Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Prediksi Soal Try Out Dinas Bahasa Indonesia Kelas 9

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal Try Out dinas Bahasa Indonesia kelas 9. Semoga soal-soal yang admin bagikan di sini dapat bermanfaat buat peserta didik dalam mencari referensi soal-soal terbaru seputar Try Out dinas di kelas 9. Selamat belajar, semoga sukses.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2.
Salah satu manfaat yang sangat signifikan dari bangun pagi adalah tingkat stress berkurang. Ketika bangun pagi, Anda tidak perlu terburu-buru melakukan pekerjaan. Anda dapat memulai hari dengan santai dan terencana. Anda pun bisa menikmati sarapan dengan tenang.

1. Gagasan utama teks tersebut adalah ...
A. Salah satu manfaat bangun pagi
B. Tingkat stres berkurang saat kita bangun pagi
C. Saat bangun pagi, tidak perlu terburu-buru bekerja
D. Mulailah hari dengan santai dan terencana

Prediksi Soal Try Out Dinas Bahasa Indonesia Kelas 9
www.ilmubindo.com

2. Simpulan teks tersebut adalah ...
A. Bangun pagi memiliki manfaat yang sangat signifikan, yaitu dapat mengurangi tingkat stress.
B. Anda bisa menikmati sarapan dengan tenang saat bangun pagi.
C. Anda tidak perlu terburu-buru melakukan pekerjaan pada pagi hari.
D. Tingkat stres berkurang, Anda pun tenang.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4
Beliau bernama lengkap Bob Sandino. Lahir di Lampung, tanggal 9 Maret 1933, wafat pada tanggal 19 Januari 2015. Beliau akrab dipanggil dengan sebutan 'Om Bob'. Ia adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan. Ia adalah pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Pada tahun 1967, Bob dan keluarga kembali ke Indonesia setelah beberapa tahun tinggal di Belanda. Ia membawa serta 2 Mercedes miliknya, buatan tahun 1960-an. Salah satunya ia jual untuk membeli sebidang tanah di Kemang, Jakarta Selatan sementara yang lain tetap ia simpan. Setelah beberapa lama tinggal dan hidup di Indonesia, Bob memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya karena ia memiliki tekad untuk bekerja secara mandiri.
Sebagai peternak ayam, Bob dan istrinya, setiap hari menjual beberapa kilogram telur. Dalam tempo satu setengah tahun, ia dan istrinya memiliki banyak langganan, terutama orang asing, karena mereka fasih berbahasa Inggris. Bob dan istrinya tinggal di kawasan Kemang, Jakarta, tempat orang asing banyak menetap. Tidak jarang pasangan tersebut dihardik pelanggan, pembantu orang asing sekalipun. Namun mereka mengaca pada diri sendiri, memperbaiki pelayanan. Perubahan drastis pun terjadi pada diri Bob, dari pribadi feodal menjadi pelayan. Setelah itu, lama-kelamaan Bob yang berambut perak, menjadi pemiliki tunggal supermarket (pasar swalayan) Kemchick. Ia selalu tampil sederhana dengan kemeja lengan pendek dan celana pendek.

3. Hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut adalah ...
A. menjadi pemilik jaringan usaha Kemfood dan Kemchick.
B. memutuskan keluar dari pekerjaannya dan bertekad bekerja mandiri.
C. memiliki banyak pelanggan orang asing di Jakarta.
D. tidak jarang dihardik pelanggan, pembantu orang asing sekaligus.

4.  Keistimewaan tokoh tersebut adalah ...
A. beliau akrab dipanggil 'Om Bob' 
B. menjadi seorang pengusaha asal Indonesia di bidang pangan dan peternakan
C. mau kembali ke Indonesia setelah lama tinggal di luar negeri
D. mau berubah dari pribadi feodal menjadi seorang pelayan.

5. Bacalah teks berikut.
Lagu-lagu ciptaan Mutahar, Ibu Soed,Ismail Marsuki,dan Soedharnoto memang benar-benar menampilkan irama yang dapat membangkitkan semangat yang bergelora dengan syair yang penuh makna perjuangan bangsa. Rasa sedih, haru, bangga berbaur menjadi satu dan juga diikuti harapan akan kemakmuran bangsa ke depan.Semua itu selalu saja hadir serentak membaur pada irama dan syair lagu yang dimainkan. Lagu-lagu yang memang tidak bisa hilang lenyap dari ingatan, seolah terpatri rapat dalam memori. Addie MS dan Twilite Orchestra telah menghadirkannya kembali semua itu di Aula Simfonia Jakarta, Sabtu malam, yang nyaris penuh di ruangan yang didesain untuk pengaturan suara yang prima itu.

Simpulan kutipan teks laporan tersebut adalahn ....
A. Lagu-lagu ciptaan Mutahar, Ibu Soed, Ismail Marsuki, dan Soedharnoto benar-benar menampilkan irama penuh semangat.
B. Addie MS dan Twilite Orchestra berhasil menghadirkan kembali gelora semangat melalui konser lagu-lagu perjuangan.
C. Aula Simfonia Jakarta yang didesain untuk pengaturan suara yang prima nyaris penuh.
D. Addie MS bersama Twilite Orchestra tampil menyanyikan lagu-lagu perjuangan dengan penuh gelora semangat.

