21!
Teks 1
Di taman yang indah dan sejuk, hiduplah kupu-kupu dan lebah yang sangat cantik warnanya. Mereka bersahabat dan selalu bermain bersama. Kupu-kupu itu mempunyai warna nan elok bagaikan warna pelangi, dan lebah tersebut, warnanya bagaikan sinar mentari di pagi hari. Mereka sering bercanda tentang warna tubuhnya, mengapa mereka berbeda.
Suatu hari, mereka bermain di taman mawar. Di sana mereka berkejar-kejaran dengan seyum pesonanya. Lalu, Lebah berkata "Kupu-kupu, warna sayapmu bagus sekali, aku ingin punya warna sayap sepertimu." Kupu-kupu pun menjawab dengan sombongnya "Kamu tidak mungkin punya warna sayap seperti aku, hanya yang elok saja yang punya warna seperti ini. Kamu kan jelek, tidak mungkin punya warna sayap seperti ini."

Teks 2
Pada suatu pagi Sang Semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, genangan lumpur terdapat dimana-mana. Lumpur yang licin membuat Semut terngelincir dan terjatuh ke dalam lumpur. Sang Semut hampir tenggelam dalam genangan lumpur itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan.
"Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong..., tolong!" Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah Semut. "Semut, penganglah erat-erat ranting itu! Nanti aku akan mengangkat ranting itu."Lalu, Sang Semut memengang ranting itu. Si Kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman.

21. Perbandingan penggunaan bahasa pada teks fabel 1 dan 2 adalah ...
A. Teks 1: bahasa lugas dan mudah dipahami
     Teks 2: bahasa kias dan bermajas
B. Teks 1: bahasa komunikatif dan singkat
     Teks 2: bahasa lugas dan penuh makna
C. Teks 1: bahasa kias dan bermajas
     Teks 2: bahasa lugas dan mudah dipahami
D. Teks 1: bahasa lugas dan mudah dipahami
     Teks 2: bahasa kias dan komunikatif.

22. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Setiap saat anak-anak selalu bermain di lapangan. Anak laki-laki bermain sepak bola, anak perempuan bermain lompat tali. Semua tampak gembira kecuali Tuning. Ia hanya memerhatikan kami dari balik pohon besar. "Kenapa Tuning kita tidak ajak main?" Usulku. Isna langsung melolot, "Apa kamu mau ketularan kutu rambutnya?" "Belum ingusnya yang menjijikkan itu," tambah Heppy. Teman-teman ramai komentar, semua menjelek-jelekkan Tuning. Sejak itu, aku tidak berani usul lagi untuk mengajak Tuning bermain bersama.
Pola pengembangan paragraf dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. klimaks
B. antiklimaks
C. klasifikasi
D. definisi

23. Setelah dilakukan  pengamatan pelaksanaan kompetisi olahraga bidang persepakbolaan Indonesia, dapat dihimpun bukti-bukti negatif yang menyertai kompetisi tersebut. Bukti-buktinya sebagai berikut: banyak klub persepakbolaan yang belum sportif mengikuti peraturan sepakbola, melakukan keributan saat pertandingan. Supporter banyak yang tidak tertip dan tidak tahu aturan, bahkan ada yang tidak segan-segan merusak stadion dengan sengaja. Yang parah lagi, masih terdapat kecurangan penskoran dari wasit yang tidak bisa dipertanggung jawabkan.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. Jadi, disimpulkan bahwa baru sedikit klub persepakbolaan yang taat akan aturan
B. Boleh dikatakan bahwa klub persepakbolaan tersebut harus banyak melakukan latihan
C. Memang sudah sejak lama kita ketahui bahwa pemandangan seperti itu sering terjadi
D. Dapat dikatakan bahwa persepakbolaan Indonesia belum dapat dikatakan profesional

24. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1) Penerapan terapi ini secara rutin dan konsisten selama 15 hari akan memberikan hasil yang luar biasa.
2) Lemon dan jeruk nipis ternyata bisa berkhasiat sebagai penghilang jerawat.
3) Kedua buah ini mengandung citric acid yang sangat kaya dan sangat baik untuk memindahkan sel-sel kulit mati yang bisa menjadi penyebab jerawat.
4) Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan perasan lemon dengan air mawar kemudian oleskan di wajah dan bairkan selama 10-15 menit.
5) Setelah itu bilas dengan air hangat.

