Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Mendeskripsikan Sesuatu (orang, binatang/tumbuhan, tempat/pemandangan/lingkungan,dan objek atau benda)

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan bagikan materi mengenai mendeskripsikan sesuatu. Jadi apa saja yang ada di dunia ini bisa kita deskripsikan. Apa sih deskripsi itu?
  • Pengertian Deskripsi
Deskripsi adalah pemapaeran atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Kompetensi yang terkait dengan "Mendeskripsikan Sesuatu" dalam artikel ini, antara lain mendeskripsikan peristiwa atau kejadian secara rinci dan jelas serta dapat mendeskripsikan suasana hati.
Sebenarnya, dalam menulis, kita hampir tidak pernah hanya menulis deskripsi. Biasanya, mendeskripsikan sesuatu merupakan bagian dari sesuatu bentuk tulisan lain. Sebagai contoh, saat melaporkan peristiwa atau kejadian, menulis surat pribadi, menuliskan perasaan atau suasana hati dalam buku harian, dan menulis cerpen atau novel.

Mendeskripsikan Sesuatu (orang, binatang/tumbuhan, tempat/pemandangan/lingkungan,dan objek atau benda)
 www.ilmubindo.com

Saat mendeskripsikan sesuatu, kita berupaya memberikan gambaran secara jelas dan rinci. Dengan demikian, pembaca dapat membayangkan secara tepat apa yang dideskripsikan.
  • Bahasa Deskripsi
Ungkapan deskripsi yang baik haruslah bersifat rinci. Oleh karena itu, pengguna kosakata juga harus tepat dan luas. Kosakata dan ungkapan yang harus dikuasai dengan baik adalah yang berkaitan dengan.
  • tempat, posisi, dan arah;
  • Pengukuran: berat, besar/volume, dan jarak;
  • bentuk dan pola;
  • warna dan tekstur;
  • nama bahan/alat;
  • kosakata teknis, seperti wajah dan tubuh, karakter, pakaian, bangunan, cuaca, tumbuhan, binatang, dan alam sekitar;
  • fungsi dan nilai.
1. Mendeskripsikan orang

Hal yang dapat dideskripsikan dari diri seorang, antara lain bentuk wajah, tubuh, pakaian yang dikenakan, watak, dan kebiasaan.
Saat mendeskripsikan wajah atau sosok seseorang, kalian harus menguasai semua kata yang berkaitan dengan ciri-ciri wajah (dari rambut hingga leher), dan kosakata yang menggambarkan sosok seseorang, termasuk kata gabung yang mengungkapkan sesuatu (misalnya, separuh baya, hitam bergelombang, tinggi tegap, pendek kekar, kurus-tinggi-langsing).

Perhatikan contoh berikut!
Rambutnya hitam bergelombang tergerai panjang hingga pinggang. Poni di bagian depan menutupi dahi seakan menyembunyikan pandangan matanya yang tampak pucat. Hidungnya tidak terlalu mancung, tetapi tidak terlihat buruk. Dia memiliki gigi rata dan putih dengan bibir tebal. Parasnya berbentuk bulat dan terlihat berisi. Untuk ukuran orang Indonesia, ia termasuk pendek. Ia juga tidak terlalu gemuk. Jika berjalan, bahunya agak sedikit terangkat, Ketika ia  baru pindah sebagai tetangga kami, usianya sekitar tiga puluhan atau mungkin menjelang empat puluh limaan. Ada satu-dua kerutan di sekitar mulutnya menandai usianya.

Dalam mendeskripsikan seseorang, gambaran pakaian yang dikenakan juga perlu diberikan.
Contoh:
Saya kenal pertama kali dengannya di sebuah pesta resmi di sebuah hotel di Jakarta. Dia memakai jas yang tidak serasi dengan celana yang dikenakannya. Jasnya yang berwarna cokelat tua tampak kebesaran. Kemejanya yang berwarna hijau tidak berdasi.
Sejak pertemuan di hotel itu, saya tidak pernah lagi melihatnya dalam pakaian lengkap atau resmi. Saya lebih sering melihatnya berpakaian santai-celana jeans belel, kaos, dan sandal jepit.

