Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Prediksi Soal UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 Tahun 2018

ilmubindo.com_ Berikut adalah soal-soal UNBK mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 9 tahun 2018. Semoga soal-soal yang admin bagikan kali dapat bermanfaat buat peserta didik dalam mencari referensi soal-soal terbaru seputar ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di kelas 9. Selamat belajar, semoga sukses.

1. Bacalah teks berikut
Setiap orang, termasuk anak-anak, memiliki ketertarikan yang berbeda-beda. Bahkan anak dengan orang tua kandung sekalipun bisa memiliki ketertarikan berbeda. Ketertarikan anak yang satu juga berbeda dengan anak yang lain. Rasa ketertarikan terhadap suatu hal itu dapat membimbing anak untuk memiliki cita-cita.

Gagasan utama teks tersebut adalah ...

A. Setiap orang memiliki ketertarikan berbeda-beda
B. Setiap anak memiliki ketertarikan berbeda-beda.
C. Anak dan orang tua kandung pun memiliki ketertarikan berbeda.
D. Ketertarikan anak yang satu berbeda dengan anak yang lain.

Prediksi Soal UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 Tahun 2018
www.ilmubindo.com

2. Bacalah teks berikut
(1) Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias yang cukup populer di Indonesia. (2) Ikan hias ini mempunyai tubuh yang cantik sehingga banyak yang mengoleksinya di akuarium. (3) Ikan cupang termasuk dalam ikan hias air tawar yang sangat mudah dipelihara. (4) Ikan cupang, yaitu jenis ikan air tawar dari daerah yang tropis.

Kalimat utama teks tersebut ditunjukkan nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4.
Indonesia patut berbangga karena memiliki pembalap dengan segudang prestasi. Dia adalah Rio Haryanto, pembalap muda Indonesia yang dilahirkan di Solo, 22 Januari 1993. Rio Haryanto menjadi pembalap pertama Asia yang berhasil tampil di ajang F1. Hal ini tentu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia. Rio Haryanto tumbuh besar di lingkungan pembalap. Sikap rendah hati, disiplin, dan dermawan ditanamkan sang ayah kepada diri Rio Haryanto sejak kecil.

3. Hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut adalah ...
A. pembalap dengan segudang prestasi
B. rendah hti, disiplin, dan dermawan
C. tumbuh di lingkungan pembalap
D. pekerja keras dan pantang menyerah

4. Keistimewaan tokoh tersebut adalah ...
A. pembalap dengan segudang prestasi
B. kebanggaan masyarakat Indonesia
C. pembalap pertama Asia yang tampil di F1
D. pembalap muda yang rendah hati dan disiplin

5. Bacalah teks berikut
Teknologi tepat guna merupakan teknologi yang telah dikembangkan secara tradisional. Pengenalannya banyak ditentukan keadaan lingkungan dan mata pencaharian pokok masyarakat setempat. Dengan adanya penerapan ini, diharapkan masyarakat berubah dan mengerti manfaat teknologi tepat guna. Mereka juga mampu menggunakan teknologi tepat guna tersebut dengan sebaik-baiknya.

Simpulan isi teks tersebut adalah ...
A. Teknologi tepat guna dikembangkan secara tradisional
B. Pengenalan teknologi tepat guna ditentukan lingkungan dan mata pencaharian masyarakat
C. Manfaat teknologi tepat guna untuk mengubah kehidupan masyarakat menjadi lebih baik dan sejahtera.
D. Masyarakat diharapkan dapat mengerti dan menggunakan teknologi tepat guna sebaik-baiknya.

6. Bacalah teks berikut
Kartu Indonesia Pintar (KIP) merupakan kartu bagi keluarga miskin dan rentan miskin yang ingin menyekolahkan anaknya dengan gratis. Program KIP sendiri akan ditujukan kepada 15,5 juta keluarga kurang mampu di seluruh Indonesia yang memiliki anak usia sekolah 7 hingga 18 tahun, baik yang terdaftar maupun yang belum terdaftar di sekolah ataupun madrasah. Dengan program KIP ini, diharapkan angka putus sekolah bisa turun dengan drastis.

Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah ...
A. Keluarga miskin yang memiliki anak berusia 7-19 tahun berhak mendapatkan KIP.
B. Seluruh anak Indonesia tidak bisa sekolah gratis dengan menggunakan KIP.
C. Angka putus sekolah meningkat drastis sejak diluncurkan program KIP.
D. KIP dibagikan bagi keluarga miskin dan rentan miskin.

