Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Prediksi Soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP Bahasa Indonesia Tahun 2018

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan bagikan contoh soal prediksi UNBK kelas 9 mata pelajaran Bahasa Indonesia. Semoga soal-soal yang admin bagikan di sini dapat bermanfaat buat peserta didik semuanya, khususnya yang akan mengikuti ujian nasional tahun ini. Selamat belajar, semoga sukses.

 1. Bacalah teks berikut!
Daun kelor merupakan salah satu jenis sayuran yang populer. Tanaman asli Indonesia ini sudah terkenal manfaatnya samapai ke mancanegara. Banyak peneliti yang menemukan  manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh. Daun kelor dianggap tanaman ajaib yang dapat digunakan sebagai obat herbal segala segala penyakit.

Gagasan utama teks tersebut adalah ...
A. Manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh.
B. Daun kelor terkenal sampai ke mancanegara.
C. Daun kelor merupakan jenis sayuran yang populer.
D. Daun kelor digunakan sebagai obat herbal segala penyakit.

Prediksi Soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP Bahasa Indonesia Tahun 2018
www.ilmubindo.com

2. Bacalah teks berikut!
(1) Singkong (cassava) atau ketela pohon merupakan makanan penghasil karbohidrat. (2) Umbi-umbian ini mudah ditanam di jenis tanah apa pun. (3) Oleh karena itu, banyak dijumpai diberbagai daerah. (4) Tanaman ini juga dapat dijadikan tanaman selingan karena dapat tumbuh bersanding dengan tanaman apa pun.

Kalimat utama teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

3. Bacalah teks berikut!
Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan julukan Hamka adalah seorang ulama, sastrawan, sejarawan, dan juga politikus yang sangat terkenal di Indonesia. Buya Hamka juga seorang pembelajar yang autodidak dalam bidang ilmu pengetahuan seperti filsafat, sastra, sejarah, sosiologi dan politik, baik Islam maupun Barat. Hamka dikenal sebagai seorang moderat. Beliau tidak pernah mengeluarkan kata-kata kasar dalam berkomunikasi. Beliau lebih suka memilih menulis roman atau cerpen dalam menyampaikan pesan-pesan moral Islam. Buya Hamka terkenal karena keteguhhannya memengang prinsip yang diyakini. Inilah yang membuat semua orang menyeganinya.

Hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut adalah ...
A. disegani banyak orang
B. sebagai ulama terkenal
C. teguh memegang prinsip
D. suka menulis roman atau cerpen

4. Bacalah teks berikut!
Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Ia berasal dari keluarga Pakualaman, dan dibesarkan dilingkungan keluarga Keraton Yogyakarta. Ki Hajar Dewantara aktif dalam organisasi sosial dan politik. Dalam kabinet pertama Republik Indonesia, Ki Hajar Dewantara diangkat menjadi Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan kebudayaan yang pertama. Pada tahun 1957 ia mendapat gelar doktor kehormatan (doktor honoris causa, Dr. H. C.) dari Universitas Gadjah Mada. Ia dinyatakan sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia atas jasa-jasanya dalam merintis pendidikan. 

Keistimewaan tokoh tersebut adalah ...
A. mendapat gelar doktor kehormatan
B. aktif dalam organisasi sosial dan politik
C. berasal dari keluarga Keraton Yogyakarta
D. sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia

5. Bacalah teks berikut!
Sebagai hasil olahan industri makanan,junk food biasanya banyak mengandung lemak jenuh. Ketika dipanaskan, lemak jenuh dapat bertahan pada temperatur tinggi. Bahayanya, lemak jenuh dapat menjadi biang kegemukan dan meningkatkann kadar kolesterol dalam darah. Apabila kondisi tersebut terjadi pada tubuh seseorang, maka masalah kesehatan serius lainnya pun akan terpicu. Kanker, penyakit jantung, dan stroke adalah contoh penyakit yang diakibatkan kandungan lemak jenuh tinggi.

Simpulan isi teks tersebut adalah ...
A. Junk food biasanya banyak mengandung lemak jenuh.
B. Kandungan lemak jenuh pada junk food mengakibatkan berbagai penyakit.
C. Lemak jenuh menjadi biang kegemukan dan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.
D. Junk food memiliki harga sangat murah dan ketika dipanaskan dapat bertahan pada temperatur tinggi.

6. Bacalah teks berikut.
Dahulu tumbuhan damar sangat mudah dijumpai di beberapa daerah Indonesia, seperti di Buru, Ternate, Samar, dan Lampung. Dalam pertumbuhannya, pohon damar bisa mencapai ketinggian 60 meter. Tumbuhan damar menjadi semakin langka akibat pengeksploitasian secara besar-besaran. Getah pohon damar dapat dimanfaatkan getahnya sebagai bahan baku pembuatan kaca, vernis, dan cairan pelapis kertas.

Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah ...
A. Eksploitasi besar-besaran terhadap tumbuhan
B. Keberadaan tumbuhan damar semakin langka
C. Tumbuhan damar mudah dijumpai di seluruh Indonesia.
D. Pemanfaatan kayu pohon damar untuk pembuatan cairan pelapis kertas.

