Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Unsur-Unsur yang Terdapat dalam Teks Eksposisi Revisi Terbaru 2016 (Definisi)

ilmubindo.com_ Pengertian devinisi dapat ditinjau dari bermacam-macam sudut. Pengertian devinisi yang dapat dibaca dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah 1) suatu pernyataan tentang maksud dengan suatu hal atau barang; 2) suatu pernyataan atau penjelasan tentang makna suatu kata atau frasa. Definisi dapat pula berarti suatu proses yang berusaha meletakkan batas-batas penggunaan sebuah kata.

Definisi dibedakan menjadi dua yaitu definisi secara sempit dan definisi secara luas. Definisi sempit bukan definisi mengenai suatu barang atau hal, melainkan mengenai suatu kata. Sementara itu, definisi luas mencakup pembatasan pengertian suatu barang atau hal yang didefinisikan. Agar lebih jelas, perhatikan contoh-contoh berikut.

Wadah-wadah plastik ada yang aman dan ada yang berbahaya. Untuk mengetahui wadah-wadah plastik itu aman, ada kode khusus yang terletak di bagian bawah wadah. Kode-kode itu biasanya berupa nomor. Dari nomor tersebut, kita bisa mengetahui wadah plastik yang aman dan tidak aman sebagai wadah makanan atau minuman. Kode-kode tersebut antara lain sebagai berikut.

Unsur-Unsur yang Terdapat dalam Teks Eksposisi Revisi Terbaru 2016 Part 5
www.ilmubindo.com

Kode plastik 1 biasanya disertai dengan tulisan PET (Petyettylene Terephthalate). Plastik golongan ini berwarna jernih/transparan dan sering dipakai untuk botol air minuman, jus, dan minuman ringan lainnya. Plastik ini direkomendasikan sekali pakai. Alasannya sebagai berikut.

1. Desain leher yang sempit pada botol membuatnya sulit dibersihkan. Bakteri dari tangan dan mulut dapat tumbuh di botol.

2. Jika terlalu sering dipakai untuk menyimpan air hangat/panas, panas tersebut akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik (bisa mengakibatkan kanker) dalam panjang.

Contoh tersebut merupakan teks eksposisi yang didefinisikan secara umum, lalu secara khusus. Definisi tersebut disebut juga definisi secara sempit.

Perhatikan kutipan berikut!
Badai debu adalah angin sangat kuat yang mengangkat debu dalam jumlah yang sangat tinggi kemudian menjatuhkannya kembali. Angin terbentuk di medan udara tempat udara panas naik dengan cepat. Awan debu yang spektakuler karena udara gurun yang kering mengandung sangat sedikit uap air.

Contoh tersebut merupakan teks eksposisi yang didefinisikan secara luas.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Unsur-Unsur yang Terdapat dalam Teks Eksposisi Revisi Terbaru 2016 (Definisi)