Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Cara Menulis Teks Berita yang Benar Edisi Revisi

ilmubindo.com_ Menulis berita merupakan suatu upaya menyampaikan kabar atau sebuah informasi mengenai suatu hal atau kejadian dalam bentuk tertulis. Seorang penulis berita yang baik dapat menuliskan sebuah berita dengan lengkap dan komunikatif, sehingga pembaca berita dapat memahami segala sesuatu yang disampaikan dalam berita tanpa kesulitan dan tanpa adanya kesalahan tafsir.


Apakah semua peristiwa dapat atau layak untuk dijadikan sebuah berita? Seorang penulis berita akan memilih mana peristiwa atau perihal yang layak untuk dijadikan berita. Hal ini bertujuan agar apa yang dituliskan benar-benar bermanfaat bagi orang atau masyarakat pembaca. Apakah kalian juga demikian? Tentu dalam menulis berita, kalian harus dapat memilih berita yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Cara Menulis Teks Berita yang Benar  Edisi Revisi
www.ilmubindo.com

Simaklah teks ilustrasi berikut sebagai bahan referensi kalian!
Minggu ini, kelompok diskusi kamu mendapat tugas untuk mengisi kolom berita pada majalah dinding sekolah. Suatu kebetulan, kemarin di aula kantor Depdiknas Provinsi Irian Jaya berlangsung pameran karya inovasi ilmiah sains dan teknologi tingkat SMP se-Provinsi Irian Jaya. Pameran yang diadakan dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional tersebut dibuka oleh Gubernur Kepala Daerah.

Hal pertama yang harus kalian lakukan untuk meliput peristiwa tersebut menjadi sebuah berita adalah mencatat semua informasi berkaitan dengan unsur-unsur kelengkapan berita. Adapun kelengkapan dalam sebuah berita meliputi unsur-unsur pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagimana, terkait isi berita.

Berkenan ilustrasi di atas, contoh informasi-informasi yang dapat kalian catat untuk memenuhi unsur kelengkapan berita di antaranya berikut ini.

1. Apa peristiwa yang terjadi?
- Pameran karya inovasi ilmiah sains dan teknologi tingkat SMP se-Provinsi Irian Jaya.

2. Siapa sajakah yang terlibat dalam peristiwa tersebut?
- Siswa-siswa SMP seluruh Provinsi Irian Jaya.
- Gubernur dan pejabat yang terkait.

3. Kapan peristiwa tersebut terjadi?
- Bertepatan dengan Hardiknas.

4. Di mana peristiwa itu berlangsung?
- Di Aula Kantor Depdiknas Provinsi Irian Jaya.

5. Mengapa peristiwa tersebut diperlukan?
- Sebagai sarana mengekspresikan  kreativitas, komunikasi antarsekolah, serta perkembangan iptek.

6. Bagaimana berlangsungnya peristiwa tersebut?
- Sangat menarik perhatian dan banyak mendapatkan respons positif dari banyak pihak.

Selain memerhatikan unsur-unsur kelengkapan berita di atas, dalam penulisan berita perlu juga kalian perhatikan penggunaan bahasa yang singkat, padat, dan jelas. Hal ini juga bertujuan agar pembaca mudah memahami berita yang kalian sampaikan. Berdasarkan beberapa informasi-informasi tersebut menjadi sebuah berita, seperti berikut ini. 

Peringatan Hardiknas di Provinsi Irian Jaya tahun ini benar-benar lain. Hampir seluruh perhatian insan pendidikan se-Irian Jaya tertuju pada Aula Kantor Depdiknas Provinsi Irian Jaya. Ada apakah kiranya?

Momen Hardiknas di Provinsi Irian Jaya tahun ini di manfaatkan oleh seluruh siswa SMP se-Irian Jaya sebagai ajang adu kreativitas sains dan teknologi. Sungguh luar biasa. Acara yang dibuka langsung oleh Bapak Gubernur ini, mampu menunjukkan betapa besar tingkat kreativitas remaja-remaja SMP di provinsi ini. 

Beberapa karya yang dipajang di stan masing-masing sekolah benar-benar membuktikan bahwa mereka layak mendapatkan acungan jempol. Beberapa hasil karya-karya mereka yang banyak menarik perhatian di antaranya rancangan dan miniatur kapal selam, teknologi mengolah limbah, pengolahan lahan modern, tips pengawetan ikan, dan beberapa karya lainnya.

"Kegiatan semacam ini sangat perlu untuk terus digalakkan dan mendapat dukungan. Selain dapat mengasah keterampilan para remaja di bidang sains dan teknologi, kegiatan ini dapat menjadi wahana bertukar pengalaman antarsekolah. Hal yang jelas, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi perkembangan generasi muda, pendidikan, dan kemajuan bangsa," komentar Gubernur seusai mengunjungi salah satu stan peserta.

Latihan
Perhatikan Teks Ilustrasi Berikut!
Sekolahmu menjadi juara satu tingkat provinsi dalam lomba karya tulis ilmiah bidang sains. Karya tersebut akan dipresentasikan bersama dengan 20 karya lain yang terseleksi sebagai peserta lomba di gedung pertemuan kantor gubernur dalam rangka menyemarakkan ulang tahun ibu kota provinsi. Selain itu, lomba tersebut juga dijadikan sebagai ajang pemilihan siswa teladan tingkat provinsi.

Pertanyaan
  1. Tulislah pokok -pokok informasi yang diperlukan untuk menyusun berita berdasarkan ilustrasi di atas!
  2. Kembangkan pokok-pokok informasi tersebut menjadi sebuah berita yang menarik!
  3. Perhatikan unsur-unsur kelengkapan beritanya kemudian jelaskan! (Lihat contoh di atas)
  4. Perhatikan penggunaan bahasa yang baik, benar, dan komunikatif!
  5. Diskusikan hasil kerjamu dengan teman-teman dan gurumu!
Tugas Portofolio
Buatlah sebuah teks berita bertema kreativitas! Tulislah teks berita tersebut dengan menyajikan kelengkapan unsur-unsur berita!


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menulis Teks Berita yang Benar Edisi Revisi