Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Contoh Informasi Tersurat dan Tersirat dalam Sebuah Teks

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan bagikan materi berkaitan dengan informasi yang terdapat dalam sebuah teks. Sesuatu yang disampaikan oleh pihak lain sering disebut informasi. Informasi tersebut kita terima dengan kegiatan mendengar atau membaca. Informasi yang diterima dapat secara langsung diucapkan atau ditulis oleh penyampai informasi, tetapi juga dapat disampaikan secara tidak langsung atau tersembunyi di balik ucapan atau tulisan.
Informasi yang disampaikan secara langsung atau tertulis disebut informasi tersurat, sedangkan informasi yang disampaikan secara tidak langsung atau tersembunyi disebut informasi tersirat.
Contoh:
1. Sungai yang dialiri limbah industri kain Sritwx, airnya menjadi berubah warna. Warga sangat resah dengan air sungai yang terkena limbah industri kain, namun pihak Sritex kurang mengindahkan masalah tersebut. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus tentu akan mengganggu ekosistem lingkungan. Warga pun takut terhadap efek samping air tersebut bagi kesehatan. (informasi tersurat)

Contoh Informasi Tersurat dan Tersirat dalam Sebuah Teks
www.ilmubindo.com

2. Warga meminta agar pihak yang berwenang menangani masalah limbah industri. (informasi tersirat)
Berdasarkan informasi (informasi 1), warga mengungkapkan informasi secara langsung bahwa limbah industri mencemari sungai dan warga menjadi resah. Namun, di balik ucapan tersebut sebenarnya ada sesuatu yang tersirat (informasi 2) bahwa warga menginginkan agar pihak yang berwenang menangani masalah tersebut. Untuk menentukan informasi yang tersirat, kamu hendaknya mempu menyimpulkan fakta-fakta atau pendapat-pendapat yang telah ada sebelumnya. Berikut contoh uraiannya.
Informasi tersurat
  1. Air sungai yang dialiri limbah industri kain Sritex menjadi berubah warna. (fakta)
  2. Warga sangat resah Sritex kurang mengindahkan masalah tersebut. (pendapat)
  3. Jika hal ini dibiarkan terus menerus tentu akan mengganggu ekosistem lingkungan. (pendapat)
  4. Warga pun takut terhadap efek samping air tersebut bagi kesehatan. (pendapat)
  5. Informasi tersirat
Simpulan
Warga meminta agar pihak yang berwenang menangani masalah limbah industri.
  • Soal Latihan
Buatlah simpulan informasi yang tersirat dari informasi-informasi berikut ini! 
  1. Industri kecil sebagai suatu komunitas masyarakat, barangkali harus diperhitungkan sebagai kekuatan strategis yang mendukung pengembangan kekuatan masyarakat, baik dalam kekuatan material maupun kekuatan moral. Sebagai kekuatan material, kelompok industri adalah pemberi kontribusi besar terhadap keuangan pemda (penyumbang PAD) sekaligus di dalamnya bernaung masyarakat kecil (pekerja) rata-rata pengrajin berlindung 10-100 tenaga kerja.
  2. Industri alat-alat pertanian yang semakin terpuruk akibat dari pengembangan teknologi industri (diesel) sehingga produk-produk industri kecilnya menjadi semakin surut dan tidak menarik. Pada aspek marketing (pemasaran), produk belum diupayakan secara optimal tentang bagaimana usaha mengembangkan pasar baik regional, nasional, maupun internasional.
  3. Hutan tidak hanya menghasilkan kayu, tetapi juga rotan (Calamus sp). Tumbuhan menjalar ini apabila dimanfaatkan dengan baik dapat menghasilkan keuntungan yang menakjubkan. Lihat saja pengalaman Drs. Samsudin pemilik Apen Rotan di Jalan. Pangeran Nata Kusuma, Gang Air Langga No. 9 Pontianak. Kalau sempat pergi ke show roomnya, Anda dapat menyaksikan berpasang-pasang meja kursi, vas bunga, lemari TV, keranjang pakaian, rak piring, dan segala jenis perabotan rumah tangga lainnya.
  4. Industri kecil dan industri rumah tangga yang memproduksi kain batik di Lawean, Mutihan, Sondakan, dan pasar Kliwon Solo bingung menghadapi permintaan pasar yang terus menurun. Naifnya lagi, di tengah kondisi bisnis yang tidak menguntungkan itu, harga bahan baku untuk produksi batik seperti pengunci warna, kain, dan obat pewarna naik sehingga membuat para pelaku resah untuk menutup biaya produksi yang terus meningkat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Informasi Tersurat dan Tersirat dalam Sebuah Teks