Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Contoh Soal Try Out Sekolah Bahasa Indonesia Kelas 9 Terbaru

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal Try Out Sekolah. Semoga contoh soal yang admin bagikan di sini dapat membantu peserta didik dalam mencari referensi soal-soal Try Out terbaru seputar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Selamat menempuh ujian Try Out Sekolah tahun ini. Semoga nilai hasil ujian kalian memuaskan seperti apa yang kalian harapkan. Dan Cita-cita kalian dapat tercapai.

1. Bacalah teks berikut!
Ada begitu banyak macam masker wajah, salah satu yang terbaik adalah masker campuran lemon dan madu. Madu merupakan antibakteri dan antiinflamasi, sangat bagus untuk mengatasi dan mencengah jerawat. Lemon memiliki kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit. Masker ini dapat membantu membersihkan kulit, meratakan warna kulit, mengeringkan jerawat, mengecilkan pori-pori, melembabkan kulit, melawan bakteri penyebab jerawat, dan menjadikan kulit semakin cerah.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. Masker lemon mencegah jerawat.
B. Gunakan masker setiap hari.
C. Fungsi masker pada wajah.
D. Manfaat masker lemon dan madu.

Contoh Soal Try Out Sekolah Bahasa Indonesia Kelas 9 Terbaru
www.ilmubindo.com

2. Bacalah teks berikut!
(1) Manggis yang memiliki nama latin Garcinia mangostana, memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. (2) Ekstrak kulit manggis dikenal memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan yang baik untuk tubuh. (3) Zat-zat senyawa yang ada didalam kulit manggis dapat menjaga dan membentuk sistem kekebalan tubuh, antikanker, antibakteri, dan sebagainya. (4) Selain itu, khasiat ekstrak kulit manggis yang lainnya adalah sebagai penurun kadar gula darah, meringankan penyakit kulit, dan membantu meringankan penyakit wasir.

Kalimat utama teks tersebut ditunjukkan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

3. Bacalah teks berikut!
Liliyana dikenal sebagai atlet yang ramah, disiplin, dan berkemauan keras ini akhirnya berhasil mendapatkan gelar juara pada turnamen All England. Pada tahun 2012, Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad membawa pulang gelar juara untuk Indonesia yang telah mengalami penantian panjang selama 33 tahun untuk prestasi ganda campuran All England. Gelar terakhir Indonesia dipersembahkan oleh pasangan Cristian Hadinata dan Imelda Wiguna pada tahun 1979. Gelar juara ini adalah titel premier bagi Tontowi dan Liliyana.

Keistimewaan tokoh pada kutipan biografi tersebut adalah ....
A. Liliyana adalah atlet yang ramah.
B. Liliyana pernah bermain di turnamen All England.
C. Liliyana mendapatkan gelar juara All England bersama pasangan ganda campurannya Tontowi Ahmad.
D. Liliyana bermain bulu tangkis sejak kecil.

4. Bacalah teks berikut!
Untuk menambah uang sakunya yang jauh dari cukup, Chairul pun berkuliah sambil berbisnis. Awalnya ia berjualan buku kuliah stensilan, kemudian juga berjualan kaus. Ia bersama dengan teman-temannya kemudian juga membuka usaha fotokopy di kampusnya. Ia juga membuka kios di daerah Senen Raya, Jakarta Pusat, yang menyediakan aneka kebutuhan dan peralatan kedokteran dan laboratorium. Walau dia harus membagi waktu antara kuliah dan berbisnis, tetapi Chairul bisa menyelesaikan kuliahnya di kedokteran gigi dengan baik. Ia kemudian menyandang gelar sarjana kedokteran di belakang namanya. Namun karena darah bisnis lebih kental, ia kemudian memutuskan untuk menjemput rezeki dari bisnis bukan sebagai dokter gigi.

Hal yang dapat diteladani dari tokoh tersebut adalah ....
A. gemar berbisnis
B. rajin berbisnis agar meraih kesuksesan
C. memanfaatkan masa muda untuk berbisnis
D. pantang menyerah dengan keadaan.

5. Bacalah teks berikut!
Pada umumnya, penyebab sakit tenggorokan adalah virus. Biasanya, terkait dengan tanda-tanda penyakit saluran napas lainnya, seperti hidung tersumbat atau batuk. Kebanyakan sakit tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk mengurangi rasa sakit, penderita dapat meminum air hangat yang diberi air perasan jeruk lemon dan madu.