6. Bacalah teks berikut.
Minat belajar dan membaca masyarkat pedalaman yang tinggi rupanya tak dimiliki masyarakat Indonesia pada umumnya. Hal ini terbukti lewat hasil studi "Most Littered Nation in the Word" oleh Central Connecticut State University pada Maret lalu. Riset tersebut menempatkan Indonesia di peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca. Posisi Indonesia pun persis berada di bawah Thailand (59) dan di atas Bostwana (61). Namun, meskipun minat baca rendah, angka buta huruf di Indonesia dinilai mengalami penurunan.

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ...
A. Hasil studi Central Connecticut State University menunjukkan minat membaca masyarakat Indonesia sangat rendah.
B. Riset itu menempatkan kita Indonesia di peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca.
C. Minat belajar dan membaca masyarakat pedalaman lebih tinggi tak dimiliki masyarakat pada umumnya.
D. Karena minat membaca rendah maka angka buta huruf pun mengalami penurunan.

7. Bacalah kedua teks berikut
Teks I
Kepulauan ini terletak di sebelah timur Pulau Biak, Papua. Peta Nusantara hanya menggambarkan seperti kumpulan noktah-noktah hitam di bibir Samudera Pasifik. Meskipun demikian, kekayaan dan keindahan alam di sini masih tersembunyi, belum tergarap dengan maksimal. Masyarakatnya pun masih hidup dengan sederhana  dari hasil alam yang mereka garap secara tradisional.
Teks II
Di hutan hiduplah dua ekor kancil. Mereka bernama Kanca dan Manggut. Kedua ekor kancil itu bersaudara. Manggut adalah kakak dari Kanca. Sebaliknya, Kanca adalah adik dari Manggut. Walaupun bersaudara, sifat mereka sangatlah berbeda. Kanca rajin dan baik hati, sedangkan Manggut pemalas dan suka menjahili teman. Suatu hari, Manggut kelaparan. Namun, Manggut mencuri makanan Kanca. Waktu Kanca bertanya kepada Manggut di mana makanannya, Manggut menjawab dicuri tikus.

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ...
A. Teks I: dengan deskripsi alam, Teks II: orientasi
B. Teks I: deskripsi manfaat alam, Teks II: deskripsi manfaat tanaman
C. Teks I: definisi umum, Teks II: deskripsi paparan
D. Teks I: eksposisi, Teks II: eksposisi argumentatif

8. Bacalah teks berikut
Bisnis kuliner bisa dibilang cukup berisiko. Sama sekali tak ada jaminan apakah bisnis ini dapat bertahan lama atau tidak. Tak sedikit bisnis kuliner yang buka, kemudian gulung tikar dalam waktu singkat. Ada banyak faktor yang membuat bisnis kuliner menjadi tak bertahan lama. Banyak pebisnis makanan seperti latah, mengira bisnis makanan mudah dan untungnya bisa tiga kali lipat. namun, mereka tidak sadar biayanya tidak hanya sekadar membeli bahan, tetapi ada juga salah perencanaan.

Ringkasan isi teks tersebut yang tepat adalah ...
A. Banyak bisnis kuliner yang buka, kemudian gulung tikar dalam waktu singkat.
B. Bisnis kuliner cukup berisiko dan banyak faktor membuat bisnis ini tak bertahan lama.
C. Banyak pebisnis makanan latah\
D. Mereka tidak sadar biaya bukan sekadar membeli bahan.

9. Bacalah teks berikut.
(1) Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa pada kulit jeruk keprok memiliki sifat antikanker. (2) Jeruk keprok bisa tumbuh dengan baik jika dipupuk  dengan tepat. (3) Selain sebagai antikanker, kulit jeruk keprok juga dapat membantu menghaluskan kulit. (4) Khasiat jeruk keprok memang banyak sekali, selain buahnya yang kaya vitamin C dan antioksidan, kulitnya pun memiliki senyawa yang bersifat antikanker. 

Perbaikan paragraf yang tidak padu tersebut adalah dengan ...
A. menghilangkan kalimat (1) 
B. menghilangkan kalimat (2)
C. menghilangkan kalimat (3)
D. menghilangkan kalimat (4)

10. Bacalah dua cerpen berikut.
Teks I
Sejak ibu mengenalkanku pada matahari dan rembulan-aku lupa kapan, tapi itu sudah lama sekali, aku telah bisa membedakan gelap dan terang dengan sangat gamblang. Gelap adalah ketika kau sendiri. Dan terang adalah ketika sesuatu yang megah membersamaimu. Dal hal itu: cahaya, membuatku lebih mudah mengayunkan langkah.
Teks II
"Mam, tinggalah bersama kami, atau bergiliran dari kota ke kota." Kata anak bungsunya, Adelia. Nyonya Rusmini mendekat ke arahku, seperti biasa, hendak membisikkan kata-kata.
"Mon, kau dengar apa kata mereka?" aku hanya menatap matanya yang kelabu, namun mencatat sejuta kemasan masa lalu. Mata yang selalu menghindar saat ingin kutelusuri kisahnya.

