Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Prediksi Soal UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 Tahun 2019

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal prediksi ujian nasional tahun 2019. Semoga soal-soal yang admin bagikan ini dapat membantu peserta didik dalam mencari referensi soal-soal terbaru seputar UNBK di kelas 9 tahun ajaran 2018-2019. Dan harapannya, semoga apa yang kalian pelajari hari ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Dan semoga apa yang kalian cita-citakan dapat tercapai. Salam sukses.

1. Bacalah teks berikut!
Pantai Sari Dewi adalah pantai yang baru dibuka sebagai tempat wisata umum di daerah Bandar Karang. Pantai terletak di wilayah Kota Indah dan menghadap langsung ke arah Samudra Hindia. Layaknya pantai-pantai tropis pada umumnya, Pantai Sari Dewi memiliki pasir yang berwarna putih dan bebatuan karang yang tersebar di daerah pinggiran pantai. Selain menyajikan keindahan pantainya, Pantai Sari Dewi juga memiliki spot diving, dan olahraga air, seperti banana boat, speed boat, dan lain-lain.

Prediksi Soal UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 Tahun 2019
www.ilmubindo.com

Ide pokok teks tersebut adalah ....
A. keindahan Pantai Sari Dewi.
B.  letak Pantai Sari Dewi
C. Pantai Sari Dewi
D. fasilitas di Pantai Sari Dewi

2. Bacalah teks berikut!
(1) Pengangguran merupakan salah satu fenomena sosial yang berkaitan dengan aspek ketenagakerjaan yang menjadi masalah di masyarakat. (2) Seperti sebuah penyakit, yang secara kronik menyerang segi kehidupan masyarakat. (3) Sudah banyak formula penanganan yang diambil, tetapi permasalahan ini belum juga tuntas. (4) Tidak hanya di Indonesia, permasalahan pengangguran ini ditemukan di hampir semua negara. (5) Setiap pemerintah di dunia, menjadikan permasalahan pengangguran menjadi agenda utama.

Kalimat utama teks tersebut ditandai nomor ....
A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (5)

3. Bacalah teks berikut!
Novel Rudy, Kisah Masa Muda Sang Visioner berkisah tentang masa kecil dan masa muda B. J. Habibie atau yang biasa dipanggil Rudy. Kisah Rudy yang penuh rasa ingin tahu, berbeda dengan anak kebanyakan yang senang bermain. Rudy lebih senang berpikir dan mencari jawaban akan rasa ingin tahunya. Selalu ada pertanyaan di benak Rudy dan jika ia tidak bisa mendapatkan jawabannya dari Papi (Alwi Abdul Jalil Habibie) atau dari buku-buku yang dibawakan Papi, Rudy akan melakukan eksperimen sendiri untuk mendapatkan jawabannya. Sebagai bahan bacaan dan hiburan, buku ini banyak memberikan nasihat bahwa cita-cita memang harus diperjuangkan. 

Keunggulan novel sesuai teks tersebut adalah ....
A. Tokoh-tokoh yang ditampilkan dalam cerita memiliki keteladanan.
B. Novel ini menarik karena pendeskripsian tokoh dan peristiwanya terasa hidup.
C. Keunikan novel terletak pada banyaknya tokoh yang dihadirkan oleh pengarang.
D. Pengarang selalu mengangkat cerita tempo dahulu menjadi sebuah cerita yang menarik.

4. Bacalah teks berikut!
Bung Hatta sangat aktif melaksanakan tugasnya sebagai bendahara di suatu perkumpulan pemuda Sumatera di Padang. Perkumpulan tersebut bernama Jong Sumatranen Bond. Namun, selain aktif dalam pergerakan daerah, ia juga memikirkan penderitaan rakyat akibat penjajahan.

Hal yang dapat diteladani dari tokoh pada teks tersebut adalah ....
A. Aktif di organisasi daerah dan melaksanakan tugas negara dengan baik.
B. Organisasi yang diikuti adalah Jong Sumatranen Bond.
C. Selalu memikirkan penderitaan rakyat.
D. Akitf berorganisasi dan memikirkan rakyatnya yang menderita.

5. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Merasa iba dengan nasib pengarang tua itu, kita berniat untuk menghiburnya agar ia tak kesepian ataupun bersedih lagi. Lalu kita membayangkan diri kita sebagai sesosok makhluk yang jenaka seperti badut misalnya, dengan hidung besar berwarna merah, dan muka yang menggemaskan. Lalu di depannya kita akan membuat sebuah pertunjukkan sirkus yang tidak terlalu serius tapi jenaka. Dan kita membayangkannya ketika pengarang tua itu tertidur pulas setelah sebelumnya ia menangis karena foto wanita yang kita simpulkan sebagai istrinya. Aku yang memulai mengatakan ide itu kepadamu sebelum kita membayangkan hal itu bersama-sama.