Simpulan paragraf tersebut adalah ....
A. Virus penyebab penyakit tenggorokan.
B. Tanda-tanda sakit tenggorokan adalah hidung tersumbat.
C. Usaha meringankan rasa sakit ketika menderita sakit tenggorokan.
D. Sakit tenggorokan dapat dikurangi dengan minum air perasan jeruk lemon.

6. Bacalah teks berikut!
Kemacetan parah di jalur mudik yang diprediksi bakal terus terjadi hingga akhir pekan kali ini, ternyata membuat kebutuhan pokok di sejumlah pasar mengalami peningkatan. Bahkan harga cabai merah lokal saat ini menembus angka Rp100.000 per kilogramnya. Begitu pun dengan kebutuhan pokok lainnya, terutama sayuran yang kebanyakan didatangkan dari Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ....
A. Harga cabai akan terus mengalami  peningkatan.
B. Harga cabai mengalami peningkatan karena kemacetan parah di jalur mudik.
C. Harga sayuran tidak mengalami kenaikan.
D. Kemacetan masih akan terus terjadi hingga akhir Idulfitri.

7. Bacalah kedua teks berikut!
Teks I
Sampah antariksa yang diketahui merupakan serpihan dari roket Falcon 9 yang jatuh di Sumenep, akhirnya diambil pihak Space Exploration Technologies Corporation (SpaceX). SpaceX adalah perusahaan transportasi luar angkasa asal Amerika Serikat pemilik roket Falcon 9. Sebanyak empat bagian Falcon 9 diserahkan oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa. Nasional (LAPAN) Thomas Djamaludin kepada Ryan Wiltshire selaku Director Commercial Sales SpaceX di kantor Lapan Jalan Dr. Djunjunan 133, Kota Bandung, Jumat (7/10/2016).

Teks II
Empat benda yang diduga kuat pecahan roket Falcon 9 jatuh di Sumenep pada Rabu, 28 September 2016. Meski membahayakan dan merusak properti warga, keberadaan benda itu di wilayah Indonesia dinilai sebagai kesempatan berharga untuk pengembangan teknologi roket di Indonesia.
Peneliti bidang astronomi astrofisika dari Pusat Sains Antariksa Lapan, Rhorom Priyantikanto, menuturkan keempat benda yang terdiri dari tiga tangki bahan bakar dan satu panel kontrol itu telah menarik perhatian Pusat Teknologi Roket yang bermarkas di Bogor.

Kesamaan informasi kedua teks tersebut adalah ....
A. Peneliti bidang astronomi astrofisika menuturkan keempat benda itu telah menarik perhatian Pusat Teknologi Roket yang bermarkas di Bogor.
B. Sebanyak empat bagian Falcon 9 diserahkan oleh Thomas Djamaludin kepada Ryan Wiltshire.
C. Roket Falcon 9 jatuh di Sumenep.
D. SpaceX adalah perusahaan transportasi luar angkasa asal Amerika Serikat pemilik roket Falcon 9.

8. Bacalah teks berikut!
Pelatih fenomenal, Benny Dollo akhirnya menunjuk Firman Utina Sebagai kapten tim Sriwijaya FC. Banyak pertimbangan yang diutarakan oleh pelatih yang akrab disapa  Bendol. Firman merupakan pemain paling senior dalam tim. Selain itu, mantan pemain Persib  Bandung tersebut juga memiliki pengalaman serta jiwa kepemimpinan.

Informasi yang merupakan isi teks tersebut adalah ....
A. Firman Utina ditunjuk sebagai kapten tim Sriwijaya FC.
B. Pelatih menunjuk kapten tim baru.
C. Pelatih menyukai permainan Firman Utina.
D. Firman Utina adalah pemain Persib Bandung.

9. Bacalah teks berikut!
(1) Tak mengherankan jika Sahara dijuluki sebagai salah satu gurun terluas di dunia. (2) Luas gurun ini mencapai 9.400.000 kilometer persegi. (3) Sahara yang dalam bahasa Arab berarti padang pasir ini memiliki 2.800 tumbuhan vaskular (berpembuluh) yang sekitar seperempatnya merupakan tanaman endemik. (4) Gurun yang suhu rata-ratanya di atas 38⁰C ini awalnya adalah sebuah danau. (5) Keunikan lain, Sahara merupakan rumah bagi rubah fennec (Vulpes zerda), yaitu rubah kecil berukuran 37-41 cm yang memiliki pendengaran sensitif.

