Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Cara Meringkas dan Menyimpulkan Berita Revisi Terbaru 2016

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan bagikan materi kelas VIII Mata Pelajaran Bahasa Indonesia revisi tahun 2016. Dan materi ini telah mengacu pada Permendikbud Nomor 24 dan Permendikbud Nomor Nomor 8 Tahun 2016.
  • Ringkasan Berita
Ringkasan merupakan penyajian bacaan dalam bentuk singkat dengan mempertahankan urutan isi dan sudut pandang pengarang bacaan asli.

Langkah-langkah mneringkas teks berita sebagai berikut.
a. Mendengarkan atau membaca teks berita dengan saksama.
b. Mencatat pokok-pokok atau unsur-unsur berita (5W+1H).
c. Menyampaikan kembali pokok-pokok atau unsur-unsur berita secara lengkap dan ringkas.

Cara Meringkas dan Menyimpulkan Berita Revisi Terbaru 2016
www.ilmubindo.com

Contoh Ringkasan:

Coba Evakuasi Sarang Tawon, Warga di Pasar Baru Patah Kaki

Jakarta – Tawon bersarang di rumah warga di Jl Kelinci III No 19 RT 11/04 Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Pemilik rumah yang mencoba mengevakuasi sarang tawon tersebut mengalami patah kaki.

Petugas Piket Sudin Damkar Jakpus Paino mengatakan, pihaknya menerima informasi tersebut pada Senin (24/7) pukul 08.30 WIB. Petugas kemudian datang ke lokasi pada pukul 12.00 WIB.
“Sebelumnya tuan rumah bersama 1 orang warga mencoba mengeksekusi sarang tawon,” ujar Paink dalam keterangan kepada detikcom, Senin (24/7/2017).

Akan tetapi, upaya pemilik rumah mengevakuasi sarang tawon tidak berhasil. Pemilik rumah terjatuh saat mencoba evakuasi.
“Upaya tersebut gagal, sehingga mengakibatkan tuan rumah terjatuh dan mengalami patah kaki,” imbuhnya.
Petugas kemudian datang ke lokasi dengan mengenakan peralatan. Tawon tersebut bersarang di water heater (pemanas air) yang berada di lantai 3 rumah tersebut.
“Evakuasi selesai pukul 08.30 WIB,” pungkasnya.

Hasil Ringkasan

Tawon bersarang di rumah warga di Jl Kelinci III No 19 RT 11/04 Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Petugas Piket Sudin Damkar Jakpus Paino mengatakan, pihaknya menerima informasi tersebut pada Senin (24/7) pukul 08.30 WIB. “Sebelumnya tuan rumah bersama 1 orang warga mencoba mengeksekusi sarang tawon,” ujar Paink dalam keterangan kepada detikcom, Senin (24/7/2017).

Akan tetapi, upaya pemilik rumah mengevakuasi sarang tawon tidak berhasil. Petugas kemudian datang ke lokasi dengan mengenakan peralatan. “Evakuasi selesai pukul 08.30 WIB,” pungkasnya.
  • Menyimpulkan Isi Berita
Simpulan adalah kata-kata akhir dari suatu uraian. Simpulan berita harus memuat unsur-unsur berita dengan rumusan lebih ringkas. Dengan demikian, simpulan tentang isi berita harus memanfaatkan ringkasan yang telah dibuat sebelumnya terhadap pokok-pokok informasi.

Contoh Ringkasan teks berita yang berjudul "Coba Evakuasi Sarang Tawon, Warga di Pasar Baru Patah Kaki" adalah sebagai berikut.

Seorang warga di Jl Kelinci III No 19 RT 11/04 Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Mengalami patah kaki setelah mencoba mengevakuasi sarang tawon di rumahnya sendiri.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Meringkas dan Menyimpulkan Berita Revisi Terbaru 2016