Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Unsur-Unsur yang Terdapat dalam Teks Eksposisi Revisi Terbaru 2016 Part 2

 Unsur-unsur yang terdapat dalam teks eksposisi yang kedua adalah 

2. Pola Pengembangan Teks Eksposisi
Selain mengemukakan struktur teks eksposisi, Gorys Keraf mengemukakan beberapa jenis teks eksposisi. Jenis-jenis teks eksposisi tersebut sebagai berikut.
Unsur-Unsur yang Terdapat dalam Teks Eksposisi Edisi Revisi Terbaru 2016 Part 2

a. Identifikasi
Eksposisi identifikasi merupakan sebuah metode yang berusaha menyebutkan ciri-ciri atau unsur-unsur pengenal suatu objek. Dengan menyebutkan ciri suatu objek diharapkan pembaca atau pendengar lebih mengenal objek tersebut.

Perhatikan kutipan berikut!
Jati utama merupakan jati yang diambil dari klon terbaik dari Muna, Sulawesi Tenggara. Itulah yang membedakan jati utama dari jati unggul lainnya. Jati utama teruji dengan iklim lingkungan di luar Jawa. Varietasnya paling cocok di tanam di luar Pulau Jawa, dengan ketinggian lebih kurang 700 m di atas permukaan laut.
Pertumbuhan jati utama mencapai 2-4 m diameter 13 cm saat umur 2 tahun. Jarak penanaman antarbatang 2x2 m. Penjarangan dilakukan setelah jati berumur 4-5 tahun. Dalam unsur itu ketinggian jati utama mencapai 1-7 m dengan diameter 25 cm. Jati utama dapat dipanen setelah umur 15 tahun.

Kutipan tersebut di atas merupakan contoh identifikasi objek yang berupa tanaman. Selain tanaman, objek identifikasi dapat berupa ciri seseorang.

Perhatikan kutipan berikut!
Syarifuddin anak seorang pengusaha kayu. Dia punya banyak uang. Kalau ada kegiatan yang kami rancang dan terancam gagal karena kurang dana, dia akan tampil sebagai malaikat penyelamat. Kulit keling dan rambutnya yang keriting membuat dia mudah dikenali. Menurut kabar yang kudengar, orang tuanya berasal dari Bima, tetapi dia lahir dan besar di Samarinda. Di mataku, Syarifuddin gemar melakukan sesuatu yang benar-benar hebat; dia suka menghadiahi kami buku-buku mahal. Buku tersebut tidak mungkin terbeli olehku ataupun teman-teman PII yang lain. Tidak seperti Syaiful, dia jarang bicara.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Unsur-Unsur yang Terdapat dalam Teks Eksposisi Revisi Terbaru 2016 Part 2