Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Contoh Soal UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 Paket 1

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan bagikan contoh UNBK tahun ajaran 2018-2019. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat bermanfaat buat peserta didik yang akan mengikuti ujian nasional untuk kelas 9. Selamat belajar, semoga apa yang kalian pelajari saat ini dapat membantu kalian untuk mendapatkan nilai terbaik di UNBK tahun ini. Selamat belajar, semoga sukses.

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 1 s.d. 3!
Komodo adalah binatang melata terberat di dunia yang mempunyai berat 100 kg atau lebih. Komodo terbesar yang pernah diukur mempunyai panjang lebih dari 3 meter dan berat 166 kg, tetapi ukuran komodo rata-rata yang hidup secara liar adalah sekitar 2,5 meter dengan berat 91 kg.
 
Komodo mempunyai kulit bersisik yang berwarna abu-abu, moncong yang lancip tungkai lengan yang kuat, dan ekor yang berotot. Komodo menggunakan indera penciuman yang tajam untuk mendeteksi keberadaan bangkai binatang yang terletak beberapa kilo meter di kejauhan. Komodo memburu binatang melata lainnya, seperti binatang mamalia yang besar, bahkan kadang-kadang bertindak sebagai binatang kanibal.

Contoh Soal UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 Paket 1
www.ilmubindo.com

1. Pertanyaan yang jawabannya sesuai dengan isi teks tersebut adalah ....
A. Mengapa komodo disebut binatang melata?
B. Berapa berat dan panjang komodo terbesar?
C. Kapan komodo terbesar ditemukan?
D. Di daerah manakah komodo banyak ditemukan?

2. Pertanyaan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ....
A. Komodo memburu binatang lainnya, seperti binatang yang besar, bahkan kadang-kadang bertindak sebagai binatang kanibal.
B. Komodo menggunakan indera penciuman yang tajam untuk mendeteksi keberadaan binatang yang terletak beberapa kilometer di kejauhan.
C. Komodo adalah binatang terberat di dunia yang mempunyai berat 100 kg atau lebih dan mempunyai panjang 3 meter.
D. Komodo mempunyai kulit bersisik yang berwarna abu-abu, moncong yang lancip, tungkai lengan yang kuat, dan ekor yang berotot.

3. Makna kata mamalia dalam teks tersebut adalah ....
A. binatang menyusui
B. binatang betina
C. binatang melata
D. binatang liar

4. Bacalah teks berikut!
Berat badan yang berlebihan dalam dunia kesehatan dikenal sebagai obesitas atau kegemukan. Obesitas dapat didefinisikan sebagai sebuah kondisi tubuh manusia menyimpan banyak lemak yang berlebihan. Obesitas sangat potensial menyebabkan gangguan pada kehidupan manusia.
(1) Obesitas merupakan salah satu faktor penyebab penyakit jantung. (2) Akibat kelebihan berat badan, jantung bekerja lebih keras. (3)  Jika jantung bekerja terlalu keras, hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan. (4) Serangan jantun  pun dapat terjadi secara tiba-tiba.

Ide pokok paragraf pertama teks tersebut adalah ....
A. lemak berlebihan
B. dampak obesitas
C. obesitas dan jantung
D. pengertian obesitas

5. Bacalah paragraf berikut!
(1) Sebuah bangkai pesawat ditemukan di Kepulauan Seribu, Jakarta. (2) Mesinnya buatan Amerika Serikat diduga diproduksi pada tahun 1952. (3) Bangkai pesawat yang sudah berkarat dan dipenuhi karang itu berupa badan, sayap kanan, ekor, dan tiga roda. (4) Pesawat tersebut awalnya ditemukan dalam kondisi utuh.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ....
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1)

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 6 s.d. 8!
(1)Akhir-akhir ini kita sering merasakan suhu bumi yang begitu panas. (2) Di daerah dataran tinggi seperti Bogor, Bandung, dan sekitarnya sudah tidak terasa sejuk lagi. (3) Peristiwa tidak seimbangnya suhu bumi ini karena bumi saat ini mengalami pemanasan global. (4) Pemanasan global itu atau sering disebut dengan Global Warming.
(1) Global Warming adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer laut dan dataran bumi. (2) Peristiwa ini sering terjadi di negara yang kurang memedulikan keharmonisan lingkungan. (3) Perlu dipikirkan upaya menghentikan pemanasan global. (4) Berdasarkan pendapat para ahli, perlu segera dicari solusi untuk membatasi penyebab pemanasan global demi kelestarian lingkungan.

