Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Contoh Pidato Peringatan Hari Sumpah Pemuda (Terbaru)

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh pidato peringatan Hari Sumpah Pemuda. Semoga artikel kali ini dapat membantu peserta didik dalam mencari referensi tentang contoh pidato peringatan Sumpah Pemuda. Bagi yang ingin berlomba berpidato di sekolahnya masing-masing, selamat berlomba semoga kalian juara.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air
 
Hari Sumpah Pemuda, yang setiap tahun kita rayakan pada tanggal 28 Oktober, adalah hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia. Namun sayang, akhir-akhir ini peringatan hari yang sangat penting ini, terasa sudah kehilangan "api"-nya atau jiwanya yang revolusioner. Padahal, Sumpah Pemuda adalah salah satu di antara berbagai landasan utama bagi kebangkitan nasional kita, dan merupakan semen yang mempersatukan bangsa dan negara kita. Seperti halnya Hari Pahlawan 10 November, Hari Pancasila, dan Hari Bhineka Tunggal Ika, Hari Sumpah Pemuda adalah pegangan penting bagi kita semua.

Contoh Pidato Peringatan Hari Sumpah Pemuda (Terbaru)
www.ilmubindo.com

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air
 
Ketika krisis di berbagai bidang kehidupan melanda negara kita, beraneka ragam kecenderungan permusuhan atau perpecahan mulai tampak membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa kita. Oleh karena itu, mengisi Hari Sumpah Pemuda dengan jiwa aslinya adalah sangat penting. Mengapa itu penting? Karena dengan begitu semoga persatuan akan dapat dipupuk kembali.

Perlu selalu kita ingat bersama-sama bahwa Sumpah Pemuda, yang dilahirkan sebagai hasil Kongres Pemuda II yang diselenggarakan tanggal 27-28 Oktober 1928 di Jakarta adalah perwujudan yang gemilang dari hasrat kuat kalangan muda Indonesia, yang terdiri dari berbagai suku dan agama, untuk menggalang persatuan bangsa dalam perjuangan melawan kolonialisme Belanda. Mereka ini adalah wakil-wakil angkatan muda yang tergabung dalam Jong Java, Jong Islamieten Bond, Jong Sumatranen Bond, Jong Batak, Jong Celebes, Jong Ambon, Minahasa Bond, Madura Bond, dan Pemuda Betawi. Atas prakarsa Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) inilah kongres pemuda itu telah melahirkan Sumpah yang berbunyi : "Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu: tanah Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu: bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa yang satu: bahasa Indonesia.
 
Saudara-saudara sebangsa dan setanah air
 
Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini, Saudara kami akan ajak untuk merenung kembali, membangkitkan semangat kebersamaan, persatuan, dan kesatuan yang telah ditanamkan para generasi muda zaman dahulu. Sumpah Pemuda adalah semacam kontrak politik berbagai suku bangsa Indonesia, yang diwujudkan secara kongkrit oleh wakil-wakil angkatan muda mereka. Sumpah Pemuda adalah pondasi penting bangsa Indonesia dan landasan utama bagi pembentukan negara Republik Indonesia.
 
Namun, memperingati Hari Sumpah Pemuda adalah sesuatu yang hambar, sesuatu yang kosong, atau tidak artinya, kalau dilepaskan dari konteks sejarah yang melahirkannya. Sumpah Pemuda sudah menjadi alat pemersatu bangsa Indonesia yang sangat ampuh dalam perjuangan melawan Jepang dan Belanda. Revolusi Agustus 1945 telah dicetuskan oleh berbagai golongan pemuda yang menjunjung tinggi-tinggi Sumpah Pemuda. Pertempuran besar-besaran di kota Surabaya dan di banyak daerah-daerah lainnya di Jawa dan Sumatra telah juga dimotori atau dikobarkan oleh Sumpah Pemuda.
 
Jadi, keagungan Sumpah Pemuda adalag adanya kenyataan bahwa ia merupakan produk bersama yang diciptakan oleh banyak orang dari berbagai suku dan agama. Di antara mereka terdapat banyak orang-orang yang telah mengorbankan diri dengan berbagai cara dan bentuk. Dari sinilah terlihat betapa benarnya dan betapa indahnya lambang kita, Bhineka Tunggal Ika. Kita berbeda-beda, namun kita satu: Indonesia.

Saudara-saudara sebangsa setanah air
 
Dengan semangat dan jiwa asli Sumpah Pemuda yang dicetuskan dalam tahun 1928, kita perlu berusaha bersama-sama untuk menjadikan Indonesia yang berpenduduk lebih dari 200 juta orang ini sebagai milik kita bersama. Indonesia yang berasal dari semua golongan, yang merupakan komponen bangsa yang sangat berharga. Dengan mengibarkan panji-panji Sumpah Pemuda, Bhineka Tunggal Ika, dan Pancasila kita perlu berjuang terus secara bersama-sama demi kepentingan seluruh rakyat, demi kesejahteraan dan kedamaian berbagai golongan suku, keturunan, dan agama.
Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Pidato Peringatan Hari Sumpah Pemuda (Terbaru)