Watak tokoh aku dalam kutipan tersebut adalah ....
A. mudah khawatir
B. sensitif
C. pemberani
D. mudah berempati

6. Bacalah teks berikut!
Sebuah kasus medis yang cukup unik terjadi di India. Tim dokter di Kota Nagpur, Negara Bagian Maharashtra, sukses mengangkat janin yang sudah menjadi kerangka. Janin yang tinggal kerangka itu berusia sekitar 36 tahun. Para dokter di N.K.P Salve Institute of Medical Sciences menyatakan kasus tersebut sebagai kehamilan ektopik terlama di dunia.

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ....
A. Tengkorak bayi dalam perut menjadi topik pembicaraan di India.
B. Dokter di India meneliti kerangka janin yang menjadi tengkorak.
C. Penemuan kasus kehamilan di India ditangani oleh seorang dokter.
D. Tim dokter di India mengangkat kerangka janin yang berusia 36 tahun.

7. Bacalah teks berikut!
Teks I
Bercocok tanam di rumah sangat menyenangkan dan bermanfaat. Selain menghijaukan rumah, kita juga bisa mengambil manfaat dari buah atau sayuran yang kita tanam. Hidroponik merupakan cara yang cocok untuk bertanam sayuran di rumah. Tanaman hidroponik tidak memerlukan lahan dan tempat yang luas.
Teks II
Menghias ruang dengan tanaman hijau kini menjadi pilihan praktis yang ramah lingkungan lho. Sayangnya, tidak semua tanaman memiliki perawatan yang mudah. Memelihara tanaman di dalam rumah sedikit sulit karena kelembaban ruangan dan cahaya kadang tidak ideal. Akibatnya, tanaman cepat layu. Sebagai alternatif, Anda bisa mencoba mendekorasi ruangan dengan terarium lho. Ini adalah metode penanaman dalam wadah kaca bening. Metode ini sudah dikenal sejak 1842, namun belakangan ini menjadi tren di tengah isu pemanasan global.

Perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan teks tersebut adalah ....
A. Teks I: ragam bahasa resmi
Teks II: ragam bahasa tidak resmi
B. Teks I: ragam bahasa tidak resmi
Teks II: ragam bahasa resmi
C. Teks I: menggunakan kata penghubung sebab
Teks II: menggunakan kata penghubung dan
D. Teks I: menggunakan kata penghubung dan
Teks II: menggunakan kata penghubung sebab.

Cermatilah teks berikut untuk menjawab soal nomor 8 dan 9!
Meski sudah belajar dan membaca semalaman sebelum ujian, terkadang begitu membaca soal kita gagal mengingat apa yang sudah dipelajari. Kemungkinan hal itu terjadi karena tekhnik menghapal Anda salah. Ada banyak cara untuk meningkatkan memori. Salah satu tekhnik yang paling sering dipakai adalah menggaris bawahi atau membaca dan membaca berulang-ulang teks yang harus dihapal. Sayangnya, cara ini kurang efektip pada sebagian besar orang.

8. Informasi tersirat berdasarkan teks tersebut adalah ....
A. Menggarisbawahi atau membaca dan membaca berulang-ulang sebuah teks yang harus dihapal adalah cara yang paling efektif.
B. Meski sudah belajar dan membaca semalaman sebelum ujian, terkadang begitu membaca soal, kita gagal mengingat apa yang sudah dipelajari.
C. Ada banyak cara untuk meningkatkan memori.
D. Ada cara yang lebih efektif daripada mengharisbawahi dan membaca berulang-ulang teks yang harus dihafal.

9. Kesalahan ejaan yang terdapat pada kutipan tersebut seharusnya ditulis ....
A. teknik, manggarisbawahi, efektif.
B. meskipun, teknik, efektif
C. meskipun, teknik, menggarisbawahi
D. teknik, menghafal, efektif.

Cermatilah kutipan fabel berikut untuk menjawab soal nomor 10-11!
Kucing malang itu memang salah. Dari awal dia sibuk menyombongkan diri. Padahal, dia adalah pendatang di hutan itu. Dari cara berjalannya, berbicara, hingga tindakannya, selalu merendahkan hewan lain. Masyarakat hutan yang berprinsip saling menghargai dan menghormati tentu merasa risih dengan sikap kucing.

10. Pesan moral yang terdapat dalam kutipan fabel tersebut adalah ....
A. Janganlah bersikap sombong dan merendahkan orang lain.
B. Bantulah teman yang mengalami kesulitan.
C. Janganlah merasa risih kepada teman.
D. Janganlah berbicara yang tidak baik kepada teman.

11. Penggunaan bahasa pada kutipan fabel tersebut adalah ....
A. menggunakan kata bermakna kiasan.
B. berbahasa Indonesia yang bermakna konotasi
C. kalimatnya panjang dan sulit dimengerti.
D. kalimatnya jelas dan bermakna denotasi.

12. Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1) Behel logam mengandung tembaga, nikel, dan kromium.
(2) Diperkirakan 30 persen pasien ortodontik memiliki alergi terhadap logam yang dapat menimbulkan rasa sakit dan telinga tersumbat.
(3) Bahkan, ada kemungkinan pasien yang tidak memiliki riwayat alergi dapat menjadi alergi setelah memasang behel.
(4) Kabar gembiranya, dampak negatif tembaga, nikel, dan kromium pada umumnya sangat mudah sekali diatasi dengan mengubah bahan logam yang digunakan dalam behel.

Kalimat yang tidak efektif ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

13. Bacalah berita berikut!
Sepulang sekolah, dia mengikuti jejak temannya mengantarkan koran. Seperti saat itu, Rudi mengambil koran harian sore dan mengantarkan ke rumah para pelanggannya. Selesai mengantarkan koran, Rudi langsung pulang. Namun, sebelum sampai di rumah, hujan turun dengan deras. Dia berteduh di emperan toko. Saat itu, ia melihat ada anak yang tergelincir dan masuk ke selokan. Rudi menolong anak itu dan membawanya ke rumah sakit.
"Siapa namamu?" Tanya Rudi.
"Namaku Tomi," jawab anak itu.
Sesampainya di rumah sakit, Rudi membawa Tomi ke ruang gawat darurat.

Tindakan terpuji tokoh Rudi adalah ....
A. Setelah mengantarkan koran, Rudi langsung pulang.
B. Mengantarkan koran ke para pelanggan.
C. Berteduh di emperan tokoh karena hujan deras.
D. Menolong anak yang tergelincir dan masuk selokan.

Bacalah kutipan cerita berikut untuk menjawab soal nomor 14-16!
(1) Di ufuk timur, matahari belum tampak. Udara pada hari terasa dingin. Alam pun masih diselimuti empun pagi. Seorang anak mengayuh sepedanya di tengah jalan yang masih lengang. Siapakah gerangan anak itu? ia adalah seorang penjual koran, yang bernama Rahmat.
(2) Ketika Rahmat sedang mengayuh sepedanya, tiba-tiba ia dikejutkan dengan sebuah benda. Benda tersebut adalah sebuah bungkusan plastik berwarna hitam. Rahmat jadi gemetaran. Benda apakah itu? Ia ragu-ragu. Namun pada akhirnya, ia mencoba membuka bungkusan tersebut.
(3) "Wah, apa isinya ini?" Tanyanya dalam hati. Rahmat segera membuka bungkusan dengan hati-hati. Alangkah terkejutnya ia, karena di dalamnya terdapat kalung emas dan perhiasan lainnya. "Wah apa ini?" Tanyanya dalam hati. Milik siapa, ya?" Rahmat membolak-balik cincin dan kalung yang ada di dalam kardus. Ia makin terperanjat lagi karena ada kartu kredit di dalamnya. "Lho,... ini kan milik Pak Edison. Kasihan sekali Pak Edison, rupanya ia telah kecurian," gumamnya dalam hati.
(4) Apa yang diperkirakan Rahmat itu memang benar. Rumah Pak Edison telah dimasuki maling tadi malam. Karena pencuri tersebut terburu-buru, bungkusan perhiasan yang telah dikumpulkannya terjatuh. Rahmat dengan segera memberitahukan Pak Edison karena perhiasan milik istrinya telah kembali. Ia menceritakan apa yang terjadi dan ia temukan. Betapa senangnya Pak Edison karena perhiasan milik istrinya telah kembali. Ia sangat bersyukur, perhiasan itu jatuh ke tangan orang yang jujur.
(5) Sebagai ucapan terima kasihnya, Pak Edison memberikan modal kepada Rahmat untuk membuka kios di rumahnya. Kini Rahmat tidak lagi harus mengayuh sepedanya untuk menjajakan koran. Ia cukup menunggu pembeli datang untuk berbelanja.

14. Buktu latar pada kutipan cerita tersebut ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

15. Watak Rahmat pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A. seorang anak yang jujur
B. seorang anak yang penakut
C. seorang anak yang malas
D. seorang anak yang ceroboh

16. Amanat kutipan cerita tersebut yang tepat adalah ....
A. Jangan sampai kamu menyesal dimudian hari
B. Jadilah orang yang jujur karena akan mendatangkan kebahagiaan.
C. Berbuat baiklah kepada semua orang.
D. Maafkanlah kesalahan orang lain.

17. Cermatilah kutipan cerpen berikut!
Ia bahkan enggan berbicara padaku. Sementara dari matanya, aku melihat sketsa-sketsa acak-acakan yang sangat mengganggu pikirannya. Menurut penuturan istrinya, ia berniat berhenti menjadi tukang cukur semenjak dua bulan sebelumnya, hanya saja istrinya memaksanya untuk tetap membuka kiosnya dan ia hanya kuat satu bulan. Bulan berikutnya, ia terasa sangat berat. Dan akhirnya, lelaki dengan tanda lahir di lengan kanannya itu memutuskan untuk menutup kiosnya.