7. Bacalah kedua teks berikut.
Teks I
"Lantas, kamu biasanya memakan apa?" Tanyaku lagi."Aku suka makan daging. Mungkin dagingmu juga enak kalau kusantap. Alangkah lezatnya dagingmu." kata buaya sambil membuka mulut di depanku.
"Tunggu dulu kalau kau mangsa yang lebih besar dan lebih lezat, aku dapat menunjukkannya. Di hutan sebelah sana ada seekor gajah yang besar sekali. Bila kau dapat memangsanya, kau pasti akan tahan beberapa hari tidak makan. Konon kabarnya daging gajah itu empuk dan sangat lezat." Bujukku kepada buaya.
Teks II
Kancil merasakan lapar yang sangat karena kelelahan dan belum makan dari pagi. Perutnya sampai keroncongan. Kancil mengelus-elus perutnya yang keroncongan sambil berpikir, "Di mana ya aku bisa mendapatkan makan siangku?". Kancil lalu teringat ladang Pak Tani di dekat perbatasan hutan. Kancil pun berlari kencang karena girang dengan idenya dan bayangan akan sayuran yang ada di ladang Pak Tani.

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ...
A. Teks I deskripsi tokoh dominan  sedangkan Teks II deskripsi perwatakan dominan
B. Teks I deskripsi konflik dominan sedangkan Teks II deskripsi latar dominan
C. Teks I sudut pandang orang pertama pelaku utama sedangkan Teks II sudut pandang orang ketiga serbatahu
D. Teks I sudut pandang orang pertama pelaku utama sedangkan Teks II sudut pandang orang kedua pelaku sampingan.

8. Bacalah teks berikut.
Aceh Singkil merupakan daerah yang kaya dengan potensi wisata. Apalagi, daerah ini memiliki tiga lokasi suaka alam yang potensial menjadi obyek wisata alam, yakni Suaka Margasatwa Rawa Singkil, Taman Wisata Alam Laut Pulau Banyak, dan Taman Wisata Alam Pulau Banyak.
Namun, semua potensi itu belum tergarap dengan optimal. Pemerintah setempat lebih suka mengarap sektor perkebunan, terutama perkebunan sawit yang nyatanya berkontribusi besar terhadap kerusakan alam di sana.

Ringkasan teks tersebut adalah ...
A. Aceh Singkil memiliki tiga lokasi suaka alam yang potensial menjadi obyek wisata alam.
B. Aceh Singkil merupakan daerah yang kaya akan potensi wisata, tetapi belum tergarap secara optimal.
C. Pemerintah setempat lebih suka menggarap sektor perkebunan sawit yang berkontribusi besar terhadap kerusakan alam di sana.
D. Aceh Singkil memiliki tiga lokasi suaka alam, tetapi belum tergarap dengan optimal oleh pemerintah setempat.

9. Bacalah teks berikut.
(1) Berenang merupakan olahraga yang aman karena tidak membebani sendi. (2) Banyak yang tidak tahu bahwa berenang adalah pengalaman yang mengembirakan dan banyak manfaatnya bagi kesehatan. (3) Berenang mudah dilakukan. (4) Manfaat berenang juga berhubungan dengan perasaan yang menyenangkan, relaksasi, dan rekreasi.

Perbaikan paragraf yang tidak padu tersebut adalah ...
A. menghilangkan kalimat (3)
B. menghilangkan kalimat (4)
C. mengganti manfaat dengan khasiat
D. mengganti bagi dengan untuk

10. Bacalah kutipan dua teks berikut.
Teks I
"Aku pikir senandung itu suaraku," kata Buaya pilu. "Kau tahu, akun ingin sekali bisa bernyanyi. Dan tadi kupikir aku sudah bisa menyanyi. Ternyata? Oh, betapa malangnya aku yang bersuara buruk!" Burung penyanyi merasa iba. Ia segera mencari cara untuk menghibur sahabtanya itu. "Teman, bagaimana kalau kau membuat gelembung-gelembung air dan aku bersenandung? Kita lakukan bersamaan. Suara yang terdengar pasti akan sangat enak didengar." Buaya setuju. Ia lalu memasukkan moncongnya kedalam air dan membuat gelembung-gelembung. Burung Penyanyi bernyanyi. Suara nyanyiannya sangat pas dengan suara gelembung-gelembung air yang dibuat Buaya. Buaya senang sekali. Dan sejak itu mereka berdua selalu melakukan hal itu setiap hari.
Teks II
Lewat jendela itulah, Mimin melihat, betapa di luar sana, anak-anak sebayanya asyik bermain. Sementara ia harus membanting tulang, bersama ibunya. Ia hanya bisa melihat dari balik jendela dengan tatapan mata berbinar. Terkadang ia memberanikan diri memainkan mainan milik anak majikannya. Tetapi, jika ketahuan ibunya, ia pasti dimarahi. Karena, bila ketahuan menyentuh mainan, tak ayal lagi, Mimin akan dimarahi majikannya. Kedasih sering menjauhkan mainan milik anak majikannya dari jangkauan Mimin. Kedasih memilih menghibur anaknya dengan dongeng.

