Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Meringkas Isi Teks UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9

ilmubindo.com_ Rangkuman atau ringkasan merupakan penyajian bacaan dalam bentuk singkat dengan mempertahankan urutan isi dan sudut pandang pengarang bacaan asli.

 Ada empat cara dalam membuat rangkuman atau ringkasan yaitu
  1. Membaca bacaan atau karangan asli untuk mengetahui kesan umum, maksud pengarang, dan sudut pandangnya.
  2. Mencatat gagasan utama setiap paragraf dalam bacaan
  3. menyusun ringkasan dengan menyusun gagasan utama bacaan menjadi satu paragraf.
  4. Membaca paragraf ringkasan dan memperbaiki atau menyuntingnya jika terdapat kesalahan.
Tips jika mengerjakan rangkuman dalam soal ujian
Rangkuman atau ringkasan terdapat di kalimat pertama atau kalimat terakhir pada sebuah paragraf.

Meringkas Isi Teks UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9
www.ilmubindo.com

1. Perhatikan kutipan berikut
Salah satu cara peduli lingkungan adalah melakukan daur ulang sampah nonorganik. Daur ulang sampah nonorganik dapat menghemat energi dan membantu menjaga lingkungan. Kita dapat membantu menyelamtkan lingkungan dengan daur ulang sampah nonorganik seperti kertas, plastik, karet, kaca, dan kaleng.

Rangkuman tepat isi tersebut adalah ...
A. Permasalahan lingkungan mendesak kepedulian kita pada lingkungan melalui pendaurulangan sampah nonorganik.
B. Pemanasan global menjadi masalah yang dapat diatasi dengan kepedulian kita terhadap lingkungan
C. Daur ulang merupakan cara untuk menyelamatkan lingkungan dan dapat menghemat energi.
D. Penyelamatan terhadap lingkungan harus kita lakukan mulai saat ini dengan menghemat energi dan daur ulang sampah organik.

2. Perhatikan kutipan berikut
Lidah buaya termasuk keluarga Lili. Tanaman ini banyak tumbuh liar di sebagian besar wilayah Afrika. Di daerah Madagaskar juga banyak ditemui lidah buaya dengan berbagai jenis.
Lidah buaya memiliki gel aloe vera yang berada di tengah tanaman yang berlendir. Daging lidah buaya tipis, bening mirip jeli, dapat diproses atau dikeruk. Aloe vera dapat mengobati luka bakar tingkat satu kerena mempercepat penyembuhan. Gel ini juga memiliki reputasi sebagai kosmetika kecantikan.

Rangkuman bacaan tersebut adalah ...
A. Lidah buaya sangat berguna dan memiliki reputasi sebagai kosmetika kecantikan dan tumnuh liar di pengunungan.
B. Lidah buaya berguna untuk menyembuhkan luka bakar, getahnya diambil dan memiliki reputasi kosmetika kecantikan.
C. Lidah buaya memiliki berbagai sel untuk kosmetik, tumbuh liar di dataran tinggi , dan memiliki reputasi kosmetik kecantikan.
D. Lidah buaya banyak tumbuh di wilayah Afrika dan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan serta kecantikan.

3. Bacalah teks berikut dengan saksama!
Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta merilis hasil kajiannya mengenai penyebab terjadinya banjir bandang di Garut, Jawa Barat, pada Rabu (21 /9/2016) dini hari. Faktor penyebab terjadinya banjir bandang di Garut salah satunya adalah faktor alam. Banjir bandang bisa terjadi karena daerah Garut layaknya sebuah mangkok. Kabupaten Garut, dikelilingi oleh tujuh gunung api sehingga air bermuara pada suatu titik.
Selain faktor alam, penyebab terjadinya bencana banjir bandang di Garut beberapa hari lalu karena perubahan tata guna lahan yang tidak sesuai dengan kondisi alamnya. Ekosistem di hulu Sungai Cimanuk yang rusak akibat ulah manusia turut memicu terjadinya banjir bandang di Garut. Rusaknya ekosistem di Sungai Cimanuk ini menyebabkan pendangkalan sungai.