Latar suasana yang tergambar pada kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. santai
B. riang
C. sedih
D. sepi

18. Cermati kalimat berikut!
Hari ini Dr. Indi dikukuhkan menjadi Guru Besar bidang Sosiologi.

Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah ....
A. Penggunaan huruf kapital pada kata Dr.
B. Penggunaan huruf kapital pada kata Guru Besar.
C. Penggunaan huruf kapital pada kata Sosiologi.
D. Penggunaan huruf kecil pada kata indi.

19. Cermati kalimat berikut!
Menabunglah untuk masa depanmu anak-anak, nasihat Bu Guru.

Perbaikan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ....
A. Menabunglah untuk masa depanmu anak-anak! nasihat Bu Guru.
B. "Menabunglah untuk masa depanmu anak-anak!", nasihat Bu Guru.
C. "Menabunglah untuk masa depanmu anak-anak"!, nasihat Bu Guru.
D. "Menabunglah untuk masa depanmu anak-anak!" nasihat Bu Guru.

20. Bacalah cerita berikut!
"Dia selalu mementingkan urusannya dengan April daripada belajar bersama dengan kita," ketus Chika kecewa. Chika memang tidak suka mendengar ataupun melihat Ajeng bersama April. "Jangan berbicara seperti itu Chika! Mungkin saja mereka ada keperluan yang sangat penting, tadi dia juga sudah minta maaf. Tanpa Ajeng, kita masih bisa belajar bersama, ya, kan?" Icha mencoba berpikir positif dan menenangkan keadaan. Dari wajah Chika sudah terlihat aura kekecewaan terhadap Ajeng. Sementar itu, Dhea tidak mengeluarkan sedikit kata pun di sela pembicaraan dan merasa tenang-tenang saja.

Konflik pada cerita tersebut adalah ....
A. Chika dan Ajeng akan belajar kelompok.
B. Chika kecewa kepada Ajeng karena tidak dapat belajar kelompok.
C. Ajeng selalu mementingkan  urusan dengan April
D. Ajeng ingin belajar kelompok, tetapi ada urusan yang mendadak.

21. Cermatilah kutipan cerpen berikut!
Seperti kebiasaan-kebiasaannya, setelah matahari tidak begitu terik, ibunya akan meminta pembantu rumah tangga mereka untuk memasang kursi pantai dan dengan berkaca mata hitam dan sebuah buku, ibunya akan duduk berselonjor di kursi itu sambil membaca buku. Biasanya jika ia sudah berulah hiperaktif menyemburkan air ke sana kemari, ibunya meneriakinya sesekali atau cuma tersenyum memandanginya.

Latar waktu dari kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. sore hari
B. pagi hari
C. siang hari
D. malam hari

22. Cermatilah kutipan cerpen berikut!
Kamar yang berukuran 3 x 4 itu, bekas gudang Tuannya. Gudang butut itu, hanya terdiri dari satu dipan dan almari yang sudah pecah kacanya. Sebuah televisi yang separuh gambarnya hilang, tanpa remote. Di satu sisi tembok kamar ada jendela menghadap ke jalan, Sehingga Mimin bisa melihat pokok pohon trembesi yang tumbuh berjajar-jajar sepanjang jalan depan rumah Tuannya.
Lewat jendela itulah, Mimin melihat, betapa di luar sana, anak-anak sebayanya  asyik bermain. Sementara ia harus bekerja membanting tulang, bersama emaknya. Ia hanya bisa melihat dari balik jendela dengan tatapan mata berbinar.

Makna membanting tulang pada kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. kerja sebagai buruh
B. bekerja keras
C. bekerja berdagang
D. bekerja setiap hari

23. Perhatikan kalimat berikut!
Pemandangan Bukittinggi sangat mempesona mata.

Perbaikan kata yang dicetak miring pada kalimat tersebut adalah ....
A. memesona
B. memesonakan
C. menghibur
D. memanja

24. Perhatikan kalimat berikut!
Rina membawa (1) tahu (2) sumedang dan (3) dodol (4) garut banyak sekali.

Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut ditandai nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)

25. Perhatikan kalimat berikut!
Jajanan khas kota semarang sangat beragam. Salah satu jajanan yang paling terkenal adalah lumpia semarang.

Perbaikan ejaan pada kalimat tersebut yang tepat adalah ....
A. Jajanan khas kota Semarang sangat beragam. Salah satu jajanan yang paling terkenal adalah lumpia semarang.
B. Jajanan khas Kota Semarang sangat beragam. Salah satu jajanan yang paling terkenal adalah lumpia Semarang.
C. Jajanan khas kota Semarang sangat beragam. Salah satu jajanan yang paling terkenal adalah lumpia Semarang.
D. Jajanan khas kota semarang sangat beragam. Salah satu jajanan yang paling terkenal adalah lumpia semarang.

26. Bacalah teks berikut!
Umur panen sangat berpengaruh padfa kualitas buah mangga. Buah mangga siap dipanen rata-rata pada usia 58-119 hari. Namun, tidak semua jenis mangga dapat dipanen pada usia tersebut. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin memanen buah mangga, yaitu kita dapat melihat ada buah yang jatuh dikarenakan sudah matang. Selain itu, [...]