Perbaikan paragraf yang tidak padu tersebut adalah ....
A. menghilangkan kalimat (2)
B. menghilangkan kalimat (4)
C. mengganti mengherankan menjadi mengejutkan.
D. mengganti dijuluki menjadi terkenal.

10. Bacalah teks berikut!
(1) Pulau Pramuka merupakan salah satu dari sekian banyak gugusan pulau di Kepulauan Seribu. (2) Keindahan panorama bawah laut di Pulau Pramuka sangat cocok bagi pencinta dunia laut. (3) Di pulau ini terdapat sarana edukasi fauna, yaitu pelestarian penyu sisik yang saat ini jumlahnya sangat sedikit. (4) Sarana di Pulau Pramuka cukup memadai, mulai dari masjid, rumah sakit, sekolah, dermaga, TPI (Tempat Pelelangan Ikan), vila dan penginapan bagi wisatawan.

Kalimat yang tidak padu pada teks tersebut ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Cermatilah kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 11-13!
(1) Ayah menyuapiku makan, mengantarku ke sekolah sebelum dia sendiri kemudian berangkat bekerja. (2) Sepulang sekolah, begitu tiba di rumah Ayah telah menyiapkan makanan kesukaanku. (3) Ayah selalu membelikan boneka dan mainan apa pun  yang kuinginkan. (4) Begitulah bertahun-tahun Ayah mengurusku sampai sekarang aku telah lulus aliyah.

11. Latar tempat tergambar pada kalimat bernomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

12. Watak tokoh Ayah pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A. pemalu
B. suka menolong
C. penyayang anak
D. tidak pantang menyerah

13. Tema dari kutipan cerita tersebut adalah ....
A. keluarga
B. persahabatan
C. pendidikan
D. kebudayaan

Bacalah cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 14-16!
Padepokan itu sudah sejak lama dirintisnya. Akan tetapi, padepokan yang sudah merupakan bagian hidupnya itu harus digusur lantaran terkena proyek pembangunan jalan tol. Sebetulnya Buyung merasa keberatan untuk melepaskan padepokannya. Akan tetapi, ayahnya menasihati agar dia merelakannya demi kepentingan umum. "Kalau aku mau, aku bisa membangun padepokan baru di mana pun. Namun tidak semudah itu, Ayah."

14. Pesan moral yang disampaikan dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Perjuangkan apa yang menjadi hak milik kita.
B. Rela berkorban demi orang tua.
C. Pertahankan apa yang menjadi hak milik kita.
D. Rela berkorban demi kepentingan orang banyak.

15. Penyebab konflik dalam kutipan cerpen adalah ....
A. Padepokan yang telah lama dirntis harus digusur proyek pembangunan jalan tol.
B. Nasihat ayah yang harus merelakan padepokan yang Buyung miliki.
C. Pembangunan jalan tol.
D. Pembangunan jalan tol yang mengganggu pembangunan padepokan.

16. Watak Buyung pada kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. tabah
B. rela berkorban
C. pendendam
D. keras kepala

17. Bacalah teks berikut!
Seekor beruang menjelajahi hutan untuk mencari buah-buahan. Ketika itu, ia menemukan pohon tumbang. Pada pohon tersebut terdapat sarang tempat lebah menyimpan madu. Beruang itu mulai mengendus-endus dengan hati-hati disekitar pohon tumbang tersebut untuk mencari tahu apakah lebah-lebah sedang berada dalam sarang tersebut. Tepat pada saat itu, sekumpulan kecil lebah terbang pulang dengan membawa banyak madu. Lebah-lebah yang pulang tersebut, tahu akan maksud sang beruang dan mulai terbang mendekati sang beruang, menyengatnya dengan tajam lalu bersembunyi ke dalam lubang batang pohon.
Beruang tersebut menjadi marah dan seketika itu juga, loncat ke batang kayu yang tumbang tersebut dengan cakarnya menghancurkan sarang lebah. Namun, hal ini malah membuat seluruh kawanan lebah yang berada dalam sarang, keluar dan menyerang sang beruang. Beruang yang sial itu akhirnya lari terbirit-birit dan hanya dapat menyelamatkan dirinya dengan cara menyelam ke dalam air sungai.

