Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Menentukan Makna Kata dalam Cerpen dan Fabel UN 2017

Kali ini kita akan membahas contoh soal dalam UN 2017 bagian 'Menentukan Makna Kata dalam Cerpen dan Fabel'. Semoga bisa membantu adik-adik semua.
Selamat Belajar, Jangan lupa selalu berdoa agar diberi kemudahan dalam mengerjakan soal.
Dalam bahasa Indonesia dikenal ada dua makna kata yaitu makna leksikal dan makna gramatikal.Makna leksikal adalah makna kata seperti yang terdapat dalam kamus. Istilah leksikal berasal dari leksikon yang berarti kamus. Makna kata yang sesuai dengan kamus inilah kata yang bermakna leksikal.
Misalnya: Batin (hati), belai (usap), cela (cacat).
Makna gramatikal adalah makna kata yang diporoleh dari hasil peristiwa tata bahasa, sedangkan istilah gramatikal berasal dari kata grammar yang artinya tata bahasa. Makna gramatikal sebagai hasil peristiwa tata bahasa ini sering disebut juga nosi. Misalnya: Nosian pada kata gantungan adalah alat.

Contoh Soal:

1. Cermatilah teks fabel berikut!
"Hei kepompong alangkah jelek nasibmu. Kamu hanya bisa menggantung di ranting itu. Ayo jalan-jalan, lihat dunia yang luas ini. Bagaimana nasibmu jika ranting itu patah?" Sang semut selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi ke tempat ia suka.
Bahkan, sang semut kuat mengangkat beban yang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya adalah binatang yang paling hebat. Si kepompong hanya diam mendengar ejekan tersebut. Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, genangan lumpur terdapat di mana-mana. Lumpur yang licin membuat semut tergelincir dan jatuh ke dalam lumpur. Sang semut hampir tenggelam dalam genangan lumpur itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan." Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong..., tolong...!" Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas.

Makna gramatikal kata membanggakan diri pada teks di atas adalah ....
A. sombong
B. bersahaja
C. rendah hati
D. lapang hati

2. Cermatilah cerpen berikut!
Sangatlah mengherankan cara dan kecepatan mereka bekerja. Sesudah pukul empat pagi hanya tinggal lima buah candi yang harus disiapkan. Di samping itu, sumurnya pun sudah hampir selesai. Apa yang harus diperbuat? Segera gadis-gadis dibangunkan dan disuruh menumbuk padi di lesung serta menaburkan bunga yang harum baunya.

Makna kata lesung pada teks di atas adalah ....
A. batu besar
B. bambu besar
C. alat penumbuk padi
D. alat memanen bunga

3. Cermatilah kutipan fabel berikut!
Ia melempari Kera dengan batu-batu kecil. Mula-mula Kera tidak peduli. Kancil tidak berputus asa. Kancil terus melempari Kera. Ia berusaha agar Kera marah. Lama-kelamaan Kera menjadi kesal dan marah. Ia balik melempari Kancil dengan kulit pisang. Setelah kulit pisang habis, Kera melempari Kancil dengan buah pisang.

Makna dari kata tidak berputus asa dalam fabel tersebut adalah ....
A. tidak menyerah
B. sabar
C. pasrah
D. tidak marah

4. Cermati kutipan fabel berikut!
"Semua sudah hadir. Peserta dimohon untuk bersiap," kata sang Gagak yang kali ini bertugas sebagai wasit pertandingan. Dengan sigap Kelinci muncul dari balik tenda. Ia berjalan lincah, melompat kesana-kemari menunjukkan kegesitannya dalam berlari. Sang Kelinci berdiri di samping Kura-kura.

Makna kata sigap yang tepat pada kutipan fabel tersebut adalah ....
A. tangkas
B. hebat
C. kuat
D. rajin

5. Bacalah cerpen berikut
Aku adalah mahasiswa di sebuah universitas termuka di Yogyakarta. Aku memang anak desa yang mendapat beasiswa kuliah di universitas impianku. Aku termasuk di antara orang-orang pintar tersebut . Namun, aku hanyalah beruntung. Dengan alasan yang demikian itulah, aku tidak berani berharap banyak terhadap apa pun di sini. Aku merasa tak pantas. Di kelas, aku hanya bisa diam. Mengagunin argumentasi teman-teman yang memiliki pengetahuan selangit. Tidak sepertiku yang hanya mengerti sedikit tentang apa yang mereka bahas. Hanya anggukan-anggukan kecil yang selalu kulakukan untuk mengekspresikan bahwa aku mengerti. Serta hanya kerutan kening yang selalu kutunjukkan saat aku tak mengerti. Suasana kelas yang baru ini membuatku semakin terbungkam.

Makna gramatikal kata selangit pada cerpen tersebut adalah ....
A. dengan langit
B. tentang langit
C. setinggi langit
D. sangat tinggi

6. Bacalah fabel berikut!
Elin adalah sosok yang sangat baik, suka menolong, dan ramah. Ia tidak sungkan untuk membantu setiap hewan yang ingin meminta bantuan kepadanya. Namun, takdir kehidupan tidak sesuai dengan kebaikannya. Salah satu kaki Elin tidak sempurna seperti kelinci pada umumnya. Dulu,saat dia teramat kecil, ia pernah tertangkap oleh pemburu. Elin sempat melarikan diri saat pemburu tersebut pergi meninggalkannya sebentar untuk mengambil sesuatu dan Elin memanfaatkan waktu itu untuk melarikan diri. Walaupun, kakinya yang satu bercucuran darah, dia lari ke tempat yang aman dengan sekuat tenaganya.

Makna kata ramah pada teks tersebut adalah ....
A. baik hati dan menarik budi bahasanya
B. manis tutur katanya
C. suka menolong
D. suka bercanda

(dikutip dari Fokus UN SMP/MTs Tahun 2017. Penerbit: Erlangga dan Penambahan secukupnya)


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Menentukan Makna Kata dalam Cerpen dan Fabel UN 2017