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A. Selama mangga belum siap panen, berilah pupuk secara rutin.
B. Selama proses memanen buah mangga, perhatikan aroma buah mangga yang harum.
C. Setelah itu, tunggu sekitar satu minggu sampai semua buah mangga menguning.
D. Warna buahnya sudah mulai menguning dan memiliki aroma yang wangi.

27. Cermati kalimat berikut!
Kepada para hadirin dipersilahkan untuk berdiri.

Penggunaan kata yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah ....
A. para
B. hadirin
C. kepada
D. diwajibkan

28. Cermatilah teks prosedur berikut!
(1) Masukkan bahan ke dalam blender beserta gula hingga halus dan merata.
(2) [...]
(3) Tuang campuran bahan ke dalam gelas.
(4) [...]
(5) Smoothie pisang oat siap disajikan.

Langkah-langkah yang tepat untuk melengkapi teks prosedur tersebut adalah ....
A. (2) Siapkan gelas saji.
(4) Campurkan semua bahan
B. (2) Blender semua bahan
(4) Siapkan gelas saji
C. (2) Siapkan gelas saji.
(4) Tunggu beberapa menit
D. (2) Siapkan gelas saji.
(4) Beri sedikit hiasan potongan buah pisang.

29. Cermatilah kalimat berikut!
Ibu berpesan berdoalah sebelum tidur agar tidur bisa nyenyak dan dijauhkan dari mimpi buruk.
Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ....
A. Ibu berpesan, "Berdoalah sebelum tidur agar tidur bisa nyenyak dan dijauhkan dari mimpi buruk."
B. Ibu berpesan;"berdoalah sebelum tidur agar tidur bisa nyenyak dan dijauhkan dari mimpi buruk."
C. Ibu berpesan:"berdoalah sebelum tidur agar tidur bisa nyenyak dan dijauhkan dari mimpi buruk."
D. Ibu berpesan,"berdoalah sebelum tidur agar tidur bisa nyenyak dan dijauhkan dari mimpi buruk"

30. Bacalah kalimat petunjuk berikut.
Cara Membuat Blog di Wordpress
(1) Bukalah situs Wordpress.
(2) Klik tombol "Buat situs web."
(3) Masukkan alamat web yang ingin dibuat.
(4) Lalu, akan muncul halaman baru. Pada halaman ini, Anda akan diminta untuk mengisi kolom-kolom, seperti alamat surel, nama pengguna (untuk login), password, dan alamat blog.
(5) Pihak Wordpress akan mengirimkan link untuk verifikasi ke surel Anda. Cari surel dari Wordpress dan klik link verifikasinya.
(6) Setelah melakukan verifikasi, nanti akan terbuka tab baru di browser Anda dan Anda akan melihat halaman dashboard Wordpress milik Anda.

Kalimat-kalimat tersebut dapat disusun menjadi teks laporan yang padu dengan urutan nomor ....
A. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)-(6)
B. (1)-(2)-(4)-(3)-(6)-(5)
C. (1)-(3)-(2)-(4)-(5)-(6)
D. (1)-(3)-(2)-(5)-(4)-(6)

31. Cermati kalimat berikut!
Ibu membeli: tepung, gula, dan telur sebagai bahan pembuatan martabak manis.

Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah karena ....
A. tanda titik (.) diganti tanda seru (!)
B. tambahan tanda koma (,) setelah kata sebagai
C. tanda titik dua (:) tidak diperlukan
D. tanda koma (,) setelah kata gula, tidak perlu.

32. Cermatilah teks berikut!
PT Bursa Efek Indonesia (BEI) tengah melakukan penghentian sementara (suspensi) [...] PT Bumi Citra Permai Tbk (BCIP) karena telah terjadi penurunan harga kumulatif yang [...] Pada saat pembukaan perdagangan, terpantau saham BCIP dibuka di level Rp478 per saham, kemudian turun 46 poin atau 9,62 persen ke level Rp432 per saham.
"Sehubungan dengan terjadinya penurunan harga [...] yang signifikan pada saham BCIP, BEI memandang perlu melakukan suspensi," papar Kepala Pengawasan Transaksi BEI, Irvan Susandy dalam keterbukaan informasi, Jumat (7/10/2016).

Istilah yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang tersebut adalah ....
A. bangunan, melonjak, kumulatif.
B. saham, signifikan, komunikatif.
C. bangunan, signifikan, komunikatif.
D. saham, signifikan, kumulatif.

