Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Surat Pribadi dan Surat Dinas

Pernahkah kamu membaca atau menulis surat? surat yang kamu baca atau tulis biasanya berupa surat pribadi atau surat dinas. Tahukah kamu bahwa surat dapat digunakan mengungkapkan aspirasi dan ekspresi perasaan kepasa keluarga, kerabat, dan teman. Surat juga dapat digunakan untuk menginformasikan suatu kegiatan.
Surat Pribadi dan Surat Dinas
Melalui artikel ini, kamu akan belajar mengungkapkan pikiran, perasaan, dan aspirasi melalui surat. Dalam artikel ini kamu akan mempelajari surat dinas dan surat pribadi. Untuk menambah pemahamanmu tentang surat pribadi dan surat dinas, artikel ini dilengkapi kegiatan dan latihan.

A. Mengenal dan Memahami Surat

Surat adalah sarana atau alat komunikasi untuk menyampaikan informasi atau pernyataan secara tertulis dari pihak satu kepada pihak yang lain. Surat memiliki format penulisan dan gaya bahasa tersendiri yang berbeda dengan gaya bahasa karangan pada umumnya.

Pada umumnya surat berfungsi sebagai alat komunikasi antara dua pihak. Disamping itu, surat memiliki fungsi sampingan sebagai berikut.
  1. Dokumentasi tertulis, misalnya dalam surat perjanjian.
  2. Alat pengingat untuk objek yang telah terlupakan.
  3. Bukti historis untuk menyelidiki keadaan orang, organisasi, atau sejarah bangsa.
  4. Menjadi surat jaminan, misalnya jaminan keamanan dan jaminan tanggungan.
  5. Menjadi alat promosi bagi biro, kantor, atau perusahaan.
  6. Menghemat waktu, tenaga, dan biaya.

1. Mengenal Ciri Surat Pribadi

Surat pribadi adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang isinya menyangkut kepentingan pribadi. Surat pribadi biasanya dipakai dalam pergaulan hidup sehari-hari dan terjadi dalam komunikasi antara anak dan orang tua, kerabat, atau teman. Berdasarkan hubungan antara pengirim dan penerima surat, surat pribadi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu surat pribadi kekerabatan dan persaudaraan.

a. Surat pribadi kekerabatan
Surat pribadi kekerabatan adalah surat pribadi yang dikirimkan kepada anggota keluarga atau kerabat. Surat pribadi kekeluargaan biasanya menggunakan sapaan kekerabatan, seperti pemakaian -nda. Kata sapaan tersebut misalnya kakeknda, neneknda, ayahanda, ibunda, dan cucunda. Isi surat pribadi kekerabatan dapat menyangkut permasalahan sehari-hari.

b. Surat pribadi persaudaraan
Surat pribadi persaudaraan adalah surat yang dibuat oleh seseorang untuk dikirimkan kepada orang lain. Pengirim dan penerima surat tidak memiliki hubungan kekerabatan. Hubungan antara keduanya, misalnya sebagai teman lama, sahabat karib, sahabat pena, orang yang baru dikenal, atau orang yang berjasa kepada kita. Isi surat pribadi persaudaraan dapat berupa perkenalan, ucapan ulang tahun, ucapan selamat, ucapan berduka, ucapan terima kasih, dan ucapan minta maaf.

Surat pribadi memiliki ciri yaitu memiliki unsur tanggal surat, alamat surat, pembuka surat, pendahuluan, isi, penutup surat, nama pengirim, dan tanda tangan. Isi surat pribadi berkaitan degan masalah pribadi seperti menanyakan kabar, keperluan pribadi, dan tujuan komunikasi yang lain. Ada hal yang perlu diperhatikan dalam surat pribadi yaitu tata etika atau sopan santun.

Contoh surat pribadi!

Jakarta, 15 Juli 2016
Bunda Kinanti
di Surabaya

Salam sayang untuk Bunda.
Bagaimana kabar Bunda di Surabaya? Elsa doakan Bunda baik-baik saja. Semoga Bunda selalu sehat selama bertugas. Elsa di Jakarta juga baik-baik saja. Bunda, Elsa merindukan Bunda.
Tidak terasa sudah dua minggu Bunda bertugas di Surabaya untuk kegiatan kedinasan. Sudah lama juga Elsa tinggal bersama Bibi Sandra. O, ya Bunda, ternyata Bibi Sandra pandai memasak seperti Bunda. Masakan Bibi Sandra mengingatkan Elsa pada masakan Bunda. Elsa senang berada di rumah Bibi Sandra. Bibi Sandra memperlakukan Elsa sama seperti anaknya sendiri
Meskipun Elsa senang tinggal di rumah Bibi Sandra, Elsa tetap merindukan Bunda. Kapan Bunda pulang ke Jakarta? Elsa ingin mendengar cerita Bunda selama berada di Surabaya. Bunda tidak perlu khawatir, Elsa di Jakarta selalu dijaga dan dirawat dengan baik oleh Bibi Sandra.
Sekian kabar dari Elsa, Bunda. Elsa harap Bunda akan segera pulang dalam waktu dekat ini. 
Jangan lupa ya, Bunda balas surat Elsa.
Buah hati Bunda,


