Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Cara Membandingkan Perbedaan dan Persamaan Isi Teks Deskripsi Edisi Terbaru

Informasi dalam teks deskripsi dapat diketahui dengan membandingkan dua buah teks. Perbandingan tersebut terdiri atas perbedaan dan persamaan dua buah teks.

Teks 1

Pesona menakjubkan Pantai Senggigi

Pantai Senggigi terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pantai Senggigi adalah sebuah tempat wisata di Lombok yang paling terkenal. Pantai Senggigi memiliki panorama yang menawan hati . banyak wisatawan luar negeri datang di pantai ini.

Cara Membandingkan Perbedaan dan Persamaan Isi Teks Deskripsi Edisi Terbaru
Pantai ini menjelma menjadi salah satu tempat menarik di Pulau Lombok dengan pemandangan garis pantainya yang panjang, terlihat indah bila dipandang dari kejauhan dan ketinggian. Dengan garis pantai yang panjang tersebut, Pantai Senggigi menyuguhkan gradasi warna pantai dari hitam ke putih. Air lautnya memiliki ombak yang tidak besar, jernih, dan bersih. Turis-turis yang datang ke pantai ini lebih senang menghabiskan waktunya dengan berjemur, berenang, snorkeling, atau sekadar main di tepian pantai.

Pantai Senggigi di Pulau Lombok menjadi tempat wisata terkenal karena panorama lautnya. Air laut Pantai Senggigi begitu jernih dan bersih, bahkan Anda dapat melihat langsung kawanan ikan yang berenang dengan bebasnya di Laut Senggigi masih terpelihara hingga sekarang. Terumbu karang yang terpelihara baik menjadikan tempat ini salah satu tempat wisata di Lombok sebagai tujuan snorkeling wisatawan.

Alam bawah laut Senggigi sangat menarik kerena keindahan bawah lautnya masih alami. Keindahan bawah laut Senggigi ini dapat dinikmati dengan menyelam. Air laut yang jernih, terumbu karang yang terawat, dan banyaknya ikan menambah keindahan bawah laut Senggigi.

Menjelang sore hari, pengunjung Pantai Senggigi dapat menikmati keindahan matahari tenggelam. Cahaya kuning kemerahan di langit tampak bersentuhan dengan birunya air laut. Pesona Pantai Senggigi semakin menawan menjelang terbenamnyasang surya.


Teks 2 
Tari Gending Sriwijaya
Tari Gending Sriwijaya merupakan tarian kolosal peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Tarian yang dahulu hanya dipentaskan oleh kalangan internal kerajaan ini dimaksudkan sebagai tari penyambutan bagi tamu kerajaan. Kini tari Gending Sriwijaya kerap dipentaskan oleh masyarakat Palembang dalam berbagai kegiatan seperti pernikahan, pertemuan-pertemuan instansi pemerintahan, hingga dalam berbagai perhelatan budaya.
Secara umum, tari Gending Sriwijaya ditarikan oleh sembilan orang penari yang semuanya adalah perempuan. Sembilan penari tersebut merupakan representasi sembilan sungai yang ada di Provinsi Sumatra Selatan. Para penari Gending Sriwijaya dikawal oleh dua orang laki-laki lengkap dengan payung dan tombak di tangannya. Seorang penari gending membawa tepak berisi sekapur sirih yang nantinya akan diberikan kepada tamu yang dianggap spesial sebagai bentuk penghormatan.
Musik yang mengiringi tari Gending Sriwijaya adalah musik yang keluar dari perpaduan alat musik gamelan. Musik gending tersebut dilengkapi dengan vokal yang umumnya menggambarkan kegembiraan dan ucapan syukur atas kesejahteraan. Meski demikian, belakangan tari Gending Sriwijaya tidak melulu diiringi oleh musik gending secara langsung, tetapi hanya menggunakan rekaman dari musik yang sudah ada.
Gerak tari Gending Sriwijaya didominasi oleh gerak membungkuk dan berlutut. Penari sesekali melempar senyum sambul melentikkan jari-jari kuku. Gerak tersebut merupakan bentuk penghormatan kepada para tamu. Gerakan inti dalam tari Gending Sriwijaya adalah gerak penari utama yang membawakan tepak berisi sekapur sirih untuk diberikan kepada tamu kehormatan. Dahulu pembawa tepak berisi sekapur sirih hanya diperbolehkan bagi para remaja putri dari keturunan raja.
Tari Gending Sriwijaya merupakan representasi nenek moyang Nusantara. Tari ini juga melambangkan bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai dan menghormati persaudaraan. Tarian ini menggambarkan kegembiraan para gadis. Tarian ini juga menggambarkan Kerajaan Sriwijaya sebagai tuan rumah yang ramah, sikap saling menghormati sesama manusia, dan bersyukur atas karunia Tuhan yang Maha Esa.
Perbedaan teks 1 dan teks 2 tersebut sebagai berikut. 
 Perbedaan: topik utama yang dideskripsikan
Teks 1: Pantai Senggigi Lombok
Teks 2: Tari Gending Sriwijaya

Perbedaan: Perincian Isi
Teks 1: pemandangan garis pantai, panorama laut, keindahan bawah laut, keindahan matahari terbenam.
Teks 2: Waktu pementasan, jumlah penari, musik yang mengiringi, gerak tari, tujuan tari.

Persamaan kedua teks sebagai berikut.
Persamaan: pola pengelompokan
Teks 1: mengelompokan bagian-bagian (garis pantai, panorama laut, bawah laut, pemandangan matahari).
Teks 2: mengelompokan bagian-bagian (waktu pementasan, jumlah penari, musik yang mengiringi, gerak tari, tujuan tari)

Persamaan: cara mengembangkan isi
Teks 1: dari umum ke khusus
Teks 2: dari umum khusus

Persamaan: kesan pancaindra
Teks 1: penglihatan (pembaca diajak seolah-olah melihat dan menyaksikan objek yang dideskripsikan).
Teks 2: penglihatan (pembaca diajak seolah-olah melihat dan menyaksikan objek yang dideskripsikan).

Download di Sini 👇


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membandingkan Perbedaan dan Persamaan Isi Teks Deskripsi Edisi Terbaru