7. Bacalah kedua teks berikut
Teks 1
Kondisi kehijauan alam di desa Subur Makmur cukup memprihatinkan. Meskipun belum masuk dalam wilayah kota, sudah banyak gedung-gedung ruko tempat warga berdagang yang pembagunannya mengambil lahan hijau. Hal tersebut menyebabkan udara menjadi lebih panas.
Teks 2
SMP Putra Bangsa terletak di sebuah desa yang sangat asri. Sekolahnya bersih dan hijau. Banyak tanaman dan pepohonan di sana. SMP Putra Bangsa memiliki 6 ruang kelas yang sangat rapi, di setiap halaman depan kelas ada sebuah pohon kecil yang selalu disiram setiap pagi dan sorenya.

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ...
A. Teks I, urutan sebab akibat, Teks II, urutan waktu
B. Teks I, urutan peristiwa, Teks II, urutan tempat
C. Teks i, urutan sebab akibat, Teks II, urutan tempat
D. Teks I, urutan peristiwa, Teks II, urutan waktu

8. Bacalah teks berikut
Inilah yang menjadi kendala ketika pengelolaan kawasan karst ditetapkan dengan data yang sepotong. Penetapan suatu kawasan justru menjadi permasalahan bukan penyelesaian penataan pemanfaatan. Di sini, peran penelusur gua menjadi penting dalam melakukan eksplorasi dan pendataan sehingga mampu mengungkap keberadaan sungai bawah tanah di dalam gua.

Ringkasan teks tersebut adalah ...
A. Penelusur terkendala ketika pengelola kawasan karst hanya memiliki data sepotong.
B. Pemerintah daerah sebagai pengelola kawasan karst bisa memanfaatkan jasa penelusur
C. Penelusur gua bisa berperan melengkapi data bagi pengelola kawasan karst.
D. Penetapan suatu kawasan dengan data sepotong bisa menimbulkan masalah.

9. Bacalah teks berikut
(1) Akhir-akhir ini banyak remaja yang terlibat tawuran dan terjerumus dalam pergaulan bebas. (2) Usia remaja berkisar antara usia 10 tahun sampai 21 tahun. (3) Pada usia itulah, kebanyakan remaja sedang mencari identitas mereka. (4) Pada masa inilah, remaja membutuhkan pendidikan karakter untuk mengarahkan mereka dan minat yang mereka miliki ke arah yang positif.

Perbaikan paragraf yang tidak padu tersebut adalah dengan menghilangkan kalimat nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

10. Bacalah dua teks berikut
Teks I
Seekor anak rusa bertanya kepada ayahnya, "Ayah lebih besar, lebih kuat, dan lebih lincah daripada seekor anjing, dan ayah memiliki tanduk yang tajam. Namun, mengapa Ayah selalu lari menghindar saat mendengar gonggongan anjing?"
"Anakku," kata sang rusa, "Sifat amarahku tidak menentu, dan bisa saja saat ayah berdekatan dengan anjing yang ribut menggonggong itu, ayah akan kehilangan kesabaran dan mungkin saja ayah akan melukai anjing tersebut.
Teks II
Suatu hari seekor rusa jantan meminta agar domba meminjamkan segenggam terigu. Sang domba kurang yakin terhadap kejujuran sang rusa lalu bertanya, apakah sang rusa mengenal hewan lain yang bisa menjamin kejujuran sang rusa.
"Ya, sang serigala bisa menjamin kejujuran saya."
"Apakah kamu berpikir bahwa saya kan percaya dengan jaminan seperti itu? Serigala mengambil semua yang dia mau kemudian lari tanpa membayar. Kamu juga mungkin seperti dia, kamu dapat berlari dengan kencang sehingga saya tidak memiliki kesempatan menagih utangmu!"

Perbedaan nilai moral yang terdapat pada kedua teks tersebut adalah ...
A. Teks I: Jangan pernah takut menghadapi siapa pun
Teks II: Kepada sesama kita harus saling menolong
B. Teks I: Jangan menyombongkan kelebihan yang dimiliki
Tek II: Kita harus jujur kepada semua orang
C. Teks I: Lebih baik menghindari masalah yang bisa saja terjadi
Teks II: Jangan mudah percaya kepada orang lain
D. Teks I: Kita harus bisa menahan diri dari segala amarah
Teks II: Jika kita berutang harus segera dilunasi.

11. Bacalah teks berikut
(1) Kabut asap yang mencemarkan udara menyebabkan iritasi pada hidung, kulit, dan mata. (2) Partikel-partikel asap yang terbawa angihn tersebut akan mengenai tubuh secara langsung, akibatnya mata menjadi perih, kulit menjadi gatal, dan hidung menjadi berlendir. (3) Dalam kondisi yang berkepanjangan, iritasi ini akan semakin parah dan menimbulkan peradangan. (4) Akibatnya, penyakit akan menjadi semakin buruk dan bahkan bisa menyebabkan kondisi yang lebih parah, yaitu Pneumonia.

