Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Contoh Soal Pilihan Ganda (PG) Teks Eksemplum Kelas 9

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal teks eksemplum Bahasa Indonesia kelas 9. Semoga soal-soal yang admin bagikan di sini dapat membantu rekan guru dan juga peserta didik dalam mencari referensi tentang soal-soal terbaru seputar teks eksemplum di kelas 9. Selamat belajar, dan semoga apa yang kalian pelajari saat ini bisa bermanfaat. Terima kasih.

Teks eksemplum berikut untuk soal nomor 1 dan 2.

Bersepeda

Hobiku bersepeda. Setiap hari Minggu aku dan teman-teman selalu bersepeda. Kami mengelilingi kota. Kegiatan tersebut merupakan pelepas penat yang menyenangkan. Sekali-kali kami memilih berkeliling kota pada malam hari, yaitu hari Sabtu malam atau malam Minggu. Kami mulai dari alun-alun dan akan kembali lagi di alun-alun.

Contoh Soal Pilihan Ganda (PG) Teks Eksemplum Kelas 9
www.ilmubindo.com

Aku berada paling depan sebagai pemimpin rombongan. Malam itu aku sangat bersemangat. Tanpa terasa aku mengayuh sepeda terlalu kencang. Padahal, kondisi jalanan agak gelap. Tanpa kuketahui, kondisi jalan di depanku buruk. Banyak lubang di sana sini. Aku pun terperosok, lalu terjatuh. Teman-temanku berusaha menolongku. Peristiwa itu membuatku lebih berhati-hati saat bersepeda. Untunglah aku hanya mengalami luka lecet. 

Akhirnya, kami dapat kembali di alun-alun dengan selamat. Kemudian,  kami menikmati kopi hangat di sebuah warung kopi tidak jauh dari sana. ..... puas bercengkerama di warung kopi, kami pun pulang ke rumah masing-masing.


1. Konjungsi temporal tepat untuk mengisi bagian rumpang di paragraf kelima adalah ....
A. sebelum
B. setelah
C. selagi
D. sejak

2. Kata kami dalam pargaraf pertama mengacu ....
A. frasa aku dan teman-teman
B. kata bersepeda
C. frasa setiap hari Minggu
D. frasa hobiku

3. Sinonim kata bercengkerama dalam teks tersebut adalah ....
A. berkeliling
B. bertamasya
C. bercakap-cakap
D. berjalan-jalan

Teks berikut untuk soal nomor 4 dan 5.

Lalat dan Madu

1) Sebuah stoples madu jatuh terbalik sehingga madu yang manis dan lengket mengalir di meja. 2) Rasa manis dari madu tersebut mengundang sekawanan lalat yang terbang mengitari madu tersebut. Kawanan lalat itu turun untuk memakan madu yang manis. 3) Betapa lengketnya cairan madu itu. 4) Lalat-lalat tersebut dengan cepat terbalut cairan madu dari kaki hingga kepala dan sayap-sayap mereka melengket menjadi satu. 5) Akhirnya, mereka tidak bisa lagi menarik kakinya keluar dari cairan lengket itu, lalu mati.

4. Kalimat ekslamatif terdapat pada nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

5. Interpretasi tepat atas cerita tersebut adalah ....
A. Sikap sombong tidak akan membawa menfaat apa pun.
B. Rasa empati perlu dibina dalam diri setiap orang.
C. Perilaku jujur selalu membawa keberuntungan dalam hidup.
D. Keserakahan dan kerakusan dapat menghancurkan diri sendiri.

Kutipan teks berikut untuk soal nomor 6-8.

Jatuh di Tangga Eskalator

Pada hari Minggu kami sekeluarga jalan-jalan di mal. Kami tiba di mal pukul 10.00. Suasana di mal kala itu masih sepi.

Sudah menjadi kebiasaan jika hari libur kami sekeluarga jalan-jalan. Kebetulan hari itu kami sekeluarga akan ke mal . Ibu akan berbelanja keperluan sehari-hari. Aku juga ingin main di arena permainan. Setelah berbelanja, bisanya kami makan siang di food court.

Pasar swalayan tempat ibu belanja berada di lantai kedua. Oleh karena itu, kami harus naik menggunakan tangga eskalator. Ibu naik terlebih dahulu di tangga eskalator, lalu aku menyusulnya. Tiba-tiba adikku langsung melompat mengikutiku. Padahal, biasanya adik digendong ayah saat menaiki tangga eskalator. Namun, hari itu ia tidak mau digendong ayah. Apa yang terjadi? Ketika melompat adikku hilang keseimbangan. Ia terjatuh. Untung ayah denga sigap menolongnya. Adik menangis ketakutan meskipun sudah dalam gendongan ayah.

....
Sementara ibu berbelanja, ayah, aku, dan adik bermain di arena permainan. Adikku kembali ceria. Ia lupa dengan kejadian yang dialaminya di tangga eskalator tadi .... Ibu selesai berbelanja, kami makan siang bersama.

6. Interpretasi tepat untuk mengisi bagian rumpang tersebut adalah ....
A. Adik terus menangis ketakutan meskipun berada dalam gendongan ayah. Ibu berusaha menghibur adik agar terdiam. Namun, adik tetap saja menangis.
B. Peristiwa tersebut diketahui petugas keamanan. Petugas langsung mematikan tombol eskalator. Eskalator menjadi berhenti.
C. Setelah peristiwa itu, adikku minta digendong ayah. Rupanya ia trauma setelah jatuh di tangga eskalator. Untunglah adikku tidak terluka. Ia hanya terlihat syok atas peristiwa itu.
D. Aku pun berteriak karena adikku terjatuh di tangga eskalator. Orang-orang di mal itu melihat kejadian yang menimpa adikku.

7. Pernyataan tepat sesuai dengan bagian orientasi teks adalah ....
A. Kami sekeluarga terbiasa jalan-jalan pada hari libur.
B. Pada hari Minggu kami sekeluarga pergi ke mal.
C. Kami naik tangga eskalator menuju lantai kedua.
D. Pada pukul 10.00 suasana mal masih sepi.

8. Konjungsi temporal tepat untuk mengisi bagian rumpang di paragraf kelima adalah ....
A. sejak
B. sebelum
C. selagi
D. setelah


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Soal Pilihan Ganda (PG) Teks Eksemplum Kelas 9