Kalimat-kalimat tersebut  dapat disusun menjadi paragraf eksposisi yang padu dengan urutan ...
A. 2)-4)-5)-3)-1
B. 2)-3)-4)-5)-1
C. 3)-2)-4)-5)-1
D. 3)-2)-5)-4)-1

25. 1) Hatta dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia. 2) Bandar Udara Internasional Jakarta menggunakan namanya sebagai penghormatan terhadap jasanya sebagai salah seorang proklamator kemerdekaan Indonesia. 3) Drs. H. Mohammad Hatta lahir di Fort de Kock, Sumatera Barat, 12 Agustus 1902 dan meninggal di Jakarta, 14 Maret 1980 pada umur 77 tahun, adalah pejuang, negarawan, dan juga wakil presiden Indonesia yang pertama. 4) Ia mundur dari jabatan wakil presiden pada tahun 1956, karena berselisih dengan Presiden Soekarno.

Urutan yang tepat teks biografi tersebut adalah ...
A. 1-2-3-4
B. 3-4-1-2
C. 3-1-2-4
D. 1-3-4-2

26. 1) Bung Hatta adalah nama salah seorang dari beribu pahlawan yang pernah memperjuangkan kemerdekaan dan kemajuan Indonesia. 2) Sosok Bung Hatta telah telah begitu dekat dengan hati rakyat Indonesia karena perjuangan dan sifatnya yang begitu merakyat. 3) Nama yang diberikan oleh orang tuanya ketika dilahirkan adalah Muhammad Athar. 4) Anak perempuannya bernama Meutia Hatta menjawab sebagai Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dalam Kabinet Indonesia Bersatu pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 5) Ia dimakamkan di Tanah Kusir, Jakarta. 6) Besarnya peran beliau dalam perjuangan negeri ini sehingga disebut sebagai salah seorang "The Founding Father's of Indonesia".

Urutan yang tepat teks biografi tersebut adalah ...
A. 1-2-3-4-6-5
B. 3-4-5-1-2-6
C. 3-1-2-4-5-6
D. 1-3-4-2-5-6

27. 1) Tahun 2003, Neymar pindah bersama keluarganya ke Sao Vicente, dimana dia mulai bermain untuk tim junior Portuguesa Santista, lalu di tahun yang sama, ia pindah ke Santos dan bergabung dengan klub sepak bola Santos FC. 2) Di usianya yang ke 15, Neymar berhasil meraih 10.000 real per bulan dan tahun berikutnya, gajinya sudah  naik lebih dari sepuluh kali lipat menjadi 125.000 real per bulan. 3) Dengan uang hasil jerih payahnya itu, keluarganya dapat membeli rumah di kawasan Vila Belmiro. 4) Di luar gaji, Santos juga mendapatkan beberapa sponsor  serta kontrak professional penuh di grupnya pada usia 17 tahun. 5) Karirnya saat itu sudah mulai terlihat cerah. 6) Beranjak dari keluarga yang serba pas-pasan, Neymar berhasil mejadikan sepak bola  sebagai katalis untuk meningkatkan mutu hidup keluarganya.

Urutan yang tepat teks tersebut adalah ...
A. 1-5-6-2-3-4
B. 1-5-2-3-4-6
C. 1-5-6-2-4-3
D. 1-5-2-3-6-4

28. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1) Selain mempunyai rasa yang manis, ternyata buah ciplukan menyimpan beberapa khasiat penting untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti influenza, sakit paru-paru, kencing manis, dan beberapa penyakit lain.
2) Namun, meskipun memiliki khasiat penting, keberadaan tumbuhan ini sering disepelekan karena dianggap sebagai tumbuhan liar.
3) Tumbuhan ini biasanya mempunyai tinggi antara 30-50 cm, batangnya berwarna hijau kekuningan, buahnya berbentuk bulat dan berwarna kuning.
4) Ciplukan adalah tumbuhan semak yang biasa tumbuh di tanah-tanah kosong yang tidak terlalu becek dan hanya bisa ditemukan saat musim penghujan.

