Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Langkah-Langkah Meringkas Teks Ulasan dengan Baik

Ilmubindo.com_ Kali ini admin akan  jelaskan tentang cara atau langkah-langkah meringkas teks ulasan. Karena segala sesuatu yang kita kerjakan apabila tidak sesuai dengan langkah-langkah yang tepat maka hasilnya tidak memuaskan atau gagal total sama sekali. Dibawah ini pemaparan atau petunjuk meringkas teks ulasan.

Berikut langkah-langkah meringkas teks ulasan.
  • Membuat bacaan dengan saksama hingga dua atau tiga kali
Membaca naskah asli bertujuan untuk mengetahui kesan umum tentang teks ulasan tersebut. Pemahaman terhadap teks ulasan ini harus dilakukan secara menyeluruh. Peringkas harus mengetahui maksud serta sudut pandang penulis. Peringkas dapat memahami isi dan menangkap makna sebenarnya.


Langkah-Langkah Meringkas Teks Ulasan dengan Baik

www.ilmubindo.com
 
Membaca naskah asli tidak hanya sekali atau dua kali. Kegiatan membaca dapat dilakukan berulang-ulang. Kegiatan membaca bertujuan agar ringkasan yang kamu buat, isinya tidak jauh beda naskah aslinya.
  • Membaca perintah atau petunjuk dengan teliti
Membaca perintah atau petunjuk pengerjaan harus dilakukan dengan teliti. Kegiatan membaca tersebut bertujuan mengetahui tugas yang harus dikerjakan dan menghindari pelebaran pembahasan. Jadi, ringkasan yang kamu buat harus sesuai dengan petunjuk pengerjaan.
  • Membaca sekali lagi teks ulasan untuk mendapatkan gagasan utama.
Jika sudah memahami seluruh isi teks ulasan, sekarang kamu harus memperdalam lagi. Langkah yang harus kamu kerjakan yaitu membaca kembali teks ulasan tersebut. Jangan lupa mencatat gagasan utamanya. Bacalah teks ulasan tersebut bagian demi bagian. Sambil membaca, catatlah gagasan utama tiap-tiap paragraf. Pencatatan gagasan utama tersebut bertujuan sebagai berikut.
  1. Memudahkan pada waktu kamu meneliti pokok-pokok yang dicatat penting atau tidak.
  2. Sebagai dasar pengolahan selanjutnya.
Pencatatan gagasan utama juga berdasarkan urutan paragraf. Jika perlu gagasan bawahan, paragraf yang betul-betul penting untuk memperjelas gagasan utama juga perlu dicatat. Dalam bagian ini, tidak semua paragraf harus dicantumkan. Ada beberapa paragraf yang dapat dihilangkan. Paragraf ini sifatnya hanya sebagai ilustrasi untuk menjelaskan kalimat dalam kalimat sebelumnya. Ini bisa terjadi karena ada paragraf yang kedudukannya lebih penting dari paragraf sesudah atau sebelumnya. Jadi, gagasan utama dibentuk dari paragraf utama atau yang penting tadi.
  • Menyusun ringkasan sementara menggunakan bahasa sendiri.
Kamu dapat membuat ringkasan dengan menggunakan catatan-catatan yang telah dibuat. Catatan tersebut tentunya sesuai urutan dalam teks ulasan asli. Kamu harus memperhatikan kalimat baru yang kamu susun. Kamu juga harus memperhatikan cara merangkaikan semua gagasan dalam satu teks ulasan. Isi wacana tersebut harus dapat diterima akal sehat sekaligus menggambarkan kembali isi bacaan aslinya. Kamu dapat mengecek teks ulasan asli teks ulasan tersebut. Kalimat asli teks ulasan tersebut sebenarnya boleh digunakan jika dianggap penting.
  • Membaca kembali ringkasan sementara untuk cek perbaikan
Kegiatan membaca kembali bertujuan meneliti kesalahan dalam ringkasan. Jika masih terdapat kesalahan, segera diperbaiki.
  • Menghitung jumlah kata dalam ringkasan sementara
Kegiatan menghitung jumlah kata dilakukan jika ringkasan sementara telah ditentukan jumlah katanya. Jika tidak ditentukan, kamu bebas menggunakan banyak kata. Namun, biasanya perintah untuk membuat ringkasan ditentukan pula panjang ringkasan akhir. Ada perintah untuk meringkas sebuah teks ulasan menjadi 200 kata. Kamu membuat ringkasan tersebut menjadi 100 kata. Berarti hasil ringkasanmu kurang baik.
Dengan membuat ringkasan 100 kata berarti kamu telah menghilangkan setengah gagasan dari bacaan tersebut.Jika ingin menjadi peringkas yang baik, lakukan perintah dengan baik. Apabila diminta membuat ringkasan seratus kata dari karangan asli, kamu harus melakukannya.
  • Menulis ringkasan jadi dan mencantumkan jumlah katanya pada akhir ringkasan
Ringkasan jadi kamu dapat buat setelah menulis ringkasan sementara. Akhir ringkasan mencantumkan jumlah kata.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Langkah-Langkah Meringkas Teks Ulasan dengan Baik