Kalimat yang tidak padu pada teks tersebut ditunjukkan nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

12. Bacalah teks berikut
(1) Aku segera mengambil tas dan memakai sepatu. (2) Aku keluar dari kamar, buru-buru menuruni anak tangga. (3) Di bawah, ibuku sudah menyiapkan sarapan pagi di meja makan. (4) Kulihat ayah dan ibu sedang sarapan bersama. (5) "Selamat pagi Ayah dan Ibu!" sapaku kepada Ayah dan Ibu. (6) "Pagi anak Ibu yang cantik," jawab Ibu sambil terseyum manis.

Kalimat yang membuktikan tokoh ibu perhatian ditunjukkan nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

13. Cermati teks berikut
Setelah menyampaikan pidato pelantikannya sebagai Presiden, dalam hati Nirdawat berkata kepada dirinya sendiri, bahwa dia akan bekerja dengan sebaik-baiknya, dan sebelum masa jabatannya berjalan satu tahun, dia tidak akan pergi ke luar negeri dengan alasan apa pun. Banyak persoalan dalam negeri harus dia hadapi, dan semua itu akan diselesaikannya dengan sebaik-baiknya. Namun karena Nirdawat sebagai pribadi sederhana dan pekerja keras serta tidak mementingkan diri sendiri, maka begitu banyak pemimpin negara berkunjung ke Republik Demokratik Nirdawat, tentu saja khusus untuk menemui Presiden Nirdawat.

Tindakan terpuji tokoh Nirdawat yang terdapat dalam teks tersebut adalah ...
A. Dalam hati, Nirdawat berniat akan bekerja dengan sebaik-baiknya
B. Nirdawat sangat pintar dalam pidato pelantikannya sebagai presiden
C. Presiden Nirdawat mempersilahkan tamu berkunjung ke negaranya.
D. Walaupun bekerja sebagai seorang presiden, Nirdawat tidak suka hidup bermegah-megahan.

14. Cermatilah teks berikut
Gadis kecil itu memucat, bibirnya membiru karena dingin. Hujan belum juga reda sejak sore tadi. Jalanan basah dan sebagiaanya menampakkan genangan pekat seperti menandakan begitu kelamnya kehidupan kota ini.
"Ini pakai jaket," kata ayahnya. Lelaki itu menyentuh kening Nalea, dan memang terasa hangat. "Sepertinya kamu masuk angin."

Watak tokoh ayah adalah ...
A. pemberani
B. penyayang
C. mudah khawatir
D. ragu-ragu


Cermatilah teks berikut untuk menjawab soal nomor 15-17.
"Dulu, di depan kita ada sungai," kataku. "Sungai besar dan nyata." Telunjukku menuding ke timur, titik matahari berangkat, lalu jariku melayang dan mendekat pada kami, hingga melampaui wajah Milana dan bersambung ke arah benamnya hari.
Milana menoleh sejenak. Ia tutup mulut dengan dua tangan.
"Sungguh," kataku lagi.
Ia mengeleng-geleng dan terseyum. "Bukan. Bukan itu."
Milana berdiri dan menarikku dari bangku taman. Kami menyisir garis panjang di depan bangku, terus ke barat hingga beberapa puluh meter. Garis itu - aku menyebutnya batas sungai purba yang hilang- memang ada dari dulu dan gadis ini tahu legendanya. Mestinya aku tak menjelaskan, karena toh telah tercatat dalam buku-buku dongeng di kota kami.
Namun begitu, Milana tidak berkata-kata, seperti misalnya menjelaskan bahwa dia lahir di kota yang sama, atau bahwa dia tahu cerita itu dari mulut-mulut para tetua meski belum membuktikan kebenaran keberadaan sungai itu di masa purba, atau malah bilang, "Kamu kira aku bodoh?" Ia justru tersenyum sembari kami jalan, seakan menganggap lelaki ini, yang ada didekatnya ini, anak yang lucu.
Milana kukenal sejak sebelas tahun lebih delapan bulan silam. Waktu itu kami ke taman ini, tempat yang dulu pernah dialiri sungai purba, beribu-ribu tahun silam, suatu masa yang dapat kulihat jelas, sejelas ikan-ikan di dalam akuarium baru. Bagaimana aku melakukanya, aku tidak tahu. Penglihatan itu suka muncul tiba-tiba dan aku semakin ingin membuktikan paling tidak kepada satun orang saja, bahwa sungai purba itu bukan sekadar legenda.

15. Sudut pandang dalam kutipan cerita tersebut adalah ...
A. orang ketiga serba tahu
B. orang ketiga sebagai pengamat
C. orang pertama tokoh utama
D. orang pertama tokoh tambahan

16. Konflik kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Penglihatan tokoh Aku akan sungai purba itu suka muncul tiba-tiba
B. Keberadaan sungai perba tercatat dalam buku-buku dongeng
C. Tokoh Milana berdiri dam menarik tokoh Aku dari bangku taman.
D. Tokoh Aku ingin membuktikan paling tidak kepada satu orang saja, bahwa sungai purba itu bukan sekadar legenda.

