Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Pengertian dan Ciri-Ciri Berita (Permendikbud RI Nomor 24 dan 8 Tahun 2016) Plus Power Pointnya

Pengertian Berita
Berita merupakan bentuk laporan suatu kejadian atau peristiwa yang sedang terjadi atau keterangan terbaru dari suatu peristiwa. Dengan kata lain berita adalah fakta menarik atau suatu kejadian penting yang disampaikan kepada masyarakat melalui media. Akan tetapi, tidak semua fakta bisa diangkat menjadi berita. Setiap fakta akan dipilih yang pantas untuk disampaikan kepada masyarakat.

Pengertian dan Ciri-Ciri Berita (Permendikbud RI Nomor 24 dan 8 Tahun 2016)
Kata berita berasal dari bahasa Sanskerta virit berarti "terjadi" atau  "ada". Beberapa orang juga ada yang menyebut kata ini dengan kata vritta. Kata vritta berarti "kejadian" atau "yang sedang terjadi". Menurut Atar Semi, kritikus Sastra Indonesia, berita adalah cerita atau laporan mengenai kejadian atau peristiwa faktual baru dan luar biasa sifatnya. 

Peristiwa dalam cerita tersebut benar-benar aktual. Peristiwa dalam cerita memiliki nilai kejutan dan memenuhi hasrat keingintahuan banyak orang. Peristiwa itu bukan kejadian secara rutin dan natural, melainkan di luar kebiasaan dan di luar dugaan. Dengan demikian, peristiwa yang berlangsung atau terjadi secara lumrah dan rutin tidak dapat dinilai sebagai berita. Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa hangat.

Ciri Penanda Kejadian dalam Teks Berita 

a. Fakta
kejadian yang berlangsung dalam imajinasi atau berdasarkan cerita tidak jelas kebenarannya tidak layak dan tidak dapat dijadikan berita. Berita bukan sebuah karya fiksi yang berlangsung sesuai imajinasi penulis. Penulis berita tidak boleh mereka-reka sebuah kejadian atau peristiwa. penulis juga tidak boleh melebih-lebihkan informasi sebenarnya.

b. Baru 
Peristiwa yang terjadi bulan lalu tidak memunyai nilai sebagai sebuah berita layak disiarkan. Berita itu merupakan ulasan dan penggambaran latar belakang dari peristiwa masa lalu. Ulasan tersebut perlu dilakukan karena peristiwa atau kejadian tersebut masih dianggap perlu diketahui pembaca atau pendengar. Cara tepat adalah memberi ulasan lebih luas mengenai kejadian tersebut.

c. Luar biasa
Peristiwa atau kejadian jarang terjadi dan mengherankan merupakan bahan berita baik. Peristiwa luar biasa, misalnya Dr. Yogi Ahmad Erlangga, seorang dosen ITB, berhasil memecahkan rumus Matematika Persamaan Helmholtz. Rumus tersebut telah membelenggu para pakar ilmu pengetahuan dan teknologi. Selama 30 tahun rumus tersebut tidak bisa dipecahkan.

Jika rekan-rekan ingin memiliki materi ini dalam bentuk power point materi Bahasa Indonesia Kelas VIII yang mengacu pada Permendikbud RI Nomor 24 Tahun 2016 tentang kompetensi inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 dan Permendikbud RI Nomor 8 Tahun 2016 tentang materi yang diajarkan oleh Satuan Pendidikan.

Silakan download di link di bawah ini!!
=========== DOWNLOAD ===========

👇


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian dan Ciri-Ciri Berita (Permendikbud RI Nomor 24 dan 8 Tahun 2016) Plus Power Pointnya