Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Contoh Soal, Kunci Jawaban, dan Pembahasan Pilihan Ganda Teks Deskripsi Part 2

1. Gua peninggalan penjajahan Jepang itu tidak terawat. Banyak coretan di dinding gua mengganggu pemandangan mata. Di pintu masuk gua ditumbuhi banyak rumput dan ilalang. Sampah-sampah berserakan di dasar gua. Rupanya pemerintah setempat kurang memedulikan objek bersejarah tersebut. 
Contoh Soal, Kunci Jawaban, dan Pembahasan Pilihan Ganda Teks Deskripsi Part 2

Tanggapan yang sesuai dengan teks tersebut adalah ....
A. Pengelola gua peninggalan Jepang harus memperingatkan pengunjung agar membawa kantong plastik.
B. Pemerintah sebaiknya membuat pintu masuk baru ke gua peninggalan Jepang.
C. Pengelola sebaiknya menyiangi rumput dan ilalang di depan pintu masuk gua.
D. Pemerintah sebaiknya peduli terhadap objek bersejarah, seperti gua peninggalan Jepang tersebut.

Jawaban: (D)
Tanggapan tepat harus sesuai dengan isi bacaan yang dibahas. Bacaan tersebut membahas gua peninggalan Jepang yang tidak terawat. Tanggapan sesuai dengan isi bacaan terdapat pada pilihan jawaban D. Pernyantaan pada pilihan jawaban A, B, dan C tidak sesuai dengan isi bacaan.

Teks berikut untuk menjawab soal nomor 2 dan 3.
Reog merupakan kesenian berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Oleh karena itu, kesenian tersebut dikenal dengan nama Reog Ponorogo. Gerbang Kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak. Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan unsur-unsur mistik dan ilmu kebatinan.
Ada lima versi cerita mengenai asal-usul Reog dan warok yang berkembang di masyarakat. Namun, salah satu cerita yang paling terkenal adalah cerita pemberontakan Ki Ageng Kutu. Ki Ageng Kutu adalah seorang abdi kerajaan pada masa Bhre Kertabhumi. Bhre Kertabhumi adalah Raja Majapahit terakhir yang berkuasa pada abad ke-15. Ki Ageng Kutu tidak suka karena melihat Bhre Kertabhumi mendapat pengaruh kuat permaisurinyayang berasal dari Cina. Selain itu, Ki Ageng Kutu marah kepada rajanya yang korup. Ia mengetahui bahwa kekuasaan Kerajaan Majapahit akan berakhir. Kemudian, Ki Ageng Kutu meninggalkan sang raja dan mendirikan perguruan seni bela diri, ilmu kekebalan diri, dan ilmu kesempurnaan. Ia berharap para pemuda ini akan kembali. Ia sadar bahwa pasukannya terlalu kecil untuk melawan pasukan kerajaan. Oleh karena itu, pesan politis Ki Ageng Kutu disampaikan melalui pertunjukkan seni Reog, yang merupakan "sindiran" kepada raja Bhre Kertabhumi. Pertunjukkan Reog menjadi cara Ki Ageng Kutu membangun perlawanan masyarakat lokal menggunakan kepopuleran Reog.

2. Penyataan yang mengandung unsur deskripsi umum adalah ....
A. Reog merupakan kesenian budaya berasal dari Provinsi Jawa Timur. Oleh karena itu, kesenian tersebut dikenal dengan nama Reog Ponorogo.
B. Ada lima versi cerita mengenai asal-usul Reog dan warok yang berkembang di masyarakat. Namun, salah satu cerita yang paling terkenal adalah cerita pemberontakan Ki Ageng Kutu.
C. Gerbang Kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak. Kedua tokoh ini sangat dikenal di Kota Ponorogo. Ponorogo merupakan kota asal seni Reog yang menampilkan tokoh warok dan gemblak tersebut.
D. Pesan politis Ki Ageng Kutu disampaikan melalui pertunjukkan seni Reog, yang merupakan "sindiran" kepada Raja Bhre Kertabhumi. Pertunjukkan Reog menjadi cara Ki Ageng Kutu membangun perlawan masyarakat lokal menggunakan kepopuleran Reog.

Jawaban: (A)
Pernyataan yang mengandung unsur deskripsi umum terdapat pada pilihan jawaban A. Unsur deskripsi umum berarti unsur berisi definisi. Pilihan jawaban A menyatakan definisi kesenian Reog Ponorogo. Pilihan jawaban B, C, dan D tidak tepat karena merupakan unsur deskripsi bagian.

