Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Cara Menemukan Pokok-Pokok Berita

Tujuan Pembelajaran:
Tujuan belajar kalian adalah dapat menentukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar melalui radio atau ditonton melalui televisi.

Memahami berita yang diperdengarkan berbeda dengan memahami berita dari media cetak. Untuk dapat memahami berita yang disampaikan oleh media cetak, kita dapat membacanya. Apabila kita belum memahami isi berita, kita dapat mengulangi membaca. Adapun untuk memahami berita yang disampaikan oleh media elektronik diperlukan konsentrasi yang cukup. Hal ini dikarenakan sifat beritanya hanya dibacakan satu kali atau tidak ada pengulangan.

Cara Menemukan Pokok-Pokok Berita
Dapatkah kalian memahami informasi dari berita yang disampaikan? Jika kalian memahami isi berita tersebut, tentu kalian dapat menuliskan pokok-pokok berita yang kalian dengar dan menuliskan isi berita ke dalam beberapa kalimat serta menuliskan kesimpulan isi beritanya.

Mintalah salah seorang teman untuk berperan sebagai pembaca berita yang menyampaikan informasi berikut ini. Pada saat berita dibacakan, simaklah dengan baik.

Selamat siang para pendengar yang budiman,
Kembali kami Gema FM bergabung ke tengah-tengah Anda sekalian dalam segmen Infotek, Info Teknologi. Saya, Diva Astuti akan mengetengahkan sebuah topik menarik untuk Anda semua. Pendengar yang berbahagia, beberapa tahun belakangan ini istilah knowledge management (pengelolaan pengetahuan atau pemikiran) atau KM menjadi bahasan di banyak disiplin ilmu, terutama yang terkait dengan manajemen dan teknologi informasi.

Kini istilah KM pun mulai menenggelamkan popularitas istilah information management (pengelolaan informasi yang berhubungan dengan komputer) atau IM. Pendengar yang setia, apa sebenarnya perbedaan karakteristik dua istilah ini, dan bagaimana penerapannya dalam dunia teknologi informasi? IM merupakan suatu teknik pengaturanatau organisasi agar informasi mudah dicari dan digunakan oleh pemakai. Hal yang termasuk dalam proses manajemen informasi, antara lain pengumpulan informasi,

pengolahan informasi, kemas ulang informasi, serta temu kembali informasi. Pendengar yang berbahagia, KM adalah teknik membangun suatu lingkungan pembelajaran atau learning environment,. Dengan demikian, orang-orang di dalamnyaterus termotivasi untuk terus belajar, memanfaatkan informasi yang ada, serta padaakhirnya mau berbagi informasi yang diperoleh. Hal yang termasuk dalam proses

manajemen pengetahuan, antara lain pembelajaran dan berbagi pengetahuan.Para pendengar setia, tetaplah di gelombang ini untuk menyimak info selanjutnya. Namun sebelum itu, simaklah sebuah lagu berikut.

(Jawa Pos, 24 Juli 2017, dengan pengubahan)
                                                                          
Sangat diperlukan konsentrasi yang cukup untuk dapat memahami berita yang disampaikan melalui media televisi atau radio. Hal ini dikarenakan sifat berita yang disampaikan hanya dibacakan satu kali atau tidak ada pengulangan. Artinya, kalian tidak dapat mengulang kembali berita tersebut sebagaimana kita mengulang lagu dari kaset ataupun CD. Adapun untuk memahami berita yang kalian dengar, kalian tidak perlu menyimak berita tersebut secara kata per kata atau bahkan menghafalnya. Kalian memahami isi berita yang kalian dengar cukup dengan memahami pokok-pokok isi beritanya. Adapun pokok isi kelengkapan dari sebuah berita meliputi unsur apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana, berkenaan dengan berita yang disampaikan. Berdasarkan berita singkat yang kalian dengar, kalian dapat menemukan kelengkapan unsur berita yang kalian dengar seperti berikut ini.

 1. Apakah hal yang disampaikan dalam berita tersebut?
– Informasi tentang IM dan KM.
2. Siapa yang menyampaikan berita tersebut?
– Diva Astuti (penyiar radio Gema FM).
3. Kapan berita tersebut disampaikan?
– Pada segmen Infotek radio Gema FM (siang hari).
4. Kapan KM menjadi lebih populer dibandingkan IM?
– Pada akhir-akhir ini.
5. Di mana berita tersebut disampaikan?
– Di radio Gema FM.
6. Mengapa KM menjadi lebih populer dibanding IM?
– Karena KM sedang banyak menjadi pembahasan dalam berbagai disiplin ilmu.
7. Bagaimana KM menjadi banyak dibahas dibandingkan IM?
– KM memiliki cakupan yang lebih mengarah pada termotivasinya seseorang untuk terus belajar, memanfaatkan informasi yang ada, serta pada akhirnya mau berbagi informasi yang diperoleh.

Kalian perlu memerhatikan beberapa hal untuk dapat menyimpulkan isi berita. Beberapa hal yang dimaksud adalah berikut.
1. Menyimak berita secara utuh atau keseluruhan dan lengkap secara konsentrasi.
2. Memahami pokok-pokok berita dan menentukan pikiran utamanya.
3. Menyusun pokok-pokok pikiran kembali dan menganalisisnya.
4. Menarik kesimpulan isi berita




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menemukan Pokok-Pokok Berita