Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Contoh Teks Prosedur Cara Membuat Donat

ilmubindo.com_ Donat adalah salah satu jenis kue basah yang sangat digemari oleh semua orang di berbagai belahan dunia. Cara membuat donat cukup mudah, sehingga kalian dapat mencoba membuatnya di rumah. Selain itu, bahan yang diperlukan untuk membuat donat sangat mudah didapatkan, dan tidak memerlukan banyak waktu dalam proses membuatnya. Bagi yang gemar mengonsumsi donat dan ingin mencoba membuat donat sendiri di rumah, silakan lihat selengkapnya dalam artikel cara membuat donat sederhana empuk, lembut, enak, dan praktis berikut ini.

Bahan yang diperlukan adalah 200 cc air, 1/2 kg tepung terigu, 1/2 bungkus ragi instan, 11 gram, 4 sendok makan gula pasir, 3 sendok makan mentega, 3 sendok makan susu bubuk/susu kental, dua sendok teh garam, 2 butir telur. Untuk taburan, bisa menggunakan gula halus.

Contoh Teks Prosedur Cara Membuat Donat
www.ilmubindo.com

Cara membuat:

  1. Kocok 2 butir telur dengan sendok, kemudian masukkan gula pasir, garam, susu, mentega, dan tepung terigu, aduk hingga rata.
  2. Setelah itu campuran ragi ke dalam air, aduk rata dan masukkan ke dalam adonan tersebut. Uleni hingga kalis dan diamkan dalam wadah tertutup sekitar 20 menit hingga adonan mengembang.
  3. Selanjutnya, ambil satu sendok makan adonan dan bulatkan, simpan ke dalam wadah yang telah di taburi dengan tepung terigu agar adonan menjadi tidak lengket. Lakukan cara tersebut hingga adonan habis dan diamkan selama 20 menit hingga bulatan adonan terlihat mengembang.
  4. Panaskan minyak goreng, lubangi tengah bulatan adonan tersebut, goreng dengan api kecil dan tunggu hingga warnanya berubah kecokelatan. Angkat dan diamkan.
  5. Taburi donat dengan gula halus atau sesuai selera kalian. Donat sederhana siap untuk dihidangkan.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Teks Prosedur Cara Membuat Donat