Perbedaan nilai moral yang terdapat pada kedua teks tersebut adalah ...
A. Teks I, Anak kecil harus menghormati orang yang lebih tua, Teks II, Kebahagiaan orang tua lebih penting daripada anak.
B. Teks I, Kita harus menghibur sahabat yang sedang bersedih, Teks II, Setiap orang tua selalu ingin melindungi anaknya.
C. Teks I, Jangan berprasangka buruk kepada orang lain, Teks II, Sebagai pembantu harus patuh kepada majikan.
D. Teks I, Mensyukuri apa yang diberikan Tuhan, Teks II, Jangan berburuk sangka kepada orang tua.

11. Bacalah teks berikut.
(1) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki berbagai macam manfaat bagi anak-anak usia di bawah lima tahun. (2) Mereka yang berusia 3-5 tahun ini akan diperkenalkan dengan berbagai macam hal atau aktivitas fisik dan berinteraksi dengan orang lain. (3) Ini dilakukan untuk mempersiapkan akhlak mereka sebelum memasuki dunia pendidikan yang sesungguhnya. (4) Selain menyiapkan mental anak-anak sebelum mengenal sekolah, PAUD juga dapat dijadikan sebagai media yang tepat untuk menanamkan pendidikan karakter, seperti nilai-nilai kejujuran, disiplin, dan berbagai kegiatan positif lainnya.

Kalimat yang tidak padu pada teks tersebut ditunjukkan nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

12. Bacalah teks berikut.
(1) Ibu telah menjelaskan puluhan kali bahwa aku terlahir sempurna. (2) Tubuh dan indraku utuh, bahkan sepasang mata ini. (3) Orang bilang aku buta. (4) Namun ibu bilang, aku hanya melihat dengan cara berbeda.

Kalimat yang membuktikan tokoh ibu bijaksana ditunjukkan kalimat nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

13. Bacalah teks berikut.
Jinglong sadar, menolong sesama, apalagi kepada orang-orang duafa adalah kewajiban hidup sebagaimana telah diamanatkan oleh Tuhan melalui para Nabi-Nya. Jinglong juga benar-benar tahu, penghasilan dia bukanlah milik dia, melainkan milik Tuhan yang dititipkan kepada dia, sementara sebagian dari penghasilan itu wajib diteruskan kepada orang-orang jujur yang memerlukannya. Tidak seperti kebanyakan orang, memberi dengan harapan mendapat pahala. Jinglong memberi karena memberi adalah kewajiban.

Tindakan terpuji tokoh Jinglong yang terdapat dalam teks tersebut adalah ...
A. Menolong  sesama dengan mengharapkan pamrih.
B. Menolong kaum duafa karena merupakan sebuah kewajiban
C. Memberikan seluruh penghasilannya untuk orang yang membutuhkan.
D. Memberi pertolongan karena mengharapkan pahala.

14. Bacalah teks berikut.
"Dik, bayangkan saja, mengapa Pak Purwa sengaja memilih lampu kuning yang warnanya cetar itu? Yang lain saja mau pakai lampu standar yang netral-netral saja kok," kata Mas Pri kepadaku. Aku terseyum kecil, karena mendengar kata 'cetar' dari Ma Pri yang menandakan ia korban televisi.
"Iya, Pri. Betul kata kamu. Itu kan memicu konflik. Apa Pak Purwa ingin tampil beda? Dia ingin lampunya paling terang? Begitu?! Waduh..waduh.. saya habis pikir," Mbah Sami ikut-ikutan. Pos ronda malam itu kian ramai membicarakan lampu taman Pak Purwa.

Watak tokoh Mbah Sami adalah ...
A. perhatian
B. ingin tahu
C. buruk sangka
D. ikut-ikutan

15. Bacalah kutipan cerita berikut.
"Hai gajah! cepat minumnya, karena aku akan segera memangsamu. Perutku sudah tak tahan lagi menahan lapar." ucap buaya kepada anak gajah. Anak gajah itu kaget mendengar ancaman buaya, lalu berteriak memanggil induknya. Tidak lama kemudian beberapa ekor gajah besar datang ketempat itu. "Aku diganggu oleh buayam itu. Katanya dia akan memangsaku." seru anak gajah sambil menangis. "Apa? Kau ingin memangsa anakku?" kata gajah besar dengan marah. "Oh, rupanya ada yang lebih besar lagi. Kalau begitu kau saja yang kumangsa, supaya perutku kenyang!" seru buaya yang serakah itu. "Cobalah kalau dapat, wahai buaya yang serakah!" Buaya lalu menyerang gajah besar. Moncongnya yang panjang dengan gigi-giginya yang tajam menyerang gajah besar. Gajah besar melompat dan menginjak perut buaya. Dengan belalainya yang panjang ia melilit moncong buaya itu. Ketika ekor buaya ingin menyambar tubuh gajah besar, kaki gajah besar menghadangnya lalu menginjaknya. Buaya jadi tak dapat berkutik, karena moncong dan ekornya tidak dapat bergerak.

Konflik kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Buaya yang kalah dalam bertengkar
B. Buaya yang tidak bisa menerima takdir
C. Buaya yang ingin mendapatkan mangsa gajah besar.
D. Buaya yang gagal memangsa karena keserakahannya

16. Bacalah kutipan cerita berikut.
"Kak bolehkah kami minta nasinya? Kami lapar Kak," kata salah satu bocah itu.
"Kami lapar Kak," kata mereka berdua.
"Mm.. Bagaimana ya? Mm. Ya sudah ini untuk kalian. Tapi Kakak cuma punya satu bungkus," kata Nino akhirnya memberikan satu bungkus nasinya.
Kedua anak itu terlihat senang, "Tidak apa-apa Kak, terima kasih," kata salah satu anak itu, dan berlalu pergi. Nino memandang kedua anak itu miris, kehidupan memang seperti ini. Nino bangkit dan bersiap melanjutkan langkah perjalanan pulang. Ia pulang dengan tangan kosong, ia sedih, hari ini keluarganya tidak bisa makan, tapi di dalam hatinya senang bisa bersedekah.

