Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Cara Menentukan Isi Teks Deskripsi Revisi Terbaru

ilmubindo.com_ Setiap bacaan pasti memiliki pokok pikiran. Pokok pikiran terdapat dalam kalimat paling umum (kalimat utama), dijelaskan oleh kalimat lain, dan kata kuncinya selalu diulang-ulang. Pokok pikiran adalah suatu masalah atau peristiwa yang dibahas atau diungkapkan dalam sebuah bacaan. Pokok pikiran diungkapkan dalam sebuah bacaan. Pokok pikiran diungkapkan dengan kata-kata atau frasa. Paragraf dengan letak pokok pikiran di awal disebut paragraf deduktif. Paragraf dengan pokok pikiran terletak di akhir paragraf disebut induktif. Paragraf dengan pokok pikiran terletak di awal dan di akhir paragraf disebut deduktif-induktif.

Dalam paragraf berjenis narasi dan deskripsi pokok pikiran dapat tersebar di seluruh paragraf. Pikiran atau gagasan pokok sebuah paragraf berisi suatu pernyataan yang akan dijelaskan lebih lanjut oleh kalimat lainnya dalam bentuk kalimat penjelas. Kalimat penjelas adalah kalimat yang memberikan penjelas tambahan atau detail rincian pokok suatu paragraf. Paragraf baik memuat ide atau gagasan menarik. Gagasan tersebut diperlukan untuk merangkai keseluruhan tulisan. Paragraf memuat informasi yang disampaikan melalui kalimat-kalimat dalam paragraf.

 
Cara Menentukan Isi Teks Deskripsi Revisi Terbaru
www.ilmubindo.com

Cara Menentukan Informasi-Informasi Teks Deskripsi
a. Membaca keseluruhan teks deskripsi.
b. Memahami isi teks deskripsi.
c. Menemukan ide pokok setiap paragraf dalam teks deskripsi.

Bacalah Teks Berikut!
Pesona Menakjubkan Pantai Senggigi

Pantai Senggigi terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pantai Senggigi adalah sebuah tempat wisata di Lombok yang paling terkenal. Pantai Senggigi memiliki panorama yang menawan hati . banyak wisatawan luar negeri datang di pantai ini.

Pantai ini menjelma menjadi salah satu tempat menarik di Pulau Lombok dengan pemandangan garis pantainya yang panjang, terlihat indah bila dipandang dari kejauhan dan ketinggian. Dengan garis pantai yang panjang tersebut, Pantai Senggigi menyuguhkan gradasi warna pantai dari hitam ke putih. Air lautnya memiliki ombak yang tidak besar, jernih, dan bersih. Turis-turis yang datang ke pantai ini lebih senang menghabiskan waktunya dengan berjemur, berenang, snorkeling, atau sekadar main di tepian pantai.

Pantai Senggigi di Pulau Lombok menjadi tempat wisata terkenal karena panorama lautnya. Air laut Pantai Senggigi begitu jernih dan bersih, bahkan Anda dapat melihat langsung kawanan ikan yang berenang dengan bebasnya di Laut Senggigi masih terpelihara hingga sekarang. Terumbu karang yang terpelihara baik menjadikan tempat ini salah satu tempat wisata di Lombok sebagai tujuan snorkeling wisatawan.

Alam bawah laut Senggigi sangat menarik kerena keindahan bawah lautnya masih alami. Keindahan bawah laut Senggigi ini dapat dinikmati dengan menyelam. Air laut yang jernih, terumbu karang yang terawat, dan banyaknya ikan menambah keindahan bawah laut Senggigi.

Menjelang sore hari, pengunjung Pantai Senggigi dapat menikmati keindahan matahari tenggelam. Cahaya kuning kemerahan di langit tampak bersentuhan dengan birunya air laut. Pesona Pantai Senggigi semakin menawan menjelang terbenamnyasang surya.

Untuk menentukan informasi yang terdapat dalam teks deskripsi tersebut, kamu dapat membuat pertanyaan-pertanyaan berdasarkan teks deksripsi tersebut. Jawaban-jawaban pertanyaan tersebut merupakan informasi dalam teks deskripsi.

Contoh:
1. Di manakah letak Pantai Senggigi?
Jawaban:
Pantai Senggigi terletak di Lombok, Nusa Tenggara Timur.

2. Mengapa Pantai Senggigi menjadi salah satu tempat menarik di Lombok?
Jawaban:
Pantai ini menjelma menjadi salah satu tempat menarik di Lombok karena pemandangan garis pantainya panjang terlihat indah bila dipandang dari kejauhan dan ketinggian.

3. Siapakah yang senang menghabiskan waktunya dengan melakukan aktivitas di Pantai Senggigi?
Jawaban:
Turis-turis yang datang di pantai ini lebih senang menghabiskan waktunya dengan berjemur, berenang, snorkeling, atau sekadar bermain-main di tepi pantai.

4. Bagaimana kondisi terumbu karang di alam bawah laut Senggigi?
Jawaban:
Kehidupan terumbu karang di Pantai Senggigi masih terpelihara hingga sekarang. Terumbu karang yang terpelihara baik ini menjadikan tempat ini sebagai salah satu tempat wisata di Lombok untuk tujuan snorkeling wisatawan.

5. Kapankah pengunjung Pantai Senggigi dapat menikmati keindahan matahari?
Jawaban:
Menjelang sore hari, pengunjung Pantai Senggigi dapat menikmati keindahan matahari tenggelam.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menentukan Isi Teks Deskripsi Revisi Terbaru