Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Permainan Bisik Berantai

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan bagikan permainan bahasa Indonesia yang tak kalah menarik juga. Permainan bahasa kali ini adalah Bisik Berantai. Admin rasa pasti kalian sudah pernah memainkan sebelumnya kan? Nah mari kita melakukan permainan ini lagi untuk mengenang kembali masa-masa indah dengan permainan ini.

Harapannya dengan memainkan permainan ini hubungan erat diantara kita akan terjaga denga baik. Dan yang paling utama adalah kekompakan dan kerja sama akan selalu terjaga. Selain itu suasan hati kita juga akan selalu gembira bersama dengan sahabat-sahabat kita yang selalu ceria dan bahagia pastinya. Selamat bermain dan tetap menjaga sportivitas pastinya.

Permainan Bisik Berantai
  www.ilmubindo.com

Tujuan: melatih kemampuanmu dalam menerima pesan dan menyampaikan pesan.
Cara bermain:
  1. Pemain dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 7-10 orang. Berilah nama pada setiap kelompok, misalnya Kelompok A, B, dan C.
  2. Permainan dimulai dengan pertandingan antara dua kelompok. Kelompok yang bertanding berdiri berderet dan saling berhadapan, sisi kiri dan kanan. Setiap kelompok harus bertanding dengan semua kelompok.
  3. Setiap kelompok menyiapkan pertanyaan sebanyak kemungkinan pertandingan yang mereka lewati. Pertanyaan diajukan kepada kelompok lawan.
  4. Jenis pertanyaan adalah yang meminta informasi (tentang apa, siapa, mengapa, bagaimana). Jawaban minimal tiga kalimat.
  5. Kelompok A mendapat giliran pertama mengajukan pertanyaan kepada ketua kelompok B secara berbisik. Ketua kelompok B tersebut menuliskan pertanyaan dari kelompok A. Lalu, menuliskan jawabannya. Kertas tersebut diberikan kepada guru. Setelah itu, ketua kelompok B tersebut membisikkan jawaban kepada anggota kelompoknya yang berdiri di nomor pertama.
  6. Kemudian, siswa itu membisikkan kepada siswa berikutnya apa yang dia dengar. Siswa berikutnya itu pun harus membisikkannya kepada siswa berikutnya lagi. Begitu seterusnya hingga bisikan itu sampai ke siswa terakhir.
  7. Siswa terakhir mengucapkan dengan lantang kalimat yang didengarnya. Kemudian, menuliskannya di papan tulis.
  8. Jika kalimat tersebut benar (sesuai dengan jawaban pertanyaan kelompok A), kelompok itu mendapat nilai sepuluh. Jika ada kesalahan, setiap kesalahan akan mengurangi satu nilai.
  9. Giliran berikutnya diberikan kepada kelompok B. Kelompok B mendapat tugas yang sama seperti kelompok A, tetapi ditunjukkan kepada kelompok C (pertanyaan tidak boleh sama).
  10. Selanjutnya, secara bergantian kelompok A dan B mendapat giliran 3-4 kali.
  11. Regu yang dinyatakan sebagai pemenang adalah regu yang mendapat nilai tertinggi.
  12. Sebagai bonus, guru menentukan kelompok yang membuat pertanyaan terbaik dan kelompok membuat jawaban terbaik.
  13. Kelompok yang tidak bertanding bertugas sebagai pengawas dan penilai.
Demikianlah penjelasan tentang permainan Bisik Berantai, Selamat bermain. Terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Permainan Bisik Berantai