Komentar yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ....
A. Perbuatan beruang sangat bijaksana
B. Kecerobohan beruang membawa petaka
C. Beruang berhasil menahan emosi
D. Beruang memiliki sifat selalu hati-hati

18. Bacalah kalimat berikut!
Kehadiran ikan koi akan [...] suasana rumah menjadi lebih aman.

Kalimat berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. membuat
B. membantu
C. membuatnya
D. membantunya

19. Perhatikan kutipan cerita berikut!
"Teeeeeeeeeettt..." suara klakson dari belakang terdengar cukup keras, seraya aku pun tersentak. "Chaaaaa... pulang naik apa? Seorang temam yang naik motor hendak pulang, tiba-tiba menyapaku. "Biasa, Nda naik mobil massa alias angkot, hehehe" jawabku sambil melawak kepadanya..
"Hahaha! Okelah! aku duluan, ya, Cha ... hati-hati!" jawab temanku sambil mengendarai motornya dan pergi meninggalkan area kampus.

Latar kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. tempat duduk
B. rumah
C. stasiun
D. kampus

20. Bacalah cerita berikut!
Banun tahu, dengan hampir seratus ketiding panen padi setiap musim, kehidupan dia dan tiga orang anaknya menjadi terbantu, terhidupi. Ketiga anak Banun lelaki, sudah beristri semua, bahkan sudah mendatangkan enam orang cucu. Banun tahu persis, tanpa penghasilan dari Sawah Subarang, tidak mungkin dia memberi makan anak-anaknya. Kini, Marajo tak tega lagi membiarkan kakaknya, sepuluh tahun lebih tua, masih ke sawah. Marajo sering mendampingi, biarpun dia bukan tidak punya pekerjaan rutin. Pekerjaan Marajo adalah juga bertani, ke sawah dan ke ladang. Pori-pori yang membersitkan peluh di sekujur tubuh Marajo beraroma tanah dan jerami.

Isi tersirat pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A. Tokoh Banun bekerja sebagai buruh.
B. Banun memiliki tiga orang anak.
C. Tokoh Banun bekerja sebagai petani.
D. Anak Banun sekolah di dekat persawahan.

21. Bacalah cerita berikut!
Dahulu kala, burung kasuari tidak seperti yang kita kenal saat ini. Dia memiliki sayap yang lebar dan kuat sehingga ia buisa mencari makan di atas pohon yang tinggi, tapi juga bisa dengan mudah mencari makan di atas tanah. Kelebihannya ini membuat kasuari menjadi burung yang sombong. Dia sering berbuat curang saat berebut makanan dan tidak peduli jika teman-temannya yang lain kelaparan karena dia. Sayapnya yang lebar biasa dia gunakan untuk menyembunyikan buah-buahan ranum di atas pohon, sehingga burung-burung yang lainnya tidak bisa melihatnya. Selain itu, dia juga dengan senggaja selalu menjatuhkan buah-buahan ranum itu ke tanah sehingga hanya dirinya sendiri yang bisa menikmatinya. "Biar saja!" pikirnya, "Salah sendiri kenapa mereka punya sayap yang pendek dan badan yang kecil. Siapa cepat dia yang dapat."

Pola pengembangan kutipan fabel tersebut diawali dengan ....
A. menampilkan karakter tokoh.
B. memulai dengan konflik
C. mengisyaratkan bahaya
D. menampilkan lokasi cerita

22. Bacalah kutipan teks berikut!
(1) Kenaikan harga rokok dinilai mampu mencegah anak usia sekolah dan masyarakat kurang mampu untuk membeli rokok. (2) Berdasarkan data yang dipublikasi PKEKK ternyata harga rokok di negeri ini termasuk yang paling murah di antara sejumlah negara tetangga yang mencapai tiga hingga empat kali lipat. (3) Dampak dari harga rokok yang murah itu, anak usia sekolah pun mampu membeli rokok. (4) Akibatnya, anak negeri ini akan tumbuh menjadi generasi yang sakit-sakitan pada usia produktif karena rokok bersifat adiktif.

Simpulan kutipan teks tersebut adalah ....
A. Harga rokok sampai saat ini masih terhitung standar.
B. Kenaikan harga rokok bertujuan menyelamatkan generasi  penerus bangsa.
C. Dukungan untuk menaikkan harga rokok.
D. Kenaikan harga rokok menimbulkan banyak kecaman.

23. Cermatilah kalimat berikut!
Menyikat gigi sangat penting karena membantu [...] bakteri dan juga plak, keduanya sangat mudah dihilangkan dengan pasta gigi.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah ....
A. mengusir
B. membuang
C. membunuh
D. merawat

24. Cermati kalimat berikut!
Untuk menghadapi [...], bank akan meningkatkan suku bunga kepada nasabah sehingga peredaran uang semakin sedikit.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. produksi
B. defisit
C. inflasi
D. konsumen

25. Cermati kalimat berikut!
Hal ini terjadi karena di sumatera selatan pada zaman dahulu terdapat sebuah kerajaan besar yang dibangun oleh keturunan raja Syailendra yang beragama buddha.