3. Teks deskripsi tersebut dapat diringkas menjadi ....
A. Reog merupakan kesenian budaya berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Ponorogo merupakan kota asal seni Reog tersebut. Gerbang kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak.
B. Ada lima versi cerita mengenai asal-usul Reog dan warok yang berkembang di masyarakat. Namun, salah satu cerita yang paling terkenal adalah cerita pemberontakan Ki Ageng Kutu. Ki Ageng Kutu. Ki Ageng Kutu seorang abdi kerajaan pada masa Bhre Kertabhumi.
C. Reog merupakan kesenian budaya berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Ada lima versi cerita mengenai asal-usul Reok dan warok yang berkembang di masyarakat. Namun, salah satu cerita yang paling terkenal adalah cerita pemberontakan Ki Ageng Kutu.
D. Gerbang Kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak. Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan unsur-unsur mistik dan ilmu kebatinan. Ada lima versi cerita mengenai asal-usul Reog dan warok yang berkembang di masyarakat.

Jawaban: (C)
Ringkasan teks deskripsi tentang kesenian Reog Ponorogo terdapat pada pilihan jawaban C. Paragraf ringkasan tersebut berisi rangkaian ide pokok setiap paragraf dalam teks. Pilihan jawaban A, B, dan D belum mewakili ide pokok setiap paragraf dalam teks.

4. Paragraf yang mengandung unsur deskripsi umum adalah ....
A. Rumah makan Nyamleng terletak di sebelah selatan alun-alun Kota Malang. Rumah makan ini terkenal dengan masakan tradisionalnya. Nama rumah makan ini berasal dari bahasa Jawa yang berarti enak sekali. Sesuai dengan namanya, rumah makan ini menyediakan masakan Jawa dengan cita rasa tinggi. Bangunan rumah makan ini berarsitektur Jawa.
B. Ketika memasuki rumah makan Nyamleng, kita disambut gapura bernuansa Jawa yang berdiri kukuh di pintu masuk. Di bagian depan rumah ini terpasang gapura indah bertuliskan huruf Jawa dengan warna alami. Begitu memasuki pintu utama kita akan disambut ruangan sejuk berestetika tinggi. Lantai rumah makan ini terbuat dari kayu berwarna cokelat tua. Dinding rumah makan berwarna putih bersih.
C. Di bagian tengah rumah makan Nyamleng diletakkan gamelan Jawa yang tertata rapi lengkap dengan niyaganya. Warna keemasan gamelan dengan kayu warna cokelat gelap sangat indah dipandang. Di samping gamelan terdapat meja kursi antik dengan warna legam. Di pojok ruangan diletakkan lampu hias dengan ornamen kuning keemasan.
D. Di bagian belakang rumah makan Nyamleng terdapat kolam ikan nila. Warna merah yang mendominasi kolam tampak seperti kain indah yang sedang dimainkan seorang penari. Kolam itu tidak terlalu luas, tetapi asri. Di pinggir kolam dihiasi beragam bunga. Bunga beraneka warna dipinggir kolam menambah keasrian rumah makan  ini.

Jawaban: (A)
Paragraf yang mengandung unsur deskripsi umum terdapat pada pilihan jawaban A. Paragraf tersebut menjelaskan rumah makan Nyamleng secara umum. Pilihan jawaban B, C, dan D merupakan unsur deskripsi bagian.

5. Pemerintah kabupaten Probolinggo menawarkan paket wisata erupsi Gunung Bromo. Penawaran ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan sekaligus memberikan jamina bahwa gunung setinggi 2.329 m dari permukaan laut tersebut aman dikunjungi meskipun berstatus siaga. Wisatawan dapat menikmati pemandangan eksotis Gunung Bromo dari jauh. Penawaran paket wisata ini termasuk kegiatan menikmati hasil panen dan keindahan matahari terbit.

Teks tersebut membahas tentang ....
A. keindahan Gunung Bromo
B. penawaran paket wisata erupsi Gunung Bromo
C. peningkatan kunjungan wisatawan
D. pemandangan eksotis Gunung Bromo.

Jawaban: (B)
Masalah yang dibahas dalam teks tersebut adalah penawaran paket wisata erupsi Gunung Bromo. Penawaran tersebut dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Penawaran paket wisata ini termasuk kegiatan menikmati hasil panen dan keindahan matahari terbit.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Soal, Kunci Jawaban, dan Pembahasan Pilihan Ganda Teks Deskripsi Part 2