Amanat kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Bersedekah kepada anak kecil itu lebih utama.
B. Berserah diri kepada Tuhan dalam menjalani kehidupan.
C. Berusaha sekuat tenaga untuk menafkahi keluarga
D. Berbuatlah kebaikan walau dalam keadaan kekurangan

17. Bacalah teks berikut.
"Dasar moni serakah! Sudalahlah, jangan banyak bicara! Cepat habiskan saja pisangku! Sebentar lagi batangnya akan saya tebang," kata katak dengan marah. Selesai berbicara katak pun mulai menebang batang pohon pisangnya. moni segera mempercepat makannya. Tak terasa ia mulai kenyang dan mengantuk. Batang pisang mulai bergoyang dan akan roboh, tetapi moni tidak dapat menahan kantuknya. Lebih-lebih goyangan batang pisang dianggapnya sebagai ayunan yang meninabobokkan. Akhirnya ia jatuh. Perutnya terkena ujung pohon kayu kering yang runcing dan badannya tertimpa batang pohon pisang.

Komentar yang tepat terhadap isi kutipan tersebut adalah ...
A. Sikap monyet sangat terpuji karena memakan pisang milik katak.
B. Sikap katak terpuji jika membiarkan monyet memakan pisang miliknya.
C. Sikap katak amat tidak tegas karena memarahi dan membalas keserakahan monyet.
D. Sikap katak tidak patut dicontoh karena melakukan tindakan  balasan kepada monyet.

18. Bacalah kalimat berikut.
Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB meimiliki tiga jurusan Teknik Mesin, Aeronotika dan Asronotika serta Teknik Material.

Perbaikan penulisan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A. Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB memiliki tiga jurusan, Teknik Mesin, Aeronotika dan Astronotika, serta Teknik Material.
B. Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB memiliki tiga jurusan; Teknik Mesin, Aeronotika dan Astronotika, serta Teknik Material.
C. Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB memiliki tiga jurusan: Teknik mesin, Aeronotika dan Astronotika, serta Teknik Material.
D. Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB memiliki tiga jurusan Teknik Mesin, Aeronotika dan Astronotika, serta Teknikm Material.

19. Suatu pagi, ibu pernah membawaku ke suatu tempat dan menyuruhku mendongak. Aroma akar rumput basah menyebar ke langit dan merasuk kedalam napasku. Kicauan burung bernyanyi di telingaku. Lalu, sesuatu yang hangat, yang bukan tangan ibu, mulai merabah wajahku. Sesuatu yang megah dan seperti hendak memelukku. Aku nyaris terperenyak. "Itu matahari, sayang. Cahayanya hangat," ucap ibu. Aku tahu, ibu juga mendongak.

Latar kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. di rumah
B. di taman
C. di dalam kereta
D. di dapur

20. Bacalah teks berikut.
Suatu hari, tidak seperti biasanya dua manusia melewati kolam tempat tinggal dua ekor ikan. Rupanya mereka sedang berkemah tidak jauh dari situ dan kemudian jalan-jalan menikmati pemandangan hutan. Saat melihat dua ekor ikan yang gemuk-gemuk, mereka begitu girang. Mereka segera beraksi untuk menangkap ikan-ikan yang ada di kolam itu. Kedua ikan terdesak. Dalam kondisi seperti itu, barulah ikan pertama terpacu untuk berpikir. Ia pun mendapatkan sebuah ide. Ia pura-pura mati sehingga tubuhnya mengambang di permukaan kolam. Tipuannya itu berhasil. Kedua manusia merasa kecewa melihat kedua ikan tersebut sudah tidak bergerak. "Kita buang saja ikan ini ke sungai," kata salah satu manusia. Temannya mengaangguk-angguk. Begitu dicemplungkan ke sungai, ikan pertama langsung berenang dengan cepat, pergi dari situ. Dengan demikian, selamatlah ikan pertama. Sementara itu, ikan kedua tidak berbuat apa-apa. Ia tidak berpikir untuk melakukan sesuatu demi menyelamatkan diri. Ia hanya bisa kabur ke dasar kolam, dan hal itu malah semakin memudahkan para manusia menangkapnya. Akhirnya ikan itu pun tertangkap, dan riwatnya berakhir dengan menjadi santapan manusia.

Nilai moral yang terdapat pada teks tersebut adalah ...
A. Jika datang manusia ke kolam, ikan harus bersembunyi.
B. Akal pikiran dapat menjadi senjata perang
C. Akal pikiran merupakan senjata yang bisa diandalkan, sehingga janganlah malas berpikir.
D. Jika ikan diserang manusia, berusahalah untuk kabur sejauh mungkin.