Penulisan huruh kapital yang benar untuk kalimat tersebut adalah ....
A. Hal ini terjadi karena di Sumatera selatan pada zaman dahulu terdapat sebuah kerajaan besar yang dibangun oleh keturunan raja Syailendra yang beragama buddha.
B. Hal ini terjadi karena di Sumatera Selatan pada zaman dahulu terdapat sebuah kerajaan besar yang dibangun oleh keturunan Raja Syailendra yang beragama Buddha.
C. Hal ini terjadi karena di Sumatera Selatan pada Zaman dahulu terdapat sebuah kerajaan besar yang dibangun oleh keturunan raja syailendra yang beragama buddha.
D. Hal ini terjadi karena di Sumatera selatan pada zaman dahulu terdapat sebuah kerajaan besar yang dibangun oleh keturunan raja Syailendra yang beragama Buddha.

26. Cermati kalimat berikut!
Kenyataannya, banyak tukang parkir yang praktik pungutan liar kepada masyarakat.

Perbaikan kata yang dicetak miring pada kalimat tersebut adalah ....
A. Memraktekkan
B. memraktikkan
C. Mempraktikkan
D. mempraktekkan

27. Cermati kalimat berikut!
Para ibu-ibu sedang mengikuti pelatihan menjahit.

Penggunaan kata para pada kalimat tersebut salah karena ....
A. Kata ulang ibu-ibu sudah bermakna banyak.
B. Kalimat tidak dapat didahului kata para.
C. Kata para tidak menunjukkan jumlah yang pasti.
D. Kata para tidak dapat diletakkan di awal kalimat.

28. Cermatilah kalimat berikut!
Nisa membeli buku pandai berbahasa Indonesia di toko buku eureka.

Perbaikan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut yang tepat adalah ....
A. Nisa membeli buku pandai berbahasa Indonesia di toko buku Eureka.
B. Nisa membeli buku Pandai Berbahasa Indonesia di toko Eureka.
C. Nisa membeli buku Pandai Berbahasa Indonesia" di toko buku Eureka.
D. Nisa membeli buku "pandai berbahasa Indonesia" di toko buku Eureka.

29. Cermatilah ilustrasi berikut!
Direktur PT Padita Jaya meminta kepala bagian pemasaran untuk mempersiapkan laporan penerapan strategi pemasaran terbaru dari bulan Januari hingga Maret 2016.

Isi pesan singkat yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Jelaskan laporan penerapan strategi pemasaran terbaru di hadapan saya secepatnya.
B. Segera menghadap saya dan siapkan laporan penerapan strategi pemasaran terbaru Januari hingga Maret 2016.
C. Segera siapkan laporan penerapan strategi pemasaran terabru.
D. Siapkan laporan penerapan strategi pemasaran terbaru Januari sampai Maret 2016.

30. Bacalah teks berikut!
(1) Pililah bibit buah tomat yang baik, agar tanaman yang dihasilkan dapat tumbuh dengan baik serta menghasilkan panen tomat yang melimpah.
(2) Lubangi media semai dengan jari telunjuk.
(3) Masukkan benih ke dalam media semai yang berupa campuran tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1, kemudian tutup kembali dengan tanah.
(4) Benih tomat mulai muncul tunas saat benih tersebut berusia 7-10 hari sejak masa tanam.
(5) Sirami benih tomat tersebut secara rutin.

Urutan kalimat teks prosedur yang tepat adalah ....
A. (1)-(2)-(3)-(5)-(4)
B. (3)-(1)-(5)-(2)-(4)
C. (4)-(1)-(2)-(5)-(3)
D (4)-(5)-(1)-(2)-(3)

31. Cermati kalimat berikut!
(1) Amara pergi ke sekolah, kemudian amarah pergi ke rumah temannya untuk belajar.
(2) Harga sembako dibekukan atau kenaikan secara luwes.
(3) Pertemuan itu dihadiri oleh presiden, menteri pendidikan, dan gubernur.
(4) Kakak menolong anak itu dengan dipapahnya ke pinggir jalan.

