Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Cara Tepat Menentukan Unsur-Unsur Teks Berita | Bahasa Indonesia SMP



ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan materi tentang bagaimana cara menentukan unsur-unsur dalam sebuah teks berita. Semoga materi yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik khususnya kelas VIII yang sedang mencari referensi tentang bagaimana menentukan unsur-unsur sebuah teks berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga dengan adanya materi yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif  yang baik bagi kemajuan belajar anak didik semuanya di mana pun berada tentang teks berita. Selamat belajar dan semoga sukses.
Cara Tepat Menentukan Unsur-Unsur Teks Berita | Bahasa Indonesia SMP
www.ilmubindo.com
 
Dalam proses pembelajaran memahami berita, kita harus memahami unsur-unsur dalam teks berita. Unsur-unsur teks berita terdiri atas what (apa), who (siapa), where (di mana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana).


Berikut penjelasannya lebih lengkap dari unsur-unsur penting teks berita tersebut.

a. What (apa)
Berita berisi pernyataan yang dapat menjawab pertanyaan apa, hal, atau peristiwa yang diberitakan.
b. Who (siapa)
Berita memuat keterangan orang-orang yang terlibat dalam peristiwa. Orang-orang tersebut diberitakan oleh pembuat berita. 

c. When (kapan)
Berita menyebut waktu kejadian peristiwa.

d. Where (di mana)
Berita berisi deskripsi lengkap tempat kejadian peristiwa.

e. Why (mengapa)
Berita memuat alasan, sebab, atau latar belakang terjadinya peristiwa.

f. How (bagimana)
Berita menjelaskan proses kejadian suatu peristiwa dan akibat dari peristiwa tersebut.

Dengan demikian, unsur penting atau pokok berita mengandung pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana. Dalam berita enam pertanyaan itu dapat dirumuskan menjadi 5W+1H.

Contoh:

Minum Air Soda Tak Seburuk yang Dibayangkan

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK — Minuman berkarbonasi atau air soda ternyata mengandung sejumlah manfaat bagi kesehatan. Selama ini sebagian masyarakat menganggap minuman ini tidak sehat, mengikis kandungan kalsium pada tulang, dan menggerus lapisan email pada gigi.

Dikutip dari laman Time, konsumsi air soda rupanya tak seburuk yang dibayangkan orang. Para ahli berpendapat air soda murni tanpa kalori dan gula tambahan baik diminum bagi kesehatan. Laureen Smith selaku profesor di Ohio State University College of Nursing menuturkan pola konsumsi air soda harus diubah.

“Minum air soda tanpa pemanis buatan adalah salah satu gaya hidup sehat meski awalnya pasti kita belum terbiasa,” katanya.
Minum soda juga tak akan melemahkan tulang kita. Dalam sebuah studi, seorang profesor di bidang kesehatan dari Harvard Medical School bernama Douglas Kiel menemukan fakta baru. Kiel menyatakan bahwa minuman cola dengan pemanis buatan berpengaruh buruk terhadap kepadatan tulang wanita. Namun sebaliknya, konsumsi air soda murni ternyata tidak berkontribusi buruk pada pengeroposan tulang.

Penelitian serupa dilakukan oleh Robert Heaney yang merupakan profesor di Creighton School of Medicine di Nebraska. Hasilnya sama, konsumsi air berkarbonasi tidak mengurangi kepadatan tulang. Kedua profesor itu sama-sama menjamin bahwa air berkarbonasi aman diminum.
“Air soda tidak buruk, namun jika itu digantikan dengan minuman sehat yang lain seperti susu, maka soda tidak bagus,” jelas Heaney.

Ketakutan akan rusaknya gigi akibat minum air soda juga ikut dipatahkan. Penelitian membuktikan level erosi gigi akibat minum soda sangat rendah. Berita baiknya, air soda murni bermanfaat sebagaimana air putih biasa.
“Minum air soda murni seperti minum air putih biasa dan tidak berefek negatif,” ungkap Sara Bleich selaku profesor dalam bidang kebijakan dan manajemen kesehatan di John Hopkins School of Public Health.