Urutan kalimat teks eksposisi tersebut yang tepat adalah ...
A. 3-4-2-1
B. 4-3-1-2
C. 4-3-2-1
D.3-4-1-2

29. Cermati teks laporan berikut!
1. Namun, tidak semua tumbuh-tumbuhan dapat melakukanya
2. Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri, sedangkan binatang tidak.
3. Jamur, tali putri, dan benalu adalah jenis tumbuhan tersebut.
4. Tumbuh-tumbuhan dapat melakukan sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh binatang.

Urutan kalimat teks laporan yang tepat adalah ...
A. 1-2-3-4
B. 4-3-2-1
C. 4-3-2-1
D. 3-4-1-2

30. Sistem peredaran darah manusia terdiri atas darah, pembuluh darah, dan jantung ... Terdapat sekitar 3,5 liter darah pada rata-rata tubuh manusia dan dapat digolongkan menjadi golongan A, B, O, dan AB.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. Darah ada yang berwarna putih
B. Darah adalah cairan merah yang kental
C. Darah manusia berwarna merah
D. Darah adalah cairan yang mengalir di jantung

31. Jantung adalah organ yang berbentuk seperti kerucut. Jantung terletak di tengah dada bagian dalam. .... rata-rata jantung mempunyai ukuran panjang kira-kira 13 cm, lebar 9 cm, dan tebal 6 cm. Berat jantung sekitar 300 gram.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks laporan tersebut adalah ...
A. Jantung merupakan organ yang tebal, berotot, dan mempunyai empat bilik
B. Jantung merupakan organ yang tebal, berotot, dan mempunyai dua bilik
C. Jantung merupakan organ yang tipis, berotot, dan mempuyai satu bilik
D. Jantung merupakan organ yag tebal, berotot, dan mempunyai lima bilik

32. Perhatikan paragraf eksposisi berikut!
Sebenarnya, kondisi ekonomi kita sudah relatif membaik. Indikatornya dapat dilihat dari berbagai aspek. Misalnya, dalam bidang otomotif. Setiap hari kita temukan aneka kendaraan melintas di jalan raya. Sepeda motor baru, mobil pun baru. .... indikator lain seperti daya beli masyarakat akan kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Dalam bidang papan, misalnya, banyak warga masyarakat yag membangun tempat tinggal yang permanen.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf eksposisi tersebut adalah ...
A. Kehidupan masyarakat Indonesia menjadi semakin sejahtera.
B. Sehingga lalu lintas di jalan raya semakin hari semakin padat
C. Ini menandakan bahwa taraf hidup masyarakat mulai membaik
D. Itulah dampak dari perkembangan kondisi ekonomi sekarang ini

33. Perhatikan teks laporan berikut!
Burung merpati adalah salah satu hewan dalam kelas aves yang paling banyak tersebar di dunia. Hampir di seluruh bagian dunia kecuali Antartika dapat ditemukan burung merpati. Hal ini dikarenakan kemampuan adaptasi hewan ini yang sangat sempurna sehingga mereka dapat hidup di mana saja seperti di hutan, di perumahan, bahkan di tengah-tengah kota besar. Burung ini termasuk kedalam kelompok burung berukuran sedang. Panjang burung merpati dewasa mencapai sekitar 25 hingga 30 cm dan beratnya antara 750 gram hingga 800 gram. ... hal ini dikarenakan mereka adalah merpati peliharaan manusia.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf laporan tersebut adalah ...
A. Bahkan di beberapa daerah dapat ditemukan merpati yang berbobot hampir mencapai 1 kg
B. Merpati memiliki beragam jenis warna, seperti putih, coklat, hita, atau campuran dari warna tersebut.
C. Merpati hanya memiliki 1 pasangan yang berkembang biak dengan telur
D. Manusia telah lama berinteraksi dengan burung merpati sejak zaman dahulu.

