Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Unsur-Unsur yang Terdapat dalam Teks Eksposisi Revisi Terbaru 2016 Part 1

Berikut unsur-unsur yang terdapat dalam Teks Eksposisi

1. Gagasan dan Fakta
Teks eksposisi dibentuk oleh dua unsur utama,yakni gagasan dan fakta. Gagasan disebut juga pendapat. Isinya berupa pernyataan yang mungkin berupa komentar, penilaian, saran, dorongan, dan bujukan. Perhatikan contoh gagasan berikut.
Unsur-Unsur yang Terdapat dalam Teks Eksposisi Revisi Terbaru 2016 Part 1

a. Jika pemerintah tak tepat bertindak dalam sepuluh tahun mendatang, hutan di Sumatera akan musnah dan diikuti oleh musnahnya hutan di Kalimantan.
b. Pengelolaan hutan tidak menunjukkan adanya tanda-tanda perbaikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Fakta adalah keadaan atau peristiwa yang merupakan kenyataan; sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi. Dalam teks eksposisi, fakta berfungsi untuk memperkuat gagasan sehingga diharapkan lebih meyakinkan khalayak atau pembaca.

Perhatikan contoh kalimat fakta berikut.
a.  Selama bulan Januari -Oktober 2014, 45% dari keseluruhan titik kebakaran terkonsentrasi di Provinsi Riau.
b. Pada bulan Oktober 2014 terjadi kenaikan jumlah titik kebakaran yang cukup signifikan di Provinsi Riau, Sumatra Barat, dan Jambi.

Latihan:
Teks I
Menabung di bank memiliki banyak manfaat. Uang yang disimpan aman dari tangan orang yang tidak bertanggungjawab, Semakin lama, uang yang ditabung bertambah dan berbunga. Apabila ingin belanja, uang tabungan tak perlu diambil di bank, cukup dengan menggunakan ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Yang paling penting, pemilik uang tidak akan kehilangan uangnya.

Teks II
Salah satu penyebab unjuk rasa karena ketidakpercayaan pengunjuk rasa terhadap pelaksanaan berbagai aturan. Para pengunjuk rasa tidak menemukan pelampiasan atas ketidakpuasan yang mereka rasakan. Tekanan amarah yang tidak menemukan celah untuk keluar akhirnya menjadi amuk massa. Peristiwa tersebut mengakibatkan berbagai unjuk rasa yang sering berujung pada anarkisme massa jika aspirasi mereka tidak tersalurkan. Mereka ingin reaksinya diperhatikan.

1. Buktikan bahwa kedua kutipan teks tersebut merupakan bagian dari teks eksposisi!
2. Sampaikan hasil diskusi kalian kepada kelompok lain dengan cara berargumen pendapat!


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Unsur-Unsur yang Terdapat dalam Teks Eksposisi Revisi Terbaru 2016 Part 1