Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Pengertian dan Ciri-Ciri Teks Eksposisi Revisi Terbaru 2016


Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com_ Kata eksposisi (exposition) berasal dari bahasa Latin yang berarti memberitahukan, memaparkan, menguraikan, atau menjelaskan. Eksposisi merupakan paparan yang berusaha memberi tahu atau menerangkan sesuatu. Eksposisi ditulis dalam paragraf dengan tujuan untuk memberitahukan, memaparkan menguraikan, atau menerangkan sesuatu kepada pembaca tertentu.

Pengertian dan Ciri-Ciri Teks Eksposisi Revisi Terbaru 2016
www.ilmubindo.com

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, eksposisi adalah uraian atau paparan yang bertujuan menjelaskan maksud dan tujuan dalam karangan. Menurut Gorys Keraf dalam Eksposisi dan Deskripsi, eksposisi atau pemaparan adalah salah satu bentuk tulisan atau keterampilan berbahasa secara efektif yangb berusaha untuk menerangkan dan menguraikan suatu pokok pikiran yang dapat memperluas pandangan atau pengetahuan seseorang yang membaca uraian tersebut.

Di dalam eksposisi terdapat bahan-bahan yang dikomunikasikan semata-mata untuk informasi. Informasi tersebut berupa data faktual misalnya tentang kejadian sejarah, cara bekerja sebuah mesin, dan proses pembuatan sesuatu. Eksposisi dapat pula berupa uraian yang jelas tentang seperangkat fakta. Mungkin pula eksposisi merupakan kenyataan tentang pandangan khusus yang dipegang oleh seseorang dalam satu bidang. Tujuan utama eksposisi adalah memberi informasi dan sama sekali tidak bermaksud mendorong atau memaksakan orang lain untuk menerima opini tertentu sebagai sesuatu yang sahih (valid).

Ciri-Ciri Teks Eksposisi
 
1. Penulis teks berusaha menjelaskan sesuatu secara objektif, tidak ada unsur-unsur yang bersifat subjektif.
2. Gaya penulisan bersifat informatif. Tujuan dari pemaparan paragraf eksposisi adalah menambah pengetahuan pembaca dan memberi informasi yang menerangkan sejelas-jelasnya tentang sesuatu yang dipaparkan.
3. Teks memuat fakta yang terdapat di lapangan. Fakta tersebut dipakai sebagai penyumbang utama dan bersifat konkret.

Bentuk eksposisi atau paparan memiliki tujuan yaitu ingin memberi penjelasan atau keterangan. Bentuk eksposisi juga bertujuan mengembangkan gagasan penulis. Supaya paparan tersebut semakin jelas dapat disertakan gambar, denah, dan angka-angka.

Contoh Teks Eksposisi

 Bias Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

Di waktu keadaan perekonomian global yang dilandasi krisis, pencapaian tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia menorehkan hasil yang baik. Padahal ekonomi Indonesia tumbuh kurang lebih 6,4 persen. Apabila dibandingkan, pada triwulan ke-2 tahun ini dengan periode yang sama tahun lalu.

Peningkatan ini masih tetap terfokus di Pulau Jawa dengan penambahan sekitar 57,7 persen. Seandainya diakumulasikan dan dibandingkan dengan semester I tahun 2011 yang tumbuh sekitar 6,3 persen. Pertumbuhan ekonomi Indonesia semester I tahun 2012 menjadi lebih baik.

Meskipun begitu, pertumbuhan ekonomi Indonesia dianggap berada pada anomali atau bias. Hal tersebut dikatakan oleh pengamat ekonomi Indonesia for Global Justice, Salamuddin Daeng, ia berkata bahwa tingkat pertumbuhan ekonomi ini tidak diimbangi dengan pertambahan tingkat kesejahteraan masyarakat.

Tak cukup sekadar itu, Daeng juga menunjukkan, setidak-tidaknya terdapat 4 faktor yang menyebabkan ekonomi Indonesia terjadinya bias. Pertama, nilai utang asing terus meningkat nilai pada perekonomian Indonesia yang lebih banyak ditengarai. Kedua, faktor pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia termasuk juga ikutnya peningkatan konsumsi masyarakat. Adapun sumber peningkatan konsumsi masyarakat adalah berasal dari kenaikan harga sandang pangan.

Di lain sisi, pengamat ekonomi dari Universitas Gadjah Mada A Tony Prasetiantono, menjelaskan sektor domestik berperan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Berdasarkan pendapatnya, pada tahun ini pada kuartal ke-3 dan ke-4 efek krisis global melalui defisit neraca perdagangan dan menurunnya ekspor baru akan terlihat. Ia beranggapan keterlibatan ekspor terhadap PDB tidaklah terlalu tinggi.

Berdasarkan pendapat A Tony Prasetiantono, lebih besar dan cepatnya pengeluaran pemerintah juga sangat menopang peningkatan, sejalan dengan hal tersebut, tingkat inflasi yang ada di bawah 5% dirasa bisa menolong, meskipun pada akhirnya tetap terdapat dampaknya, yaitu terus membengkaknya nilai subsidi energi sebenarnya tak sehat.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pengertian dan ciri-ciri teks eksposisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan anak didik di sekolah, khususnya materi teks eksposisi (pengertian dan ciri-ciri). Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian dan Ciri-Ciri Teks Eksposisi Revisi Terbaru 2016

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /