Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Contoh Ceramah Pentingnya Komunikasi untuk Menjalin Persahabatan

ilmubindo.com_ Kali ini saya berikan contoh ceramah tentang 'Pentingnya Komunikasi untuk Menjalin Persahabatan'. Kegiatan ceramah sering diadakan di mana-mana. Baik ceramah secara langsung maupun ceramah yang disiarkan media elekronik.

Pentingnya Komunikasi untuk Menjalin Persahabatan

Saudara-saudara yang berbahagia,
 
Ceramah pada kesempatan kali ini, saya akan menguraikan pentingnya komunikasi untuk menjalin persahabatan. Topik ini sangat penting  dan menarik bagi Anda yang sekarang ini memasuki usia remaja, usia yang sering disebut sebagai usia gaul.
 
Saudara-saudara yang saya hormati,

Contoh Ceramah Pentingnya Komunikasi untuk Menjalin Persahabatan
www.ilmubindo.com

Setiap orang pasti memiliki sahabat. Tidak seorang pun yang bisa hidup tanpa memiliki seorang sahabat. Umumnya persahabatan tumbuh karena kebutuhan akan adanya orang yang dapat dipercaya berdasarkan persamaan keadaan, karakter, dan latar belakang yang menimbulkan suatu ikatan kebersamaan dan kepercayaan. Oleh karena itu, mengapa kita perlu menjalin persahabatan? Jawabannya adalah agar kita dapat belajar berinteraksi secara sosial dengan maksud menumbuhkan rasa kebersamaan, rasa kepercayaan, saling menghormati, dan menyayangi orang lain dalam menjalani kehidupan.
 
Saudara-saudara yang saya hormati,
 
Saat kita melakukan interaksi dengan orang lain untuk menjalin persahabatan sebenarnya merupakan sebuah proses komunikasi. Proses komunikasi ini merupakan salah satu pendorong semangat hidup dalam menjalin persahabatan. Persahabatan tidak hanya terbatas pada tegur sapa atau bercengkerama, tetapi persahabatan yang erat kaitannya dengan hati.
 
Persahabatan yang dijalin melalui komunikasi dan memberikan warna baru bagi kehidupan kita. Hal ini terjadi karena mereka dapat saling mengungkapkan isi hati, menyayangi, menguatkan, menghibur, dan saling melengkapi (memberi dan menerima). Bahkan dapat dikatakan komunikasi sangat menguntungkan sebab memberikan pengaruh positif; baik dalam prestasi, nilai hidup, dan pengembangan diri serta interaksi sosial yang ada dalam kehidupan bersama. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan juga, komunikasi kita lakukan dapat berpengaruh buruk bila tidak dijaga sepenuhnya oleh dua pihak.
 
Saudara-saudara yang saya hormati,
 
Memang perlu disadari, memelihara keutuhan sebuah persahabatan bukanlah hal yang mudah. Komunikasi yang kita lakukan ternyata dapat menimbulkan kesalahpahaman, termasuk dengan sahabat kita sendiri. Bila kesalahpahaman tidak segera diselesaikan dengan komunikasi yang baik dampaknya adalah kepahitan. Bila kepahitan hati tidak segera dibereskan maka buyar sudah sebuah persahabatan kita.
 
Nah, kunci keutuhan persahabatan sebenarnya terletak pada kesetiaan dan kasih sayang melalui komunikasi. Seorang sahabat yang sejati selalu menaruh kasih sayang di setiap waktu dan menjadi seorang saudara pada saat kita mendapatkan kesukaran.
 
Saudara-saudara yang berbahagia, 
 
Pada akhir ceramah ini, saya akan menyampaikan beberapa tips bagaimana kiat mengabadikan sebuah persahabatan. Kiat yang Anda perlu lakukan, di antaranya ialah 
  1. berani menerima kelemahan/kekurangan sahabat kita. Persahabatan jadi tidak asyik lagi bila ternyata kita hanya dapat menerima kelebihannya dan tidak mau menerima kekurangannya, tidak hanya mau diuntungkan, tetapi juga mau 'dirugikan', persahabatan jadi rusak bila kita egois, mau menang sendiri.
  2. melakukan komunikasi yang wajar, siap jadi tempat curhat. Sahabat yang baik siap jadi tong sampah, meskipun cerita itu membosankan dan kita ingin meledak karena ceritanya sangat tidak masuk akal.
  3. bersikap jujur, namun tidak sinis dalam mengungkapkannya.
  4. memercayai sahabat dan tidak meragukannya.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Ceramah Pentingnya Komunikasi untuk Menjalin Persahabatan