Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Cara Menelaah Struktur dan Kaidah Teks Eksposisi Revisi Terbaru

Kali ini admin akan bagikan cara menelaah struktur dan kaidah teks eksposisi revisi terbaru yang mengacu pada Permendikbud RI Nomor 24 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013.

Cara Menelaah Struktur dan Kaidah Teks Eksposisi Revisi Terbaru
1. Struktur Teks Eksposisi
Teks Eksposisi terdiri atas bagian-bagian berikut.
a. Tesis, Yaitu berupa pengenalan isu, masalah ataupun pandangan penulis secara umum tentang topik yang akan di bahas.
b. Rangkaian argumen, berupa sejumlah pendapat atau argumen penulis sebagai penjelasan atas tesis yang dikemukakan sebelumnya. Pada bagian ini dikemukakan pula sejumlah fakta yang memperkuat argumen-argumen penulis.
c. Penegasan ulang, yaitu sebagai perumusan kembali secara singkat. Bagian ini sering pula disebut penutup atau kesimpulan.

2. Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi
Kaidah kebahasaan yang terdapat dalam teks eksposisi adalah sebagai berikut.
a. Menggunakan kata-kata teknis atau peristilahan yang berkenan dengan topik yang dibahas. Dengan topik anak jalanan, peristilahan yang digunakan adalah miskin, ekonomi, norma, dan sosial.
b. Menggunakan kata-kata (verba), seperti diharapkan, memprihatinkan, mengagumkan, menduga, berpendapat, berasumsi,  menyimpulkan.
c. Menggunakan kata-kata perujukan, seperti berdasarkan data ..., merujuk pada pendapat.
d. Menggunakan kata-kata persuasif, seperti hendaklah, sebaiknya, diharapkan, dan perlu. Selain itu, teks eksposisi lebih banyak menggunakan kata denotatif atau makna sebenarnya.
e. Menggunakan kata-kata yang menunjukkan hubungan argumentasi (kausalitas). Contoh, jika ..., sebab..., karena ..., dan dengan demikian ....
f. Menggunakan kohesi dan konjungsi. Konjungsi berfungsi untuk membentuk kepaduan antarkalimat dan antarparagraf dalam teks eksposisi. Konjungsi berfungsi untuk menghubungkan klausa-klausa dalam kalimat majemuk pada teks eksposisi.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menelaah Struktur dan Kaidah Teks Eksposisi Revisi Terbaru