Kalimat-kalimat tersebut yang tidak efektif ditunjunkkan nomor ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3) dan (4)
D. (2), (3) dan (4)

 32. Cermati kalimat berikut!
Gantungan ini juga bisa dibuat bermacam variasi, seperti: bentuk segitiga, bulat lonjong, dan segi empat.

Kesalahan pengunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ....
A. Penggunaan tanda koma (,) sebelum kata seperti.
B. Penggunaan tanda titik dua (:) dan tanda koma.
C. Penggunaan tanda titik dua (:) sesudah kata seperti.
D. Penggunaan tanda titik dua (:) sesudah kata seperti dan tanda koma (,) sebelum dan.

33. Bacalah kalimat petunjuk berikut!
Cara membuat pupuk kompos 
(1) Siapkan bahan dan alat, seperti kotoran ternak, jerami yang dicacah, air, arang sekam, sampah daun, bubuk gergaji, EM4, gula pasir, cangkul, sekop, karung goni, dan sarung tangan.
(2) Siapkan media untuk membuat pupuk yang terlindung dari sinar mata hari dan hujan.
(3) Buatlah larutan dekomposer caranya larutkan gula dengan EM4 di dalam air.
(3) Buatlah lapisan pertama, aduk rata campuran arang sekam dengan kotoran ternak, kemudian tambahkan dekomposer dan diaduk sampai rata.
(5) Buatlah lapisan kedua, taburkan bubuk gergaji, sampah daun, dan cacahan jerami sampai rata, kemudian sirami lagi dengan dekomposer.
(6) [...]
(7) Lakukan pengadukan bahan sampai merata di hari kedua.
(8) Lakukan pemeriksaan setiap pagi dan sore, caranya adalah dengan memasukkan tangan ke adonan pupuk dengan menggunakan sarung tangan. Jika terasa panas dan tangan tidak bisa menahan rasa panasnya, adonan pupuk belum siap untuk digunakan.
(9) Periksa adonan pupuk di hari keempat (umumnya sudah siap pakai di hari keempat), jika tangan sudah bisa menahan rasa panasnya, pupuk sudah siap pakai.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah ....
A. Masukkan air, aduk pupuk sampai rata.
B. Sirami dengan air sebanyak-banyaknya.
C. Tutup rapat bahan tersebut dengan menggunakan karung goni.
D. Pupuk siap digunakan.

34. Perhatikan fakta berikut!
- Pemberlakuan larangan membawa ponsel ke sekolah.
- 31 siswa melanggar.
- Dilakukan penyitaan atas ponsel yang dibawa.

Teks laporan yang sesuai dengan fakta tersebut adalah ....
A. Larangan membawa ponsel ke sekolah bagi siswa telah diberlakukan. Kenyataannya masih banyak siswa yang melanggar. Hal ini terbukti bahwa hampir setiap hari petugas STP2K sekolah melakukan penyitaan di setiap kelas.
B. Kepala Dinas Kota Semarang telah menetapkan larangan membawa ponsel ke sekolah. Namun, masih banyak siswa yang melanggar  aturan tersebut. Buktinya puluhan ponsel milik siswa terkena razia.
C. Larangan membawa ponsel ke sekolah bagi siswa sudah diberlakukan. Akan tetapi, pelanggaran oleh 31 siswa masih terjadi. Petugas melakukan penyitaan bagi siswa yang melanggar tersebut.
D. Walaupun ada larangan membawa ponsel ke sekolah, masih banyak siswa yang melanggar aturan tersebut. Hal ini terbukti terdapat puluhan ponsel disita oleh petugas.

35. Cermati kalimat berikut!
Hari pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei.

Kata ejaan yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah ....
A. Mei
B. diperingati
C. pendidikan
D. Hari

36. Cermati kalimat berikut!
Ayah sedang menyiapkan peralatan kantornya, seperti: laptop, pulpen, dan blocknote.

Penggunaan tanda baca yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah ....
A. titik (.)
B. koma (,)
C. hubung (-)
D. titik dua (:)

37. Cermati data buku berikut!
Tjahja Gunawan Diredja menulis buku biografi yang berjudul "Chairul Tanjung si Anak Singkong", diterbitkan pada tahun 2012 di Jakarta oleh Kompas Media Nusantara.

Penulisan daftar pustaka yang tepat adalah ....
A. Diredja, Tjahja Gunawan. 2012. Chairul Tanjung si Anak Singkong. Jakarta: Kompas Media Nusantara.
B. Diredja Tjahja, Gunawan. 2012. Chairul Tanjung si Anak Singkong. Jakarta: Kompas Media Nusantara.
C. Diredja, Tjahja Gunawan. 2012. Chairul Tanjung si Anak Singkong. Jakarta: Kompas Media Nusantara.
D. Diredja, Tjahja Gunawan. 2012. Chairul Tanjung si Anak Singkong. Jakarta: Kompas Media Nusantara.

