Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Menentukan Makna Tersurat dalam Cerpen dan Fabel UN 2017

Kali ini saya akan bagikan materi UN 2017 tentang 'menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel'. Makna tersurat (makna eksplisit) adalah makna atau arti dalam kata, frasa atau kalimat yang untuk mengetahuinya cukup membaca sekilas karena telah dituliskan dengan jelas.

Contoh Soal:

1. Cermatilah penggalan teks fabel berikut!
Tidak jarang pula Anjing itu mengigit tumit dari orang yang temuinya. Karena biasaan itu, majikannya memasang kalung lonceng di lehernya sebagai penanda jika Anjing ini akan mendekat. Si Anjing menganggap bahwa lonceng tersebut sebagai ciri khasnya. Anjing itu sangat bangga dan senggaja membunyikannya di setiap sudut pasar. Dia selalu berlari ke setiap penjuru dann menunjukkan lonceng tersebut kepada setiap orang yang lewat.

Makna kata penanda dalam teks fabel di atas adalah ....
A. lambang
B. ciri
C. bukti
D. bahaya

2. Cermatilah teks cerita fabel berikut!
Aku melihatnya. Aku melihat perempuan yang pernah kau ceritakan. Sepulang sekolah tadi, di dekat taman, aku melihat sepasang kupu-kupu berputar saling melingkar. Tapi mereka tak seperti kupu-kupu dalam ceritamu, ayah. Mereka lebih cantik. Yang satunya berwarna hitam dengan bintik biru bercahaya seperti mutiara. Yang lain bersayap putih jernih, sebening sepatu kaca Cinderella, dengan serat tipis kehijauan melintang di tepi sayapnya.

Makna kata serat pada teks di atas adalah ....
A. sutra
B. kasa
C. sendat
D. jaring

Kutipan fabel berikut untuk soal nomor 3-4.
Pada suatu hari, Kancil merasa sangat lapar. Dia berjalan kesana-kemari, tetapi tidak mendapatkan makanan. Ketika hari sudah sore, Kancil melihat Kera sedang asyik makan pisang di atas pohon. Nikmat betul kelihatannya.
Kancil ingin sekali menikmati pisang itu. Akan tetapi, bagaimana caranya mengambil pisang itu? Memanjat pohon, ia tidak bisa. "Meminta pada Kera, pasti ia tidak memberi. Kera itu kan pelit." Kancil mencari akal. Kancil pun menemukan akal.
Ia melempari Kera dengan batu-batu kecil. Mula-mula Kera tidak peduli. Kancil tidak berputus asa. Kancil terus melempari Kera. Ia berusaha agar Kera marah. Lama-kelamaan Kera menjadi kesal dan marah. Ia balik melempari Kancil. Mula-mula Kera melempar dengan kulit pisang. Setelah kulit pisang habis, Kera melempari Kancil dengan buah pisang.
Kancil pura-pura kesakitan. Kera semakin bersemangat melempar hingga semua pisang dilempari ke arah Kancil. Kera merasa puas kemudian meninggalkan pohon itu. Akal Kancil berhasil. Setelah Kera pergi, Kancil mulai mengumpulkan pisang yang berserakan. Dimakannya pisang-pisang itu dengan santai.
"Hmm... enak sekali"

3. Makna tersurat dalam fabel tersebut adalah ....
A. Kera yang baik karena mau memberikan makanannya kepada Kancil.
B. Kancil dimusuhi kera karena ulah jahilnya.
C. Dengan akalnya, Kancil akhirnya dapat menikmati pisang tanpa harus memanjat terlebih dahulu.
D. Dengan kecerdikannya, Kancil berhasil membuat Kera untuk melemparinya dengan pisang.

4. Makna dari kata tidak berputus asa dalam fabel tersebut adalah ....
A. tidak menyerah
B. sabar
C. pasrah
D. tidak marah

5. "Semua sudah hadir. Peserta dimohon untuk bersiap," kata sang Gagak yang kali ini bertugas sebagai wasit pertandingan. Dengan sigap Kelinci muncul dari balik tenda. Ia berjalan lincah, melompat kesana-kemari menunjukkan kegesitannya dalam berlari. Sang Kelinci berdiri di samping Kura-kura.
Makna kata sigap yang tepat pada kutipan fabel tersebut adalah ....
A. tangkas
B. hebat
C. kuat
D. rajin
6. Bacalah fabel berikut!
Elin adalah sosok yang sangat baik, suka menolong, dan ramah. Ia tidak sungkan untuk membantu setiap hewan yang ingin meminta bantuan kepadanya. Namun, takdir kehidupan tidak sesuai dengan kebaikannya. Salah satu kaki Elin tidak sempurna seperti kelinci pada umumnya. Dulu,saat dia teramat kecil, ia pernah tertangkap oleh pemburu. Elin sempat melarikan diri saat pemburu tersebut pergi meninggalkannya sebentar untuk mengambil sesuatu dan Elin memanfaatkan waktu itu untuk melarikan diri. Walaupun, kakinya yang satu bercucuran darah, dia lari ke tempat yang aman dengan sekuat tenaganya.

Makna kata ramah pada teks tersebut adalah ....
A. baik hati dan menarik budi bahasanya
B. manis tutur katanya
C. suka menolong
D. suka bercanda
7. Cermatilah cerpen berikut!
Rapat dibuka bakda Isya ketika gerimis tiris dan langi malam menghamparkan warna abu-abu  pucat. Sekitar 15 kepala keluarga Cibaresah berkumpul di rumah Munar. Meraka mau memenuhi undangan lantaran pengundangnya sesepuh desa. Sebagian dengan perasaan terpaksa dan masygul. sebagian lagi cari angin. Sebagian karena ingin ngerumpi. Cuma Casmidi yang tidak hadir. Karena dia tidak diundang. Karena dialah yang membuat sesepuh desa bernama Munar mengelar rapat pada hari itu. Tapi, istri dan anaknya ada di sana.
Makna kata sesepuh dalam cerpen di atas adalah ....
A. orang yang penting
B. orang yang dituakan
C. orang yang kaya raya
D. orang yang bijaksana
8. Bacalah penggalan fabel berikur!
Hiduplah seekor Rusa pada zaman dahulu. Ia sangat sombong dan pemarah. Ia sering meremehkan kemampuan hewan lain. Pada suatu hari, si Rusa berjalan di pinggir danau. Ia bertemu dengan Kura-kura tersebut berwarna hitam dengan bintik biru bercahaya seperti mutiara. "Kura-kura, apa yang sedang Engkau lakukan di sini?"
Makna kata mutiara pada teks tersebut adalah ....
A. permata
B. kristal
C. batu
D. perhiasan
(dikutip dari Fokus UN SMP/MTs. Tahun 2017. Penerbit: Erlangga dan penambahan seperlunya)


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Menentukan Makna Tersurat dalam Cerpen dan Fabel UN 2017