6. Simpulan dari paragraf pertama tersebut adalah ....
A. Daerah dataran tinggi cenderung meningkat panas.
B. Suhu bumi akhir-akhir ini meningkat semakin panas.
C. Perlu upaya untuk mengurangi pemicu pemanasan global.
D. Peristiwa tidak seimbangnya suhu bumi karena pemanasan.

7. Pernyataan yang menunjukkan persetujuan pada paragraf kedua tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

8. Kalimat yang menyatakan akibat-sebab pada paragraf pertama teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

9. Bacalah teks berikut!
(1) Usaha industri berdampak negatif, berupa timbulnya pencemaran. (2) Limbah industri yang dibuang sembarangan akan menimbulkan masalah. (3) Pencemaran di sekitar perumahan meresahkan masyarakat. (4) Limbah industri tersebut memerlukan tempat pembuangan yang khusus karena jika disalurkan ke sungai atau laut dapat menimbulkan pencemaran air sungai dan air laut.

Kalimat yang tidak padu pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

10. Bacalah teks berikut!
Tsunami adalah serangkaian gelombang yang terbentuk karena gempa atau letusan gunung berapi di bawah laut atau di daratan dekat pantai. Gelombang yang besar menyebabkan banjir dan kerusakan saat menghantam pantai. Tsunami tercipta saat permukaan dasar laut bergerak naik turun di sepanjang patahan selama gempa terjadi. Patahannya menyebabkan keseimbangan air menjadi terganggu. Makin besar daerah patahan makin besar pula tenaga gelombang yang dihasilkan. Gelombang yang besar menyebabkan banjir dan kerusakan saat menghantam pantai.

Hal yang tergambar pada teks tersebut adalah ....
A. asal mula terbentuknya nama Tsunami
B. proses terjadinya gelombang pantai
C. gelombang besar menerjang pantai
D. tsunami menyebabkan banjir dan kerusakan

11. Perhatikan tabel berikut!

No
Telur
Hari Biasa
Saat Lebaran
1.
Telur puyuh
Rp25.000,00
Rp37.000,00
2.
Telur ayam negeri
Rp15.000,00
Rp20.000,00
3.
Telur bebek
Rp20.000,00
Rp25.000,00

Laporan yang sesuai dengan data tabel tersebut adalah ....
A. Menjelang lebaran kebutuhan berbagai jenis telur stabil. Hal itu karena pemerintah menyediakan persedian telur yang cukup bagi masyarakat.
B. Kebutuhan telur menjelang lebaran meningkat. Dengan demikian harga semua jenis telur meningkat, baik telur puyuh, telur ayam negeri, maupun telur bebek.
C. Kebutuhan telur menjelang lebaran meningkat. Namun semua harga jenis telur stabil. Baik telur puyuh, ayam negeri, maupun bebek karena stoknya banyak.
D. Semua jenis telur turun harganya setelah lebaran. Hal itu dapat dimaklumi karena permintaan masyarakat yang menurun, akibatnya harga telur juga menurun.

Bacalah kutipan teks cerpen berikut, kemudian kerjakan soal nomor 12s.d. 14!
(1) Saat pelajaran dimulai Rio hanya fokus pada ponselnya saja. "Rio, sst Rio udah berhenti main ponselnya,"tegur Fikri kepada Rio dengan nada pelan. "Kenapa? Tanggung ini lagi seru mainnya," jawab Rio. "Ayo, fokus pada pelajaran," tegur Fikri kepada Rio. (2) Ternyata diam-diam Pak Widi memperhatikan mereka yang sedang berbisik-bisik itu. "Fikri dan Rio apa yang sedang kalian bicarakan? Dari tadi kalian hanya berbicara saja." Tegur Pak Widi kepada mereka berdua. "Nggh ini, Pak si Rio... si Rio ..." jawab Fikri dengan ragu-ragu. "Ada apa dengan Rio, Fikri?" potongnya. "Si Rio dari tadi tidak memperhatikan selama Bapak menjelaskan tadi," jawab Fikri. (3) "Apa benar Rio kamu tidak memperhatikan saat Bapak menjelaskan di papan tulis tadi?" tanya Pak Widi kepada Rio. "I.. iya, Pak," jawab Rio dengan terbata-bata.
(4) Tanpa pikir panjang Pak Widi segera bergegas menuju tempat duduk mereka berdua. "Coba keluarkan ponselmu," tegur Pak Widi kepapa Rio dengan nada tinggi. (5) "B... baik ini, Pak," sahut Rio sambil mengeluarkan ponsel dan memberikan kepada Pak Widi. "Pasti ponsel ini yang membuat kamu tidak memperhatikan Bapak tadi, benar bukan?" tanya Pak Widi. "Iya Pak," jawabnya dengan lesu dan menahan malu.
(6) "Mulai hari ini Bapak akan memegang sementara ponsel ini kalau kamu ingin ponsel ini kembali, temui Bapak bersama orang tua kamu besok di ruang guru," kata Pak Widi. Pak Widi pun langsung melanjutkan pelajaran hingga bel istirahat berbunyi.