38. Cermati judul buku berikut!
Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin.

Ketidaktepatan penggunaan ejaan dikarenakan ....
A. Penggunaan huruf kapital pada kata yang.
B. Penggunaan huruf kapital pada kata jatuh.
C. Penggunaan huruf kapital pada kata tak.
D. Penggunaan huruf kapital pada kata daun.

39. Cermati kalimat berikut!
Kapan Ibu Pulang dari kantor tanya Sinta.

Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ....
A. "Kapan Ibu pulang dari kantor? Tanya Sinta".
B. "Kapan Ibu pulang dari kantor"? Tanya Sinta.
C. "Kapan Ibu pulang dari kantor"?, Tanya Sinta.
D. "Kapan Ibu pulang dari kantor?" Tanya Sinta.

40. Cermati kalimat berikut!
Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang majemuk serta memiliki bermacam di dalam berbagai aspek kehidupan.

Penggunaan kata yang tepat untuk mengganti kata bercetak miring pada kalimat tersebut adalah ....
A. keanekaragaman
B. macam-macam
C. beragam
D. keanekaan

41. Cermati paragraf berikut!
Film pendek berjudul 05:55 berhasil membawa pulang Global Short Film Awards di New York. Film pendek hasil karya Komunitas Film Independen Yogyakarta Montase tersebut menjadi pemenang dalam kategori GSF 2016 Awards Best Cinematography. Film karya Tiara Kristiningtyas dan Mohammad Azri itu bercerita tentang saat-saat sebelum terjadinya gempa Yogyakarta 2006 yang seketika itu menghancurkan hampir sebagian besar bangunan din Yogyakarta. Tidak hanya itu, korban jiwa juga berjatuhan. Menariknya, film yang sudah beberapa kali menang di berbagai festival film di Tanah air ini, ditampilkan dengan format hitam putih dan tanpa dialog sama sekali sehingga dianggap mampu menampilkan suasana mencekam saat bencana gempa tersebut terjadi.

Pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam paragraf tersebut adalah ....
A. Mengapa film 05.00 berhasil memenangkan kategori GSF 2016 Awards Best Cinematography?
B. Siapa yang membuat film 05.55?
C. Kapan Global Short Film Awards dilaksanakan.
D. Bagaimana pelaksanaan Global Short Film Awards.

42. Cermati kutipan teks berikut!
Seekor kupu-kupu yang bersayap warna-warni terbang dan hinggap di bunga yang satu ke bunga yang lain. Setiap orang yang melihatnya mengagumi dan membiarkannya hinggap di kepalanya.

Warna-warni pada teks tersebut simbol dari ....
A. keagungan
B. ketulusan
C. keramaian
D. keindahan

43. Cermati kalimat berikut!
Suatu negara harus memiliki keseimbangan positif dalam perdagangan dengan negara-negara lain supaya tidak terjadi [...].

Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. surplus
B. defisit
C. kerugian
D. kebangkrutan

44. Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Juru bicara Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia, Inspektur Jenderal Boy Rafli Amar menjelaskan beberapa simpul kemacetan yang menjadi masalah selama libur Lebaran tahun ini. Tiga titik terparah simpul kemacetan tersebut ada di pintu tol keluar Brebes Timur, Simpang Nagrek, dan juga Tegal. Boy mengatakan bahwa kemacetan terparah terjadi di pintu tol keluar Brebes Timur karena mobil-mobil benar-benar berhenti dan tidak bergerak sama sekali sepanjang 12 kilometer.
Teks 2
Terdapat tiga titik simpul kemacetan pada arus mudik Lebaran tahun ini. Titik kemacetan tersebut berada di pintu tol keluar Brebes Timur, Simpang Nagrek, dan Tegal. Namun, kemacetan terparah terjadi di pintu tol keluar Brebes Timur dengan antrean mobil mencapai 12 kilometer.

Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ....
A. Teks 1 diawali dengan siapa, teks 2 diawali dengan apa
B. Teks 1 diawali dengan apa, teks 2 diawali dengan bagaimana.
C. Teks 1 diawali dengan mengapa, teks 2 diawali dengan siapa.
D. Teks 1 diawali dengan siapa, teks 2 diawali dengan mengapa

45. Cermati teks ulasan berikut!
(1) Novel ini benar-benar memberikan inspirasi bagi siapa saja yang ingin sukses dan berhasil. (2) Novel ini memberikan pelajaran mengenai perjuangan hidup seorang tokoh yang terhimpit kemiskinan. (3) Tentang cita-citanya yang sangat luar biasa. (4) Namun, pengarang beberapa kali menggunakan kosakata dari bahasa daerah sehingga pembaca kurang memahami arti kata tersebut.

Kelemahan  novel tersebut ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

46. Cermati paragraf berikut!
(1) Di warung nasi ini pengunjung akan mendapati berjejer lauk pauk khas Indonesia yang mengoda selera. (2) Rendang merupakan salah satu makanan khas Indonesia. (3) Salah satu menu yang paling banyak diincar di Nasi Pedas Ibu Andika adalah kulit ayam yang digoreng garing. (4) Jika Anda mendapat kulit ayam tersebut, Anda termasuk pengunjung yang beruntung. (5) Sebab, lauk tersebut sangat cepat habis.

Ketidakpaduan paragraf tersebut ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

47. Cermati kalimat berikut!
Ir. Soekarno atau yang biasa di sapa Bung Karno dilahirkan di Surabaya, Jawa Timur pada tanggal 6 Juni 1901 dari pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dengan Ida Ayu Nyoman Rai.

Alasan ketidaktepatan penggunaan kata yang digarisbawahi pada kalimat tersebut adalah ....
A. Penulisan di digabung karena di sebagai awalan.
B. Penulisan di dipisah karena di sebagai kata depan.
C. Di sapa diganti dengan di panggil
D. Pasangan diganti dengan orang tua.

48. Cermati teks berikut!
(1) PT Angkasa Pura II selaku kelola bandara Soekarno-Hatta menambah kecepatan coneksi internet via Wifi di Terminal 3 menjadi 50 megabyte per second (Mbps). (2) Peningkatan kecepatan koneksi internet berlaku per hari ini dapat dimanfaatkan calon penumpang serta pengguna jasa bandara secara geratis untuk 15 menit pertama. (3) Menurut Awaluddin, dengan peningkatan koneksi internet ke 50 Mbps, terminal 3 menjadi salah satu terminal penumpang pesawat dengan koneksi WiFi tercepat di dunia. (4) Dia turut memberikan gambaran bagaimana koneksi WiFi di bandara Internasional Don Mueang di Bangkok, Thailand, yang memiliki koneksi WiFi tercepat di dunia sebelumnya. (5) Dengan koneksi internet 50 Mbps, dapat dipakai untuk keperluan browsing, mengirim dan menerima surel berukuran besar, bermain game online, hingga streaming saluran televisi high definition (HD). (6) Sedangkan husus bagi pelaku bisnis, juga dapat menggunakan koneksi WiFi Terminal 3 untuk online meeting atau conference call.

Kesalahan penggunaan ejaan pada teks tersebut ditandai nomor ....
A. (1), (2) dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (2), dan (5)
D. (1), (2), dan (6)

49. Bacalah teks berikut 
Sarapan memberikan sangat banyak sekali manfaat kesehatan, terutama bagi anak-anak. Pastikan sarapan anak terdiri dari antara lain serat dan protein agar ia mendapatkan manfaat kesehatan metabolisme, mengurangi nafsu makan berlebih di siang hari, dan menyediakan energi yang diperlukan untuk menjalani hari yang sangat panjang di sekolah.

Perbaikan kalimat pada teks tersebut supaya menjadi kalimat efektif adalah dengan menghilangkan  kata ....
A. banyak, antara lain, dan hari
B. banyak, terdiri dari, dan hari
C. sekali, antara lain, dan sangat
D. sekali, terdiri dari, dan sangat

50. Cermati teks berikut!
Bunglon merupakan hewan melata yang hidup di pohon. Hewan ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki hewan lain. Untuk melindungi diri dari musuhnya, bunglon sering mengubah warna kulitnya. Terkadang warna kulitnya cokelat menyerupai kulit pohon, kadang pula hijau menyerupai dedaunan. Proses mengubah warna kulit pada bunglon biasanya disebut metamorfosis.

Perbaikan istilah metamorfosis pada teks tersebut adalah ....
A. adaptasi
B. mimikri
C. fotosintesis
D. penyerbukan


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal Try Out Sekolah Bahasa Indonesia Kelas 9 Terbaru