Elsa Vania

Contoh surat pribadi tersebut dapat diidentifikasi sebagai berikut.
a. Surat pribadi tersebut dikirim oleh seorang anak bernama Elsa Vania kepada ibunya.
b. Bahasa yang digunakan Elsa Vania termasuk ragam bahasa santai.
c. Isi surat pribadi tersebut Elsa menanyakan kabar sang ibu yang sedang bertugas di Surabaya. Elsa juga menceritakan perlakuan Bibi Sandra kepadanya.
d. Surat pribadi tersebut memiliki unsur tanggal surat, alamat surat, pembuka surat, pendahuluan, isi, penutup surat, nama pengirim, dan tanda tangan.

2. Mengidentifikasi Ciri Surat Dinas

Surat dinas merupakan surat resmi yang ditulis oleh instansi, jawatan, atau organisasi tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan instansi, jawatan, atau organisasi. Surat dinas menggunakan bahasa baku dan efektif. Bahasa baku adalah bahasa yang diakui benar menurut kaidah yang dibakukan. Bahasa efektif adalah bahasa yang sederhana atau tidak berbelit-belit, ringkas, jelas, dan tidak mengandung makna ganda. 

Surat dinas terdiri atas beberapa macam. Berikut ini jenis-jenis surat dinas yang dapat kamu pelajari.
a. Surat permohonan
Surat permohonan biasa digunakan untuk meminta bantuan. Surat permohonan ini ditujukan kepada sebuah instansi atau perseorangan dengan jabatan lebih tinggi.
b. Surat tugas
Surat tugas adalah surat yang dikirimkan kepada satu atau beberapa orang untuk menjalankan tugas tertentu oleh instansi, organisasi, atau perusahaan.
c. Surat perizinan
Surat perizinan adalah surat yang dikirimkan untuk instansi, organisasi, perusahaan, atau perorangan untuk mendapatkan izin. Surat permintaan izin dapat dibedakan menjadi surat permintaan izin untuk mengikuti kegiatan dan surat permintaan izin untuk tidak mengikuti kegiatan.
d. Surat pemberitahuan
Surat pemberitahuan berisi pemberitahuan kepada semua anggota dalam suatu kelompok atau organisasi. Surat pemberitahuan terdiri atas surat pengumuman, surat edaran, dan surat pernyataan.
e. Surat Undangan
Surat undangan dibuat oleh seseorang atau instansi. Surat undangan adalah surat yang ditujukan kepada seseorang untuk menghadiri suatu acara.

Contoh surat dinas!

PANITIA KEGIATAN PERKEMAHAN SABTU DAN MINGGU
GERAKAN PRAMUKA SMP PUTRA BANGSA
GUGUS DEPAN 015.17-015.16
JAKARTA UTARA

20 Juli 2016
No            : 17/PERSAMI/K/PB/VII/2016
Lampiran : 1 berkas
HAL        : Permohonan Izin

Yth. Wali Murid Kelas VII
SMP Putra Bangsa
di tempat

Dengan hormat,
Dalam rangka kegiatan rutin bulanan, Pramuka SMP Putra Bangsa akan mengadakan kegiatan perkemahan Sabtu dan Minggu. Kegiatan tersebut akan diadakan pada
hari, tanggal   : Sabtu-Minggu, 23-24 Juli 2016
waktu             : 08.00 WIB s.d. selesai;
tempat            : Bumi Perkemahan Cibubur;
acara               : Kegiatan perkemahan Sabtu dan Minggu
Kami memohon kepada Bapak/Ibu untuk mengizinkan putra dan putrinya mengikuti kegiatan tersebut. Sebagai bahan pertimbangan, kami lampirkan jadwal kegiatan. Terima kasih atas perhatian dan izin Bapak/Ibu.

Mengetahui,                                                                                                Hormat kami,
Kepala Sekolah                                                                                           Ketua Panitia



Imam Mustofa, M.Pd.                                                                                Royan Saputra


Contoh surat dinas tersebut dapat diidentifikasi sebagai berikut.
a. Surat dinas tersebut dikirim oleh sebuah organisasi yaitu panitia kegiatan perkemahan Sabtu dan Minggu SMP Putra Bangsa kepada wali murid kelas VII.
b. Surat dinas tersebut menggunakan ragam bahasa resmi atau baku.
c. Isi surat resmi tersebut adalah kegiatan perkemahan Sabtu dan Minggu yang akan dilaksanakan pada tanggal 23-24 Juli 2016 di Bumi Perkemahan Cibubur mulai pukul 08.00 sampai selesai.

Demikianlah artikel tentang surat pribadi dan surat dinas, semoga bisa membantu. Terima kasih.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Surat Pribadi dan Surat Dinas