Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Unsur-Unsur yang Terdapat dalam Teks Eksposisi Revisi Terbaru 2016 Part 3

b. Perbandingan atau Pertentangan

Perbandingan atau pertentangan merupakan tipe analisis yang menggunakan teknik pengembangan paragraf dari paragraf itu sendiri. Kalimat utama yang mengandung pokok pikiran dalam paragraf dapat dijelaskan dengan cara membandingkan dengan masalah lain. Aspek yang dipakai sebagai pembanding harus bersifat konkret atau paling tidak sudah diketahui oleh masyarakat umum.

Perhatikan kutipan berikut!
Unsur-Unsur yang Terdapat dalam Teks Eksposisi Revisi Terbaru 2016 Part 3
Tibalah masa yang ditunggu-tunggu dengan dada berdebar-debar. Pertandingan bola voli babak semi final antara SMP Assisi melawan Madrasah Tsanawiyah Darusalam. Imran sudah melakukan pemanasan di pinggir lapangan dengan sepatu Yong Vi putih, kaus seragam berwarna biru dengan nomor punggung tujuh, yang tentu saja tanpa nama. Dirham juga terlihat makin gagah berbalut seragam tim. Barangkali santri perempuan memang senggaja memilih warna biru agar serasi melekat di tubuh Fadli yang keling atau aku yang sawo matang. Di dalam tim kami, ada empat orang yang bersepatu yakni Rizki, Dirham, Suparto, dan Imran. Sedangkan Fadli senasib denganku, nyeker.

Tim lawan, SMP Assisi, sudah bersiap-siap di pinggir lapangan di seberang tim kami. Empat orang pemain utama mereka, Joyto, William, Delon, dan Robert adalah sitatap denganku. Aku tahu tingkat kemampuan mereka karena rata-rata sekali seminggu aku bermain voli sama mereka. Namun, jangan bandingkan dengan penampilan mereka dengan tim kami. Laksana jauh panggang dari api, atau bagaimana langit dan bumi. Kaus mereka seragam, warna merah menyala. Di bagian punggung, di bawah nomor punggung, nama mereka tercetak dengan jelas dan terbaca dari kejauhan. Dengan demikian, setiap ada pergantian pemain, mereka tidak akan bertukar kaus seperti yang akan terjadin nanti, pada tim kami. Celana mereka seragam, putih mengkilap. Begitu juga dengan kaus kaki. Hanya sepatu yang beraneka ragam, tapi tetap lebih baik dari tim kami yang dua orang pemainnya masih nyeker. Sekali lagi, membandingkan tim voli "sekolah negara" ini tentu jauh berbeda dengan sekolah kami.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Unsur-Unsur yang Terdapat dalam Teks Eksposisi Revisi Terbaru 2016 Part 3