Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Cara Menentukan Unsur-Unsur Berita Materi Kelas VIII Edisi Revisi 2016

Kali ini admin akan bagikan materi Bahasa Indonesia kelas VIII materi ini sudah mengacu pada Permendikbud RI Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013. Dan Permendikbud RI Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Materi Ajar oleh Satuan Pendidikan.

UNSUR-UNSUR BERITA

Dalam proses pembelajaran memahami berita, kita harus memahami unsur-unsur dalam teks berita. Unsur-unsur teks berita terdiri atas what (apa), who (siapa), where (di mana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana).
Menentukan Unsur-Unsur Berita Materi Kelas VIII Edisi Revisi 2016

Berikut penjelasannya lebih lengkap dari unsur-unsur penting teks berita tersebut.

a. What (apa)
Berita berisi pernyataan yang dapat menjawab pertanyaan apa, hal, atau peristiwa yang diberitakan.

b. Who (siapa)
Berita memuat keterangan orang-orang yang terlibat dalam peristiwa. Orang-orang tersebut diberitakan oleh pembuat berita. 

c. When (kapan)
Berita menyebut waktu kejadian peristiwa.

d. Where (di mana)
Berita berisi deskripsi lengkap tempat kejadian peristiwa.

e. Why (mengapa)
Berita memuat alasan, sebab, atau latar belakang terjadinya peristiwa.

f. How (bagimana)
Berita menjelaskan proses kejadian suatu peristiwa dan akibat dari peristiwa tersebut.

Dengan demikian, unsur penting atau pokok berita mengandung pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana. Dalam berita enam pertanyaan itu dapat dirumuskan menjadi 5W+1H.

Contoh:

Minum Air Soda Tak Seburuk yang Dibayangkan

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK — Minuman berkarbonasi atau air soda ternyata mengandung sejumlah manfaat bagi kesehatan. Selama ini sebagian masyarakat menganggap minuman ini tidak sehat, mengikis kandungan kalsium pada tulang, dan menggerus lapisan email pada gigi.
Dikutip dari laman Time, konsumsi air soda rupanya tak seburuk yang dibayangkan orang. Para ahli berpendapat air soda murni tanpa kalori dan gula tambahan baik diminum bagi kesehatan. Laureen Smith selaku profesor di Ohio State University College of Nursing menuturkan pola konsumsi air soda harus diubah.

“Minum air soda tanpa pemanis buatan adalah salah satu gaya hidup sehat meski awalnya pasti kita belum terbiasa,” katanya.
Minum soda juga tak akan melemahkan tulang kita. Dalam sebuah studi, seorang profesor di bidang kesehatan dari Harvard Medical School bernama Douglas Kiel menemukan fakta baru. Kiel menyatakan bahwa minuman cola dengan pemanis buatan berpengaruh buruk terhadap kepadatan tulang wanita. Namun sebaliknya, konsumsi air soda murni ternyata tidak berkontribusi buruk pada pengeroposan tulang.

Penelitian serupa dilakukan oleh Robert Heaney yang merupakan profesor di Creighton School of Medicine di Nebraska. Hasilnya sama, konsumsi air berkarbonasi tidak mengurangi kepadatan tulang. Kedua profesor itu sama-sama menjamin bahwa air berkarbonasi aman diminum.
“Air soda tidak buruk, namun jika itu digantikan dengan minuman sehat yang lain seperti susu, maka soda tidak bagus,” jelas Heaney.

Ketakutan akan rusaknya gigi akibat minum air soda juga ikut dipatahkan. Penelitian membuktikan level erosi gigi akibat minum soda sangat rendah. Berita baiknya, air soda murni bermanfaat sebagaimana air putih biasa.
“Minum air soda murni seperti minum air putih biasa dan tidak berefek negatif,” ungkap Sara Bleich selaku profesor dalam bidang kebijakan dan manajemen kesehatan di John Hopkins School of Public Health.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menentukan Unsur-Unsur Berita Materi Kelas VIII Edisi Revisi 2016