Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Jenis-Jenis Teks Iklan Materi Kelas VIII Edisi Revisi 2016 K13

Jenis teks iklan memiliki berbagai jenis. Jenis teks iklan yang akan kita bahas kali ini terbagi atas tiga jenis, yaitu berdasarkan sifat, tujuan, dan ruang.

a. Berdasarkan Sifat Iklan
Teks iklan terbagi menjadi dua klasifikasi berdasarkan sifatnya, yaitu teks iklan niaga dan teks iklan nonniaga.
Jenis-Jenis Teks Iklan Materi Kelas VIII Edisi Revisi 2016 K13

1) Teks Iklan Niaga
Teks iklan niaga adalah teks iklan dibuat untuk memengaruhi khalayak umum atau warga masyarakat supaya tertarik untuk memiliki, membeli, dan menggunakan produk yang diiklankan.

Perhatikan contoh iklan berikut!


2. Teks Iklan Nonniaga
Teks iklan nonniaga adalah teks iklan yang digunakan sebagai iklan layanan masyarakat dengan tujuan menarik perhatian masyarakat. Jadi, warga masyarakat memunyai rasa simpati atau memberikan dukungan terhadap aspek yang diiklankan.

Perhatikan contoh iklan berikut ini!


b. Berdasarkan Tujuan Iklan
1) Teks iklan penawaran atau Permintaan
Teks iklan penawaran biasanya berupa iklan niaga penawaran produk barang atau jasa agar masyarakat membeli atau mengonsumsi. Sementara itu, teks iklan produk permintaan berisi permintaan agar orang lain mau bekerja sama dengan pemasang iklan.

Contoh iklan penawaran


Contoh iklan permintaan


2) Teks Iklan Pengumuman
Teks iklan pengumuman termasuk iklan nonniaga yang memberitahukan kepentingan atau penerangan kepada masyarakat. Teks iklan ini juga berupa pemberitahuan tentang suatu peristiwa, seperti kematian, kelahiran, pernikahan, atau keberhasilan seseorang.

Contoh iklan pengumuman pernikahan


c. Berdasarkan Ruang Iklan
1) Teks Iklan Baris
Teks iklan baris adalah iklan singkat terdiri atas beberapa baris dalam sebuah kolom khusus. Teks iklan ini berisi berbagai penawaran seperti rumah disewakan atau dikontrakkan, rumah dijual, lowongan pekerjaan, penjualan atau pencarian barang bahkan penawaran jasa. Jumlah ruang yang disediakan teks iklan sangat terbatas. Oleh karena, teks ini menggunakan singkatan untuk menghemat tempat.

Meskipun ditulis menggunakan banyak singkatan, informasi yang disajikan lengkap dan isi teks harus mudah ditafsirkan dan dipahami pembaca. Sementara itu, penggunaan singkatan juga untuk menghemat biaya pemasangan iklan. Biaya pemasangan teks iklan dihitung berdasarkan jumlah kata, jumlah baris, panjang, dan jangka waktu penerbitan.

2). Teks Iklan Kolom (Display)
Teks iklan kolom (Display) terdiri atas ilustrasi (gambar, foto,atau bagan) dan kata-kata. Teks iklan ini dilihat dari ukurannya lebih besar daripada iklan baris, bahkan ada yang penuh satu halaman untuk menarik perhatian pembaca. Teks iklan kolom berisi penawaran, ajakan, dan rayuan untuk membeli produk atau barang yang ditawarkan. Di dalam iklan kolom ada juga iklan pribadi atau keluarga berisi informasi atau pemberitahuan kepada masyarakat, misalnya iklan berita pernikahan, berita duka-cita, atau ucapan terima kasih. Selain itu, ada iklan layanan masyarakat yang disampaikan oleh pemerintah, misalnya iklan keluarga berencana atau kampanye bahaya narkoba.

Iklan layanan masyarakat digunakan untuk menyampaikan informasi, mempersuasi atau mendidik khayalak denga tujuan akhir bukan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi, melainkan keuntungan sosial. Keuntungan sosial dapat berarti penambahan pengetahuan, kesadaran sikap dan perubahan perilaku masyarakat terhadap masalah yang diiklankan, serta mendapatkan citra baik di mata masyarakat.

Iklan tidak hanya bagian dari industri berskala besar. Namun, iklan sering digunakan untuk kepentingan-kepentingan berikut.
a) Bagi perusahaan bisnis komersial, untuk menjual barang dan jasa.
b) Bagi dunia perkantoran, untuk mendapatkan karyawan.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jenis-Jenis Teks Iklan Materi Kelas VIII Edisi Revisi 2016 K13