33. Cermatilah kutipan teks berikut!
Jauh sebelum konsep tentang pentingnya multi kultural skil di era global, sejak dahulu batik telah mengajarkan pentingnya keterbukaan dan kemampuan memadukan perbedaan. Hal itu dapat kita cermati dari batik Pesisir utara Jawa yang ragam motifnya menggambarkan indahnya perpaduan motif lokal dengan motof 'asing' seperti 'buketan' dari Eropa dan burung hong dari Cina. Batik adalah gambaran perjalan hidup yang lengkap, yang semuanya harus dilalui. [...], membatik pun ada perjalanannya, mulai dari mola, ngiseni, mbatik, nembok dan nglorod. Tidak ada jalan pintas dalam membatik.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang tersebut adalah ....
A. Sejatinya, proses membatik diawali dengan tikarat dan puasa.
B. Bak perjalanan hidup manusia dari lahir sampai berpulang.
C. Dari situ terlihat, bahwa mambatik diawali oleh koneksi jiwa si pebatik dan jiwa Sang Pencipta.
D. Ada doa di setiap tarikan canting.

34. Perhatikan fakta-fakta berikut!
(1) Kereta ekonomi berkapasitas 80 tempat duduk dalam satu gerbong mulai beroperasi saat ini.
(2) Kereta ekonomi ini dilengkapi dengan televisi, AC, dan stopkontak.
(3) Total kapasitas dalam satu rangkaian adalah 800 set.
(4) Tarif kereta ekonomi dari stasiun Surabaya Gubeng menuju stasiun Pasar Senen Jakarta adalah Rp250.000,00.

Teks berita yang tepat berdasarkan fakta-fakta tersebut adalah ....
A. Sore ini, kereta ekonomi berkapasitas 80 tempat duduk dalam satu gerbong mulai beroperasi. Total kapasitas dalam satu rangkaian adalah 800 seat. Kereta ekonomi ini dilengkapi AC, televisi, dan stopkontak.
B. Dini hari kereta jurusan Surabaya-Jakarta mulai beroperasi. Kereta ekonomi ini berkapasitas 80 tempat duduk dalam satu gerbong. Total kapasitas dalam satu rangkaian adalah 800 seat. Kereta ekonomi ini dilengkapi AC, televisi, dan stopkontak.
C. Tarif kereta ekonomi dari stasiun Gubeng Surabaya menuju stasiun Pasar Senen Jakarta adalah Rp250.000,00. Kereta ekonomi ini dilengkapi dengan televisi, AC, dan stopkontak. Total kapasitas dalam satu rangkaian adalah 800 seat dengan 80 tempat duduk dalam satu gerbong.
D. Kereta ekonomi berkapasitas 90 tempat duduk dalam satu gerbong sudah mulai beroperasi siang ini. Total kapasitas dalam satu rangkaian adalah 800 seat. Kereta ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti televisi, AC, dan stopkontak untuk mengisi ulang ponsel. Tarif kereta ekonomi yang berangkat dari stasiun Surabaya Gubeng menuju stasiun Pasar Senen Jakarta bertarif Rp350.000,00.

35. Cermati kalimat berikut!
Tetapi aku tidak pernah melakukan perbuatan tercela itu, namun dia selalu saja menuduhku.

Ketidaktepatan penggunaan kata pada kalimat tersebut adalah ....
A. Kata tetapi berada pada awal kalimat.
B. Kata namun tidak perlu dicantumkan.
C. Kata tetapi merupakan kata hubung.
D. Kata tetapi diganti dengan kata walaupun.

36. Cermati kalimat berikut!
Dahlan Iskan adalah salah satu putra terbaik Indonesia. Beliau dikenal masyarakat karena keberhasilannya dalam [...] surat kabar Jawa Pos yang awalnya hanya koran daerah yang hampir gulung tikar menjadi koran nasional dengan penjualan yang sangat fantastis.

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. memimpin
B. memandu
C. memerintah
D. mengubah

37. Cermati kalimat berikut!
Harga "Pertamax" kini turun menginjak angka Rp.7.550,00.

Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah karena ....
A. Tanda petik dua ["..."] seharusnya diganti garis bawah dan tanda titik (.) di belakang rupiah dihilangkan saja karena tidak sesuai dengan pedoman EBI.
B. Kata Pertamax tidak menggunakan huruf kapital dan tanda koma (,) pada jumlah uang dihilangkan karena tidak bermakna.
C. Tanda petik dua ["..."] dihilangkan dan tanda titik (.) di belakang singkatan rupiah dihilangkan sesuai dengan pedoman EBI.
D. Tanda petik dua ["..."] diganti dengan huruf miring dan titik (.) di belakang singkatan rupiah dihilangkan sesuai dengan pedoman EBI.

38. Perhatikan kalimat berikut!
Mereka yang mengalami gangguan dalam berbicara diakibatkan kelainan/kerusakan pada organ wicara dinamakan [...].

Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. tunanetra
B. tunawisma
C. tunarungu
D. tunawicara

39. Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1) Perjalanan itu berakhir dengan menggembirakan.
(2) Sungguh, pengalaman yang tak terlupakan.
(3) Kesempatan itu kami manfaatkan untuk melihat keindahan bunga sakura yang sedang berguguran.
(4) Perjalanan kami lakukan saat Jepang sedang mengalami musim gugur.
(5) Maklum baru pertama kali pergi ke Jepang dan melihat bunga sakura.
(6) Tak lupa kami mengabadikan momen mengesankan itu dengan berfoto bersama.

