Kumpulan Contoh Soal dan Kunci Jawaban Tes Uraian Teks Eksemplum Part 3

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal lengkap dengan kunci jawaban teks Eksemplum bagian 3 di kelas 9. Semoga contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat bermanfaat buat peserta didik pastinya. Selamat belajar, dan semoga apa yang kalian pelajari hari ini dapat bermanfaat buat masa depan kalian yang lebih baik. Salam sukses.

Berlibur ke Rumah Kakek

Setiap libur sekolah aku biasa ke rumah kakek dan nenek. Kakek dan nenek tinggal di Malang. Satu miinggu sebelumnya aku telah memesan tiket kereta api. Aku memesan dua lembar tiket untukku dan adikku.

Pagi itu aku dan adikku bangun pagi. Setelah sarapan, kami berpamitan kepada ayah dan ibu. Ayah mengingatkan aku untuk mengecek tiket. Aku sudah yakin dengan diriku sendiri bahwa tiket sudah berada di tas. Aku berangkat ke stasiun diantar ayah.

Kumpulan Contoh Soal dan Kunci Jawaban Tes Uraian Teks Eksemplum Part 3
www.ilmubindo.com

Begitu sampai di stasiun ayah langsung pulang karena segera berangkat kerja. Ketika memasuki peron, petugas meminta tiketku. Aku mencari-cari tiket di dalam tas. Astaga, aku teringat bahwa tiket itu berada di tas sekolah. Aku tidak mungkin pulang mengambil tiket karena jam keberangkatan kereta api sudah dekat. Untung aku diberi uang oleh ayah untuk pegangan di jalan. Aku langsung menuju loket membeli dua tiket. Aku lega karena tiket masih ada. Kami segera masuk ke peron dan menunggu kedatangan kereta.

Aku selalu yakin dan percaya diri bahwa aku sudah teliti. Anjuran ibuku pun tidak kupedulikan . Akibatnya, aku harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli tiket. sebaiknya seorang anak harus menjalankan anjuran orang tua.

1. Tentukan peristiwa pokok dalam insiden tersebut!
Jawaban:
Peristiwa pokok dalam insiden tersebut adalah ketinggalan tiket, tiket masih berada dalam tas sekolah di rumah.

2. Tentukan pesan yang terkandung dalam teks tersebut!
Jawaban:
Teks tersebut mengandung pesan bahwa kita harus teliti sebelum melangkah. Selain itu, kita harus mendengarkan dan menjalankan anjuran orang tua.

3. Lengkapi bagian koda dalam teks eksemplum tersebut!
Jawaban:
Perjalanan di kereta api sangat menyenangkan karena aku akan bertemu kakek dan nenek. Kami akan berlibur selama satu minggu.