Bahasa Indonesia SMP/SMA Kurikulum 2013

Cara Meringkas Teks Eksplanasi | Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 Revisi



Daftar Isi [Tampil]
ilmubindo.com | Bagaimana sih meringkas teks eksplanasi yang baik dan benar? Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan langkah-langkah meringkas teks eksplanasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 8. Semoga cara atau langkah yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang langkah-langkah meringkas teks eksplanasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami tentangl angkah-langkah meringkas teks eksplanasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Cara Meringkas Teks Eksplanasi | Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 Revisi
 www.ilmubindo.com

A. Pengertian Meringkas

Meringkas adalah menyajikan suatu karangan dalam bentuk lebih singkat. Saat meringkas, kita harus dapat menentukan ide-ide pokok suatu karangan panjang. Ide-ide pokok tersebut disusun dalam sebuah tulisan singkat. Meringkas bertujuan agar pembaca mudah memahami isi suatu karangan panjang.

B. Langkah Meringkas Teks Eksplanasi

Di bawah ini adalah beberapa cara untuk meringkas teks eksplanasi. Berikut ini langkah-langkah meringkas teks eksplanasi edisi revisi terbaru.
1. Peringkas harus membaca karangan yang akan diringkas secara menyeluruh. Agar peringkas benar-benar memahami isi karangan, peringkas dapat membacanya sebanyak dua sampai tiga kali.
2. Peringkas mencari ide-ide pokok dalam karangan. Peringkas dapat menemukan ide pokok di setiap paragraf karangan tersebut.
3. Peringkas menyusun ide-ide pokok tersebut menjadi kalimat-kalimat pendek.
4. Jika memungkinkan, ringkasan tersebut lebih dipadatkan atau diringkas lagi.
5. Peringkas dapat memadukan dan menceritakan kembali dengan menggunakan kata-kata sendiri.
C. Contoh Hasil Ringkasan 

Berikut ini adalah hasil dari meringkas isi teks eksplanasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh hasil ringkasan tersebut adalah sebagai berikut.

Gerhana Bulan

Gerhana bulan adalah salah satu fenomena alam yang terjadi karena bulan, bumi, dan matahari sedang berada tepat di garis lurus sama. Gerhana bulan dapat terjadi ketika sebagian atau seluruh penampakan bulan tertutup oleh bumi. Akibatnya cahaya matahari tidak dapat dipantulkan oleh bulan ke bumi karena terhalang oleh posisi bumi.

Apa itu gerhana bulan total atau seluruh? Gerhana bulan jenis ini terjadi jika bulan berposisi tepat ditengah bayangan gelap ketika sedang terjadi gerhana bulan. Gerhana total ini ada dua tipe yaitu gerhana bulan total negatif yang terjadi jika posisi bulan ada di atas NTT sehingga warnanya menjadi merah namun tidak merata dan gerhana bulan total positif yang terjadi jika melalui titik umbra sehingga warnanya merah merata.

Apa yang dimaksud dengan gerhana bulan separuh? Gerhana bulan penumbra terjadi apabila posisi bulan ada di daerah penumbra. Hal ini menyebabkan bukan dapat terliha namun memiliki warna yang suram. Gerhana ini dibagi menjadi dua tipe yaitu gerhana penumbra sebagian dan gerhana penumbra total.

Gerhana bulan adalah fenomena alam saat bulan terhalang bayangan bumi yang sangat cantik sehingga banyak orang ingin menikmati keindahannya meskipun hanya berlangsung sesaat. Banyak ahli meneliti dan mempelajari bagaimana proses terjadinya gerhana bulan. Gerhana bulan dapat muncul jika bulan dan matahari saling beroposisi. Namun, tidak semua oposisi in mengakibatkan gerhana karena bulan memiliki bidang orbit yang miring sebesar 5 derajat terhadap bidang ekliptika.

Cara memahami proses terjadinya gerhana bulan sangat mudah. Kalian dapat melihat titik perpotongan antara bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika. Perpotongan tersebut akan menghasilkan dua titik yang dikenal dengan 'node'. Terjadinya gerhana bulan adalah ketika bulan peroposisi dengan matahari terhadap node tepatnya di posisi 16,5 derajat dari node (di sebelah timur ataupun sebelah barat).

Tidak semua gerhana bulan yang terjadi akan membuat bulan tidak dapat terlihat sementara. Beberapa fenomena gerhana bulan justru menampakkan bulan dengan cahaya seperti merah, tembaga, maupun jingga. Hal ini disebabkan karena masih ada cahaya matahari yang dibelokkan oleh atmosfer bumi. Cahaya yang dibelokkan atmosfer bumi ini seringkali mempunyai spektrum cahaya berwarna merah.

D. Hasil Ringkasan Teks Eksplanasi

Gerhana bulan adalah salah satu fenomena alam yang terjadi karena bulan, bumi, dan matahari sedang berada tepat di garis lurus sama. Apa itu gerhana bulan total atau seluruh? Gerhana bulan jenis ini terjadi jika bulan berposisi tepat ditengah bayangan gelap ketika sedang terjadi gerhana bulan. Apa yang dimaksud dengan gerhana bulan separuh? Gerhana bulan penumbra terjadi apabila posisi bulan ada di daerah penumbra. Gerhana bulan adalah fenomena alam saat bulan terhalang bayangan bumi yang sangat cantik sehingga banyak orang ingin menikmati keindahannya meskipun hanya berlangsung sesaat. Cara memahami proses terjadinya gerhana bulan sangat mudah. Tidak semua gerhana bulan yang terjadi akan membuat bulan tidak dapat terlihat sementara. Beberapa fenomena gerhana bulan justru menampakkan bulan dengan cahaya seperti merah, tembaga, maupun jingga.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang langkah-langkah meringkas teks eksplanasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam memahami langkah-langkah meringkas teks eksplanasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Meringkas Teks Eksplanasi | Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 Revisi

Beranda / Google.com / Google.co.id / Blogger.com /