Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Kumpulan Contoh Soal dan Kunci Jawaban Tes Uraian Teks Eksemplum Part 4

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal lengkap dengan kunci jawaban teks Eksemplum kelas 9. Semoga contoh soal-soal yang admin bagikan kali ini dapat bermanfaat buat peserta didik dalam mencari referensi tentang contoh soal terbaru seputar teks Eksemplum dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 9. Selamat belajar, semoga apa yang kalian cita-citakan dapat tercapai dengan baik.

Akibat Kesombongan Rajawali

Pada suatu hari terlihat seekor burung rajawali sangat gagah. Burung rajawali itu tinggal di sebuah gunung tinggi. Dia adalah raja dari segala burung di gunung itu.

Suatu hari seorang pemburu mencoba untuk menangkap si rajawali, dengan cara memanahnya. Namun, upaya pemburu itu selalu gagal. Panah si pemburu pada saat itu hanyalah bilah kayu runcing. Jika ditembakkan, pasti akan meleset jauh dari sasaran.

Kumpulan Contoh Soal dan Kunci Jawaban Tes Uraian Teks Eksemplum Part 4
www.ilmubindo.com
Melihat upaya sang pemburu selalu gagal, si rajawali tertawa terpingkal-pingkal sambil mengejek sang pemburu. Rajawali juga senggaja melepaskan satu helai bulunya agar sang pemburu semakin marah dan panas. Bulu yang dijatuhkan rajawali itu jatuh tepat di hadapan sang pemburu. Pemburu pun mengambil bulu itu dan membawanya pulang.

Keesokan harinya pemburu itu datang lagi. Kali ini sang pemburu meletakkan bulu rajawali di belakang anak panah. Maksud si pemburu menaruh bulu itu di anak panahnya hanyalah sebagai hiasan. Ternyata dampak yang ditimbulkan sangat luar biasa. Panah itu tak lagi goyang karena angin. Panah itu melesat lurus ke arah rajawali. Rajawali itu terpanah tepat di dadanya.

1. Tentukan tema cerita tersebut!
Jawaban:
Cerita tersebut mengandung tema memburu rajawali sombong.

2. Tentukan sifat tokoh rajawali dalam tokoh cerita tersebut!
Jawaban:
Rajawali memiliki sifat sombong.

3. Tentukan amanat dalam cerita tersebut!
Jawaban:
Jangan pernah meremehkan sesuatu yang kecil sekalipun kerena bisa berakibat celaka bagi kita.

4. Ringkaslah teks cerita tersebut!
Jawaban:
Ringkasan cerita tersebut sebagai berikut.
Ada seekor rajawali gagah tinggal di sebuah gunung. Suatu hari seorang pemburu mencoba menangkap rajawali dengan cara memanahnya. Namun, pemburu tidak berhasil kerena panahnya terbuat dari bilah kayu runcing. Rajawali itu selalu mengejek, rajawali melepaskan bulu dan jatuh di depan pemburu. Oleh pemburu, bulu tersebut diambilnya. Keesokan harinya, bulu rajawali tersebut ditaruh di panah untuk hiasan. Ternyata penah pemburu tidak goyang terkena angin. Panah dapat melesat lurus ke arah rajawali. Rajawali terkena panah pemburu.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kumpulan Contoh Soal dan Kunci Jawaban Tes Uraian Teks Eksemplum Part 4