Perbedaan yang terdapat pada kedua cerpen tersebut adalah ...
A. Teks I: menggunakan kalimat-kalimat dialog, Teks II: menggunakan kalimat-kalimat pencerita.
B. Teks I: menggunakan kalimat-kalimat pencerita, Teks II: menggunakan kalimat-kalimat dialog.
C. Teks I: bahasanya cukup dinamis, Teks II: menggunakan bahasa sehari-hari
D. Teks I: menggunakan pencerita, Teks II: menggunakan pencerita.

11. Bacalah teks berikut.
(1) Masyarakat membuat api unggun dengan cara menyusun empat batang pohon yang menjulang tinggi untuk dijadikan kerangka. (2) Bagian dalam diisi dengan daun-daun kelapa yang dikeringkan. (3) Anak-anak pun ikut mencarikan daun-daun kering di hutan timur desa. (4) Setelah disulut, terciptalah api unggun membubung tinggi.

Kalimat yang tidak padu dalam teks ditunjukkan nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

12. Bacalah teks berikut
"Ini katanya sambil menyerahkan satu bungkus pada Badrun. "Aku tadi beli dua bungkus. Sama-sama pakai rendang, limpa, otak. Pokoknya kita harus makan enak. Biar kita makin bersyukur dan bisa menuntaskan perjuangan kita ini."
Badrun menerima sebungkus nasi yang diberikan Rozi, tapi ia tak juga membukanya. Rozi tak peduli. Ia makan nasi itu dengan tangannya, begitu lahap seolah tak ada kerisauan sedikit pun di dalam hatinya. 

Ucapan yang membuktikan tokoh Rozi merupakan orang yang pandai bersyukur adalah ...
A. "Aku tadi beli dua bungkus."
B. "Biar kita makin bersyukur dan bisa menuntaskan perjuangan kita ini."
C. "Pokoknya kita harus makan enak."
D. "Sama-sama pakai rendang, limpa, dan otak."

13. Cermatilah kutipan cerpen berikut.
Kelas yang berukuran 7 x 5 m, ruangan yang pengap ditambah lagi letak yang sangat tidak strategis karena berada paling ujung dan paling belakang diantara kelas 10 lainnya. Bising murid-murid yang bercanda  gurau terhenti ketika guru pembimbing datang.

Latar dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. sekolah
B. lapangan
C. rumah
D. kantor

14. Cermatilah kutipan cerpen berikut 
Sebelum kuliah, sehabis pulang sekolah, aku bekerja di sebuah supermarket. Gajinya lumayan untuk membantu ayah dan ibuku supaya mereka tidak terlalu terbebani dan jika ada sisanya, uang hasil kerjaku, kutabung. Tak dapat kupungkiri, niatku untuk kuliah semakin besar. Aku berkeinginan menjadi orang sukses agar dapat meraih cita-cita kelak.

Watak tokoh Aku dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. pekerja keras
B. ramah
C. bertanggung jawab
D. rendah hati

Cermatilah kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 15-17.
Suasana kamar asrama sempit ini terasa begitu lengang. Hanya terdengar suara gemericik gerimis hujan yang membasahi malam. Ketiga sahabatku masih terdiam, entah apa yang mereka pikirkan. Sedangkan aku berusaha menyerap ekspresi mereka, bisa saja dengan begini akan ketahuan siapa pelakunya. Namun sudah lebih dari dua puluh menit kuamati ketegangan yang terlukis di wajah mereka, tak kutemukan petunjuk apapun. Ternyata menjadi pengemar berat Sherlock Holmes belum cukup membuatku bisa menyelesaikan kasus seperti Sherlock, bahkan untuk masalahku sendiri. 
"Di, kau tahu kan, aku tak mungkin melakukan hal semacam itu." Dimas mulai berani bicara. Aku hanya terseyum hampa, tak menjawabnya. Kutunggu reaksi Razak dan Farhan yang masih termenung menatap ubin.
"Di, aku turut prihatin pada kamera digitalmu," ucap Farhan, suaranya yang lantang mendadak gemetar. Mungkin sahabatku ini begitu iba kepadaku, paling tidak menurut pendapatku begitu.
"Iya, Di. Aku juga. Kemungkinan pelakunya orang luar," ujar Dimas lagi.
Kini aku fokus pada Razak, teman yang paling kucurigai. Sedari tadi ia hanya ikut mengangguk-anggukan kepala bila salah satu dari kami sedang bicara, namun bukan karena itu alasan ia kujadikan tersangka utama.

15. Sudut pandang dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. orang ketiga serbatahu
B. orang ketiga sebagai pengamat
C. orang pertama tokoh utama
D. orang pertama terbatas

16. Konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Razak sedari tadi hanya mengangguk-anggukan kepala bila salah satu dari temannya berbicara.
B. Farhan prihatin pada tokoh Aku karena kamera digitalnya hilang.
C. Tokoh Aku hanya terseyum hampa ketika Dimas mulai berani bicara.
D.Tokoh Aku kehilangan kamera digitalnya dan mencari pelaku yang mengambil kamera tersebut.

