Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Contoh Pola Pengembangan Struktur Cerita Fantasi Edisi Terbaru

Bagian /Struktur Cerita: Orientasi
Contoh Pola Pengembangan 👇

a. Dikembangkan dari ekspresi latar
Contoh:
Anak-anak itu tidak mau mengganggu. Maka mereka hendak kembali bermain. Saling dorong di tanah yang menghambur-hamburkan debu ke udara. Tergelak-gelak dan bersorak-sorak. Jelang senja menyulut merah.
Cara Menelaah Struktur Cerita Fantasi Edisi Revisi Terbaru
Amma Lolo duduk di sofa ruang tamu. Anak-anak di luar begitu ramai. 

....

b. Dikembang dari pengenalan tokoh
Contoh:
Lihatlah perempuan tua itu betapa ganjil. Kain dan kerudung serba hitam. Tas tangan dengan kulit imitasi yang terkelupas-tempat menyimpan minyak dan ramu-ramuan, seperti mantra yang tersimpan dalam cuaca. Sandal yang terangkat dengan tempo cepat-cepat. Orang-orang bilang: ia sungguh sudah tua. Seperti nenek-nenek mereka yang semakin tinggal lama di rumah. Namun, tak ada raut keriput dan kisut. Pun uban pun masih jarang-jarang.

c. Dikembangkan dari pengenalan konflik
Contoh:
"Kau harus membawanya kembali!" Erza berteriak kalang kabut. Aku gugup. Bingung. Tak tahu apa yang harus kuperbuat, sedangkan manusia dengan wajah setengah kera itu memandang keliling. Manusia purba itu menemukanku ketika aku menelitinya dan tanpa kusadari ia mengikutiku. Manusia purba itu akan mati jika tidak kembali dalam waktu 12 jam.

Bagian/Struktur Cerita: Komplikasi
Contoh Pola Pengembangan 👇

a. Dikembangkan dengan menghadirkan tokoh lain
Contoh:
Tiba-tiba makhluk hijau berukuran kecil mulai keluar dari tempat persembunyiannya dan mendekati Joshua. Jumlah mereka sangat banyak.

b. Dikembangkan dengan mengubah latar
Contoh:
Joshua melihat cahaya di depan matanya. Kemudian, ia berjalan ke arah cahaya agar ia tahu keberadaannya.

Sumber cahaya di tempat gelap tersebut berasal dari tempat yang indah. Joshua mengagumi keindahan tempat tersebut. Ia menyusuri jalan yang dipenuhi rumput bersinar.

c. Dikembangkan dengan melompat pada zaman yang berbeda (masa lampau atau masa depan).
Contoh:
Joshua duduk di bawah pohon apel tua dan bersandar. Tanpa di sadari Joshua, pohon tersebut bersinar dan membuat Joshua masuk ke dalam pohon tersebut. Ia jatuh ke dalam lubang sangat dalam. Semakin dalam lubang semakin gelap. Joshua berteriak ketakutan. Tanpa disadari, Joshua mendarat di tempat dengan alas sangat empuk.

Bagian/Struktur Cerita:  Resolusi
Contoh Pola Pengembangan 👇

a. Dikembangkan dengan lompatan waktu
Contoh:
Dulu. Dulu sekali. Amma Lolo juga senang ikut bermain begitu. Ketika kecil. Di sebuah desa agak jauh. Sebelum pindah ke kota: ikut nasib suami sebagai tukang kayu.

b. Dikembangkan dengan sebab akibat yang unik
Contoh:
Lalu mereka bersama-sama menuju pintu keluar dan pergi menemui Noc Smuggle. Akhirnya dengan bantuan Noc Smuggle, mereka dapat kembali ke dunia mereka. Kakeknya sangat senang melihat dua cucunya sedang dalam perjalanan dari kebun.

c. Dikembangkan dengan surprise
Contoh:
Joddie masih di gudang saat Joshua dan Callie sedang sibuk bercerita. Ia masih penasaran dengan buku kuno yang terbuka pada bagian mantera yang pernah dibaca Callie. Lalu tanpa disengaja ia membaca mantera tersebut. Tiba-tiba saja sebuah cahaya dari pohon apel tua tersebut muncul dan Joddie hilang menuju ke dunia Noc Smuggle.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Pola Pengembangan Struktur Cerita Fantasi Edisi Terbaru