Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Menilai Keunggulan/Kelemahan Teks UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan berikan contoh soal mengenai menilai keunggulan/kelemahan teks. Dalam bahasa Indonesia, kita mengenal beberapa kaidah yang digunakan sebagai acuan ketika kita akan melaah sebuah teks. Kaidah tersebut diantaranya adalah ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, dan keterpaduan paragraf.

1. Cermatilah teks laporan berikut!
(1) Ekosistem di Indonesia, yang masih terjaga salah satunya adalah, kawasan Gunung Kidul. (2) Di daerah itu sungai di bawah tanah, airnya melimpah. (3) Di gua dan sekitar sungai masih dihuni segerombolan kelelawar, dan fitoplankton. (4) Fitoplankton itu menjadi makanan ikan sehingga ikan berkembang biak dengan baik. (5) Hewan-hewan melata atau reptil, seperti ular, kadal, dan tokek masih berkeliaran.
Kelemahan teks laporan di atas adalah penggunaan tanda baca koma pada kalimat nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)

Menilai Keunggulan/Kelemahan Teks UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9
www.ilmubindo.com

2. Cermatilah teks eksposisi berikut!
Pertama, aneka tanaman sayur mayur, sepertim kacang panjang, cabai, kangkung darat, dan terong, misalnya, dapat ditanam di media selain tanah. Khusus untuk kangkung darat dapat dibudidayakan di bumbung bambu yang disulap menjadi semacam pot. Tanaman terong, kencur, dan jahe, dapat dibudidayakan di media kantong plastik dan pot.
Sementara itu, sumber karbohidrat seperti jagung, ketela pohon, ubi jalar dapat di tanam dipekarangan. Untuk pencukupan pupuk, kotoran ternakm kambing dan sapi yang menjadi piaraannya dapat dimanfaatkan untuk pupuk alami.

Kelebihan dan kelemahan teks eksposisi di atas adalah ....
A. argumentasi belum jelas, tetapi ada penggunaan bentuk di bumbung yang salah
B. argumentasi sudah jelas, tetapi ada penggunaan bentuk di pekarangan yang benar.
C. argumentasi sudah jelas, tetapi ada penggunaan bentuk di sulap yang salah.
D. argumentasi belum jelas, tetapi ada penggunaan bentuk di sulap yang benar.

3. Cermatilah teks ulasan berikut!
(1) Sepertinya, Guntur Soeharjanto memang senggaja kembali memberikan sentuhan film sukses tersebut pada Assalamualaikum Beijing. (2) Mulai dari gaya narasi hingga gaya traveling dengan membawa kamera yang sangat identik dengan film 99 Cahaya di Langit Eropa. (3) Mata Anda akan dimanjakan dengan berbagai tempat wisata seperti misalnya Beijing dan Tiongkok yang sangat indah sekali. (4) Anda seperti diajak untuk merasakan serunya mengunjungi tempat wisata di sana. (5) Yang pasti hal itu akan menggugah Anda untuk jalan-jalan ke Beijing.

Ketidakefektifan teks ulasan di atas terdapat pada nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
 
4. Cermatilah teks biografi berikut!
Ki Hajar Dewantara bekerja sebagai wartawan di beberapa surat kabar, seperti Sedyotomo, Midden Java, De Express, Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer, dan Poesara. Tulisan-tulisannya sangat komunikatif, tajam, dan patriotok sehingga mampu membangkitkan semangat anti kolonial bagi pembacanya. Ki Hajar Dewantara juga mengecam rencana perayaan yang akan diadakan Belanda melalui tulisannya yang berjudul "Als lk Eens Nederlander Was (Seandainya aku orang Belanda) dan Een voor Allen maar Ook Allen voor Een (Satu untuk Semua, tetapi Semua untuk Satu Juga)".
Pada tanggal 3 Juli 1922 Ki Hajar Dewantara bersama dengan rekan-rekan seperjuangannya mendirikan perguruan yang bercorak nasional, yaitu National Onderwijs Instuut Taman Siswa (Perguruan Nasional Taman Siswa). Melalui perguruan Taman Siswa dan tulisan-tulisannya yang berjumlah ratusan, Ki Hajar Dewantara berhasil meletakkan dasar-dasar  pendidikan nasional bagi Bangsa Indonesia.