17. Latar suasana dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. sunyi
B. sepi
C. tegang
D. haru

18. Bacalah teks berikut
Pisang tanaman kura-kura siap dipanen.
"Bagaimana cara memetik buah pisang ini?" pikir kura-kura. "Mungkin monyet mau membantuku." Kura-kura lalu meminta bantuan kepada monyet. "Maukah kau membantuku memetik buah pisang ini?" tanya kura-kura.
"Aku bersedia," jawab monyet.
"Terima kasih!" jawab kura-kura.
Monyet lalu memanjat pohon pisang milik kura-kura.
Setelah monyet berhasil memetik buah pisang milik kura-kura tersebut, kura-kura membagi buah pisang tersebut kepada monyet.
"Ini untukmu karena telah membantuku," kata kura-kura seraya memberikan buah pisang kepada monyet.

Komentar yang tepat terhadap isi kutipan tersebut adalah ...
A. Sifat curang membuat kita celaka.
B. Jauhkan diri kita dari keserakahan dan prasangka buruk.
C. Jangan suka berkelahi agar kita terhindar dari bahaya.
D. Jadilah penolong bagi orang yang sedang kesulitan.

19. Cermati kalimat berikut.
Ketenaran nangka Belanda atau buah sirsak telah melampaui negara Belanda, bahkan lintas benua, dari benua Eropa hingga ke benua Asia.

Pengunaan huruf kapital yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A. Ketenaran nangka  Belanda atau buah sirsak telah melampaui Negara Belanda, bahkan lintas Benua, dari Eropa hingga ke Benua Asia.
B. Ketenaran Nangka Belanda atau buah sirsak telah melampaui Negara Belanda, bahkan lintas benua, dari Benua Eropa hingga ke Benua Asia.
C. Ketenaran nangka belanda atau buah sirsak telah melampaui Negara Belanda, bahkan lintas benua, dari benua Eropa hingga ke benua Asia.
D. Ketenaran nangka belanda atau buah sirsak telah melampaui Negara Belanda, bahkan lintas benua, dari Benua Eropa hingga ke Benua Asia.

20. Bacalah teks berikut.
Sepanjang perjalanan pulang, pikiran saya tidak pernah lepas dari sahabat saya yang baik itu. Saya malu. Sebagai sahabat, saya merasa belum pernah berbuat baik padanya. Tidak pula yakin akan mampu melakukan seperti yang dilakukannya untuk menolong saya di malam itu. Dia telah membuktikan bahwa keberanian dan rasa tanggung jawab yang besar bisa timbul dari sebuah persahabatan yangb tulus.

Nilai moral yang terdapat dalam cerita tersebut adalah ...
A. Hidup harus berani memilih walaupun penuh risiko.
B. Keberanian dan tanggung jawab yang besar dapat timbul dari sebuah persahabatan yang tulus.
C. Janganlah kita mengesampingkan hati nurani dalam persahabatan.
D. Janganlah melupakan kebaikan hati seorang sahabat, sekecil apa pun itu.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 21 dan 22.
Pertempuran berlanjut, kera-kera menunggang gajah atau badak sambil memegang busur dan anak panah. Kepala mereka dilindungi dengan topi dari tempurung kelapa agar tidak mempan dilempari batu. Setelah kelompok singa menang, apa yang dilakukan kelelawar? Ia bolak-balik berpihak kepada kelompok yang menang. Sifat buruk kelelawar itu lama-kelamaan diketahui oleh kedua kelompok singa dan kelompok kera.
Mereka akhirnya sadar bahwa tidak ada gunanya saling bermusuhan. Mereka pun bersahabat kembali dan memutuskan untuk mengusir kelelawar dari lingkungan mereka. Kelelawar merasa sangat malu sehingga ia bersembunyi di gua-gua yang gelap. Ia baru menampakkan diri bila malam tiba dengan cara sembunyi-sembunyi.

21. Akibat konflik kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Kelelawar selalu memihak kepada kelompok yang menang.
B. Kedua kelompok saling serang dengan bersemangat.
C. Sifat pengecut dan tidak punya pendirian kelelawar akhirnya diketahui.
D. Kelelawar merasa malu dan baru menampakkan diri pada malam hari.

22. Tokoh kelelawar pada kutipan cerita tersebut merupakan simbol sifat ...
A. iri hati
B. tidak punya pendirian
C. tinggi hati
D. mau menang sendiri

23. Perhatikan kalimat berikut.
Banyak Game Online yang kontennya tidak pantas untuk anak-anak.

Penulisan kata game online dalam kalimat tersebut salah karena ...
A. Penulisan game online tidak diawali huruf kapital karena bukan kata serapan.
B. Penulisan game online tidak diawali huruf kapital karena sudah ditulis miring.
C. Penulisan game online tidak awali huruf kapital karena bukan nama orang.
D. Penulisan game online tidak awali huruf kapital karena belum ada padanannya.