12. Bukti watak tokoh Pak Widi tegas terdapat ada bagian ....
A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (6)

13. Konflik pada kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Pak Widi mengambil ponsel Rio
B. Fikri meminjam ponsel milik Rio
C. Pak Widi mendekati Fikri dan Rio
D. Fikri menegur Rio saat bermain HP

14. Amanat yang tepat kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Kita harus jujur dalam bersikap!
B. Saat belajar harus konsentrasi!
C. Kita harus berbagi dengan sesama!
D. Meminjam milik orang lain harus permisi!

15. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
(1) Jenis tarian tradisional ini berasal dari Jawa Tengah
(2) Komposisi empat penari tersebut sebagai simbol dari empat penjuru mata angin.
(3) Jumlah penarinya empat orang.
(4) Tari Serimpi adalah salah satu contoh tari tradisional.
(5) Tarian ini diperagakan oleh wanita

Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan yang padu dengan urutan ....
A. (5), (2), (1), (4), (3)
B. (5), (4), (3), (2), (1)
C. (4), (5), (2), (1), (3)
D. (4), (1), (5), (3), (2)

16. Bacalah teks berikut!
"Mas, sampai Banjarnegara jam berapa?" tanyaku.
Di luar hujan seolah ditumpahkan dari langit.
Angin mematahkan rerantingan di pinggir Jalan Raya Magelang.

Teks yang sepadan dengan teks tersebut adalah ....
A. Aku menanyakan kepada seseorang, sampai Banjarnegara jam berapa.. Di luar, hujan sangat deras disertai angin kencang hingga mematahkan ranting di pinggir jalan Raya Magelang.
B. Banjarnegara masih jauh yah? Tanyaku kepada seorang, Wah, di luar hujan tumpah dari langit. Sampai-sampai angin bisa mematahkan ranting-ranting pohon di pinggir.
C. Banjarnegara masih jauh yah, Mas. Hujan deras sekali sampai ranting-ranting patah. Aku ingin segera sampai rumah karena sudah lelah.
D. Mas, aku turun di Banjarnegara ya! Hari sudah mulai gelap. Nampaknya hujan sebentar lagi akan turun. Di sepanjang jalan angin sangat kencang.

17. Bacalah teks berikut!
Lambang garuda begitu megah bertengger di Puncak Tugu. Di bawah kaki Sang Garuda, ada relief yang melukiskan untaian zamrud kepulauan di Indonesia. Memang, sempat timbul tanda tanya, apakah kilometer nol ini benar menjadi ukuran pasti dimulainya bentangan jalan raya dari Ujung Barat Indonesia ke timur. Akan tetapi, berada di titik itu, slogan Sabang sampai Merauke tiba-tiba menjadi sangat bermakna.

Perbaikan penulisan ejaan pada teks tersebut adalah ....
A. Di bawah kaki, Zamrud Kepulauan
B. Lambang Garuda, Indonesia ke Timur
C. Di bawah kaki, dari ujung barat
D. relif, kilo meter

18. Bacalah teks berikut!
(1) Sampah adalah sebuah benda ataupun barang yang tidak digunakan lagi oleh seseorang, yang keberadaannya sangat mengganggu kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar. (2) Sampah itu dengan sendirinya dibagi menjadi dua jenis yaitu sampah organik dan sampah anorganik. (3) Sampah organik adalah sampah yang lebih mudah membusuk. (4) Sampah anorganik adalah sampah yang sulit membusuk.

Perbaikan kalimat nomor (2) pada teks tersebut adalah ....
A. Sampah itu sendiri dibagi menjadi sampah organik dan anorganik.
B. Sampah dengan sendirinya dibagi menjadi dua bila ditilik dari sifatnya.
C. Sampah itu terdiri atas dua jenis, yakni sampah organik dan anorganik
D. Dilihat dari sifatnya, sampah dibagi dua jenis, yaitu organik dan anorganik.

19. Bacalah teks berikut!
Pendidikan karakter penting bagi pelajar. Pendidikan karakter tak hanya diterapkan di sekolah saja, tapi di rumah dan lingkungan sosial. Peserta pendidikan karakter tidak hanya anak usia dini hingga remaja, tetapi juga usia dewasa. Pendidika karakter penting bagi pelajar karena kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Sudahkah kalian menyadarinya?
Pelajar merupakan generasi penerus bangsa yang harus memiliki karakter kuat dan tangguh untuk menghadapi segala tantangan yang akan datang. Banyak kasus korupsi, penurunan nilai moral, dan penurunan kualitas sumber daya manusia merupakan alasan utama pendidikan karakter penting diterapkan di sekolah. Tuntutan kualitas sumber daya manusia pada tahun 2012 juga menjadi faktor penting pendidikan karakter bagi pelajar.

Ringkasan yang tepat dari teks tersebut adalah ....
A. Pendidikan karakter harus diterapkan baik di sekolah maupun di lingkungan sosial.
B. Pendidikan karakter penting bagi pelajar mengingat pelajar adalah generasi penerus bangsa.
C. Pendidikan karakter remaja penting diberikan baik di sekolah, maupun di lingkungan sosial.
D. Pelajar harus memiliki karakter yang kuat karena adanya penurunan kualitas sumber daya manusia saat ini.

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 20 s.d. 22!
(1) Di hutan di pinggiran desa, ada seekor kelinci yang sombong. Dia suka mengejek hewan-hewan lain yang lebih lemah. Hewan-hewan seperti kura-kura, siput, semut, dan hewan kecil lain tidak ada yng suka kepada kelinci sombong itu.
(2) Suatu hari, si kelinci berjalan dengan angkuh dan bertemu dengan kura-kura.
"Hei kura-kura, si lambat, kamu jalan aja dong ... larilah biar cepat sampai," kata kelinci sambil mencibir.
"Biarlah kelinci, memang jalanku lambat, yang penting aku sampai dengan selamat daripada cepat-cepat nanti jatuh dan terluka," jawab kura-kura dengan tenang.
(3) "Hei kura-kura bagaimana kalau kita adu lari. Kalau kaum menang aku akan beri hadiah," sambil tertawa dalam hatinya dia berkata, "Mana mungkin dia bisa mengalahkanku."
Karena takut dengan ancaman kelinci, kura-kura akhirnya mau bertanding dengan kelinci dan Pak Serigala menjadi wasitnya.
(4) "Oke, ... satu ... dua ... tiga ... mulai!" Pak Serigala memberi aba-aba. Kelinci segera meloncat mendahului kura-kura.
"Ayo kura-kura, lari dong ...!" teriak kelinci. "Baiklah aku tunggu di sini yah!" teriaknya dari kejauhan. Kelinci duduk-duduk sambil bernyanyi. Tak lama kemudian ia tertidur.
(5) Dengan pelan tapi pasti kura-kura melangkah sekuat tenaga dan diam-diam melewati kelinci. Pertandingan pun akhirnya dimenangkan oleh kura-kura.
Kura-kura hanya meminta agar kelinci tidak sombong lagi. Kelinci pun berjanji sejak saat itu ia tak akan sombong dan mengejek lagi.

20. Tokoh utama pada teks tersebut adalah ....
A. kelinci dan siput
B. kelinci dan kura-kura
C. kura-kura dan serigala
D. kura-kura dan semut

21. Penyebab konflik cerita pada teks tersebut adalah ....
A. kelinci dan kura-kura berlomba lari
B. kelinci meremehkan kemampuan lari kura-kura
C. kura-kura meminta agar kelinci tidak sombong
D. kura-kura menjawab cibiran kelinci dengan tenang.