Urutan kalimat tersebut yang tepat untuk laporan adalah ....
A. (4)-(3)-(2)-(5)-(6)-(1)
B. (4)-(3)-(2)-(6)-(5)-(1)
C. (6)-(4)-(2)-(1)-(3)-(5)
D. (6)-(5)-(4)-(3)-(1)-(2)

40. Perhatikan paragraf berikut!
Gempa bumi yang terjadi di Yogyakarta kemarin tidak menimbulkan hal yang berarti. Gempa berkekuatan 5.2 SR ini tidak berpotensi terjadi tsunami. Namun, masyarakat tetap waspada apabila terjadi gempa susulan. Sebagian warga juga ada yang mengungsi ke tempat lain takut terjadi gempa susulan.

Judul yang tepat untuk paragraf laporan tersebut adalah ....
A. Gempa di Yogyakarta
B. Gempa Bumi
C. Penyebab gempa di Yogyakarta
D. Gempa tak berpotensi tsunami

41. Perhatikan data berikut!
Judul           : 5 cm
Pengarang   : Dhony Dhirgantoro
Kelebihan   : Ceritanya sangat menarik, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, dan alur cerita yang tidak membosankan sehingga pembaca ingin membaca buku ini hingga akhir. Pesan moral yang disampaikan pun sangat baik sehingga memotivasi pembaca agar bisa mengejar impian mereka dan membuatnya menjadi nyata.
Kekurangan  : Walaupun berakhir dengan happy ending, akhir cerita novel ini masih sedikit menggantung dan terasa begitu dipaksakan.

Paragraf resensi yang sesuai dengan data tersebut adalah ....
A. Buku ini mengandung pesan moral yang disampaikan sangat baik sehingga memotivasi pembaca agar bisa mengejar impian mereka dan membuat jadi nyata.
B. Buku berjudul 5 cm karangan Dhony Dhirgantoro menarik untuk dibaca, karena menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan alur cerita yang tidak membosankan, serta pesan moral yang disampaikan pun sangat baik sehingga memotivasi pembaca agar bisa mengejar impian mereka dan membuatnya menjadi nyata walaupun berakhir happy ending, cerita masih sedikit menggantung dan terasa begitu dipaksakan.
C. Buku ini bercerita tentang proses meraih impian untuk jadi nyata. Walaupun berakhir dengan happy ending, cerita masih sedikit menngantung dan terasa begitu dipaksakan.
D. Novel ini menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan alur cerita yang tidak membosankan sehingga pembaca ingin membaca buku ini hingga akhir. Pesan moral yang disampaikan pun sangat baik sehingga memotivasi pembaca agar bisa mengejar impian mereka dan membuatnya menjadi nyata. Akan tetapi, akhir cerita masih sedikit menggantung dan terasa begitu dipaksakan meskipun berakhir dengan happy ending.

42. Bacalah teks berikut!
Di tahun 2016, Indonesia diprediksi akan mengalami musim kemarau yang pendek. Pada musim kemarau ini akan tetap ditemui hujan. Maka tak jarang, fenomena ini disebut sebagai kemarau basah. Hal ini disampaikan dalam konferensi pers mengenai Prediksi La Nina dan Perkiraan Curah Hujan Juni-November 2016. Acara ini digelar di Gedung Serbaguna kantor Badan [...] Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (3/6/2016).

Kata yang tepat untuk mengisi kalimat rumpang dalam teks tersebut adalah ....
A. astronomi
B. meteorologi
C. geografi
D. sosiologi

43. Cermati teks berikut!
Peran dan manfaat WTO Globalisasi memberikan dampak berupa perubahan pada pasar internasional. Salah satunya adalah [...] perdagangan, yang dipandang sebagai suatu upaya untuk meningkatkan daya saing ekonomi.

Kata yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada teks tersebut adalah ....
A. globalisasi
B. liberalisasi
C. kapitalisasi
D. modernisasi

44. Cermatilah kedua kutipan cerpen berikut!
Kutipan I
Sudah lama aku meninggalkan sebidang tanah kebun yang kubeli beberapa tahun sebelumnya di Denpasar. Dulu, selama tinggal di Bali aku buka usaha garmen sehingga aku bisa membeli kebun itu. Karena anakku berbakat matematika dan di Bali tak ada fakultas matematika aku menjual pabrik garmenku untuk ongkos pindah ke Jakarta.
Kutipan II
Seorang lelaki setengah baya mendesak bertemu Amat. "Saya mengadukan nasib saya, Pak Amat. Saya dipecat dari pekerjaan saya. Apakah itu adil?" Amat terkejut. Bukan karena dia ditanya tentang suatu yang tidak dia ketahui dari orang yang ia tak kenal, tetapi, "kenapa orang itu memilih Bapak untuk dilempari curhatnya," sambat Amat pada istrinya setelah orang itu pergi.