24. Cermati kalimat berikut.
Kita mengetahui bahwa makanan cepat saji merupakan penghasil sampah terbesar di dunia. Selain itu, terlalu sering [...] makanan cepat saji juga tidak baik untuk kesehatan kita.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ...
A. mengkonsumsi
B. mengonsumsi
C. konsumsi
D. konsumen

25. Bacalah teks berikut.
Sesuatu yang berlebihan pasti menghasilkan dampak buruk, seperti halnya menonton animasi. Seseorang yang terlalu banyak menghabiskan waktu mengurung diri di kamar menonton animasi cenderung menjadi antisosial. Selain itu, orang-orang yang suka menonton animasi akan melupakan bahwa tidur malam lebih penting daripada menonton animasi. Para pelajar yang suka menonton animasi biasanya juga akan lebih mementingkan animasi daripada mengerjakan PR mereka [...].

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. Para orang tua harus mendampingi anaknya saat menonton animasi.
B. Kita harus waspada walaupun kadang animasi mengandung pelajaran.
C. Hal itu akan berdampak buruk terhadap hasil belajar mereka di sekolah.
D. Kita tidak ingin anak-anak kita menjadi generasi yang cuek.

26. Perhatikan kalimat berikut
Khasiat asam jawa terkenal hingga ke pulau Madagaskar.

Perbaikan penggunaan huruf kapital pada kalimat tersebut adalah ...
A. Khasiat asam Jawa terkenal hingga ke pulau Madagaskar.
B. Khasiat asam Jawa terkenal hingga Ke pulau madagaskar
C. Khasiat Asam Jawa terkenal hingga ke Pulau Madagaskar.
D. Khasiat asam jawa terkenal hingga ke Pulau Madagaskar.

27. Bacalah teks berikut.
(1) Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa lulusan SMK tidak bisa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. (2) Hal ini salah, mereka tetap bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. (3) Lulusan SMK mempunyai keahlian kejuruan yang spesifik, sehingga ketika kuliah mengambil jurusan yang sama dengan saat di SMK maka mereka akan lebih mudah mempelajari materi tersebut. (4) Ini berbeda dengan lulusan SMA yang diajarkan kemampuan teoretik saja.

Pernyataan yang mendukung persoalan dalam teks tersebut adalah kalimat nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

28. Bacalah kalimat berikut.
Meskipun dia telah menjelaskan terperinci, tetapi orang tua itu belum memahaminya.

Penggunaan kata tetapi pada kalimat tersebut salah karena ...
A. Kata tetapi tidak dapat didahului tanda koma.
B. Kata tetapi memiliki makna yang sama dengan kata meskipun
C. Kata tetapi tidak digunakan untuk menunjukkan negasi.
D. Kata tetapi tidak dapat digunakan sebagai awal anak kalimat.

29.  Bacalah teks berikut.
Menangkap ikan seukuran lengan orang dewasa hanya dengan bulu ayam. Itulah kekayaan Kepulauan Padaido yang terletak di utara Pulau Papua. Pantainya pun putih dan lembut seperti bubuk tepung. Kepulauan ini terletak di timur Pulau Biak, Papua. Peta Nusantara hanya menggambarkan seperti kumpulan noktah-noktah hitam di bibir Samudera Pasifik. Kekayaan dan keindahan alam di sini masih tersembunyi, belum tergarap dengan maksimal.

Kalimat yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ...
A. Menangkap ikan dengan bulu ayam adalah tradisi Pulau Padaido.
B. Pulau Biak hanyalah sebuah noktah kecil di peta Nusantara.
C. Pulau padaido yang berpasir putih lembut berada di timur Pulau Biak.
D. Pulau Padaido seperti kumpulan noktah kecil di bibir Samudera Pasifik.

30. Bacalah kalimat berikut.
Sebelum memilih produk perawatan kulit, Anda harus mengetahui karakter kulit dulu. Dengan begitu Anda bisa menentukan produk mana yang akan digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, seperti jerawat, tanda-tanda penuaan, dan pigmentasi.

Penggunaan tanda baca pada kalimat kedua dalam teks tersebut tidak tepat karena ...
A. Seharusnya tanda koma setelah kata "penuaan" dihilangkan.
B. Seharusnya setelah frasa "permasalahan kulit" diberi tanda titik dua.
C. Seharusnya tanda koma juga diletakkan aetelah konjungsi "dengan begitu".
D. Seharusnya setelah frasa "permasalahan kulit" diberi tanda titik koma.

31. Bacalah kalimat berikut
(1) Sepanjang perjalanan, kita disuguhi pemandangan pulau-pulau kecil yang hijau dan lautan nan biru.
(2) Semakin pekat warna biru menunjukkan semakin dalam dasar lautnya.
(3) Menjelang satu jam mencapai Samberpasi, kita dapat turun sejenak dari perahu untuk merasakan sensasi berada di tengah lautan tanpa perlu takut tenggelam.
(4) Di beberapa tempat, airnya jernih sehingga tampak ikan-ikan lalu lalang di tengah terumbu karang, seperti dalam akuarium besar.
(5) Hal itu bisa terjadi karena permukaan air tidak lebih dari semata kaki meski pulau terdekat berada sekitar satu kilometer.