Contoh cara menentukan unsur-unsur teks berita

Keluarga Korban Ikut Mencari

Niat pihak keluarga penumpang untuk ikut mencari AdamAir DHI/KI 574 yang hilang dalam penerbangan Surabaya-Manado, Senin (1/1/07),akhirnya terlaksana. Pada hari ketujuh pencarian, keluarga penumpang yang berada di Makassar mulai mendaftarkan diri ke Posko SAR (Search and Rescue atau Cari dan Selamatkan) di Lanud Hasanuddin, Makassar, untuk ikut dalam pencarian.

Diizinkannya anggota keluarga untuk ikut mencari pesawat nahas itu sesuai dengan instruksi Wapres Jusuf Kalla saat bertemu mereka, Sabtu (6/1/07). Namun, banyak anggota keluarga harus menunggu giliran karena yang boleh ikut per harinya sangat terbatas, yaitu hanya tiga orang.

Keluarga penumpang AdamAir yang ikut dalam proses pencarian pada saat itu adalah Handoko, Fani Duran, dan Yansen Paulus. Ketiganya berangkat dari Lanud Hasanuddin, pukul 07.00 WITA, menggunakan Boeing 737-200 milik TNI AU (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara). Ketiga keluarga asal Manado tersebut mengitari area Tanatoraja, Mamuju, Selat Bone, perairan Palu, dan Poso.

Handoko mengatakan, diberikannya izin keluarga penumpang untuk ikut mencari pesawat merupakan hal yang paling berharga karena selama ini mereka hanya mendapat informasi dari media. Mereka mengaku kecewa dengan informasi yang simpang siur.

”Daripada kita tinggal di hotel saja, lebih baik ikut dalam pencarian sekaligus mengetahui seperti apa kendalanya sehingga pesawat yang hilang begitu sulit ditemukan,” papar Handoko yang mempunyai tujuh anggota keluarga di dalam pesawat AdamAir.

Handoko mengaku, setelah melakukan perjalanan menggunakan pesawat barulah diketahui begitu sulit mendeteksi keberadaan pesawat di semua area yang dilintasi tim SAR.

Hal berbeda dikatakan Yansen Paulus setelah melakukan pencarian bersama dengan tim SAR. Dia sangat kecewa melihat cuaca buruk serta medan sulit dan pegunungan terjal sehingga pesawat AdamAir sangat sulit dideteksi keberadaannya.

”Dengan kondisi seperti itu, saya pikir tidak mungkin kalau tim SAR melalui udara dapat menganalisa keberadaan pesawat, apalagi mau melihat pesawat jatuh di posisi mana,” urainya.

Yansen juga sempat mempertanyakan hal ini kepada anggota tim SAR di pesawat Boeing 737- 200. Barulah Yansen mengerti setelah dijawab bahwa pesawat ini hanya melakukan pengintaian dan pemantauan keberadaan pesawat.

1. What (Apa yang terjadi?)
Niat pihak keluarga penumpang untuk mencari AdamAir DHI/KI 574 yang hilang dalam penerbangan Surabaya - Manado akhirnya terlaksana

2. Who (Siapa aja yang terlibat?)
Handoko, Fani Duran, dan Yansen Paulus

3. Where (Di mana terjadinya?)
Lanud Hasanuddin

4. When (Kapan peristiwa itu terjadi?)
Senin (1/1/07)

5. Why (Mengapa peristiwa itu terjadi?)
Selama ini mereka hanya mendapat informasi dari media. Mereka mengaku kecewa dengan informasi yang simpang siur.

6. How (Bagaimana peristiwanya)
Banyak anggota keluarga harus menunggu giliran karena yang boleh ikut per harinya sangat terbatas, yaitu hanya tiga orang. Ketiganya berangkat dari Lanud Hasanuddin, pukul 07.00 WITA, menggunakan Boeing 737-200 milik TNI AU. Ketiga keluarga asal Manado tersebut mengitari area Tanatoraja, Mamuju, Selat Bone, perairan Palu, dan Poso.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang bagaimana cara menentukan unsur-unsur teks berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan tepat. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Tepat Menentukan Unsur-Unsur Teks Berita | Bahasa Indonesia SMP

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /