Cara Mengidentifikasi Tujuan Teks Prosedur Revisi Terbaru

ilmubindo.com_ Angklung adalah musik tradisional asli Jawa Barat. Sebagai warisan asli Indonesia angklung perlu dilestarikan. Salah satu cara melestarikan angklung adalah dengan belajar memainkan angklung. Berikut cara memainkan angklung.

Cara Mengidentifikasi Tujuan Teks Prosedur Revisi Terbaru
  1. Peganglah angklung dengan tangan kiri. Pegang angklung dengan cara memegang simpul pertemuan dua tiang vertikal dan horizontal. Pegangan angklung tepat di tengah-tengah.   
  2. Peganglah dengan genggaman tangan dan telapak tangan menghadap ke atas atau ke bawah.
  3. Posisikan angklung yang dipegang tegak dan sejajar dengan tubuh. Jarak angklung dari tubuh sebaiknya cukup jauh agar angklung dapat digetarkan dengan baik dan maksimal.
  4. Peganglah ujung tabung dasar angklung (horizontal) dengan tangan kanan. Kemudian, getarkan dengan getaran ke kiri dan ke kanan. Pada saat digetarkan, sebaiknya posisi angklung terdengar nyaring.
  5. Sewaktu menggetarkan angklung, sebaiknya dilakukan dengan frekuensi getaran yang cukup sering sehingga suara angklung lebih rata.
Demikian langkah-langkah dalam memainkan angklung. Mari, ikut serta melestarikan angklung sebagai warisan budaya bangsa. Selamat berlatih! 


Cara Membuat Obat Tradisional Insomnia

Apakah Anda sulit tidur pada malam hari? Jika benar, Anda terkena insomnia. Insomnia dapat dihilangkan dengan resep tradisional. Salah satu resep tradisional warisan nenek moyang untuk penderita insomnia menggunakan buah pala.

Cara Mengidentifikasi Tujuan Teks Prosedur Revisi Terbaru
www.ilmubindo.com

Bahan-bahan:
  1. ¹/₂ biji buah pala.
  2. Segelas air hangat.
  3. Gula batu secukupnya
Langkah-langkah:
  1. Tumbuklah biji pala
  2. Parutlah biji pala yang telah ditumbuk.
  3. Setelah itu, seduh dengan segelas air hangat.
  4. Saat akan diminum, tambahkan sedikit gula batu atau madu sebagai pemanis.
  5. Aduk rata.
  6. Obat herbal insomnia buah pala siap diminum.
  7. Minumlah dua kali sehari, setiap kali minum satu gelas.

Cara Melakukan Gerakan Tari Tor Tor

 Tari tor tor merupakan tarian tradisional Provinsi Sumatra Utara. Tari tor tor memiliki gerakan yang sederhana. Gerakan tor tor dilakukan dengan menggerakkan tangan dan kaki. Berikut langkah-langkah menari tarian tor-tor.

Cara Mengidentifikasi Tujuan Teks Prosedur Revisi Terbaru
  1. Putar lagu dari daerah Sumatra Utara.
  2. Ambillah posisi kedua kaki rapat. Kaki kanan agak maju sedikit.
  3. Tangkupkan kedua telapak tangan di depan pinggang kanan. Pada gerakan ini, ujung ibu jari saling menyentuh.
  4. Gerakkan kedua telapak tangan perlahan ke arah kiri dan kanan. Ujung-ujung jari juga ikut digerakkan perlahan.
  5. Ganti gerakan kedua talapak tangan ke atas ke bawah. Gerakan kaki jinjit selama tangan bergerak ke kiri-kanan.
  6. Ulangi gerakan tangan dan kaki mengikuti irama gondang sampai lagu berakhir. 
Tari tor tor patut kita lestarikan. Melestarikan tari tor tor dapat dilakukan dengan cara mempelajarinya. Pelestarian tari tor tor merupakan tanggung jawab kita sebagai putra bangsa.

Dari ketiga teks tersebut dapat diketahui tujuan teks prosedur. Teks 1 bertujuan memandu orang memainkan angklung. Teks 2 bertujuan menunjukkan cara membuat resep tradisional bagi penderita insomnia. Teks 3 bertujuan menjelaskan langkah-langkah menari tor tor. Jadi, dapat disimpulkan tujuan teks prosedur adalah menjelaskan kegiatan yang harus dilakukan agar pembaca/pemirsa dapat secara tepat mengikuti langkah-langkah atau proses membuat sesuatu, melakukan sesuatu, atau menggunakan suatu alat.