Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Pengertian dan Ciri-Ciri Teks Eksposisi Revisi Terbaru 2016

Pengertian Teks Eksposisi
Kata eksposisi (exposition) berasal dari bahasa Latin yang berarti memberitahukan, memaparkan, menguraikan, atau menjelaskan. Eksposisi merupakan paparan yang berusaha memberi tahu atau menerangkan sesuatu. Eksposisi ditulis dalam paragraf dengan tujuan untuk memberitahukan, memaparkan menguraikan, atau menerangkan sesuatu kepada pembaca tertentu.
Pengertian dan Ciri-Ciri Teks Eksposisi Revisi Terbaru 2016

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, eksposisi adalah uraian atau paparan yang bertujuan menjelaskan maksud dan tujuan dalam karangan. Menurut Gorys Keraf dalam Eksposisi dan Deskripsi, eksposisi atau pemaparan adalah salah satu bentuk tulisan atau keterampilan berbahasa secara efektif yangb berusaha untuk menerangkan dan menguraikan suatu pokok pikiran yang dapat memperluas pandangan atau pengetahuan seseorang yang membaca uraian tersebut.

Di dalam eksposisi terdapat bahan-bahan yang dikomunikasikan semata-mata untuk informasi. Informasi tersebut berupa data faktual misalnya tentang kejadian sejarah, cara bekerja sebuah mesin, dan proses pembuatan sesuatu. Eksposisi dapat pula berupa uraian yang jelas tentang seperangkat fakta. Mungkin pula eksposisi merupakan kenyataan tentang pandangan khusus yang dipegang oleh seseorang dalam satu bidang. Tujuan utama eksposisi adalah memberi informasi dan sama sekali tidak bermaksud mendorong atau memaksakan orang lain untuk menerima opini tertentu sebagai sesuatu yang sahih (valid).

Ciri-Ciri Teks Eksposisi
1. Penulis teks berusaha menjelaskan sesuatu secara objektif, tidak ada unsur-unsur yang bersifat subjektif.
2. Gaya penulisan bersifat informatif. Tujuan dari pemaparan paragraf eksposisi adalah menambah pengetahuan pembaca dan memberi informasi yang menerangkan sejelas-jelasnya tentang sesuatu yang dipaparkan.
3. Teks memuat fakta yang terdapat di lapangan. Fakta tersebut dipakai sebagai penyumbang utama dan bersifat konkret.

Bentuk eksposisi atau paparan memiliki tujuan yaitu ingin memberi penjelasan atau keterangan. Bentuk eksposisi juga bertujuan mengembangkan gagasan penulis. Supaya paparan tersebut semakin jelas dapat disertakan gambar, denah, dan angka-angka.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian dan Ciri-Ciri Teks Eksposisi Revisi Terbaru 2016