22. Amanat cerita teks tersebut adalah ....
A. Keselamatan adalah utama, maka berhati-hatilah!
B. Bersikaplah rendah hati dan tidak sombong!
C. Kita harus berbuat adil terhadap sesama!
D. Teruslah berlatih agar menjadi juara!

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 23 dan 24!
(1) Novel yang berjudul Sang Pemimpi karya Andrea Hirata ini disajikan dengan bahasa yang cantik, mampu menyihir pembaca sehingga pembaca bisa ikut merasakan kebahagian, semangat, keputusasaan, dan kesedihan. Selain itu, buku ini memiliki lelucon-lelucon yang tidak biasa, cerdas, dan pasti akan membuat pembaca tertawa. (2) Dengan membaca buku ini, Anda akan mengetahui bahwa Andrea Hirata memiliki pribadi yang cerdas. (3) Ia terampil dalam mengolah kata-kata. (4) Selain itu, ia juga memiliki wawasan yang luas.
Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan, novel ini benar-benar buku yang sangat dibutuhkan oleh remaja negeri ini. Buku ini memberi motivasi, semangat, dan mimpi kepada anak-anak yang patah semangat supaya melanjutkan ke pendidikan yang lebih ttinggi. Hanya sayang, kertas yang digunakan kertas koran.

23. Pernyataan yang merupakan keunggulan pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

24. Rumusan simpulan pada teks tersebut adalah ....
A. Buku ini memberi motivasi kepada anak-anak
B. Novel ini perlu dimiliki dan dibaca oleh remaja
C. Andrea Hirata memiliki pribadi yang cerdas
D. Novel ini membuat tertawa para pembaca

25.  Bacalah teks berikut!
(1) Keberadaan polisi tidur di sekitar kita, mulai dari gang-gang sempit hingga jalan-jalan cukup besar kini menjadi fenomena. (2) Sebagiaan kelompok masyarakat menganggap perlu dibuat polisi tidur. (3) Sementara, kelompok masyarakat yang lain menganggap bahwa pembuatan polisi tidur mengindikasikan kondisi masyarakat kita yang sakit.
(4) Pembuatan polisi tidur dijamin UU. No.22 tahun 2009. (5) Polisi tidur merupakan alat pengendali dan pengaman pengguna jalan. (6) Maksud pembuatan polisi tidur pada mulanya sebagai pembatas kecepatan bagi kendaraan yang lewat. (7) Tujuaanya untuk keselamatan warga juga si pengendara. (8) Harus diakui, polisi tidur menciptakan suasana keamanan jalan dan keselamatan lingkungan. (9) Namun, acapkali masyarakat membuat polisi tidur secara berlebihan, baik jarak yang terlalu dekat maupun tinggi gundukannya. (10) Sebenarnya katentuan mengenai pemasangan perlengkapan jalan pada jalan lingkungan tertentu diatur dengan peraturan pemerintah.

Pernyataan yang merupakan argumen pendukung pada teks tersebut adalah ....
A. (1)
B. (3)
C. (8)
D. (10)

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 26 s.d. 28!
(1) Menulis adalah kegiatan mengungkapkan informasi melalui media tulisan. Kegiatan ini banyak manfaatnya. Menulis membantu kita mengorganisasikan pikiran kita.
(2) Menulis juga bertujuan agar kita dapat membiasakan berpikir dan berbahasa secara tertip.
(3) Agar dapat menginformasikan dengan baik pikiran melalui tulisan.
(4) Kita dapat mengikuti langkah-langkah menulis efektiv berikut.
1. Buatlaj kerangka karangan berdasarkan thema yang akan kita tulis!
2. [...]
3. Kumpulkan informasi dari berbagai media yang mendukung tema tulisan!
4. Kembangkan kerangka kerangan menjadi tulisan utuh!
5. Suntinglah tulisan itu dari aspek isi, ejaan, dan bahasanya!

26. Tujuan penulisan terdapat pada bagian ....
A. Membaca merupakan kegiatan rutin bagi pelajar.
B. Membiasakan berpikir dan berbahasa secara tertip
C. Menulis adalah kegiatan mengungkapkan informasi
D. Kegiatan menulis banyak manfaatnya bagi seseorang

27. Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang dalam teks tersebut adalah ....
A. Fakta-fakta dikumpulkan untuk bahan pengembangan kerangka karangan!
B. Kembangkan kerangka karangan semaksimal mungkin berdasarkan fakta!
C. Suntinglah hasil pengembangan dari kerangka karangan yang dipilih!
D. Bagilah kerangka itu menjadi bagian pendahuluan, isi, dan penutup!