Urutan laporan yang tepat adalah ...
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)
B. (1)-(2)-(4)-(3)-(5)
C. (3)-(4)-(5)-(1)-(2)
D. (4)-(3)-(5)-(1)-(2)

32. Bacalah kalimat berikut.
"Bu saya sudah melaporkan hal ini kepada Bapak" ujarku.

Perbaikan penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A. "Bu, saya sudah melaporkan hal ini kepada Bapak" ujarku.
B. "Bu saya sudah melaporkan hal ini kepada Bapak," ujarku.
C. "Bu, saya sudah melaporkan hal ini kepada Bapak", ujarku.
D. "Bu, saya sudah melaporkan hal ini kepada Bapak," ujarku

33. Bacalah kalimat petunjuk membuat kue serabi berikut.
(1) Campur tepung beras, garam, air daun suji, dan santan hingga rata.
(2) Panaskan cetakan serabi.
(3) Tuangkan adonan 1 sendok sayur ke dalam cetakan, lalu tutup.
(4) Biarkan adonan berlubang dan matang, lalu angkat.
(5) Oleskan minyak sayur secukupnya agar adonan tidak menempel.
(6) Sajikan selagi hangat dengan siraman kinca.

Urutan kalimat cara membuat kue serabi yang benar adalah ...
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)-(6)
B. (1)-(2)-(4)-(3)-(5)-(6)
C. (1)-(2)-(4)-(5)-(3)-(6)
D. (1)-(2)-(5)-(3)-(4)-(6)

34. Cermati petunjuk pembuatan es krim cokelat tabus kacang berikut.
(1) Campurkan susu kental manis, susu cair, air, garam, dan bubuk agar-agar, lalu didihkan.
(2) [...]
(3) Masukkan adonan susu ke dalam wadah.
(4) [...]
(5) Sajikan dengan lapisan selai cokelat dan taburan kacang.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk pembuatan tersebut adalah ...
A. (2) Api kompor jangan terlalu besar agar matang sempurna
(4) masukkan ke freezer
B. (2) angkat, lalu dinginkan hingga uap panas hilang.
(4) bekukan dengan freezer
C. (2) angkat, lalu dinginkan hingga uap panas hilang
(4) bungkus dengan plastik sebelum dibekukan dalam freezer.
D. (2) angkat, lalu dinginkan, dan bungkus dalam kemasan plastik.
(4) bekukan dalam freezer.

35. Bacalah teks berikut.
Anda yang ingin mengoleksi barang-barang unik, bisa datang ke pameran Sepatu, Kulit, dan Fashion di JCC, Senayan, Jakarta. Pameran tersebut menampilkan produk jaket cantik berbahan kertas antiair. Jaket yang terbuat dari bahan kertas tyvek itu dibuat oleh sekumpulan mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB), produk jaket itu diberi nama Svectra.

Pernyataan yang sesuai dengan fakta tersebut adalah ...
A. Anda yang ingin mengoleksi barang unik bisa membeli di pameran di JCC Jakarta.
B. Pameran menampilkan jaket unik berbahan kertas tyvek antiair.
C. Jaket itu pada awalnya merupakan tugas kuliah para mahasiswa ITB.
D. Pengunjung harus membeli jaket unik antiair Svectra tersebut.

36. Perhatikan kalimat berikut.
Banyak pihak berupaya mencegah dan mensiasati agar perilaku ini tak muncul ke permukaan. Untuk mencegah terjadi anarki, Pemprov Kalbar melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kamis (28/3) di Grand Kartika Hotel , menggelar dialog kemitraan yang melibatkan organisasi masyarakat (ormas) dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang ada di provinsi ini. Menghadirkan pakar hukum tata negara, Turiman Fachtuhrahman Nur sebagai narasumber, dialog kemitraan dihadiri perwakilan 40 ormas dan 35 LSM.

Kata yang salah ejaannya pada kalimat tersebut adalah ...
A. pakar
B. anarki
C. mensiasati
D. provinsi

37. Perhatikan kalimat berikut.
Selama ini dikenal ada tiga jenis penyakit hepatitis A, hepatitis B dan hepatitis C.

Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A. Selama ini dikenal ada tiga jenis penyakit hepatitis, hepatitis A, hepatitisB, dan hepatitis C.
B. Selama ini dikenal ada tiga jenis penyakit hepatitis: hepatitis A, hepatitis B dan hepatitis C.
C. Selama ini dikenal ada tiga jenis penyakit hepatitis: hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis C.
D. Selama ini dikenal ada tiga jenis penyakit hepatitis; hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis C.

38. Perhatikan data berikut.
Judul Buku      : Perlindungan Konsumen yang Membumi.
Penulis             : Dr. Aburizal Arkoun, S.H.
Isi                     : 157 halaman
Keunggulan      : Isi buku sangat bagus. Membahas Undang- Undang Perlindungan Konsumen hingga prosedur perlindungan hak-hak konsumen di Indonesia yang paling sesuai dengan kondisi hukum di Indonesia. Pembahasannya sangat mudah dipahami karena dengan contoh-contoh kasus perlindungan konsumen serta didukung dengan banyak skema dan bagan.
Kelemahan       : Tidak dilengkapi dengan indeks.