Penulisan kata yang tepat kata yang bercetak tebal adalah ....
A. anti-kolonial, Bangsa Indonesia
B. antikolonial, Bangsa Indonesia
C. anti-kolonial, bangsa indonesia
D. antikolonial, bangsa Indonesia

5. Cermatilah teks prosedur berikut!
Tas Cantik dari Kerdus
Untuk memanfaatkan kerdus bekas menjadi barang yang bermanfaat, berikut adalah alat dan bahan serta beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan. Siapkanlah alat-alat dan bahan-bahan berikut.
  1. Kerdus bekas
  2. Tali rafia
  3. Plastik transparan putih
  4. Kertas kado
  5. Jarum kasur
  6. Lem
  7. Gunting
  8. Tali untuk pengangan tas
Setelah itu, ikutilah langkah-langkah  pembuatan tas cantik berikut.
Pertama, gunting kerdus sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan, dalam contoh ini tas yang dibuat berbentuk persegi panjang. Kedua, setelah digunting, bungkus sekeliling dinding kerdus bagian luar dengan kertas kado sampai rapi. Ke tiga, lalu bungkus kembali menggunakan plastik transparan putih agar lebih awet dan tahan lama. Ke empat, jahit semua sisi kerdus dengan menggunakan tali rafia dan jarum kasur. Ke lima, setelah semua sisi dijahit, masing-masing sisi kemudian dijadikan satu dengan cara dijahit juga. Ke enam, beri lubang untuk pegangan kemudian beri tali. Ke tujuh, jadilah tas cantik dari kerdus bekas.
Kelemahan teks prosedur tersebut adalah ....
A. penggunaan langkah-langkah
B. penggunaan ejaan salah
C. tidak adanya judul
D. tidak adanya tujuan
 
6. Cermatilah teks tanggapan kritis berikut!
Pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudoyono (SBY) jilid dua, wacana pembelian pesawat presiden kembali muncul. Dalam perhitungan baru, pesawat untuk RI-1 ini bisa menghemat biaya perjalanan hingga Rp114 miliar per tahun.
Sekretaris Negara mengklaim bahwa jauh lebih murah memiliki pesawat kepresidenan sendiri daripada menyewa pesawat dari maskapai Garuda Indonesia seperti selama ini dilakukan. Sistem carter ini tidak menguntungkan karena semakin sering Presiden melakukan lawatan, biaya terus meningkat. Pada tahun 2006 misalnya, anggaran lawatan dinas Presiden Rp75 miliar, tahun 2007 melonjak menjadi Rp175 miliar, dan tahun 2009 naik lagi ke angka Rp180 miliar.
Alasan berikutnya jelas bahwa Indonesia adalah negara kepulauan yang mau tidak mau Presiden harus memiliki pesawat sendiri. Tidak mungkin Presiden menggunakan pesawat komersial karena jadwalnya sangat terbatas. Pandangan bahwa memiliki pesawat kepresidenan bukan merupakan prioritas juga dapat dibantah karena saat ini perekonomian Indonesia sudah stabil. Pertumbuhan cukup baik sehingga operasional dapat ditutupi. Pembelian pesawat kepresidenan juga bukan hal yang menghilangkan kepekaan terhadap rakyat.

Tanggapan tentang bagian deskripsi teks tersebut adalah ....
A. Dua paragraf sudah padu yang ditandai dengan penggunaan hubungan antarparagraf.
B. Dua paragraf belum padu karena tidak terdapat penggunaan hubungan antarparagraf.
C. Dua paragraf sudah padu, tetapi tidak ditandai dengan penggunaan hubungan antarparagraf.
D. Dua paragraf belum padu walaupun ditandai dengan penggunaan hubungan antarparagraf.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Menilai Keunggulan/Kelemahan Teks UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9