17. Latar kutipan cerita tersebut adalah ...
A. di rumah Milana
B. di taman
C. di pinggir kota
D.di tepi sungai

18. Cermati teks berikut
Rasa sayang Elang semakin hari semakin bertambah kepada Merpati. Pun Merpati demikian. Karena merpatilah yang berhasil meningkatkan semangat Elang untuk dapat hidup lebih lama lagi, karena Merpatilah yang dengan sabar menemani Elang yang sebatang kara dan menderita.
Begitu pun dengan Merpati. Ia sangat menyayangi Elang sebagai sosok teman yang membuatnya bisa tertawa lepas. Elang yang sabar dan menerima semua pinta merpati yang manja dan kekanak-kanakan tanpa mengeluhkannya sedikit pun.

Komentar yang tepat terhadap isi kutipan tersebut adalah ...
A. Sikap Elang sangat baik kepada Merpati
B. Elang dan Merpati merupakan dua sahabat yang saling menyayangi
C. Persahabatan Elang dan Merpati sudah berlangsung lama
D. Sikap Merpati berbanding terbalik dengan sikap Elang.

19. Cermatilah kalimat berikut
Aqila berkata padaku, tunggu aku di taman siang ini, seketika itu aku kembali ke rumah untuk berganti pakaian dan bersiap untuk menemui Aqila.

Perbaikan penulisan tanda baca yang tepat adalah ...
A. Aqila berkata padaku,"Tunggu aku di tamansiang ini." Seketika itu aku kembali ke rumah untuk berganti pakaian dan bersiap untuk menemui Aqila.
B. "Aqila berkata padaku"Tunggu aku di taman siang ini", seketika itu aku kembali ke rumah untuk berganti pakaian dahn bersiap untuk menemui Aqila.
C. "Aqila berkata padaku,"tunggu aku di taman siang ini", seketika itu aku kembali ke rumah untuk berganti pakaian dan bersiap untuk menemui Aqila.
D. Aqila berkata padaku, "tunggu aku di taman siang ini", seketika itu aku kembali ke rumah untuk berganti pakaian dan bersiap untuk menemui Aqila.

20. Bacalah teks berikut
Dengan mudahnya mereka berucap jika aku"PELIT." Dalam hati, seakan aku tidak terima dengan ucapan mereka, tetapi aku memang mengakui pelit. Aku seperti itu karena tidak ingin menjerumuskan temanku pada sumur kebodohan. Semakin hari semakin terasa mereka tidak menyukaiku karena masalah seperti itu. Ya ada rasa bersalah di ujung ruang hati ini, tetapi ini demi kebaikan mereka. Aku tak ingin mereka bersahabat dengan kebodohan. Hanya segelintir orang yang masih mendukung argumenku, tapi sebagian lagi menyangkaku buruk. Semakin hari kebiasaan menyontek membuat mereka menjadi malas belajar. Hingga ku beranikan diri memperingatkan mereka dengan tegas.

Nilai moral yang terdapat pada teks tersebut adalah ...
A. Tetaplah berpegang teguh pada kejujuran
B. Ketegasan diperlukan dalam beberapa hal
C. Janganlah pelit kepada siapa pun
D. Jangan membenci kepada teman

21. Bacalah teks berikut
Ibu memandang Lani dari jauh. Ibu memang sengaja tidak membekali Lani dengan permen supaya Lani mengerti bahwa untuk mempunyai teman tak seharusnya dengan cara itu.
"Hai, itu Putri Permen datang, ayo kita temui!" teriak Rino . Dia berlari menghampiri Lani diikuti Cici dan Ita.
"Hai Putri, mana permen-permennya, bagi dong?" Ujar Cici, Rino, dan Ita serempak. Lani tidak menjawab. Dia langsung masuk ke kelas. "Lani kamu tidak bawa permen, ya? Itu artinya kamu tak mau bertemu lagi dengan kami. Kamu bukan lagi Putri Permen," kata Ita. Lani tetap diam.

Akibat konflik kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Lani marah kepada ibunya.
B. Lani dimusuhi oleh teman-temanya.
C. Lani tak lagi dijuluki Putri Permen.
D. Lani dimarahi oleh guru dan teman-temannya

22. Perhatikan kalimat berikut
Area-area tertentu di Jakarta sudah dilengkapi dengan Wifi, dengan Wifi, masyarakat bisa mengakses internet melalui komputer, tanpa menggunakan kabel.

Penulisan kata Wifi dalam kalimat tersebut salah karena ...
A. Penulisan Wifi tidak dibenarkan diawali dengan huruf kapital karena bukan kata serapan
B. Penulisan Wifi tidak dibenarkan diawali huruf kapital karena sudah ditulis miring
C. Penulisan Wifi tidak dibenarkan diawali huruf kapital karena bukan nama orang.
D. Penulisan Wifi tidak dibenarkan diawali huruf kapital karena belum ada padananya.

