Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Menelaah Struktur Teks Fabel & Legenda Edisi Revisi 2016

ilmubindo.com_ Struktur ataupun susunan cerita fabel/legenda memiliki banyak kesamaan dengan teks cerita narasi imajinasi. Struktur tersebut mencakup orientasi, komplikasi, dan resolusi.
  •  Orientasi atau pengenalan cerita
Orientasi dalam teks narasi diawali dengan pengenalan tokoh. Tokoh tersebut mengalami peristiwa awal.

Contoh:
Musang dan Serigala adalah kawan karib. Mereka hidup berdampingan dan tolong menolong. Pada suatu hari, mereka pergi untuk mencari makan bersama-sama. 
  • Komplikasi atau puncak konflik
Rangkaian peristiwa yang dialami tokoh membangun konflik atau permasalahan. Rangkaian konflik yang memuncak disebut komplikasi.

Menelaah Struktur Teks Fabel & Legenda Edisi Revisi 2016
www.ilmubindo.com

Contoh:
Serigala setuju dengan ide Musang untuk masuk ke kandang. Sebelum Serigala menyerang seekor kambing, para pemilik ternak mendengar suara gaduh dari kandang. Pemilik kandang pun berlari membawa tongkat dan pemukul. Musang segera melarikan diri setelah mendengar suara derap langkah manusia, tetapi Musang tetap membiarkan Serigala berada di akandang itu. Mengetahui ada seekor Serigala di kandang, pemilik kandang memukuli Serigala hingga kakinya pincang. Serigala berusaha meloloskan diri dan berlari kencang seraya melolong. Orang-orang terus mengejar di belakangnya. Akhirnya, Serigala sampai di sarangnya dan selamat. Sepanjang malam, ia menderita karena kakinya yang sakit.
Pagi harinya, Musang datang menjenguk Serigala.
" Selamat pagi, Kawan. Bagaimana kabarmu?" tanya Musang tanpa merasa bersalah.
  • Solusi atau tahap penyelesaian akhir dari seluruh rangkaian cerita.
Konflik yang terjadi di antara tokoh akan mengalami penyelesaian. Peristiwa yang dapat mengakhiri konflik biasanya berupa pembalasan bagi tokoh yang menciptakan konflik tersebut. 

Contoh:
Musang terperosok ke dalam jebakan pemburu. "Aku tahu tipu dayamu, pembohong! Jebakan pemburu ini adalah balasan yang setimpal dengan perbuatanmu selama ini padaku," kata Serigala. Mendengar suara orang-orang mendekat, Serigala segera pergi.

Fabel/legenda juga umumnya dilengkapi dengan koda atau akhir cerita yang berisi pelajaran dan pesan.

Contoh:
"Inilah balasan bagi penipu yang keji," ujar Serigala dalam hatinya.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Menelaah Struktur Teks Fabel & Legenda Edisi Revisi 2016