21. Bacalah teks berikut
Masakan daging bistik sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia. Sajian daging bistik sapi punya tempat khusus bagi para pengemarnya. Tak jarang pula, hidangan ini menjadi pilihan untuk bersantap bagi keluarga ataupun anak muda. Penyajian daging bistik umumnya terbagi ke dalam lima jenis tingkat kematangan, yakni rare, medium rare, medium, medium well, dan well done. Rata-rata orang Indonesia, memilih tingkat kematangan daging di posisi medium well atau well done.

Simpulan isi teks tersebut adalah ...
A. Orang Indonesia memilih tingkat kematangan daging bistik di posisi medium well atau well done.
B. Masakan daging bistik sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia
C. Penyajian daging bistik umumnya terbagi ke dalam lima jenis tingkat kematangan
D. Sajian daging bistik sapi punya tempat khusus bagi para pengemarnya

22. Cermati kalimat berikut.
Surat perjanjian itu dianggap sah karena ditandatangani di atas materai.

Penulisan kata materai pada kalimat tersebut salah  karena ...
A. Kata materai tidak baku seharusnya meterai.
B. Kata materai seharusnya ditulis miring karena merupakan istilah asing.
C. Kata materai seharusnya diapit tanda petik kerena memiliki arti khusus.
D. Kata materai seharusnya ditulis dengan huruf tebal untuk penegasan.

23. Cermati kalimat berikut.
Bencana tanah longsor adalah bencana yang terjadi karena adanya [...] masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ...
A. pergerakan
B. pergolakan
C. perubahan
D. penurunan

24. Bacalah teks berikut.
[...]. Namun, citra itu pelan-pelan berubah setelah muncul banyak daya tarik wisata baru yang populer berkat media sosial. Kini, cerita ihwal wisata Bantul, antara lain diisi hutan pinus, petualangan di sungai, dan bukit-bukit dengan pemandangan menawan.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. Dahulu, pariwisata Kabupaten Bantul identik dengan pantai.
B. Dulu, Kabupaten Bantul terkenal dengan potensi wisata alamnya.
C. Banyak orang belum mengenal potensi wisata alam Kabupaten Bantul.
D. Potensi wisata Kabupaten Bantul yang dulu berbeda dengan yang sekarang.

25. Cermati kalimat berikut.
Toko marwa yang terletak di jalan Hasanuddin itu menjual berbagai asinan bogor.

Penulisan huruf kapital yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A. Toko Marwa yang terletak di jalan Hasanuddin itu menjual berbagai asinan Bogor.
B. Toko Marwa yang terletak di jalan Hasanuddin itu menjual berbagai asinan Bogor.
C. Toko Marwa yang terletak di Jalan Hasanuddin itu menjual berbagai asinan Bogor.
D. Toko Marwa yang terletak di Jalan Hasanuddin itu menjual berbagai asinan bogor

26. Bacalah teks berikut.
(1) Hanya sistem persekolahan yang berkarakter yang dapat menumbuhkan karakter siswa. (2) Sekolah yang hanya mengandalkan daya beli atau tumbuh dengan berbagai program dan materi pembelajaran proyek kementerian melahirkan siswa sebagai komoditas. (3) Nilainya tak lebih seperti emas sepuhan. (4) Gemerlap dari luar, tetapi penuh kepalsuan di bagian dalamnya.

Kalimat yang menyatakan persetujuan persoalan tersebut ditunjukkan nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

27. Cermati kalimat berikut.
Nasib pengemis itu benar-benar sangat malang.

Penggunaan kata sangat pada kalimat tersebut salah karena ...
A. Kata ulang benar-benar sudah bermakna sangat
B. Kata sangat dan kata ulang benar-benar maknanya berbeda
C. Kata sangat harus diperlukan dalam kalimat tersebut
D. Kata sangat untuk melebihkan makna dalam kalimat tersebut.

28. Bacalah teks berikut.
Selama beberapa tahun terakhir, penelitian demi penelitian telah menemukan bahwa reputasi negatif tentang kopi sudah tidak berlaku lagi. Dengan catatan, kopi yang Anda nikmati adalah kopi hitam, bukan kopi dengan kandungan susu, krim, atau gula yang banyak. Kopi hitam rendah gula tidak hanya dapat melawan diabetes dan beberapa tipe kanker, tetapi juga dapat meningkatkan memori dan mengurangi stres.

Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah ...
A. Penelitian menunjukkan bahwa kopi memiliki reputasi negatif.
B. Segala jenis kopi terbukti dapat meningkatkan memori dan mengurangi stres.
C. Kopi hitam rendah gula dapat melawan diabetes dan mengurangi stres.
D. Membiasakan minum kopi setiap hari dapat mencegah berbagai penyakit, seperti diabetes dan kanker.

29. Bacalah kalimat berikut.
Pasal 36 UUD 1945 menyatakan, Bahasa negara ialah bahasa Indonesia.

Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A. Mencantumkan tanda elipsis (...) setelah kata menyatakan
B. Menggunakan tanda titik koma (;) setelah kata menyatakan.
C. Mencantumkan tanda petik tunggal ('') sebelum kata Bahasa dan setelah kata Indonesia.
D. Mencantumkan tanda petik dua ("") sebelum kata Bahasa dan kata Indonesia.

