Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Contoh Soal dan Kunci Jawaban Kalimat Acak dalam Teks Prosedur (Bag. 2)

ilmubindo.com Bacalah teks prosedur berjudul "Cara Memainkan Kolintang" yang di dalamnya terdapat kalimat acak dan perbaikilah menjadi kalimat prosedur yang benar!

Cara Memainkan Kolintang

Contoh Soal dan Kunci Jawaban Kalimat Acak dalam Teks Prosedur (Bag. 2)
  1. Pegang alat pemukul dua dan tiga dengan tangan kanan. Cara memegangnya dengan memasukkan alat pemukul kolintang di sela-sela jari tangan.
  2. Pukul kolintang sesuai accord yang akan dimainkan.
  3. Pegang alat pemukul satu dengan tangan kiri.
  4. Setelah selesai, taruhlah alat pemukul kolintang pada tempatnya.
  5. Ambillah alat pemukul kolintang.
Jawaban:
  1. Ambillah alat pemukul kolintang. Tindakan pertama dalam memainkan kolintang adalah mengambil alat pemukul kolintang. Alat pemukul kolintang terdiri atas tiga alat pemukul.
  2. Pegang alat pemukul satu dengan tangan kiri. Langkah setelah mengambil alat pemukul adalah memegang alat pemukul satu. Pemukul satu dipegang menggunakan tangan kiri.
  3. Pegang alat pemukul dua dan tiga dengan tangan kanan. Cara memegangnya dengan memasukkan alat pemukul kolintang di sela-sela jari tangan. Langkah ini menjelaskan perintah untuk memegang pemukul dua dan tiga. Pemukul dua dan tiga dipegang menggunakan tangan kanan. Cara memegangnya dengan memasukkan ke sela-sela jari tangan.
  4. Pukul kolintang sesuai accord yang akan dimainkan. Langkah yang dilakukan setelah memegang pemukul kolintang adalah menggunakan alat tersebut untuk memukul kolintang. Kolintang dipukul sesuai accord agar terdengar merdu.
  5. Setelah selesai, taruhlah alat pemukul kolintang pada tempatnya. Langkah ini merupakan langkah terakhir dalam memainkan kolintang. Setelah selesai memainkan kolintang, alat pemukul kolintang hendaknya ditempatkan pada tempatnya lagi.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Soal dan Kunci Jawaban Kalimat Acak dalam Teks Prosedur (Bag. 2)