23. Cermati kalimat berikut
Tugas akunta, yaitu mencatat transaksi keuangan, memperbarui laporan, dan memeriksa catatan keungan dengan [...] yang tinggi organisasi atau perusahaan.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ...
A. akurat
B. akurasi
C. akuisisi
D. akuntabel

24. Bacalah teks berikut
Ayam yang dilepas bebas lebih rentan terkena penyakit, terluka, dan mati lebih cepat. Di Inggris, ayam yang hidup bebas tingkat kematiannya mencapai 8-10 persen, sedangkan ayam yang hidup di kandang hanya 2-4 persen. Ayam yang dilepas bebas juga sering berhubungan dengan unggas lain yang bisa menularkan flu burung. [...]

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. Unggas itu bisa memakan apa saja yang tidak sehat di luar kandang
B. Selain itu, unggas tersebut bisa mati akibat terlalu banyak memakan rumput
C. Unggas itu juga bisa membuang kotoran di mana saja di kandang
D. Kita juga kesulitan memberikan pakan kepada unggas yang hidup di kandang.

25. Perhatikan kalimat berikut
"Maaf pak, apakah anda telah mendaftar ?" tanya petugas berseragam biru itu.

Penulisan huruf kapital yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A. "Maaf Pak, apakah anda telah mendaftar?" tanya Petugas berseragam biru itu.
B. "Maaf Pak, apakah Anda telah mendaftar?" tanya Petugas berseragam biru itu.
C. "Maaf Pak, apakah anda telah mendaftar?" tanya petugas berseragam biru itu.
D. "Maaf Pak, apakah Anda telah mendaftar?" tanya petugas berseragam biru itu.

26. Bacalah teks berikut
(1) Rumah-rumah tinggal di Indonesia didominasi rumah buatan warga sendiri. (2) Kebanyakan rumah-rumah itu memiliki kualitas yang buruk. (3) Sanitasi, akses air bersih, bahkan akses listrik masih menjadi persoalan utama perumahan. (4) Oleh karena itu, yang perlu diperhatikan bukan hanya memenuhi kebutuhan rumah bagi mereka yang belum punya rumah, melainkan merenovasi atau mengganti rumah-rumah lama yang tidak layak.

Kalimat yang mendukung persoalan ditunjukkan nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (3)

27. Bacalah kalimat berikut
Lomba debat di SMP Anak Bangsa dimulai sejak pagi, dari pukul 07.00 WIB

Penggunaan kata dari pada kalimat tersebut salah karena ...
A. Kata dari tidak dapat didahului tanda koma
B. Kata dari memiliki makna yang sama dengan kata sejak
C. Kata dari tidak digunakan untuk menunjukkan waktu
D. Kata dari tidak tepat digunakan  bersamaan dengan kata dimulai

28. Bacalah teks berikut
Permainan dakon dikenal sebagai permainan tradisional masyarakat Jawa, sekalipun permainan ini juga dikenal di daerah lain. Pada masa lalu, permainan ini sangat lazim dimainkan oleh anak-anak, bahkan remaja wanita. Tidak ada yang tahu mengapa permainan ini identik dengan dunia wanita. Menurut beberapa pendapat karena permainan ini identik atau berhubungan erat dengan manajemen atau pengelolaan keuangan.

Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah ...
A. Permainan dakon berasal dari Jawa Tengah
B. Permainan dakon identik dengan dunia wanita
C. Permainan dakon hanya dikenal oleh masyarakat Jawa
D. Permainan dakon, lazim dimainkan oleh anak-anak hingga dewasa

29. Bacalah kalimat berikut
Nifa membutuhkan peralatan membuat prakarya gunting, kertas, dan lem.

Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A. Mencantumkan tanda koma (,) setelah kata prakarya
B. Mencantumkan tanda titik koma (;) setelah kata prakarya
C. Mencantumkan tanda titik dua (:) setelah kata prakarya
D. Mencantumkan tanda koma (,) sebelum kata membuat

30. Bacalah kalimat-kalimat berikut
(1) Lalu ikan digoreng
(2) Rendam potongan ikan dalam bumbu yang sudah disiapkan
(3) Setelah berwarna kecokelatan, angkat dan tiriskan, ikan siap dihidangkan
(4) Demikianlah cara memasak ikan bandeng.

Urutan petunjuk cara memasak bandeng yang tepat adalah ...
A. (1)-(2)-(4)-(3)-(5)
B. (1)-(4)-(2)-(3)-(5)
C. (4)-(1)-(2)-(3)-(5)
D. (4)-(2)-(1)-(3)-(5)

31. Bacalah kalimat berikut
Karena ketekunannya merawat beberapa jenis tanaman, nangka Belanda, asam Jawa, dan jati Blora di pekarangan itu tumbuh dengan subur.