30. Bacalah kalimat-kalimat berikut.
(1) Jumlah tersebut meningkat menjadi 640 wisman pada hari kedua, Minggu (28/8/2016).
(2) Perhelatan Festival Wonderful Indonesia (FWI) dilaksanakann selama dua hari di Entikong, Kalimantan Barat.
(3) Total dalam 2 hari kegiatan FWI tercatat 992 wisman.
(4) Pada hari pertama, Sabtu (27/8/2016), tercatat 352 wisatawan mancanegara asal Malaysia melintasi Pos Lintas Batas Negara (PLBN).

Susunan kalimat laporan tersebut yang tepat adalah ...
A. (1)-(3)-(2)-(4)
B. (2)-(1)-(3)-(4)
C. (2)-(4)-(1)-(3)
D. (2)-(4)-(3)-(1)

31. Bacalah kalimat berikut.
Pagi ini, presiden Joko Widodo sempat mengunjungi istana presiden di bogor.

Perbaikan penggunaan huruf kapital pada kalimat tersebut adalah ...
A. Pagi ini, presiden Joko Widodo sempat mengunjungi istana presiden di Bogor.
B. Pagi ini, Presiden Joko Widodo sempat mengunjungi Istana Presiden di Bogor.
C. Pagi ini, presiden Joko Widodo sempat mengunjungi istana Presiden di Bogor.
D. Pagi ini, Presiden Joko Widodo sempat mengunjungi istana presiden di Bogor.

32. Bacalah petunjuk berikut.
Petunjuk Membuat Minuman Rempah Lemongrass
(1) Tuang 1/2 gelas air serai tadi ke dalam gelas saji.
(2) Masukkan air soda secukupnya.
(3) Rebus serai dengan air hingga mendidih angkat dan dinginkan. Air ini bisa menjadi dasar.
(4) Siapkan gelas saji, masukkan irisan buah lemon
(5) Sajikan
(6) Tambahkan es batu
(7) Tambahkan madu sesuai selera, aduk rata.

Urutan yang tepat petunjuk tersebut adalah ...
A. (3)-(4)-(1)-(2)-(7)-(5)-(6)
B. (3)-(4)-(1)-(2)-(7)-(6)-(5)
C. (4)-(3)-(1)-(2)-(7)-(5)-(6)
D. (4)-(3)-(1)-(2)-(7)-(6)-(5)

33. Bacalah petunjuk berikut.
Petunjuk membuat pecel
(1) Rebus kol, taoge, bayam, dan kacang panjang secara terpisah lalu sisihkan.
(2) [...]
(3) Tata sayuran di atas piring saji
(4) [...]
(5) Sajikan

Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah ...
A. (2) Haluskan bahan untuk bumbu kacang lalu letakkan di mangkuk kecil.
(4) Siram sayuran dengan bumbu kacang lalu tambahkan air matang dan aduk sampai rata.
B. (2) Haluskan bahan untuk bumbu kacang lalu tambahkan air matang dan aduk sampai rata
(4) Siram sayuran dengan bumbu kacang lalu hias dengan daun kemangi.
C. (2) Haluskan sayuran dan bahan untuk bumbu kacang lalu aduk sampai rata.
(4) Siram sayuran dengan bumbu kacang lalu hias dengan daun kemangi.
D. (2) Haluskan bumbu-bumbu untuk bumbu kacang lalu tambahkan air matang dan letakkan di mangkuk kecil.
(4) Hias sayuran dengan tambahan daun kemangi lalu siram dengan bumbu kacang.

34. Perhatikan fakta berikut.
(1) Pemerintah dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) sepakat memberlakukan kantong plastik berbayar Rp200 per buah.
(2) Perberlakuan mulai 21 Februari 2016 bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional.
(3) Mengurangi limbah plastik.

Teks yang sesuai dengan fakta tersebut adalah ...
A. Pemerintah dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) sepakat memberlakukan kantong plastik berbayar Rp200 per buah. Kebijakan ini diberlakukan bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional. Tujuannya adalah mengurangi limbah plastik.
B. Mulai 21 Februari 2016 bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional, pemerintah dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) sepakat memberlakukan kantong plastik berbayar. Tujuan dari kebijakan ini adalah mengurangi limbah plastik.
C. Pemberlakuan kantong plastik berbayar Rp200 per buah mulai diterapkan pemerintah dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo). Tujuan kebijakan ini selain mengurangi limbah plastik juga meningkatkan kesadaran masyarakat agar berinisiatif untuk membawa tas belanja sendiri dari rumah.
D. Pemerintah dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) sepakat memberlakukan kantong plastik berbayar Rp200 per buah. Pemberlakuan ini mulai 21 Februari 2016 bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional. Tujuan dari kebijakan ini adalah mengurangi limbah plastik.

35. Cermati kalimat berikut.
Nasyitha menangis histeris karena rapor miliknya terlanjur dicoret-coret adiknya.

Kata yang salah ejaannya pada kalimat tersebut adalah ...
A. histeris
B. rapor
C.terlanjur
D. dicoret-coret

36. Cermati kalimat berikut.
Bu Marni berkata: "Jangan lupa membawa alat-alat kebersihan untuk kerja bakti."

Penggunaan tanda baca yang tidak tepat adalah ...
A. penghubung (-)
B. petik dua ("")
C. titik (.)
D. titik dua (:)

37. Perhatikan data buku berikut
Judul    : Tips & Trik Jago Main Rubik
Penulis : Wicaksono Adi
Penerbit :Gradien Mediatama
Tahun    : 2009
Keunggulan : Banyak gambar yang menarik dan penjelasannya sangat terperinci.
Kelemahan   : Terdapat kata-kata yang sulit dimengerti.

