Kumpulan Bahan dan Perangkat Ajar Bahasa Indonesia SMP/MTs Kur. 13

Cara Meringkas Teks Berita Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia SMP Revisi 2018



ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan cara tepat meringkas dan menyimpulkan isi teks berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII revisi 2018. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi bagaimana meringkas dan menyimpukan isi sebuah teks berita dengan tepat dan benar. Harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik khususnya kelas VIII yang sedang belajar teks berita. Selamat belajar dan semoga apa yang kalian pelajari hari ini bermanfaat buat kemajuan belajar kalian semua. Sukses selalu buat kalian semua.

Cara Meringkas Teks Berita Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia SMP Revisi 2018
www.ilmubindo.com

Ringkasan merupakan penyajian bacaan dalam bentuk singkat dengan mempertahankan urutan isi dan sudut pandang pengarang bacaan asli. Langkah-langkah mneringkas teks berita sebagai berikut.
a. Mendengarkan atau membaca teks berita dengan saksama.
b. Mencatat pokok-pokok atau unsur-unsur berita (5W+1H).
c. Menyampaikan kembali pokok-pokok atau unsur-unsur berita secara lengkap dan ringkas.
Contoh Ringkasan 1:

Coba Evakuasi Sarang 
Tawon, Warga di Pasar Baru Patah Kaki

Jakarta – Tawon bersarang di rumah warga di Jl Kelinci III No 19 RT 11/04 Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Pemilik rumah yang mencoba mengevakuasi sarang tawon tersebut mengalami patah kaki.

Petugas Piket Sudin Damkar Jakpus Paino mengatakan, pihaknya menerima informasi tersebut pada Senin (24/7) pukul 08.30 WIB. Petugas kemudian datang ke lokasi pada pukul 12.00 WIB.
“Sebelumnya tuan rumah bersama 1 orang warga mencoba mengeksekusi sarang tawon,” ujar Paink dalam keterangan kepada detikcom, Senin (24/7/2017).

Akan tetapi, upaya pemilik rumah mengevakuasi sarang tawon tidak berhasil. Pemilik rumah terjatuh saat mencoba evakuasi.
“Upaya tersebut gagal, sehingga mengakibatkan tuan rumah terjatuh dan mengalami patah kaki,” imbuhnya.
Petugas kemudian datang ke lokasi dengan mengenakan peralatan. Tawon tersebut bersarang di water heater (pemanas air) yang berada di lantai 3 rumah tersebut.
“Evakuasi selesai pukul 08.30 WIB,” pungkasnya.

Hasil Ringkasan:
Tawon bersarang di rumah warga di Jl Kelinci III No 19 RT 11/04 Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Petugas Piket Sudin Damkar Jakpus Paino mengatakan, pihaknya menerima informasi tersebut pada Senin (24/7) pukul 08.30 WIB. “Sebelumnya tuan rumah bersama 1 orang warga mencoba mengeksekusi sarang tawon,” ujar Paink dalam keterangan kepada detikcom, Senin (24/7/2017). Akan tetapi, upaya pemilik rumah mengevakuasi sarang tawon tidak berhasil. Petugas kemudian datang ke lokasi dengan mengenakan peralatan. “Evakuasi selesai pukul 08.30 WIB,” pungkasnya.

Contoh Ringkasan 2:

Pasien Flu Burung Dijauhi Warga

Keluarga pasien flu burung mengeluhkan perlakuan yang mereka terima dari lingkungan sekitar tempat mereka tinggal. Meski dokter menyatakan mereka negatif flu burung, warga sekitar tetap enggan berdekatan atau mengajak bicara. Salah satu korban perlakuan tersebut adalah keluarga almarhum Ny. Riah. Pekan lalu, Ny. Riah meninggal akibat flu burung. Saat ini, Arif, anak Ny. Riah, masih dirawat karena positif flu burung.

”Sedih sekali. Waktu tahlilan meninggalnya kakak saya, yang datang cuma empat orang. Yang lain takut ketularan, katanya,” ujar Supriyanto, adik Ny. Riah, Kamis (18/1). Supriyanto juga mengatakan, sekarang tetangga enggan lewat di depan rumah keluarga itu. Ia juga mengkhawatirkan kondisi Yusuf, suami Ny. Riah, yang sudah diperbolehkan pulang.