28. Kata tidak baku dalam teks tersebut adalah ....
A. thema dan efektiv
B. thema dan pikiran
C. pikiran dan informasi
D. informasi dan efektiv

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 29 s.d. 31!
(1) Made Tantrawan lahir di Gianyar Bali, 12 Januari 1981. Ia merupakan anak kedua dari tiga bersaudara pasangan I Wayan Berata dan Ni Ketut Kanten. Kecintaannya kepada matematika dimulai sejak ia masih duduk di bangku sekolah dasar.
(2) Mulai SMP Made berani ikut Olimpiade Sains Nasional mewakili Bali meskipun belum mendapat juara. Namun, sejak masuk SMAN 3 Bali, selama dua tahun berturut-turut ia menjadi finalis OSN tingkat nasional. Pada keikutsertaan yang kedua, ia mendapat medali emas. Prestasi gemilang diraihnya saat ia menjadi mahasiswa UGM Yogyakarta. Pada tahun 2010 ia meraih medali perak pada Olimpiade Matematika Internasional di Bulgaria, perunggu pada tahun 2011, dan perak pada tahun 2012 dalam kompetensi yang sama. Selain itu, pada wisuda sarjana S-1 ia lulus dengan nilai IPK 4,00. Dengan prestasi ini Made mendapat beasiswa S-2 dan S-3 dari UGM.
(3)  Kunci keberhasilan Made adalah datang kuliah tepat waktu dan berusaha memahami materi yang dijelaskan dosen. Sepulang sekolah ia mengerjakan materi olimpiade internasional selama satu jam.
(4) Belajar secara tekun dan terus menerus terbukti membuat Made meraih prestasi. Made Tantrawan adalah inspirasi bagi pemuda Indonesia. Belajar tak terbatas waktu. Belajar di mana saja dan kapan saja.

29. Keistimewaan tokoh pada teks tersebut adalah ....
A. juara olimpiade matematika tingkat dunia
B. selalu belajar dengan tekun setiap hari
C. mendapat beasiswa S-2 dan S-3 dari UGM
D. mengikuti Olimpiade Sains Nasional sejak SMP

30. Sikap atau tindakan tokoh yang patut diteladani pada teks tersebut adalah ....
A. cinta kepada matematika sejak SD
B. belajar dengan tekun dan terus-menerus
C. sering mengikuti olimpiade matematika
D. mendapat medali pada olimpiade matematika

31. Pendapat penulis pada teks tersebut adalah ....
A. Made mulai SMP ikut Olimpiade Sains Nasional di Bali.
B. Kecintaan Made kepada matematika dimulai ia masih SD.
C. Sepulang sekolah, Made mengerjakan materi olimpiade internasional.
D. Belajar secara tekun dan terus-menerus terbukti membuat Made meraih prestasi.

32. Bacalah kalimat berikut!
Pakar transportasi menyarankan bahwa pemerintah lebih baik [...] infrastruktur transportasi laut dan udara karena Indonesia merupakan negara kepulauan.

Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. dibangun
B. pembangunan
C. membangun
D. pembangunan

33. Bacalah kalimat berikut!
Dalam menjalani kehidupan ini, seseorang harus memiliki motivasi untuk hidup yang lebih baik.

Makna kata motivasi pada kalimat tersebut adalah ....
A. arahan
B. dorongan
C. cemarah
D. persiapan

34. Bacalah kalimat berikut!
Di antara berbagai buah dan herbal [...] dapat mengobati dan mencegah kanker, kulit manggis dan buah manggislah yang paling ampuh.

Penggunaan kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. sehingga
B. supaya
C. agar
D. yang

35. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Upacara bendera dilaksanakan setiap hari Senin.
(2) Perpustakaan sekolah kami amat sangat nyaman
(3) Semua siswa wajib mengikuti upacara bendera
(4) Bekerja sendiri melatih kemandirian siswa

Kalimat yang tidak efektif ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

36. Bacalah kalimat berikut!
Saat liburan menjelang lebaran, jalanan sangat macet sekali

Alasan penggunaan kata yang tidak tepat dalam kalimat tersebut adalah ....
A. kata tidak baku
B. pemborosan kata
C. penggunaan kata khusus
D. penggunaan bahasa sehari-hari

37. Bacalah teks berikut!
(1) Daud Yordan kini semakin dekat dengan gelar juara dunia kelas ringan versi Asosiasi Tinju Dunia (WBA). (2) Hal itu dipastikan setelah petinju asal ketapang, kalimantan barat, itu menang angka mutlak atas Cristian Rafael Coria (33) asal Argentina.