Paragraf  yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah ...
A. Buku Tips & Trik Jago Main Rubik karya Wicaksono Adi dengan penerbit Gradien Mediatama, tahun 2009 ini, berhasil memukau hati pembaca. Penjelasannya yang sangat perinci dan banyaknya gambar membuat pembaca semakin tertarik.
B. Buku Tips & Trik Jago Rubik karya Wicaksono Adi dengan penerbit Gradien Mediatama, tahun 2009 ini, kurang berhasil mencuri hati pembaca. Banyaknya kata yang sulit dimengerti membuat pembaca merasa jenuh dengan tidak tertarik untuk membaca.
C. Buku Tips & Trik Jago Rubik karya Wicaksono Adi dengan penerbit Gramedia Mediatama, tahun 2009 ini, sukses memikat hati pembaca. Banyaknya gambar yang menarik dan penjelasannya yang sangat perinci memudahkan pembaca mempelajari isi buku. Sayangnya, dalam buku ini masih terdapat kata-kata yang sulit dimengerti.
D. Buku Tips & Trik Jago Rubik karya Wicaksono Adi dengan penerbit Gramedia Mediatama, tahun 2009 ini, berhasil menarik perhatian pembaca. Banyaknya gambar yang menarik dan penjelasannya sangat perinci memudahkan pembaca mempelajari isi buku. Sayangnya, sampul buku ini kurang sesuai.

38. Cermati kalimat berikut.
Bukit Barisan berperan penting sebagai sumber air dari semua sungai besar di Pulau sumatera.

Perbaikan kesalahan penggunaan huruf kapital pada kalimat tersebut adalah ...
A. Bukit Barisan berperan penting sebagai sumber air dari semua sungai besar di pulau Sumatera
B. Bukit barisan berperan penting sebagai sumber air dari semua Sungai Besar di pulau Sumatera
C. Bukit Barisan berperan penting sebagai sumber air dari semua sungai besar di Pulau Sumatera
D. Bukit barisan berperan penting sebagai sumber air dari semua sungai besar di pulau Sumatera

39. Perhatikan kalimat berikut.
Minat baca masyarakat Indonesia harus terus digalakkan dan buta aksara harus terus dimusnakan.

Perbaikan kata digalakkan dan dimusnakan pada kalimat tersebut yang tepat adalah ...
A. ditingkatkan, dihilangkan
B. diringkatkan, diberantas
C. dilestarikan, dibasmi
D. disukseskan, disingkirkan

40. Perhatikan kalimat berikut.
Bagi warga yang belum mendapatkan raskin diharapkan segera menghubungi Ketua RT setempat.

Perbaikan kalimat tersebut adalah dengan menghilangkan ...
A. bagi, diharapkan, segera
B. bagi, diharapkan, setempat
C. yang, diharapkan, setempat
D. warga, segera, setempat

41. Bacalah teks berikut.
(1) Novel Daun yang Jatuh tak Pernah Membenci Angin, memberikan pengetahuan kepada kita jika semua keinginan kita tidak bisa semuanya tercapai. (2) Tokoh-tokoh yang berada di dalam novel ini memberikan contoh agar dalam menghadapi kehidupan ini kita harus menjalani dengan lapang dada, iklas, dan selalu berusaha dengan kemampuan yang kita punya. (3) Alur ceritanya mudah dipahami dan menjadi bacaan yang inspiratif. (4) Namun sayang, novel ini tidak diperuntukakan semua umur, dan terkadang ada istilah yang sulit dimengerti.

Pernyataan berupa kelemahan buku kutipan teks tersebut ditunjukkan nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

42. Bacalah teks berikut.
Sang harimau berhasil mengelabui sang burung. Ketika ikan itu jatuh ke tanah, sang harimau menginjak itu sambil berkata "Kau memang burung besar dan cantik, kau memiliki suara meskipun tidak semerdu burung lain, tapi kau sang ceroboh! Kau menjatuhkan ikan yang cukup besar ini, aku sangat berterima kasih." Sang harimau menggigit dan pergi dari sang burung sambil terseyum manis dan sang burung kini menyesali perbuatannya.

Tokoh harimau pada kutipan cerita tersebut merupakan simbol dari sifat ...
A. Orang yang pembohong dan tamak
B. Orang yang serakah dan jahat
C. Orang yang sombong dan jahil
D. Orang yang culas dan sombong

43. Cermati kalimat berikut
Sekarang ini emigrasi dianggap sebagai solusi bagi seseorang yang ingin mendapatkan penghasilan besar.

Makna kata emigrasi pada kalimat tersebut adalah ...
A. Perpindahan penduduk dari desa ke kota.
B. Pindah dari tanah air ke negara lain dan menetap di sana
C. Perpindahan penduduk dari negara lain ke negara tertentu untuk menetap
D. Perpindahan penduduk dari daerah yang berpenduduk padat ke daerah yang berpenduduk jarang.