”Mereka tidak berpikir, bagaimana rasanya istri meninggal dan anak sedang sakit,” jelasnya. Ia hanya dapat berharap dinas kesehatan lebih sering menjelaskan pada masyarakat bahwa pasien yang sudah negatif flu burung tidak berbahaya untuk didekati. Kondisi yang sama juga dituturkan Ahmad, ayah dari Nurjamal (11), yang bersama keempat saudaranya pernah dirawat di RS Persahabatan karena diduga tertular flu burung.

”Sekarang, mereka selalu tutup hidung setiap lewat di depan rumah,” ujarnya. Lebih jauh, ia juga menuturkan bahwa Nurjamal sering mengeluh dijauhi teman-teman sekolahnya. ”Saya jadi mikir bagaimana nanti dengan Karmila,” katanya membicarakan kakak Nurjamal yang saat ini masih dirawat dengan status suspect flu burung itu.

Hasil Ringkasan:
Keluarga pasien flu burung mengeluhkan perlakuan yang mereka terima dari lingkungan sekitar tempat mereka tinggal. Meski dokter menyatakan mereka negatif flu burung, warga sekitar tetap enggan berdekatan atau mengajak bicara. ”Sedih sekali. Waktu tahlilan meninggalnya kakak saya, yang datang cuma empat orang. Yang lain takut ketularan, katanya,” ujar Supriyanto, adik Ny. Riah, Kamis (18/1). ”Mereka tidak berpikir, bagaimana rasanya istri meninggal dan anak sedang sakit,” jelasnya. ”Sekarang, mereka selalu tutup hidung setiap lewat di depan rumah,” ujarnya. Lebih jauh, ia juga menuturkan bahwa Nurjamal sering mengeluh dijauhi teman-teman sekolahnya.

Contoh Ringkasan 3:

Banjir Jakarta

Hujan yang nyaris tanpa henti mengguyur ibu kota dan sekitarnya empat hari berturut-turut, Minggu (4/2), membuat lumpuh Jakarta. Banjir mulai merambah Istana Negara di kawasan Jl. Medan Merdeka Utara, Jakarta. Dampak banjir yang terjadi sejak Kamis (1/1) itu menyebabkan 20 orang tewas, 1 orang hilang, dan puluhan ribu orang mengungsi. Korban tewas diakibatkan kedinginan, hanyut terbawa arus, dan tersengat listrik.

Genangan air juga merambah kawasan Gambir, Jl. Medan Merdeka termasuk Istana. Hal itu terjadi setelah pintu air Manggarai yang mengarah ke Istana Presiden dibuka. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak keberatan pembukaan pintu air yang mengarah ke istana tersebut. ‘’Itu menjadi wewenang instansi terkait. Tidak ada perintah khusus. Saya tidak keberatan meski berdampak menggenangi kawasan istana dan daerah Menteng,’’ ujar SBY di sela-sela kunjungannya ke daerah banjir di Bekasi, kemarin.

Sejak pukul 13.00, pintu air Manggarai dinyatakan siaga I dengan ketinggian air 1.040 cm. Pagi harinya tinggi air di pintu tersebut mencapai 1.090 cm, jauh di atas batas normal 700 cm. Sementara Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) meramalkan, hujan lebat dan ringan masih akan terjadi di daerah Bogor, Depok, dan Jakarta sampai Senin (5/2). Genangan air setinggi satu meter juga melanda kawasan Kebonsirih, Jakarta Pusat. Hal itu terjadi karena tanggul di Tanah Abang jebol. Akibatnya, banjir menggenangi kawasan Kebonsirih, lalu merembet ke Gambir dan masuk kawasan Jl. Medan Merdeka.

Selain itu, genangan air setinggi satu meter Minggu petang mengepung kawasan Kampung Melayu, Jakarta Timur. Sampai pukul 18.00 ketinggian air belum surut. Datangnya banjir susulan masih mewarnai penderitaan sebagian warga, terutama yang tinggal di sekitar bantaran Kali Ciliwung. Ini akibat hujan masih terus mengguyur kawasan Bogor. Bahkan hujan deras yang terjadi di Selatan Jakarta itu membuat ketinggian air di pintu air Katulampa meningkat mencapai 180 cm dari batas normal 150 cm. 