Alasan kesalahan penulisan ketapang dan kalimantan barat dalam teks tersebut adalah ....
A. huruf awal kata-kata tersebut seharusnya menggunakan kapital karena suatu daerah.
B. bentuk huruf kapital harus sesuai karena tidak diikuti nama kotanya
C. diikuti nama kota yang berbeda yang ada di Indonesia
D. seharusnya ditulis dengan huruf besar karena nama pulau di Indonesia.

38. Bacalah teks berikut!
(1) Pemerintah dalam waktu dekat akan mengeluarkan kebijakan pengadaan mobil murah. (2)  Mobil ini, rencananya akan dioperasikan di wilayah pedesaan. (3) Di samping murah, mobil ini dirancang juga ramah lingkungan. (4) Tujuannya supaya transportasi semakin lancar di wilayah Pedesaan.

Penggunaan ejaan yang tidak tepat pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

39. Bacalah kutipan cerita berikut!
Seorang pemburu yang tidak terlalu berani, sedang mencari jejak seekor singa. Dia lalu berteman dengan seorang penebang kayu di dalam hutan. Dia pun bertanya kepada penebang itu jika ia melihat tanda-tanda jejak singa atau tahu di mana singa itu bersarang.

Kutipan teks tersebut merupakan alur bagian ....
A. pengenalan
B. perumitan
C. peleraian
D. penyelesaian

40. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
(1) Bantuan korban bencana diserahkan oleh Presiden.
(2) Saya pergi bersama Paman ke rumah nenek.
(3) Bu Rima sedang menerangkan kalimat majemuk.
(4) Ibu membaca Koran di ruang tamu.

Penggunaan ejaan yang tepat pada pada kalimat tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

41. Bacalah kalimat berikut!
"Semoga lekas sembuh dan kembali beraktivitas?" kata Irma lirih kepadaku.

Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ....
A. tanda tanya (?) tersebut dipakai mengakhiri sebuah kalimat berita
B. tanda kutip ganda ("...") dipakai untuk petikan langsung
C. tanda koma (,) digunakan untuk memisahkan kata seru
D. tanda titik (.) digunakan mengakhiri kalimat

Bacalah dua kutipan cerita berikut, kemudian kerjakan soal nomor 42 dan 43!
Teks I
Dodo adalah anak lebah yang telah ditinggal mati ibunya. Ia memutuskan untuk mengembara hingga ia sampai di gurun pasir yang luas. Di tengah gurun itu Dodo merasa haus dan lapar. Ia berpikir di mana dapat menemukan makanan.
Dodo bersikeras untuk mendapatkan makanan. Ia terbang ke sana ke mari mengitari gurun pasir. Dari kejauhan, Dodo melihat air dan makanan. Namun, setelah di dekati ternyata hanya hamparan pasir yang luas. Kemudian, Dodo terbang kembali sampai dia mendapatkan makanan.
Teks II
Di tembok rumah yang indah terdapat beberapa ekor cicak. Salah satunya si cicak buruk rupa. Ia tidak memiliki banyak teman. Cicak buruk rupa selalu diejek temannya dan mereka tidak ada yang mau berteman dengannya.
Suatu malam cicak buruk rupa bertemu dengan nyamuk. Si cicak menceritakan permasalahan yang dihadapinya pada nyamuk. Lalu, nyamuk menasehati cicak buruk rupa bahwa setiap makhluk pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Perkataan nyamuk ini dapat membuat hati cicak menjadi tenang.