Berikut ini contoh cara mendeskripsikan watak dan kebiasaan.
Orang yang melihatnya pasti berpikir ia sedang sakit. Pandapat ini, mungkin, disebabkan oleh matanya yang selalu merah dan seringnya ia meringis seperti sedang menahan sakit. 
Dia kerap melipat-lipat tangannya dan jarang terlihat tenang atau santai. Meskipun demikian, wajahnya akan terlihat berubah dramatis saat ia tersenyum. Ada kesan hangat bersahabat yang terpancar dari wajahnya.
Latihan
Deskripsikan ciri-ciri wajah, sosok, dan pakaian yang dikenakan orang pada gambar berikut ini. Gunakanlah pilihan kata yang menarik!
 
TUGAS 1
Carilah daftar kata yang berkaitan dengan ciri-ciri wajah seseorang sebanyak mungkin. Tulislah seperti contoh berikut di bawah ini!

Ciri Wajah                                        Kata atau ungkapan
Rambut                                               Hitam bergelombang, ...
Bentuk kepala
Bentuk dahi
Bentuk wajah
Mata
Bentuk bibir
Bentuk hidung
Telinga
Gigi

Tugas 2
Bermain Tebak "Siapa Dia"
Buatlah deskripsi tentang teman sekelasmu secaraobjektif (bukan untuk menghina atau memuji). Setelah selesai, laporkan kepada gurumu siapa yang kamu deskripsikan. Jangan beri tahu temanmu yang lain! Kemudian, sampaikan deskripsimu di depan kelas. Lalu, minta temanmu menebak siapa yang kamu deskripsikan.

2. Mendeskripsikan Binatang/Tumbuhan
Dalam mendeskripsikan binatang, hal yang perlu diingat adalah penampilan fisik(warna, bulu) dan juga perilaku. Dalam mendeskripsikan tumbuhan, hal yang perlu diperhatikan adalah jenis, ukuran, ciri-ciri daun/batang/bunga/buah, dan juga tempat hidup.
Berikut ini contoh deskripsi seekor binatang.

Budi berjongkok dan mulai meneliti anjing itu. Bulunya hampir putih semua, kecuali bintik-bintik cokelat dengan telinga sebelah kanan dan sekitar moncongnya. Setiap kakinya memakai kaus hitam. Kaki sebelah kanan-belakang memakai kaus yang sempit. Bintik hitamnya amat kecil.

Bola matanya yang riang jenaka itu berwarna biru keabu-abuan. Telinga berlubang kecil. Budi belum pernah mengetahui bahwa lubang telinga anjing sedemikian kecilnya. Daun telinganya putih berbintik-bintik cokelat, lebar, dan selalu merunduk, kecuali bila hendak menajamkan pendengarannya. Ekornya putih mulus dan ujungnya amat runcing. Bagian tubuh itu selalu bergerak-gerak dengan amat lucinya.
                                                               (Marga T. Rumahku adalah istanaku, Balai Pustaka, 1969).

3. Mendeskripsikan Tempat/Pemandangan/Lingkungan.
Bahasa yang digunakan untuk mendeskripsikan tempat/pemandangan/lingkungan adalah kata atau ungkapan yang berkaitan dengan:
  • Lokasi, misalnya:
dialiri sungai, dekat stasiun kereta api, di tepian sungai, di kaki gunung, di pusat kota, daerah pinggiran kota, lingkungan alam pedesaan, jauh di pedalaman.
  • Keberadaan, misalnya:
di sana, terdapat, sudah lama berdiri, berdiri sejak ..., Anda dapat menjumpai, kita dapat menemukan ....
  • Ciri-ciri khusus, misalnya:
... yang menyukai tempat yang dingin atau hening, bagian yang paling menarik, tempat-tempat yang harus dikunjungi, daearh ini sangat terkenal dengan ..., Anda harus mengunjungi ..., sebaiknya, wisatawan tidak melewatkan melihat ...
  • Posisi, misalnya:
sebelah kanan, persis di sebelah kami tinggal, sangat dekat, beberapa meter dari, dapat dijangkau, sejauh mata memandang, pada garis horison, di kiri, jaraknya kira-kira ....