Hasil Ringkasan:
Hujan yang nyaris tanpa henti mengguyur ibu kota dan sekitarnya empat hari berturut-turut, Minggu (4/2), membuat lumpuh Jakarta. Genangan air juga merambah kawasan Gambir, Jl. Medan Merdeka termasuk Istana. Hal itu terjadi setelah pintu air Manggarai yang mengarah ke Istana Presiden dibuka. Sejak pukul 13.00, pintu air Manggarai dinyatakan siaga I dengan ketinggian air 1.040 cm. Pagi harinya tinggi air di pintu tersebut mencapai 1.090 cm, jauh di atas batas normal 700 cm. Selain itu, genangan air setinggi satu meter Minggu petang mengepung kawasan Kampung Melayu, Jakarta Timur. Sampai pukul 18.00 ketinggian air belum surut. Datangnya banjir susulan masih mewarnai penderitaan sebagian warga, terutama yang tinggal di sekitar bantaran Kali Ciliwung.
 
Contoh Ringkasan 4:
Perantau Minang di 
Seluruh Dunia "Pulang Basamo" 2008

Orang Minang yang merantau ke seluruh pelosok dunia akan "pulang basamo" (pulang kampung ke Sumatra Barat bersama-sama) pada 2008. Hal ini menjadi salah satu potensi besar bagi pengembangan pariwisata, sosial, budaya, dan ekonomi di daerah ini.

"Pulang basamo perantau Minang di dunia pada 2008 adalah kelanjutan dari 'pulang basamo' sekitar 300 orang-orang Minang di Amerika Serikat yang direncanakan 8 April 2007," kata Gubernur Sumbar, Gamawan Fauzi di Padang, Senin (15/1). Terkait kedatangan 300 perantau Minang di Amerika Serikat itu, ikatan masyarakat Minang di negara-negara lain, kemudian menyampaikan maksud agar pada 2008 perantau Minang di dunia 'pulang basamo'.

"Jumlah mereka mencapai ribuan orang hingga puluhan ribu. Ini jumlah sangat besar dalam menunjang sektor wisata, sosial, budaya, dan ekonomi," katanya. Akan tetapi, timbul pertanyaan, apakah Sumbar siap menerima kunjungan perantau dalam jumlah besar tersebut. Hal ini karena sangat terkait dengan masalah akomodasi dan sarana prasarana pendukung lainnya.

Pemprov Sumbar sendiri telah me lakukan rapat koordinasi dengan pemerintah kabupaten dan kota untuk mempersiapkan sambutan dan pelayanan para perantau Minang tersebut nantinya. Salah satu per siapannya adalah menyiapkan sarana dan prasarana di Taman Budaya Sumbar untuk arena pertunjukan atraksi budaya bagi para perantau itu.

Hasil Ringkasan:
Orang Minang yang merantau ke seluruh pelosok dunia akan "pulang basamo" (pulang kampung ke Sumatra Barat bersama-sama) pada 2008. "Pulang basamo perantau Minang di dunia pada 2008 adalah kelanjutan dari 'pulang basamo' sekitar 300 orang-orang Minang di Amerika Serikat yang direncanakan 8 April 2007," kata Gubernur Sumbar, Gamawan Fauzi di Padang, Senin (15/1). "Jumlah mereka mencapai ribuan orang hingga puluhan ribu. Ini jumlah sangat besar dalam menunjang sektor wisata, sosial, budaya, dan ekonomi," katanya. Pemprov Sumbar sendiri telah me lakukan rapat koordinasi dengan pemerintah kabupaten dan kota untuk mempersiapkan sambutan dan pelayanan para perantau Minang tersebut nantinya.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang cara tepat meringkas teks berita lengkap dengan contoh hasil ringkasan. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat bermanfaat buat kemajuan bnelajar anak didik. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Meringkas Teks Berita Lengkap dengan Contohnya | Bahasa Indonesia SMP Revisi 2018

About / Sitemap / Contact / Privacy / Disclaimer Speed Up Template