Ringkasan tepat bacaan tersebut adalah ...
A. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta melakukan penelitian di Garut dan hulu Sungai Cimanuk untuk mengetahui penyebab banjir.
B. Berdasarkan rilisan hasil kajian UGM, Kabupaten Garut merupakan daerah berbahaya untuk ditinggali karena dikelilingi oleh tujuh gunung api.
C. Berdasarkan rilisan hasil kajian UGM, banjir bandang yang terjadi di Garut disebabkan oleh faktor alam dan perubahan tata guna lahan.
D. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta melakukan penelitian terhadap ekosistem di hulu Sungai Cimanuk yang menyebabkan banjir bandang di Garut.

4.  Bacalah teks berikut dengan saksama!
Virus Zika  dapat ditularkan dari seorang ibu kepada bayinya. Virus zika memungkinkan untuk ditularkan dari seorang ibu hamil kepada janin yang ada dalam kandungannya. Bayi dapat pula tertular virus zika pada waktu persalinan. Hingga saat ini, kasus penularan virus zika melalui proses menyusui belum ditemukan sehingga ahli medis tetap menganjurkan ibu yang terinfeksi untuk tetap menyusui bayinya.
Beberapa tindakan pencengahan awal bisa membantu terhindar dari infeksi virus zika. Langkah-langkah pencegahan tersebut, antara lain menggunakan kelambu di tempat tidur dan menggunakan bahan penolak serangga yang terdaftar di badan perlindungan lingkungan. Virus zika dapat bertahan lama di dalam darah penderita dan menyebar kepada orang lain melalui gigitan nyamuk.

Ringkasan tepat bacaan tersebut adalah ...
A. Virus zika yang ditularkan dari seorang ibu kepada bayinya dapat dicegah dengan beberapa tindakan pencegahan awal.
B. Meskipun virus zika dapat ditransmisikan dari seorang ibu ke bayinya virus zika dapat dicegah dengan berbagai cara.
C. Infeksi virus zika dapat dicegah dengan tindakan pencegahan awal, misalnya memasang kelambu dan menggunakan penolak serangga.
D. Virus zika dapat ditularkan dari seorang ibu kepada bayinya karena virus zika dapat bertahan lama di dalam darah penderita.

5. Bacalah kutipan buku berikut 
Kacang-kacangan merupakan komoditas pertanian penting. Dilihat dari pemanfaatannya, kacang dapat dijadikan obat. Sebagai contoh, kacang hijau dapat digunakan untuk pemulihan penderita beri-beri, radang ginjal, melancarkan pencernaan, tekanan darah tinggi, dan dapat menurunkan demam. Kacang-kacangan juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan bahan baku pembuatan sumber pangan nabati. Selain itu, kacang-kacangan juga merupakan sumber pangan dan gizi bagi masyarakat.

Rangkuman tepat kutipan buku tersebut adalah ...
A. Kacang-kacangan termasuk komoditas pertanian yang memiliki segudang manfaat dan sumber pangan bergizi.
B. Kacang-kacangan memiliki manfaat sebagai obat berbagai jenis penyakit yang sering dikeluhkan masyarakat.
C. Kacang hijau dapat digunakan untuk pemulihan penyakit, melancarkan pencernaan, tekanan darah tinggi, dan menurunkan demam.
D. Kacang-kacangan dapat diolah sebagai sumber pangan nabati bergizi bagi warga masyarakat.

6. Cermati kutipan teks berikut dengan saksama
Lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu: unsur hayati (biotik), unsur sosial budaya, dan unsur fisik (abiotik). Unsur hayati (biotik) yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan dan jasad renik. Unsur sosial budaya, yaitu lingkungan sosial dan budaya yang dibuat oleh manusia berupa sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk sosial.
Unsur fisik (abiotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk yang tak hidup seperti tanah, air, iklim, udara, dan lain sebagainya. Keberadaan unsur ini sangat besar bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi.

Simpulan isi teks tersebut adalah ...
A. lingkungan hidup terbagi menjadi tiga macam unsur.
B. tiga macam unsur itu adalah biotik, abiotik, dan unsur sosial.
C. ketiga unsur lingkungan hidup tersebut penting bagi kelangsungan kehidupan.
D. ketiga unsur tersebut harus bisa saling disinergikan dengan baik.