Perbedaan karakteristik kedua kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Kutipan I: tokoh yang terlibat banyak
Kutipan II: tokoh yang terlibat dua
B. Kutipan I: sudut pandang akuan
Kutipan II: sudut pandang diaan
C. Kutipan I: latar tidak jelas
Kutipan II: latar jelas
D. Kutipan I: amanat tidak jelas
Kutipan II: amanat jelas.

45. Perhatiikan data buku berikut!
- Judul buku Proyek Membuat Website Periklanan dengan PHP pengarang Agus Saputra tahun terbit 2013 kota terbit Cirebon penerbit Sinar Kreatif.
- Judul Buku Mahir Menulis Artikel Ilmiah pengarang Ahmad Maulana tahun terbit 2016 kota terbit Surabaya penerbit Pustaka Al-Hikmah

Penulisan daftar pustaka yang tepat dari kedua data buku tersebut adalah ....
A. Agus Saputra. 2013. Proyek Membuat Website Periklanan dengan PHP. Cirebon: Sinar Kreatif.
Ahmad Maulana. 2016. Mahir Menulis Artikel Ilmiah. Surabaya:Pustaka Al-Hikmah.
B. Saputra, Agus. 2013. Proyek Membuat Website periklanan dengan PHP. Cirebon: Sinar Kreatif.
Maulana, Ahmad. 2016. Mahir Menulis Artikel Ilmiah. Surabaya: Pustaka Al-Hikmah.
C. Saputra, Agus. 2013. Proyek Membuat Website Periklanan dengan PHP. Cirebon: Sinar Kreatif
Maulana, Ahmad. 2016. Mahir Menulis Artikel Ilmiah. Surabaya: Pustaka Al-Hikmah.
D. Saputra, Agus. 2013. Proyek Membuat Periklanan dengan PHP. Cirebon: Sinar Kreatif.
Maulana, Ahmad. 2016. Mahir Menulis Artikel Ilmiah. Surabaya. Pustaka Al-Hikmah.

46. Perhatikan kalimat berikut!
Masyarakat tengger merayakan upacara adat Yadnya kasada di tengah erupsi gunung bromo.

Perbaikan penggunaan huruf kapital pada kalimat tersebut adalah ....
A. Masyarakat Tengger merayakan Upacara  adat Yadnya kasada di tengah erupsi gunung bromo.
B. Masyarakat Tengger merayakan upacara adat Yadnya Kasada di tengah erupsi gunung bromo.
C. Masyarakat Tengger merayakan upacara adat Yadnya Kasada di tengah erupsi Gunung Bromo.
D. Masyarakat Tengger merayakan upacara adat Yadnya Kasada di tengah erupsi gunung Bromo.

47. Perhatikan kalimat berikut!
Pagi ini ayah membaca koran sambil menyeruput kopi.

Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ....
A. Pagi ini! ayah membaca koran sambil menyeruput kopi?
B. Pagi ini, ayah membaca koran sambil menyeruput kopi.
C. Pagi ini ayah membaca, koran sambil menyeruput kopi
D. Pagi ini ayah, membaca koran sambil menyeruput kopi!

48. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
Puncak Jaya atau dikenal juga dengan nama Cartenz Pyramid adalah merupakan puncak tertinggi di Indonesia dan Oseania. Puncak Jaya memiliki ketinggian 4.884 mdpl, tergabung dalam barisan Sudirman dengan beberapa puncak-puncak tinggi lainnya, yakni Puncak Cartenz Timur (4.808 mdpl), Sumantri (4.870 mdpl), dan Ngga Pulu (4.863 mdpl). Puncak tertinggi Indonesia ini terletak di Papua semua.

Kata-kata yang membuat kalimatb tersebut tidak efektif adalah ....
A. adalah, yakni, puncak
B. yakni, puncak, semua
C. adalah, semua, yakni
D. adalah, puncak-puncak, semua

49. Cermati teks berikut!
WHO mendesak tiga strategi utama untuk mengatasi malaria. Mereka juga sudah ke tiap kawasan Afrika terutama pada kawasan Subsahara. Tiga strategi tersebut adalah pertama pencegahan dengan jaring insektisida tahan lama. Strategi tersebut merupakan cara pencegahan yang ramah dan murah. Kedua, pencegahan dengan penyemprotan residu dalam ruangan. Ketiga, pengobatan dengan obat antimalaria yang [...] menyembuhkan malaria karena telah teruji.

Kata yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada teks tersebut adalah ....
A. segera
B. ampuh
C. cepat
D. efektif

50. Cermati kalimat berikut!
World Health Organization (WHO) merupakan salah satu badan PBB yang menangani [...] di bidang kesehatan.

Kata ulang yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. masalah-masalah
B. masalah-masalahan
C. permasalahan-masalah
D. permasalahan-permasalahan


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Prediksi Soal UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 Tahun 2019