Contoh Teks Diskusi Berjudul Internet sebagai Media Pembelajaran

ilmubindo.com | Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang contoh teks diskusi berjudul internet sebagai media pembelajaran. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang contoh teks diskusi berjudul internet sebagai media pembelajaran. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik dalam memahami contoh teks diskusi berjudul internet sebagai media pembelajaran.

Contoh Teks Diskusi Berjudul Internet sebagai Media Pembelajaran
www.ilmubindo.com

Internet adalah jaringan yang dapat digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya dengan menggunakan sebuah sistem. Dengan internet, semua perkerjaan seakan mudah dan cepat dilakukan. Dalam pendidikan, internet menjadi dilema untuk digunakan. Dampak negatif dan positif yang dihadirkan oleh internet membuat orangtua dan juga guru menjadi lebih ketat dalam memantau pemanfaatan internet. Apa pendapat masyarakat tentang penggunaan internet dalam pembelajarn?  Lalu, dengan pro dan kontra yang ada bagaimana seharusnya penggunaan internet yang baik?

Sebagian masyarakat (orangtua) beranggapan bahwa penggunaan internet dalam proses pembelajaran justru akan mengganggu proses pembelajaran itu sendiri. Apalagi, penggunaan internet dengan menggunakan handphone lebih memudahkan anak untuk mengakses situs-situs yang tidak diharapkan. Banyaknya situs yang tidak sesuai dengan usia mereka membuat orangtua kawatir akan psikologi anak-anak mereka. Media sosial yang membuat anak kecanduan memegang handphone pun menjadi alasan kedua yang menjadikan kekawatiran orangtua meningkat. 
Dengan menggunaan internet, semua situs dan sosial media membuat anak cenderung cuek, apatis dengan lingkungan sekitar, dan tidak bersosialisasi. Alasan lain yang muncul adalah ketakutan orantua di mana anak-anak mereka menjadi korban perdagangan manusia dan kasus penipuan. Orangtua maupun guru memiliki keterbatasan dalam pengecekan setiap handphone yang digunakan oleh siswa. Tidak hanya itu, dampak lain yang ditimbulkan oleh penggunaan internet dalam pembelajaran adalah membuat anak-anak menjadi lebih malas membaca buku pengetahuan. Menurut mereka, informasi tidak hanya didapat dari internet, melainkan dapat juga diambil dari buku, majalah, surat kabar, dan televisi.

Namun, menurut sebagian masyarakat lainnya penggunaan internet justru menjadikan nilai anak-anak mereka meningkat. Penggunaan internet membantu anak-anak menemukan referensi tugas-tugas dari sekolah. Tugas anak menjadi lebih mudah dan cepat diselesaikan. Selain itu, pengetahuan global mereka menjadi lebih luas, tidak seperti hanya sekedar membaca buku saja. Internet menyediakan informasi apa saja yang diinginkan oleh siswa untuk melengkapi pembelajaran di sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Anak akan lebih mandiri karena akses internet dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Tidak hanya itu, pergaulan anak menjadi lebih luas dengan menggunakan sosial media. Anak tidak hanya berteman dari lingkungan sekitar saja, melainkan juga dapat berteman dengan orang dari belahan dunia mana pun. Dampak positif lainnya adalah mendekatkan yang jauh dalam hal berkomunikasi. Dengan kata lain, penggunaan internet membantu seseorang untuk berkomunikasi secara lancar meskipun dalam jarak yang cukup jauh.  

Penggunaan internet dalam pembelajaran memang menjadi pro dan kontra dikalangan masyarakat. Meskipun ada dampak negatifnya, internter juga memiliki dampak positif yang bermanfaat bagi pembelajaran siswa baik di sekolah maupun di rumah. Hanya saja, baik orangtua maupun guru harus mengarahkan dan lebih sering untuk mengontrol penggunaan internet oleh anak. Peranan orantua, masyarakat, dan guru menjadi sangat penting untuk mengarahkan anak dalam menggunakan internet secara bijak. Penggunaan secara bijak akan menjadikan internet bermanfaat secara maksimal dan meminimalisir dampak negatifnya.


Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh teks diskusi berjudul internet sebagai media pembelajaran. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan belajar anak didik di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.