Pengertian dan Contoh Surat Pribadi Terbaru

ilmubindo.com_ Kali ini saya akan bagikan pengertian dan contoh surat pribadi. Apa itu surat pribadi? Itulah pertanyaan yang pasti akan muncul dalam benak kita ketika mendengar kata surat pribadi. Surat pribadi atau surat perorangan yaitu surat yang berasal dari seseorang kepada seseorang kepada lembaga perusahaan. Bisa juga surat pribadi berasal dari sebuah organisasi yang isinya bersifat pribadi, perkenalan, kekeluargaan, persahabatan, saran, izin, atau pesan. Surat pribadi yang bersifat tidak resmi, misalnya surat perkenalan atau persahabatan. Sebaliknya, surat pribadi yang bersifat resmi berupa permohonan izin atau pemberitahuan.

Penulisan surat-surat pribadi berbeda dengan surat-surat resmi. Surat pribadi tidak tergantung pada etika atau aturan administrasi seperti layaknya surat yang lainnya.
Namun demikian, penulisan surat ini tetap harus memerhatikan sopan santun atau etika dalam berhubungan atau korespondensi. Hal itu untuk menunjukkan bahwa pelaku korespondensi tersebut orang-orang yang mengetahui sopan santun.

Pengertian dan Contoh Surat Pribadi Terbaru
www.ilmubindo.com

Bahasa yang digunakan dalam surat pribadi bahasa pergaulan sehari-hari. Surat antar remaja biasanya menggunakan bahasa khas remaja. Surat dari orang tua kepada anak muda atau kepada yang lebih muda juga menggunakan bahasa sehari-hari. Sebaliknya, surat anak-anak kepada orang tua atau anak muda kepada orang tua menggunakan bahasa yang sopan. Yang pasti, surat haruslah memikat sehingga menarik simpati penerima surat. Dengan demikian, pembaca surat akan meresponnya.
Berikut adalah contoh-contoh surat pribadi
Surat dari Kemenakan untuk Pamannya
Sangatta, 22 Mei 2017

Yth. Pamanda Resky
Jalan Pongtiku 989
Makale Toraja,

Dengan hormat,
Semoga rahmat Tuhan menyertai Paman sekeluarga di Toraja. Bagaimana keadaan bibi dan adik-adik di sana Paman? Tentu baik-baik seperti halnya keadaan keluarga kami di Sangatta.
Barangkali Paman terkejut dengan datangnya surat ini karena sudah lama kami tidak memberi kabar. Paman masih ingat Alex teman dekat Kak Serli itu? Kisah cinta mereka itulah yang menyebabkan kami berkirim surat kepada Paman.
Begini Paman, tanggal 21 Desember 2017 yang akan datang, Kak Serli akan menikah dengan Kak Alex. Ayah akan mengadakan acara sederhana pada pernikahan mereka. Maksud ayah hanya akan mengumpulkan sanak saudara pada acara pernikahan tersebut. Oleh karena itu, kami sekeluarga di Sangatta sangat mengharap Paman sekeluarga dapat menghadiri acara tersebut. Rasanya tidak lengkap jika paman tidak hadir.
Namun, kaulah Paman yang tidak dapat hadir, kami keluarga di Sangatta sangat memakluminya. Yang terpenting doa Paman untuk pernikahan Kak Serli, begitulah pesan dari ayah.

Paman, sekian dulu kabar dari kami.
Hormat kami,


Thiessa dan keluarga Sangatta
Surat untuk Teman Lama
Palopo, 3 Juni 2017
Buat Yulius Kendek
di Sangatta

Salam jumpa,
Teman yang baik, teriring doa semoga engkau di Sangatta baik-baik saja. Sudah lama ya kita tidak saling berkirim kabar?
Yulius, kuharap persahabatan kita tidak akan putus begitu saja karena tempat dan waktu. Meskipun engkau sekarang sudah bekerja di luar Sulawesi, tetapi saya yakin jika ada waktu nanti kita akan bertemu lagi.
Walaupun berita ini bukanlah berita yang penting, aku tetap ingin berkirim kabar denganmu. Bagaimana mencari uang di sini? Ceritakan dong kisah dan pengalaman apa saja yang engkau dapatkan selama di perantauan! Aku selalu menunggu kabar darimu.

Salam, 
Teman sebangkumu dulu


Rudi Harianto
Surat Perkenalan
Toraja, 5 Juni 2017
Untuk sobat baruku Irene Plasitha
di kota borneo

Jabat kenal,
Semoga Irene masih ingat dengan saya? Yaah, daripada nanti timbul jerawat di dahi, lebih baik saya coba ingatkan Irene sebentar ya...?
Ingat pesta ulang tahun Reka sekitar tiga bulan yang lalu? Ingat pula dengan MC amatiran yang tampak grogi saat berbicara di depan tamu undangan? Nah, kalau sudah ingat, tepat sekali tebakanmu Iren...! Saya MC konyol yang kampungan itu he... he... he...
Jangan tambah marah jika saya lancang berkirim surat kepada Irene. Juga jangan heran kalau saya mengetahui alamat Irene. Reka-lah sumber informasi saya. Tidak ada maksud apa-apa kok, selain ingin berkenalan dengan Irene. Jadi terimalah salam perkenalan ini, please dong! 
Mudah-mudahan Irene mau berkenalan dengan saya. Sungguh saya berharap Irene mau menerima salam kenal saya dan membalas surat dari saya.

Makasih


So' Kamboti  

Demikianlah contoh surat-surat pribadi. Semoga bisa membantu... Salam Admin