Perbaikan tanda baca dan penggunaan huruf kapital dalam kalimat tersebut adalah ...
A. Karena ketekunan merawat, beberapa jenis tanaman: nangka belanda, asam jawa, dan jati blora di pekarangan itu tumbuh dengan subur.
B. Karena ketekunan merawat, beberapa jenis tanaman, nangka belanda, asam jawa, dan jati blora di pekarangan itu tumbuh dengan subur.
C. Karena ketekunannya merawat beberapa jenis tanaman: nangka belanda, asam jawa, dan jati blora di pekarangan itu tumbuh dengan subur.
D. Karena ketekunannya merawat, beberapa jenis tanaman, nangka belanda, asam jawa, dan jati blora di pekarangan itu tumbuh dengan subur.

32. Bacalah kalimat-kalimat petunjuk pembuatan permen lolipop stroberi berikut
(1) Haluskan stroberi menggunakan blender lalu sisihkan.
(2) Masak hingga mendidih dan kental
(3) Campurkan gula, cream of tartar, stroberi yang telah dihaluskan , dan air. Aduk sampai gula larut.
(4) Tuang adonan ke dalam cetakan yang telah dilapisi minyak. Pasang stik lolipop. Jika sudah mulai mengeras dan stik kuat, lepaskan dari cetakan.
(5) Angkat, tambahkan esens stroberi
(6) Masukkan ke freezer, biarkan hingga keras. Permen lolipop siap dinikmati.

Urutan petunjuk pembuatan permen lolipop stroberi yang tepat adalah ...
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)-(6)
B. (1)-(2)-(3)-(5)-(4)-(6)
C. (1)-(3)-(2)-(4)-(5)-(6)
D. (1)-(3)-(2)-(5)-(4)-(6)

33.Perhatikan langkah-langkah berikut
(1) Pastikan wadah untuk mengocok putih telur bersih dan kering, tidak ada sisa minyak
(2) [...]
(3) Kocok putih telur, lalu tambahkan dua sendok makan gula pasir halus dan cream of tartar.
(4) Jangan berhenti sebelum hasil kocokan menjadi kaku.

Kalimat yang tepat melengkapi cara mengocok putih telur tersebut adalah ...
A. Siapkan alat pengocok telur
B. Bersihkan alat pengocok telur
C. Pastikan putih telur dalam suhu ruangan
D. Cucilah telur terlebih dahulu.

34. Perhatikan fakta berikut
Gerhana matahari total pertama yang melintasi Indonesia pada abad ke-21 ini disambut meriah di berbagai daerah. Layaknya merayakan ulang tahun kota, sejumlah pemerintah daerah mengelar pesta. Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, misalnya, bakal mengelar pesta kuliner, festival budaya, lomba lari Glowing Nite Run, dan selfie alias swafoto ketika gerhana berlangsung. Jempatan Ampera pun akan ditutup karena dijadikan panggung terbuka.

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ...
A. Gerhana matahari total disambut layaknya ulang tahun di beberapa daerah.
B. Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengelar lomba kuliner dan budaya.
C. Tidak semua daerah mengelar pesta menyambut gerhana matahari total
D. Jembatan Ampera dipenuhi lautan manusia untuk menyambut gerhana matahari total.

Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal nomor 35 dan 36.
Menurut Bondan, jaman dulu, suatu grup ketoprak tobong bisa berpindah-pindah lokasi setiap tiga bulan sekali. Para pengelola kelompok ketoprak tobong harus piawai bekerja sama dengan pemerintah desa tempat mereka bakal berpentas. Sebaliknya, pejabat desa harus mampu mengajak penduduk sebanyak mungkin untuk menonton pementasan tersebut. Setelah pentas biasanya mereka memberikan 10-15 persen hasil penjualan tiket ke desa.

35. Kata yang salah ejaannya pada teks tersebut adalah ...
A. jaman
B. grup
C. piawai
D. persen

36. Penggunaan tanda baca pada kalimat pertama dalam teks tersebut tidak tepat karena ...
A. seharusnya tanda koma setelah kata "dulu" dihilangkan
B. seharusnya tanda koma setelah kata "Bondan" dihilangkan.
C. seharusnya tanda titik koma diletakkan setelah kata "lokasi"
D. seharusnya tanda koma diletakkan setelah kata "tobong"

37. Perhatikan data buku berikut
Judul           : Riwayat Raja Iskandar
Pengarang   : Punan Jaya
Penerbit       : PT Indah Pustaka, Bandung
Tahun          : 1990
Setelah dibaca, ternyata buku tersebut menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

Paragraf yang tepat berdasarkan data buku di atas adalah ...
A. Isi buku ini bercerita tentamg keadilan dan kebijaksanaan Raja Iskandar, sesuai dengan judul buku. Namun sayang, bahasanya tidak mudah dipahami bagi pembaca pemula.
B. Bahasa yang digunakan dalam buku ini mudah dipahami dan komunikatif. Dengan demikian, pembaca dapat menikmati cerita tanpa harus berpkir keras.
C. Selain menarik, kelebihan buku ini juga dilengkapi dengan gambar yang mendukung isi cerita sehingga mudah dimengerti. Riwayat ini adalah kisah lama yang diperbarui lagi.
D. Kekurangan cerita ini hanya terletak pada kisahnya yang terlalu singkat sehingga ceritanya kurang lengkap. Namun, sebenarnya ini adalah kisah klasik yang menarik.

38. Cermatilah kalimat berikut
Karena gelombang tinggi maka rombongan bupati Gresik batal naik feri menuju pulau Bawean. Di sana banyak terdapat tanaman petai Cina.

Perbaikan penggunaan huruf kapital yang tepat dalam kalimat di atas adalah ...
A. Karena gelombang tinggi maka rombongan bupati Gresik batal naik Feri menuju pulau Bawean. Di sana banyak terdapat tanaman Petai Cina.
B. Karena gelombang tinggi maka rombongan Bupati Kresik batal naik feri menuju Pulau Bawean. Di sana banyak terdapat tanaman petai cina.
C. Karena gelombang tinggi maka rombongan Bupati Gresik batal naik feri menuju Pulau Bawean. Di sana terdapat banyak tanaman patai Cina.
D. Karena gelombang tinggi maka rombongan bupati Kresik batal naik feri menuju pulau Bawean. Di sana banyak terdapat tanaman petai cina..

Cermatilah kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 39 dan 40.
Kakek Leman bertanya: "Gito, apa kamu tidak melihat tukang cukur di bawah pohon cemara?"
Kakek Leman membuka udeng-nya , lalu memutar tubuhnya, kemudian berkata: "Lihat ini," sambil meminggirkan rambutnya.
Tampak bekas luka, bukan luka biasa, tapi agak dalam. Kakek Leman bercerita, tanpa diketahui dari mana asal-usulnya, tiba-tiba pada suatu hari ada tukang cukur di bawah pohon cemara dekat simpang tiga jalan yang menghubungkan Jalan Setasiun dengan Jalan Bitingan. Beberapa langganan kakek Leman, kata kakek Leman, juga heran mengapa tiba-tiba ada tukang cukur di situ.

39. Sudut pandang yang digunakan dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Orang pertama tokoh utama 
B. Orang ketiga serba tahu
C. Orang pertama tokoh tambahan
D. Orang ketiga terbatas

40. Berdasarkan kutipan cerpen tersebut, hal yang menyebabkan keheranan tokoh adalah ...
A. Tiba-tiba ada tukang cukur di bawah pohon cemara.
B. Tiba-tiba kepala kakek terluka
C. Gito tidak melihat tukang cukur di bawah pohon cemara
D. Tukang cukur melukai kepala kakek

41. Bacalah teks berikut
(1) Pada bagian awal novel Senja di Tebing Desa pengarang mengajak pembaca untuk berimajinasi, tentang dunia supernatural. (2) Tokoh paman Kembara ini mengingatkan kita kepada tokoh adik dari ibu Kembara yang bisa mendengar suara-suara aneh. (3) Pilihan kata-kata, gaya bahasa, dan cara mendeskripsikan kejadian demi kejadian sangat detail. (4) Sayangnya, kekuatan latar dalam novel ini belum begitu tampak.

Pernyataan berupa keunggulan buku terdapat pada bagian ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

42. Bacalah teks berikut
Berhari-hari Rudi berjalan. Pada suatu hari, ia berpapasan dengan seorang bapak yang kelaparan. Pakaiannya compang-camping. "Boleh aku minta sedikit makanan? Aku sangat kelaparan. Sudah tiga hari aku sakit, dan tidak bisa bekerja untuk mendapatkan makanan. Tak ada seorang pun yang mau menolongku..," iba bapak tersebut.
Rudi menatap bapak di depannya. Sepertinya ia memang sangat kelaparan. Rudi merasa iba. Lalu memberikan bekalnya. "Terima kasih, Nak. Kalau boleh tahu ke mana hendak kau pergi?"

Kata yang bercetak miring pada kutipan cerita tersebut mengandung makna ...
A. berbelaskasihan
B. menerima
C. memberi
D. menolong

43. Cermati kalimat berikut
Sebagai pembicara kita harus mengenali siapa audien target penyampaian informasi.

Makna kata audien pada kalimat tersebut adalah ...
A. panitia sebuah seminar
B. pendengar suatu ceramah
C. peserta suatu ujian
D. peserta sebuah lomba

44. Bacalah kedua teks berikut
Teks I
Kancil berkata, "Kancil memang tiada duanya." Kancil dikagetkan ketika ia mendengar suara siput yang sudah duduk di atas batu besar.
"Oh kasihan sekali kau Kancil. Kelihatannya sangat lelah. Capai ya berlari?" ejek Siput.
"Tidak mungkin! Bagaimana kamu bisa lebih dulu sampai padahal aku berlari sangat kencang," seru si kancil.
Teks II
Tanimbar Kei berjarak 51 kilometer dari Langgur, Ibu Kota Maluku Tenggara, dan bisa ditempuh dalam waktu empat jam memakai speed. Tidak ada pelayaran komersial menuju pulau ini, tapi kita bisa menyewa perahu nelayan lokal dari Kota Kecematan Debut. Kami ke sana untuk menemui dua raja yang merupakan pemegang adat tertinggi.

