Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Pengertian Kata Kajian dan Kata Populer dalam Bahasa Indonesia

ilmubindo.com_ Kata kajian adalah kata yang perlu ditelaah lebih jauh lagi artinya karena tidak bisa langsung dipahami oleh semua orang. Kata kajian digunakan untuk sesuatu pengkajian atau kepentingan keilmuan. Kata-kata kajian yang juga disebut kata ilmiah diserap dari bahasa asing atau daerah.

Ciri-ciri kata kajian sebagai berikut.
  1. Hanya dikenal orang tertentu (ilmuwan, cendekia).
  2. Dipakai dalam kegiatan-kegiatan ilmiah.
Kata-kata populer adalah kata-kata umum digunakan dalam masyarakat. Arti kata populer atau umum diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat. Kata tersebut digunakan dalam percakapan sehari-hari.




Pengertian Kata Kajian dan Kata Populer dalam Bahasa Indonesia
 www.ilmubindo.com

Ciri-ciri kata populer sebagai berikut.
  1. Mudah diketahui, dimengerti, dan dipakai oleh masyarakat luas.
  2. Dipakai dalam kehidupan sehari-hari.
Perhatikan contoh kata-kata kajian dan kata-kata populer berikut!

No
Kata Kajian
Kata Populer
1.
Aktivitas
Kegiatan
2.
Filter
Penyaring
3.
Kontemplasi
Merenung
4.
Pasien
Orang sakit
5.
Alumnus
Lulusan
6.
Ranking
Peringkat
7.
Mengevaluasi
Menilai
8.
Intropeksi
Koreksi diri
9.
Volume
Isi
10.
Target
Sasaran
11.
Motivasi
Dorongan
12.
Imajinasi
Khayalan
13.
Fiktif
Tidak nyata
14.
Karakter
Perangai
15.
agenda
rencana
16.
Argumen
Alasan

Manfaat Cybersastra bagi Pelajar

Merebaknya budaya internet awal tahun 2000-an di Indonesia memunculkan fenomena baru dalam dunia sastra, yaitu cybersastra. Kegiatan bersastra dengan memanfaatkan media internet ini menyuguhkan tradisi baru bagi para penulis. Kemunculan cybersastra tentu juga memberi dampak positif dan negatif.

Cybersastra adalah inovasi dalam aktivitas publikasi karya sastra. Karya sastra dapat segera dipublikasikan dan tersebar lewat blog, milis, atau email. Cybersastra memiliki dampak positif sangat besar untuk dunia pendidikan. Para pelajar bisa dengan mudah mendapatkan berbagai karya sastra untuk memenuhi tugas-tugas dari gurunya. Mereka bisa men-download e-book sastra dan menikmatinya kapan saja. Para pelajar juga dapat dengan mudah memberikan umpan balik terhadap karya-karya sastra yang dibacanya. Pelajar dapat menulis apresiasi, penilaian, atau kritiknya secara langsung. Selain itu, para pelajar bisa mengunggah karya-karya yang dihasilkannya. Mereka tidak perlu mengirimkan ke redaksi koran, majalah atau penerbit buku agar karyanya bisa dibaca masyarakat umum. Mereka juga dengan mudah dapat mengakses dan melihat perkembangan sastra Indonesia.

Dalam perkembangan dunia sastra saat ini, cybersastra memang telah memiliki posisi sendiri. Akan tetapi, kemudahan ini membawa konsekuensi tersendiri dalam kualitas dan mutu karya sastra di cybersastra. Karya-karya tersebut dihasilkan dengan tujuan agar terpublikasi tanpa mempertimbangkan aspek etika dan estetika. Selain itu, data yang ada dan berkembang di cybersastra kadang-kadang masih kurang tingkat keakuratannya.

Sebagai pelajar berwawasan dan kreatif, sebaiknya mereka mampu memilah internet sesuai fungsi dan keperluan. Mereka juga harus berinternet dengan pintar dan selektif.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Kata Kajian dan Kata Populer dalam Bahasa Indonesia