7. Bacalah teks berikut
Aceh Singkil merupakan darerah yang kaya dengan potensi wisata. Apalagi, daerah ini memiliki lokasi suaka alam yang potensial menjadi obyek wisata alam, yakni Suaka Margasatwa Rawa Singkil, Taman Wisata Alam Laut Pulau Banyak, dan Taman Wisata Alam Pulau Banyak.
Namun, semua potensi itu belum tergarap dengan optimal. Pemerintah setempat lebih suka menggarap sektor perkebunan, terutama perkebunan sawit  yang nyatanya berkontribusi besar terhadap kerusakan alam di sana.

Ringkasan teks tersebut adalah ...
A. Aceh Singkil memiliki tiga lokasi suaka alam yang potensial menjadi objek wisata alam.
B. Aceh Singkil merupakan daerah yang kaya akan potensi wisata, tetapi belum tergarap secara optimal.
C. Pemerintah setempat lebih suka menggarap sektor perkebunan sawit yang berkontribusi besar terhadap kerusakan alam di sana.
D. Aceh Singkil memiliki tiga lokasi suaka alam, tetapi belum tergarap dengan optimal oleh pemerintah setempat.

8. Bacalah teks berikut
Bisnis kuliner bisa dibilang cukup berisiko. Sama sekali tak ada jaminan apakah bisnis ini dapat bertahan lama atau tidak. Tak sedikit bisnis kuliner yang buka, kemudian gulung tikar dalam waktu yang singkat. Ada banyak faktor yang membuat bisnis kuliner menjadi tak bertahan lama. Banyak pebisnis makanan seperti latah, mengira bisnis makanan itu mudah dan untungnya bisa tiga kali lipat. Namun, mereka tidak sadar biayanya tidak hanya sekadar membeli bahan, tetapi ada juga salah perencanaan.

Ringkasan isi teks tersebut yang tepat adalah ...
A. Banyak pebisnis kuliner yang buka, kemudian gulung tikar dalam waktu singkat.
B. Bisnis kuliner cukup berisiko dan banyak faktor membuat bisnis ini tidak bertahan lama.
C. Banyak pebisnis makanan latah.
D. Mereka tidak sadar biaya bukan sekadar membeli bahan.

9. Bacalah teks berikut 
Inilah yang menjadi kendala ketika pengelolaan kawasan karst ditetapkan dengan data yang sepotong. Penetapan suatu kawasan justru menjadi permasalahan bukan penyelesaian penataan pemanfaatan. Di sini, peran penelusur gua menjadi penting dalam melakukan eksplorasi dan pendataan sehingga mampu mengungkap keberadaan sungai bawah tanah di dalam gua.

Ringkasan teks tersebut adalah ...
A. Penelusuran terkendala ketika pengelola kawasan karst hanya memiliki data sepotong.
B. Pemerintah daerah sebagai pengelola kawasan karst bisa memanfaatkan jasa penelusur.
C. Penelusur gua bisa berperan melengkapi data bagi pengelola kawasan karst.
D. Penetapan suatu kawasan dengan data sepotong bisa menimbulkan masalah.

10. Cermati teks berikut
Semut dalam bahasa Jepang memiliki sebutan Ari yang secara harfiah memiliki arti serangga kesetian. Di negara Jepang sendiri, terdapat lebih dari 200 jenis semut jepang yang berbeda-beda. Beberapa dari contoh jenis semut jepang, yakni Lasius talpa, Pehidole, dan Aphaenogaster.
Adapun perbedaan semut jepang dibandingkan semut spesies lainnya, yakni memiliki badan yang keras, bersayap, tetapi tak bisa terbang, suka reproduksi, dan hidup berkelompok. Itulah beberapa ciri yang membedakan semut jepang dengan spesies semut lainnya. Ciri utama yang menonjol adalah dari sayapnya.

Ringkasan isi teks tersebut yang tepat adalah ...
A. arti semut secara harfiah dan manfaatnya bagi tubuh manusia.
B. perbedaan semut jepang dengan semut spesies lainnya dan ciri-cirinya.
C. beberapa jenis semut jepang dan perbedaannya dengan semut spesies lainnya.
D. sebutan semut dalam bahasa Jepang dan perbedaannya dengan semut spesies lainnya


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Meringkas Isi Teks UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9