Cara Menelaah Pola Penyajian dan Kebahasaan Teks Iklan, Slogan, atau Poster Edisi Revisi Terbaru 2016

ilmubindo.com_ Kali ini kita akan membahas tentang cara menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster materi kelas VIII edisi revisi terbaru 2016.

1. Pola Penyajian Iklan
Baik iklan, slogan, maupun poster dapat ditemukan di berbagai tempat dan setiap saat. Iklan dapat disajikan secara tertulis di surat kabar, majalah, atau internet. Sementara slogan dan poster dapat ditemukan dalam bentuk pajangan di tempat-tempat umum.

Dalam penyajian secara lisan, iklan dapat disimak melalui radio, televisi, atau internet. Iklan merupakan gabungan teks lisan, tertulis, dan gerak. Bentuk-bentuk iklan tersebut memiliki karakteristik dalam pola penyajiannya.

a. Iklan Media Cetak
Karakter utama iklan tersebut adalah penggunaan bahasa tertulis. Selain mengutamakan kejelasan kata-katanya, iklan di media cetak mengandalkan desain grafis, seperti warna dan bentuk huruf, tata letak, dan gambar. Iklan di media cetak dapat disajikan dalam bentuk baris dan kolom.

Cara Menelaah Pola Penyajian dan Kebahasaan Teks Iklan, Slogan, atau Poster Edisi Revisi Terbaru 2016
www.ilmubindo.com
 
b. Iklan Elektronik
Iklan elektronik adalah iklan yang berbasis perangkat elektronik. Iklan elektronik mencakup berikut.

1) Iklan radio, iklan ini mengandalkan efek suara, baik berupa tuturan, musik maupun bunyi-bunyi.
2) Iklan televisi, iklan ini mengandung unsur suara, gambar, dan gerak.
3) Iklan film, iklan film yang tersaji dalam judul film. Iklan tersebut akan muncul sebelum film diputar.

2. Struktur Teks Iklan
Teks iklan disusun berdasarkan struktur pembangun teks. Struktur teks iklan terdiri atas tiga bagian, yaitu judul atau nama produk, penjelasan, dan nama serta alamat pengiklan.

a. Judul atau Nama Produk
Bagian ini berisi nama produk, jasa, atau kegiatan yang diiklankan. Bagian ini adalah bagian terpenting dari sebuah iklan. Judul atau nama produk tidak selalu terletak pada awal tulisan, tetapi merupakan bagian pertama yang dibaca orang. Melalui bagian ini pembaca dapat mengetahui iklan yang ditawarkan meskipun tidak selalu menggambarkan produk yang ditawarkan secara jelas.

b. Penjelasan
Bagian ini berisi tujuan produk, jasa, atau kegiatan tersebut diiklankan. Bagian ini juga menerangkan penjelasan dan detail iklan tersebut. Aspek-aspek yang ingin disampaikan atau ditawarkan pemasang iklan disampaikan secara terperinci.

c. Nama dan Alamat Pengiklan
Bagian ini berisi nama orang, alamat, atau nomor telepon yang dapat dihubungi.

Perhatikan contoh struktur teks iklan berikut!