Paragraf yang sesuai dengan data buku tersebut adalah ...
A. Perlindungan Konsumen yang Membumi, judul buku ini karya Dr. Aburizal Arkoun, S.H., isi 157 halaman dilengkapi dengan banyak skema dan bagan yang sangat berfungsi memperjelas kandungan isinya. juga dilengkapi contoh kasus-kasus perlindungan konsumen.
B. Perlindungan Konsumen yang Membumi, judul buku ini karya Dr. Aburizal Arkoun, S.H. sebanyak 157 halaman dilengkapi skema dan bagan yang dapat memperjelas pembahasan dan sangat tepat sebagaimana isi yang dikandungnya. Namun, buku ini tidak dilengkapi dengan indeks.
C. Perlindungan konsumen yang Membumi, judul buku ini sangat tepat sebagaimana isi yang dikandungnya dimulai dari Undang-Undang Perlindungan Konsumen, hingga contoh-contoh kasus perlindungan konsumen. Buku karya Dr. Aburizal Arkoun, S.H. dengan isi 157 halaman ini dilengkapi skema dan bagan yang dapat memperjelas pembahasan yang sudah bagus walaupun tidak dilengkapi indeks.
D. Perlindungan Konsumen yang Membumi, judul buku ini karya Dr. Aburizal Arkoun, S.H. dengan isi 157 halaman dilengkapi skema dan bagan yang dapat memperjelas pembahasan dan sangat tepat sebagaimana isi yang dikandungnya.

39. Cermati kalimat berikut.
Bu Maziyyah Ulya, sedang membacakan sejarah perang dunia II dalam buku di balik peristiwa-peristiwa sejarah dunia.

Perbaikan kesalahan penggunaan huruf kapaital dan tanda baca dalam kalimat di atas adalah ...
A. Bu Maziyyah Ulya sedang membacakan sejarah Perang Dunia II dalam buku Di Balik Peristiwa-Peristiwa Sejarah Dunia.
B. Bu Maziyyah Ulya sedang membacakan sejarah Perang Dunia II dalam buku Di Balik Peristiwa-Peristiwa Sejarah Dunia.
C. Bu Maziyyah Ulya, sedang membacakan sejarah Perang Dunia II dalam buku Di Balik Peristiwa-Peristiwa Sejarah Dunia.
D. Bu Maziyyah Ulya, sedang membacakan sejarah perang dunia II dalam buku di Balik Peristiwa-Peristiwa Sejarah Dunia.

40. Perhatikan kalimat berikut.
Dengan ini, saya lampirkan berkas-berkas sebagai berikut.

Perbaikan kata dengan pada kalimat tersebut adalah ...
A. Bersama
B. Bersamaan
C. Teriring
D. Berikut

41. Perhatikan teks berikut
Bangunan itu akan direnovasi agar dapat dimanfaatkan untuk sekolah anak-anak di kampung ini. Para anak-anak nanti akan dapat meningkatkan pengetahuannya dengan bersekolah.

Perbaikan kalimat terakhir pada teks tersebut adalah dengan ...
A. kata "akan" diganti "pasti"
B. kata "para" diganti "banyak"
C. kata "anak-anak" ditambah "sekalian"
D. kata "para" dihilangkan

42. Bacalah teks berikut
(1) Remi ingin pembaca novelnya menilai bahwa perubahan itu adalah hal yang diidamkan oleh khalayak. (2) Dia juga ingin memberi kesan bahwa kebobrokan rezim tidak serta-merta menyeret semua manusia dalam sistem yang bobrok dan kotor itu. (3) Hal ini digambarkannya dalam karakter Winata sebagain polisi yang sanggup bertindak dan berbuat benar sesuai dengan sumpahnya sebagai abdi negara. (4) Pemunculan tokoh Winata dengan karakter melawan arus tersebut menjadi kekuatan tersendiri dalam novel ini.

Pernyataan berupa keunggulan buku ditunjukkan nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

43. Cermati kalimat berikut
Sebagai perencana, kita harus bisa menentukan prioritas dalam pelaksanaan proyek tersebut. Dengan begitu, perencanaan kita akan menjadi ideal.