34. Perhatikan data berikut!
Hasil Lomba Menulis Cerpen SMP Idaman Tahun 2009
Juara I nilai 888 atas nama Ahmad
Juara II nilai 875 atas nama Zazkia
Juara III nilai 830 atas nama Aminah

Laporan yang tepat berdasarkan data tersebut adalah ...
A. Hasil lomba menulis cerpen, SMP Idaman tahun 2009 adalah sebagai berikut. Juara I nilai 888 diraih oleh Ahmad, juara II nilai 875 diraih oleh Zazkia, dan juara III dengan nilai 830 diraih oleh Aminah.
B. Secara berturut-turut hasil lomba menulis cerpen kelas SMP Idaman tahun 2009 yaitu Ahmad mendapat juara pertama, juara kedua Aminah, dan juara ketiga Zazkia. Dengan jumlah perolehan nilai 888, 830, dan 875.
C. Selama lomba menulis cerpen kelas SMP Idaman tahun 2009 dapat dilaporkan sebagai berikut. Aminah mendapat juara pertama, Zazkia juara kedua, dan Ahmad juara ketiga. Urutan niainya adalah 888, 830, dan 875.
D. Hasil lomba menulis cerpen kelas SMP Idaman tahun 2009 adalah sebagai berikut. Ahmad mendapat juara pertama dengan nilai 888, juara kedua Aminah dengan nilai 875, dan juara ketiga Zazkia dengan nilai 830.

35. OSIS sekolahmu akan mengadakan lomba pentas seni antarkelas. Ketua OSIS mengimbau kepada ketua seksi kesenian agar membuat jadwal lomba di luar jam sekolah.

Teks pesan singkat yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah ...
A. Mohon membuat jadwal pentas seni antarkelas di luar jam sekolah.
B. Supaya membuat jadwal lomba pentas seni antarkelas
C. Diharap membuat jadwal lomba pentas seni antarkelas secepatnya
D. Dimohon agar membuat jadwal lomba pentas seni antarkelas.

36. Perhatikan ilustrasi berikut!
Ibu Aida ingin menjual tanahnya yang terletak di tepi Jalan Ahmad Yani 38 Yogyakarta. Luas tanah
+ 500 m2. Status tanah hak milik dan sudah bersertifikat. Ibu Aida ingin menjualnya dengan harga Rp.500 juta tetapi masih boleh ditawar. Bagi yang berminat bisa menghubunginya lewat handphone 081328070331.

Penulisa iklan baris yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah ...
A. Jl. tanah jln. Ahmad Yani 38, Yk. Strgs, Lt + 500 m2, HM, bersertifikat, hrg Rp500jt/nego, minat hub. Aida Hp. 081328070331.
B. Jl. Tanah jln Ahmad Yani, Yk, Lt + 500 m2, bersertifikat, hrg rp.500 jt boleh tawar, minat hub. Aida hp 081328070331.
C. Jl. Tanah Lt  + 500 m2, Letak Jln Ahmad Yani, 38, Yk, Strgs, bersertifikat, hrg Rp500jt/nego, minat hub. Aida hp. 081328070331.
D. Jual tanah jalan Ahmad Yani, 38, Yk, Luas tanah, + 500 m2 hak milik, bersertifikat,hrg Rp500 jt/nego, bagi yang berminat hub. Aida hp 081328070331.

37. Berikut ini adalah kalimat yang salah yaitu ...
A. Masyarakat sangat antusias sekali melakukan transaksi di bank meskipun sangat rumit dan memakan amat banyak waktu.
B. ATM dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan transaksi perbankan dan membayar tagihan telepon, listrik, dan membeli pulsa.
C. ATM dapat digunakan di mana pundan kapan pun untuk membayar tagihan telepon, listrik, dan membeli pulsa.
D. ATM sangat berguna bagi masyarakat yang tidak memiliki waktu melakukan transaksi perbankan dan membayar tagihan telepon, listrik, dan membeli pulsa.