42. Perbedaan nilai moral pada kedua teks cerita tersebut adalah ....
A. Teks I: mensyukuri karunia dari Tuhan
Teks II: tidak boleh mengejek teman
B. Teks I: selalu berusaha untuk mendapatkan sesuatu
Teks II: mensyukuri karunia dari Tuhan
C. Teks I: tidak boleh menyombongkan diri
Teks II: tidak boleh menyerah pada nasib
D. Teks I: tidak boleh mementingkan diri sendiri
Teks II; menghibur teman yang mengalami kesusahan

43. Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks cerita tersebut adalah ....
A. Teks I: menggunakan gaya bahasa
Teks II: menggunakan kata sandang
B. Teks I: menggunakan kata sandang
Teks II: menggunakan gaya bahasa
C. Teks I: terdapat pengaruh bahasa Jawa
Teks II: tidak terdapat pengaruh bahasa Jawa
D. Teks I: tidak terdapat pengaruh bahasa Jawa
Teks II: terdapat pengaruh bahasa Jawa.

44. Bacalah teks berikut!
(1) Buku yang berjudul "Tidur Berbantal Koran" memiliki tampilan menarik dan sesuai dengan keadaan penulis. (2) Buku ini menceritakan kisah seorang mahasiswa. (3) Isinya jujur dan apa adanya serta mengajarkan kita tentang arti perjuangan. (4) Sayangnya label yang diberikan penerbit seharusnya bukan sebuah "novel" tapi sebuah "memoar."

Kalimat yang menyatakan kelemahan dalam teks tersebut terdapat pada nomor ....
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1)

45. Bacalah teks berikut!
(1) Setelah tamat dari MULO, Halim Perdana Kusuma mendaftar di sekolah Pamong Praja STOVIA. (2) Namun, belum sempat menamatkan pendidikannya, dia harus mengikuti misi Hindia Belanda. (3) Halim Perdana Kusuma diharuskan untuk mengikuti pendidikan di Dinas Angkatan Laut dan baru kembali ke Indonesia setelah Perang Dunia II.

Variasi kalimat berikut yang sesuai untuk kalimat nomor (2) adalah ....
A. Hindia Belanda memberikan kebebasan memilih untuk melanjutkan studi atau tidak.
B. Penyelesaian pendidikannya tertunda cukup lama karena dilarang oleh Hindia Belanda.
C. Namun, sebelum sempat menyelesaikan pendidikannya, ia harus tunduk pada kehendak Hindia Belanda.
D. Jika memang terpaksa menunda pendidikannya maka itupun karena Hindia Belanda lebih penting.

46. Bacalah kalimat berikut!
"Saya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler basket karena sesuai dengan kesenangan saya?" kata Sekar.

Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ....
A. "Saya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler basket karena sesuai dengan kesenangan saya!" kata Sekar.
B. "Saya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler basket karena sesuai dengan kesenangan saya," kata Sekar.
C. "Saya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler basket karena sesuai dengan kesenangan saya." kata Sekar.
D. "Saya mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler basket karena sesuai dengan kesenangan saya" kata Sekar.

47. Bacalah teks berikut!
Dalam pertandingan itu mereka tidam mau melempar handuk meskipun lawan begitu kuat.

Makna simbol melempar handuk dalam kalimat tersebut adalah ....
A. memberi cambuk
B. ikut bergerak terus
C. memberikan dukungan
D. memberikan pembelajaran

48. Bacalah kalimat berikut!
"Ayo cepat, kembalikan dompetku?" hardik Endi.

Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ....
A. tanda koma (,) seharusnya tanda seru (!)
B. tanda koma (,) seharusnya tanda titik (.)
C. tanda tanya (?) seharusnya tanda titik koma (;)
D. tanda tanya (?) seharusnya tanda seru (!)

49. Bacalah teks berikut!
(1) Paragraf pertama cerpen ini menceritakan telah berubahnya keadaan Negara Indonesia.
(2) Paragraf kedua dan ketiga bercerita tentang betapa sulitnya menjalankan kehidupan yang membutuhkan perjuangan berat untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
(3) Paragraf keempat dan selanjutnya berisi nasihat penulis dengan tokoh sang ayah yang sedang merayakan ulang tahun. (4) Untuk merayakan ulang tahunnya, Andra membawa teman-temannya ke panti asuhan.

Perbaikan paragraf tersebut supaya padu adalah menghilangkan kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

50. Bacalah teks berikut!
Biasanya daun sirsak diolah menjadi obat herbal dengan cara merebusnya. [...] air rebusan daun sirsak ini bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, misalnya kanker, hipertensi, asam urat, diabetes, dan jenisnya.

Istilah yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A. petikkan
B. khasiat
C. olahan
D. efek


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 Paket 1