Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Cara Membaca Puisi Revisi Terbaru

Membaca puisi termasuk dalam kegiatan yang mengasah daya kreativitas. Di dalam kegiatan tersebut, kamu tidak hanya melisankan puisi secara nyaring, tetapi juga dituntut untuk bisa menyatakan ekspresi, lafal, tekanan, dan intonasi dengan benar.

Cara Membaca Puisi Revisi Terbaru

a. Ekspresi
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ekspresi adalah pengungkapan atau proses menyatakan (yaitu memperlihatkan atau menyatakan maksud, gagasan, atau perasaan); pandangan air muka yang memperlihatkan perasaan seseorang. Ketika membaca puisi, kamu harus dapat mengungkapkan maksud, gagasan, atau perasaan suatu puisi melalui air muka secara tepat, misalnya kegembiraan, antusias, harapan, dan semangat.

b. Lafal
Lafal adalah bunyi bahasa yang diucapkan seseorang. Dalam membaca puisi, kata-kata harus dilafalkan dengan jelas.

c. Tekanan
Tekanan berarti kuat lemahnya cara pengucapan kata atau kalimat. Tekanan berfungsi untuk menegaskan bagian kata yang satu dengan yang lain.

d. Intonasi
Intonasi adalah naik turunnya lagu kalimat. Perbedaan intonasi menyebabkan perbedaan maksud suatu kalimat. Intonasi dapat dibedakan menjadi empat yaitu intonasi berita, intonasi tanya, intonasi perintah, dan intonasi seru.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membaca Puisi Revisi Terbaru