44. Bacalah kedua teks berikut
Teks I
Mbah Mahdi selalu menghidangkan kejengkelan kepadaku. Setiap pagi, dia selalu membakar sampah, tepat di belakang rumahku, hingga aku tak pernah sempat menikmati udara bersih dan segar.
"Kenapa dia selalu bakar sampah di belakang rumah kita? Itu pertanyaannya yang paling tepat," ujar istriku sambil menuangkan teh panas ke cangkir tembikar.
Teks II
Pada suatu hari, si kancil menuju sungai untuk minum karena merasa haus. Ketika si kancil sedang asyik minum, tiba-tiba dia mendengar suara rintihan kesakitan. Si kancil pun mencari dari mana arah suara itu berasal. Ternyata suara itu adalah suara pak kerbau.

Perbedaan pola pengembangan kedua teks tersebut adalah ...
A. Teks I, dimulai dengan aksi tokoh, Teks II, dimulai dengan garis besar masalah
B. Teks I, dimulai dengan garis besar masalah, Teks II, dimulai dengan lokasi
C. Teks I, dimulai dengan aksi tokoh, Teks II, dimulai dengan lokasi
D. Teks I, dimulai dari garis besar masalah, Teks II, dimulai dengan aksi tokoh.

 45. Perhatikan teks berikut
Buku dengan perwajahan sampul yang memuat foto pemandangan kaldera Tambora ini patut menjadi bacaan prioritas, bahkan rasanya wajib dimiliki oleh setiap perpustakaan sekolah. Bukan saja untuk semakin mengabarkan peringatan dua abad letusan Gunung Tambora saja, tapi juga, menyemai cinta warisan budaya negeri sendiri [...]. Padahal foto pada sampul buku sudah teramat cantik dan maksimal.

Kalimat berisi kelemahan buku untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. Sayangnya buku ini terlalu banyak menggunakan istilah bahasa asing.
B. Sedikit masukan untuk buku ini adalah beberapa kalimat yang menumpuk di sampul depan juga belakang, membuat tampilan desain menjadi kurang artistik.
C. Namun buku ini terlalu membosankan karena banyaknya sesi yang ditampilkan.
D. Kekurangan buku ini terletak pada ukuran tulisan yang terlalu kecil sehingga menyulitkan pembaca.

46. Bacalah teks berikut.
(1) Permainan elektronik banyak disukai salah satunya karena kemudahan dalam mengunduh gim secara gratis lewat gawai telepon seluler. (2) Permainan elektronik daring atau permainan -permainan yang diakses dengan menggunakan jaringan internet telah berkembang pesat dan digemari banyak kalangan, tidak terkecuali remaja dan orang dewasa. (3) Dalam batas penggunaan yang tidak berlebihan, gim daring pada dasarnya dapat dikatakan sebagai sarana hiburan atau kegiatan pengisi waktu luang. (4) Namun, ada pula pemain gim daring yang kesulitan mengendalikan kebiasaan bermain mereka hingga menjadi adiksi/kecanduan.

Kalimat yang menyatakan penolakan ditunjukkan nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

47. Bacalah teks berikut.
Kabar menyedihkan datang pada pertengahan September lalu ketika ditemukan seekor gajah mati di propinsi Lampung.  Gajah yang bernama Yongki ditemukan telah mati pada Jumat, 18 September 2015 dengan keadaan kedua gadingnya hilang. Lokasi penemuan tubuh gajah, yaitu di sekitar 300 meter belakang Pos Resort Pemerihan, SPTN Wilayah II Bengkunat, BPTN Wilayah I Semaka. Kematian gajah Yongki tentunya ada indikasi pembunuhan yang ditandai dengan hilangnya gading dari tubuh gajah tersebut.

Kata dengan ejaan yang tidak tepat dan perbaikannya pada teks tersebut adalah ...
A. Propinsi perbaikan provinsi
B. Jumat perbaikan Jum'at
C. Kedua perbaikan ke dua
D. Indikasi perbaikan indikator.

48. Perhatikan kalimat berikut.
Sikapnya yang [...] membuat dirinya disukai oleh semua orang.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ...
A. kebapak-kebapakan
B. kebapak-bapakan
C. kebapakan-kebapakan
D. bapak-bapakan

49. Perhatikan teks berikut
Sampah-sampah disungai membuat warna air menjadi kotor. Air yang ada pun tidak dapat diolah dengan baik. Air yang sudah terkontaminasi jika digunakan secara terus-menerus justru akan merugikan  diri, terlebih lagi jika di musim hujan.

Perbaikan kata kotor, diolah, dan terkontaminasi adalah ...
A. hitam, dipakai, tercemar
B. keruh, dimanfaatkan, tercemar
C. hitam, digunakan, tercemar
D. keruh, digunakan, kotor

50. Bacalah teks berikut
Avokad sering disebut dengan buah yang tak bersahabat bagi para pengidap kolesterol tinggi. Namun siapa sangka, buah yang berasal dari Benua Amerika ini mengandung beberapa zat yang sangat penting untuk tubuh sehingga dapat memberikan sejuta manfaat bagi orang yang mengonsumsinya.

Perbaikan istilah zat yang tepat pada teks tersebut adalah ...
A. vitamin
B. nutrisi
C. kalori
D. gizi


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Prediksi Soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP Bahasa Indonesia Tahun 2018