Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Pengertian, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan Teks Eksemplum

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan materi tentang pengertian, struktur, dan kaidah kebahasaan teks eksemplum dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 9 semester 1. Semoga apa yang admin  bagikan kali ini dapat bermanfaat buat peserta didik yang sedang mencari referensi tentang pengertian, struktur, dan kaidah kebahasaan teks eksemplum. Salam sukses.

Ayah Berusaha Lebih Memahami Orang Lain

Kejadian ini dialami oleh ayahku dua tahun yang lalu ketika dia pergi ke sebuah bank swasta dengan maksud mengambil uang di ATM.

Ayah sedang mengantre di depan ATM. Begitu mendapat giliran, seorang satpam bank menyerobotnya. Ayah mengiangatkan satpam itu dan mengatakan bahwa sekarang gilirannya. Akan tetapi, tetap saja satpam itu memaksakan diri. Begitu melirik ke tempat lain, tampak seorang pria berpakaian mahal. Rupanya satpam itu merupakan suruhan pria tersebut karena memang sebelumnya ia menyerahkan kartu ATM kepada sang satpam.

Pengertian, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan Teks Eksemplum
www.ilmubindo.com

Ayah sangat geram dan merasa terusik harga dirinya. Keesokan harinya, dia menulis surat pembaca dan dikirimkannya ke koran lokal. Beberapa saat kemudian surat itu dimuat, terbukti dia mendapat telepon dari bank yang meminta maaf dan menyesalkan kejadian tersebut. Menurut pihak bank, mereka akan segera menindaklanjuti kejadian tersebut.

Beberapa saat kemudian, Ayah tercenung. Ada rasa senang dengan respons bank yang begitu cepat menangani permasalahannya. Bersamaan dengan itu, timbul pula penyesalan pada diri Ayah. Jangan-jangan si satpam itu mendapat peringatan keras dan dipecat. Padahal persoalannya cukup sepele dan boleh jadi bukan semata-mata karena kemauan dirinya. Bisa jadi kejadian tersebut karena terpaksa oleh desakan pria berpakaian mahal itu.

Sejak peristiwa itu, Ayah berusaha untuk lebih bersabar. Dia pun lebih berusaha untuk bisa tidak mudah tersinggung dan memahami orang lain meskipun orang itu telah mengecewakannya.
  • Pengertian teks eksemplum
Teks di atas merupakan contoh teks eksemplum, yakni teks yang bercerita tentang suatu kejadian yang tidak dikehendaki sang penceritanya. Dalam teks tersebut sesuatu yang tidak dikehendaki sang pencerita itu adalah sang ayah geram karena ulah satpam yang tidak menghargai hak orang lain. Teks eksemplum tergolong bentuk narasi. Oleh karena itu, di dalamnya selalu terkandung latar, tokoh, dan alur peristiwa.
  • Struktur teks eksemplum 
1. Orientasi, berisi pengenalan atau pengantar cerita. Di dalamnya terdapat latar dan tokoh.
2. Rangkain peristiwa, berisi cerita lengkap tentang peristiwa yang tidak dikehendaki itu dari awal hingga akhir tersusun secara kronologis.
3. Penafsiran, berisi pemaknaan atas hikmah atau pelajaran yang didapat oleh pencerita dengan kejadian yang dialaminya.
  • Kaidah kebahasaan teks eksemplum
a. Penggunaan kata depan dan konjungsi temporal atau urutan waktu, seperti ketika, setelah itu, dan kemudian. Hal tersebut terkait dengan sifat teks eksemplum sebagai suatu narasi yang bersifat kronologis.

b. Penggunaan kata penghubung penyebaban, seperti karena itu, sebab, akibatnya. Ciri ini terkait dengan sifat teks eksemplum yang menyatakan penyesalan atau kekecewaan dengan penyebabnya.

c. Penggunaan kata ganti penunjuk, seperti itu, atau tersebut yang terkait dengan peristiwa, keadaan, atau latar yang diceritakan.

d. Penggunaan kata ganti orang ke tiga, seperti dia, dan mereka. Hal ini terkait dengan orang ketiga yang disampaikan oleh juru cerita (pengarang).


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan Teks Eksemplum