Perbedaan pola pengembangan kedua teks tersebut adalah ...
A.Teks I: dengan paparan
Teks II: dengan dialog
B. Teks I: dengan cerita
Teks II: dengan kisah
C. Teks I: dengan narasi
Teks II: dengan argumentasi
D. Teks I: dengan dialog
Teks II: dengan paparan

45. Perhatikan teks berikut
Keunikan buku ini bukan hanya sekadar menceritakan perjalanan usaha saja [...] Saya cukup terhenyak setelah tahu bahwa banyak sekali masyarakat Indonesia yang memiliki daya juang cukup tinggi. Bangkit dari keterpurukan dan keniscayaan menjadi andalan kisah dalam buku ini. Sedikit saja kekurangan dalam buku ini, kisah-kisah yang disajikan masih didominasi oleh pengusaha di Pulau Jawa. Sedangkan di luar Jawa hanya satu dua kisah saja, semoga dalam buku berikutnya hal ini bisa diperhatikan kembali. Saya juga menemui kesalahan cetak, di halaman 17 berupa paragraf yang loncat. Tapi itu tidak mengurangi kekhusyukan pembaca, karena buku ini sarat dengan inspirasi.

Kalimat berisi keunggulan buku untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. Alur cerita ini cukup kuat diselingi tukikan tajam menghayutkan pembaca.
B. Tokoh-tokoh ceritanya seakan-akan terlepas dari ikatan zamannya.
C. Tapi juga jatuh bangun dalam mencapai kesuksesan.
D. Sayang latar ceritanya belum digarap secara maksimal

46. Bacalah teks berikut
(1) Minat siswa keperpustakaan memang belum maksimal. (2) Namun, kesadaran mereka untuk berkunjung ke perpustakaan sebenarnya sudah tinggi. (3) Hal ini terlihat pada buku-buku fiksi yang banyak dipinjam oleh siswa. (4) Memang benar, minat belajar di perpustakaan di kalangan siswa harus ditumbuhkan secara terus-menerus.

Kalimat yang menyatakan persetujuan ditunjukkan nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

47. Bacalah teks berikut
Bagi Lapan, kesempatan emas itu akan dimanfaatkan untuk menggelar riset. Salah satu tim, misalnya, bakal mencari bukti adanya efek gravitasi yang membelokkan lintasan cahaya di sekitar objek asronomi masif. Hal ini sudah dikalkulasi Albert Einstein dalam Teori Relativitas Umum seratus tahun lalu dan dibuktikan pertama kali oleh peneliti Inggris, Arthur Eddington dan Frank Dyson, saat terjadi gerhana matahari total pada 1919.

Kata dengan ejaan yang tidak tepat dan perbaikannya dalam teks tersebut adalah ...
A. kata "tim" seharusnya diganti "team"
B. kata "gravitasi" seharusnya diganti "grafitasi"
C. kata "obyek" seharusnya diganti "objek"
D. kata "astronomi" seharusnya diganti "astronom"

48. Perhatikan kalimat berikut
 Akhirnya kataklah yang [...] perlombaan karena kecerdikannya.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ...
A. menang
B. menangkan
C. memenangkan
D. memenangi

49. Perhatikan teks berikut
Menurut Ken, total harta dalam bentuk uang tunai dan deposit yang dilaporkan melalui program tax amnesty mencapai Rp1.000 triliun.
Selama ini, masyarakat Indonesia, terutama di desa-desa, dikenal masih gemar menyimpan uangnya di rumah ketimbang di bank.
Rendahnya akses ke perbangkan menjadi salah satu penyebabnya. Seperti diketahui, total harta yang dilaporkan hingga pengujung September lalu sudah lebih dari Rp3.500 triliyun.

Perbaikan kata deposit, perbangkan, dan trilyun dalam teks tersebut adalah ...
A. deposito, perbankan, triltun
B. deposito, perbankan, triliun
C. deposito, perbankan, trilyun
D. deposit, perbankan, triliun

50. Bacalah kalimat berikut
Memang film ini menjadi film panjang yang membelot energi para pemainnya.

Perbaikan istilah membelot yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A. menguras
B. membutuhkan
C. menarik
D. menyinari


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Prediksi Soal UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 Tahun 2018