38. Cermati paragraf deduktif berikut ini dengan saksama!
(1) Robot yang berfungsi sebagai media komunikasi interaktif antara dokter dan pasien itu disebut Robo-Doc.
(2) Tak seperti kebanyakan dokter rumah sakit pada umumnya, dokter yang satu ini terbuat dari metal dengan kepala berupa layar LCD, mata berupa kamera Video, dan sebuah speaker yang berfungsi sebagai mulutnya.
(3) Meskipun demikian, robot yang saat ini masih diujikan di beberapa rumah sakit di Baltmore ini telah berhasil melayani 20 pasien.
(4) Robot ini sangat menarik da harganya sangat mahal.
(5) Sudah berarti keberadaan robot yang rencananya akan menggantikan fungsi tenaga perawat ini mengundang reaksi yang beraneka ragam, baik dari pasien maupun para tenaga medis lain.

Kalimat yang tidak padu (sumbang) pada paragraf tersebut terdapat pada nomor ...
A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (5)

39. Kita berharap para dokter Indonesia dapat melakukan ... jantung terhadap penderita yang memerlukannya.

Kata istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ...
A. instalasi
B. transaksi
C. rehabilitasi
D. transplantasi

40. Cermatilah paragraf berikut!
Mereka terkejut melihat ... melepaskan Pak Balam dan terus berlai, menghilang ke dalam hutan yang ... tengah malam itu. Dengan cepat mereka berlari ke tempat Pak Balam terbaring. Dalam cahaya samar-samar dari potongan kayu yang menyala, mereka melihat betapa kaki kiri Pak Balam hancur, betisnya kena gigitan harimau, daging dan otot betis koyak hingga kelihatan tulangnya yang putih, dan darah mengalir ...

Frasa adjektiva yang tepat untuk melengkapi paragraf  tersebut adalah ...
A. sangat besar, mulai gelap, teramat banyak
B. sangat besar, sangat gelap, amat banyak
C. cukup besar, begitu gelap, bagaikan air
D. agak besar, gelap gulita, tak tertahankan

41. Salah satu ciri khas bangsa Amerika adalah ... membuat peringkat. Apa pun diperingkat. Tidak terkecuali dunia bisnis. Majalah terkenal seperti Fortune atau US New sering ... peringkat perusahaan berdasarkan penjualan, besarnya aset yang dimiliki, atau berdasarkan besarnya tingkat keuntungan. Jelaslah bahwa ... peringkat bagi masyarakat Amerika merupakan hal yang biasa.

Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. kesukaannya-menampilkan-membuat
B. kegiatan-menampilkan-membuat
C. kesukaannya-menampilkan-membidik
D. kesukaannya-membuat-membuat

42. Cermatilah paragraf berikut!
Demikian pula dengan vitamin yang ada pada kentang. Sebut saja vitamin C yang notabene ... antioksidan yang ampuh untuk mengusir radikal bebas dalam tubuh. Untuk itu, agar ... manfaat vitamin C secara maksimal, pilihlah kentang yang baik kondisinya, antara lain dengan memilih yang tidak bertunas, kulitnya kencang, tidak ada bercak ... dan tidak ada lubang pada permukaannya.

Kata berimbuhan yang tepat untuk mengisi paragraf yang rumpang tersebut adalah ...
A. mengandung-memperoleh-kehijauan
B. mengandung-memeroleh-dihijaukan
C. mengandung-memperoleh-menghijau
D. dikandung-memeroleh-kehijauan

43. Cermati kalimat berikut!
Adapun di dalam karya tulis ini akan membahas alternatif sumber energi di mana efektif dan efisien.

Kalimat dalam karya tulis tersebut dapat diperbaiki menjadi ...
A. Di dalam karya tulis ini akan membahas alternatif sumber energi yang lebih efektif.
B. Adapun karya tulis ini akan membahas alternatif sumber energi yang efektif dan efisien.
C. Dalam karya tulis ini akan dibahas energi alternatif yang lebih efektif dan efisien
D. Karya tulis ini akan dibahas energi alternatif yang lebih efektif dan efisien.

44. Cermatilah paragraf deskripsi berikut!
Tepi danau itu bersih, tampak tak ada sampah yang berhamburan. Tempat sampah disediakan sedemikian rupa sehingga terjangkau. Perahu yang disediakan memadai untuk melayani wisatawan domestik. Setiap pengunjung diharuskan mematuhi aturan kawasan wisata. Jika pengunjung melanggar aturan akan ditegur dengan penuh kearifan. Tempat parkir disediakan cukup luas. Pengunjung yang membawa kendaraan harus di tempat yang disediakan.

Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat tidak padu yang bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah ...
A. Kendaraan harus diparkirkan oleh pengunjung sendiri di tempat yang disediakan
B. Tempat pengunjung parkir yang tersedia sangat memadai dan diparkir disitu.
C. Pengunjung memarkir kendaraannya dengan parkir yang tersedia di tempatnya.
D. Pengunjung memarkir kendaraannya secara teratur di tempat yang telah disediakan

45. Dalam perjalanan menuju lokasi festifal seni di Jepang, saya melihat tulisan besar. Tulisan ini terus terang menggelitik imajinatif dan pikiran saya. Saya bertanya pada teman apa arti "Osama". Ternyata berarti raja. Jepang memang mempunyai beberapa obyek wisata menarik.

Pebaikan kata-kata tidak baku dalam paragraf tersebut adalah ...
A. festifal, imaji, obyek
B. festifal, imajinasi, objek
C. Pestipal, imaji, objek
D. festifal, imajinasi, obyek

46. Hasil percobaan masyarakat desa dalam membudidayakan lele dumbo.
Penulisan judul karangan tersebut yang sesuai dengan EYD adalah ...
A. Hasil Percobaan Masyarakat desa dalam Membudidayakan lele Dumbo
B. Hasil Percobaan Masyarakat Desa dalam Membudidayakan Lele Dumbo
C. Hasil Percobaan Masyarakat Desa dalam Membudidayakan Lele Dumbo
D. Hasil Percobaan Masyarakat desa dalam Membudidayakan lele Dumbo

47. Cermati kalimat berikut!
Paman pulang dari garut membawa oleh-oleh dodol garut.

Perbaikan penulisan huruf kapital pada kalimat tersebut adalah ...
A. paman pulang dari Garut membawa oleh-oleh dodol Garut
B. Paman pulang dari Garut membawa oleh-oleh Dodol Garut
C. Paman pulang dari Garut membawa oleh-oleh dodol garut
D. Paman pulang dari garut membawa oleh-oleh dodol Garut

48. Cermati kalimat berikut!
Ketika saya memasuki ruang ujian saya merasa khwatir tidak bisa mengerjakan soal dengan baik.

Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A. Ketika saya memasuki ruang ujian, saya merasa khawatir tidak bisa mengerjakan soal dengan baik.
B. Ketika saya memasuki ruang ujian. Saya merasa khawatir tidak bisa mengerjakan soal dengan baik.
C. Ketika saya memasuki ruang ujian, Saya merasa khawatir tidak bisa mengerjakan soal dengan baik.
D. Ketika saya, memasuki ruang ujian, saya merasa khawatir tidak bisa mengerjakan soal dengan baik.

49. Cermati kalimat berikut!
Drs, Mustain, M, Si. baru membeli rumah seharga Rp 250.000.000

Perbaikan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A. Drs, Mustain, M, SI. baru membeli rumah seharga Rp250.000.000,-
B. Drs. Mustain, M. Si. baru membeli rumah seharga Rp250.000,000.
C. Drs. Mustain, M. SI. baru membeli rumah seharga Rp. 250.000.000,00.
D. Drs. Mustain, M. Si. baru membeli rumah seharga Rp. 250.000.000,-

50. Mulyono. Anton, 2000. Membaca I. Surakarta: UNS Press.

Penggunaan tanda baca pada penulisan daftar pustaka tersebut salah karena ...
A. Aturan penulisan daftar pustaka adalah nama pengarang dibalik dipisahkan tanda koma, tahun terbit titik judul titik kota dua penerbit titik.
B. Aturan penulisan daftar pustaka adalah nama pengarang dibalik dipisahkan tanda koma, tahun terbit titik judul titik kota titik dua penerbit titik.
C. Aturan penulisan daftar pustaka adalah nama pengarang dibalik dipisahkan tanda koma, tahun terbit titik judul titik kota titik penerbit titik.
D. Aturan penulisan daftar pustaka adalah nama pengarang dibalik dipisahkan tanda koma, tahun terbit titik judul titik kota titik dua penerbit koma.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal Ujian Akhir Sekolah Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum K13