Ciri-Ciri Teks Eksplanasi Edisi Revisi Terbaru

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan artikel tentang ciri-ciri teks Eksplanasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Semoga materi yang admin bagikan kali ini dapat bermanfaat buat peserta didik dalam mencari referensi tentang ciri-ciri Teks Eksplanasi.

Berikut adalah ciri-ciri teks eksplanasi.
  • Teks Eksplanasi Menggunakan Istilah -Istilah Teknis
Istilah teknis adalah istilah berkaitan dengan bidang ilmu tertentu. Jika sebuah teks eksplanasi menjelaskan fenomena alam, istilah-istilah teknis di bidang ilmu alam akan digunakan. Kadang-kadang makna istilah teknis ini jarang diketahui oleh pembaca. Pembaca dapat menemukan artinya di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Pembaca dapat pula mencari arti kata di kamus istilah. Kamus istilah ialah kamus khusus yang berisi istilah-istilah di bidang tertentu. Istilah-istilah teknis juga sering diganti menjadi istilah-istilah populer. Penggantian ini dilakukan agar pembaca awam mudah memahami teks.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi Edisi Revisi Terbaru
 www.ilmubindo.com
  • Teks Eksplanasi Menggunakan Kalimat Aktif dan Pasif.
Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya melakukan pekerjaan. Contoh kalimat aktif, Andi membersihkan kelas. Dalam kalimat tersebut, Andi melakukan pekerjaan yaitu membersihkan kelas. Sebaliknya, kalimat pasif adalah kalimat yang subjeknya dikenai pekerjaan. Contoh kalimat pasif, Kelas dibersihkan oleh Andi. Dalam kalimat tersebut, kelas dikenai pekerjaan yaitu dibersihkan oleh Andi.

Ada perbedaan antara susunan kalimat aktif dan kalimat pasif. Kalimat aktif memiliki predikat kata kerja/verba bermakna 'melakukan pekerjaan'. Predikat tersebut diawali dengan imbuhan me-. Kalimat aktif memiliki susunan subjek, predikat, dan objek. Dalam contoh sebelumnya, Andi merupakan subjek. Kata membersihkan merupakan predikat. Kata kelas merupakan objek.

Kalimat pasif memiliki predikat kata kerja/verba berawalan di-. Subjek dalam kalimat aktif menjadi objek dalam kalimat pasif. Sebaliknya, objek dalam kalimat aktif menjadi subjek dalam kalimat pasif. Susunan unsur-unsur kalimat aktif ini dapat dilihat dalam contoh kalimat kelas dibersihkan oleh Andi.
  • Teks Eksplanasi Menggunakan Kalimat Tanya (Interogatif) dan Kalimat Berita (Deklaratif)
Kalimat tanya adalah kalimat yang mengandung makna pertanyaan. Sementara itu, kalimat berita adalah kalimat yang mengandung pernyataan tertentu. Kalimatnya diakhiri tanda tanya, sedangkan kalimat berita diakhiri tanda titik.

Perhatikan contoh berikut!
1) Mengapa hujan turun?
2) Hujan turun karena pengaruh curah hujan tinggi.

Kalimat 1) merupakan contoh kalimat tanya. Kalimat 2) merupakan contoh kalimat berita.
  • Teks Eksplanasi Ditulis untuk Menjawab Pertanyaan Bagaimana
Kata tanya bagaimana membutuhkan jawaban berupa proses sesuatu terjadi. Teks eksplanasi ditulis untuk menjelaskan suatu fenomena atau peristiwa (kronologis). Oleh karena itu, penulis teks eksplanasi harus menguasai bidang yang ditulisnya. Contohnya, teks eksplanasi tentang proses terjadinya gempa bumi sebaiknya ditulis oleh ahli geologi.
  • Teks Eksplanasi Ditulis untuk Menjawab Pertanyaan Mengapa
Kata tanya mengapa membutuhkan jawaban berupa penjelasan sebab-akibat (kausalitas). Dengan kata lain, teks eksplanasi tidak hanya menjelaskan proses, tetapi juga menjelaskan hubungan sebab-akibat. Oleh karena itu, penulis teks eksplanasi harus dapat menganalisis proses terjadinya sesuatu. Hasil analisis tersebut dipaparkan dalam sebuah teks eksplanasi.
  • Teks Eksplanasi Ditulis Berdasarkan Hasil Penelitian Ilmiah
Penelitian dapat dilakukan oleh penulis atau orang lain. Jika penelitian dilakukan oleh orang lain, penulis cukup mengutip hasil penelitian tersebut dalam teks. Penulis menjadikan hasil penelitian tersebut sebagai sumber referensi. Untuk menghargai jasa peneliti tersebut, penulis dapat mencantumkan nama sang peneliti sebagai orang yang mengemukakan pendapat yang dikutip.