Contoh:
Kami tinggal di sebuah perkampungan pada di Jakarta Barat yang memiliki lorong atau gang yang sempit. Lorong itu hanya bisa dimasuki kendaraan roda dua. lebar lorong sempit itu sekitar satu meter dan diapit oleh got kecil yang lebarnya sekitar 30 sentimeter.

Got itu berfungsi untuk membuang limbah air. Kadang-kadang, juga berfungsi untuk kakus bagi anak-anak kecil dan pembuangan limbah WC dari beberapa rumah. Di pintu masuk lorong yang sempit dan kotor itu, ada sebuah pasar yang beroperasi sejak subuh hingga siang hari. Pada pagi hari, kami sangat susah melewati lorong sempit itu untuk menuju rumah karena dipadati pedagang dan pengunjung pasar. Jika hujan turun, limbah pasar dan limbah rumah bercampur menutupi got dan lorong. Hal tersebut membuat jalan di lorong itu sangat menjijikkan, kotor, dan berbau busuk. Namun, sekarang, tiap Minggu diadakan kerja bakti sehingga lorong itu tampak cukup bersih.

Tugas 3
Deskripsikan satu di antara tempat-tempat yang di sebutkan di bawah ini. Deskripsi yang kamu buat harus berisi ukuran, lokasi, dan tipe kota atau desa yang kamu pilih. Sebutkan juga hal-hal yang menjadi ciri khas. Uraikan juga perasaanmu terhadap tempat tersebut.
1. Lingkungan tempat tinggalmu.
2. Kota atau desa yang kamu kenal dengan baik.
3. Tempat wisata yang pernah kamu kunjungi.

4. Mendeskripsikan Objek/Benda
Jika ingin mendeskripsikan objek/benda, kosakata tentang kategori berikut harus dipahami.
  • Ukuran (luas, tinggi, panjang, lebar, dalam, isi, berat, sepetak-sawah, atau sekarung).
  • Bentuk (segitiga, oval, bundar, kotak, atau menggunung).
  • Warna (merah, kuning, ungu, cokelat kemerah-merahan, hijau daun, atau putih terang).
  • Tekstur permukaan (halus, lembut, kasar, kasap, seperti amplas, atau selembut sutera).
  • Pola, dekorasi, dan motif (bunga, garis-garis, kotak-kotak, batik, burung, atau kaligrafi).
  • Fisik bahan (bening, transparan, keras, atau tebal).
  • Bahan (kayu, besi, keramik, kertas, kuningan, atau batu alam).
  • Posisi (dasar, ujung, pinggir atas, tutup, di bagian dalam, dekat, atau berdampingan).
  • Kategori lainnya (yang terkait dengan nilai, mutu, kegunaan, dan kesan alat indra).
Contoh:
Interior mobil itu telah dirancang sedemikian rupa. Jok kulit berwarna krem terang dengan desain bagian depan memberi kesan mewah. Begitu pula kemudi dan tampilan dasbor yang secara otomatis dapat membuat terang jika cahaya luar mulai gelap. Pada bagian depan, ada tambahan tayangan multi-informasi.
Di bagian tengah dasbor, terdapat jam, konsumsi bahan bakar perliter, jangan yang bisa ditempuh dengan sisa bahan bakar yang ada, dan beberapa informasi lain. Sistem pendingin (AC) mobil tersedia di tiap baris bangku. Hal ini membuat penumpang bagian belakang tidak kepanasan. Tidak ketinggalan juga, kotak-kotak penyimpan barang dan tempat meletakkan gelas tersebar dari kabin depan sampai bagian belakang mobil.

Tugas 4
Deskripsikan objek yang ada pada gambar berikut. Temukan kata-kata yang dapat menggambarkannya secara menarik.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mendeskripsikan Sesuatu (orang, binatang/tumbuhan, tempat/pemandangan/lingkungan,dan objek atau benda)