Makna kata prioritas yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A. yang didahulukan daripada yang lain
B. yang lebih dicermati daripada yang lain
C. yang lebih dipikirkan daripada yang lain
D. yang lebih diwujudkan daripada yang lain

44. Bacalah kedua teks berikut
Teks I
Dia telah membuktikan bahwa keberanian dan rasa tanggung jawab yang besar bisa timbul dari sebuah persahabatan yang tulus. Mata saya kemudian melirik seragam dinas yang tersampir di sandaran jok belakang. Sebagai jaksa yang baru saya menangani satu kasus perdata, seragam itu belum bisa membuat saya bangga. Nilainya jelas jauh lebih kecil dibandingkan nilai persahabatan yang saya dapatkan dari sebuah seragam coklat Pramuka. Tapi dia tidak tahu, dengan seragam dinas itu, sayalah yang akan mengeksekusi pengosongan tanah dan rumahnya.
Teks II
"Dengan siapa Mak ke situ?" lontarnya. Ada keinginan yang meyeruak seketika di dada Mak Inang. Keinginan yang sejatinya sudah lama terpendam. Telah lama ia ingin melihat Jakarta. Ibu kota yang telah dikunjungi karib-karibnya. Tapi, ia selalu punya alasan ke sana, walau anak lanangnya, yang cuma satu-satunya ia miliki selain dua gadisnya yang telah diboyong suami mereka di kampung sebelah, merantau ke kota itu. Belum pernah Jamal menawarinya ke sana. Tak heran, ketika petang itu Jamal memintanya datang, ia lekas-lekas menanggapinya.

Perbedaan tema kedua teks tersebut adalah ...
A. Teks I: Persahabatan, Teks II: Kebudayaan
B. Teks I: Persahabatan, Teks II: Keluarga
C. Teks I: Pendidikan, Teks II: Keluarga
D. Teks I: Pendidikan, Teks II: Kebudayaan

45. Perhatikan teks berikut
Novel Laskar Pelangi yang ditulis oleh Andrea Hirata, tidak hanya populer di Indonesia, tetapi juga di luar Indonesia. Bahkan hingga ke Amerika Serikat dan mendapatkan penghargaan dari penerbit sebagai pemenang nobel sastra. Hingga Desember 2012, ada 36 negara yang memopulerkan novel Laskar Pelangi ini dan menjadi bestseller serta diterjemahkan ke dalam 18 bahasa. [...]

Kalimat berisi keunggulan buku untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. Tokoh-tokoh novel Andrea adalah tokoh-tokoh yang membumi.
B. Alur cerita novel-novel Andrea juga tidak berbelit-belit.
C. Popularitas novel Laskar Pelangi menjadi fenomena dalam dunia sastra Indonesia.
D. Cara penceritaan Laskar Pelangi dianggap kurang lazim.

46. Bacalah teiks berikut
(1) Meminta maaf dan memberikan pemahaman kepada anak bahwa mereka melakukan kesalahan dan menyakiti orang lain merupakan bagian dari melatih sikap dewasa. (2) Merasa menyesal akan mengajarkan mereka bagaimana memperbaiki kesalahan dan menjadikannya bertanggung jawab. (3) Di sinilah orang tua berperan. (4) Ya, tanpa pemahaman psikologis dan peran orang tua maka pembelajaran meminta maaf ini menjadi sia-sia.

Kalimat yang menyatakan persetujuan ditunjukkan nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

47. Bacalah teks berikut 
Siapakah Saiful Bahri? Kita belum mendapatkan buku memori atau biografinya. Dalam buku Apa dan Siapa: Sejumlah Orang Indonesia 1981-1982 garapan tim redaksi majalah Tempo, kita mendapat sedikit informasi. Saiful Bahri dilahirkan di Sumatera Barat pada 19 September 1924. Beliau merantau ke Jakarta bermusik. Bekerja di Orkes Studi Jakarta dan Hotel Indonesia, ia memantapkan hasrat menjadi seniman.

Kata dengan penulisan ejaan yang tidak tepat dan perbaikannya pada teks tersebut adalah ...
A. kata memori seharusnya memoar
B. kat tim seharusnya team
C. kata redaksi seharusnya redaktur
D. kata informasi seharusnya informan

48. Perhatikan teks berikut
Demikian pembaca Kompas yang bijaksana, paparan yang disampaikan penulis hanya bersifat masukan pasif tanpa memiliki [...] negatif apa pun. Penulis berharap agar dalam proyek infrastruktur yang mendatang, pemerintah segara melibatkan rakyat Indonesia dan meminimalkan utang dari luar negeri.

Kata baku yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tersebut adalah ...
A. tendensifikasi
B. tendensius
C. tendens
D. tendensi

Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal nomor 49 dan 50.
Jika mau mencoba karir model baru, misalnya bekerja sebagai tenaga lepasan sambil coba-coba merintis usaha sendiri, ada satu lagi pertanyaan yang muncul: mau bekerja dari mana? Jawabannya bisa beragam, mulai dari kamar Indekos, rumah, atau bahkan kafe dan resto. Namun, jangan pernah melupakan bahwa sekarang makin banyak coworking space. Ini adalah sebuah tempat kerja yang jauh dari kesan konvensi. Ini bukan susunan petak-petak yang kadang menjemukan. Ini adalah tempat bekerja gaya baru.

49. Perbaikan penulisan kata karir, lepasan, resto adalah ...
A. karier, lepas, restorasi
B. carriere, bantu, restoran
C. karier, lepas, restoran
D. karir, lepasan, restoran

50. Perbaikan penulisan istilah konvensi adalam teks tersebut adalah ...
A. konfensi
B. konversi
C. konfensional
D. konvensional


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Prediksi Soal Try Out Dinas Bahasa Indonesia Kelas 9