Blog Kumpulan Informasi Seputar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SMP

Cara Menanggapi Cerita tentang Tokoh

ilmubindo.com_Apakah kamu mempunyai tokoh idola? Jawabnya pasti, “Ya”. Setiap orang pasti mempunyai tokoh idola. Tokoh yang kamu idolakan tentulah berbeda-beda, ada yang mengidolakan artis, pahlawan, tokoh nasional, olahragawan ataupun tokoh yang lain. Setiap tokoh yang kamu idolakan tersebut pasti mempunyai keistimewaan atau prestasi yang baik. Oleh karena itu, ia patut dijadikan idola.

Riwayat hidup dan prestasi yang diraih oleh idolamu dapat diketahui melalui media massa, seperti koran, majalah, televisi atau melalui internet. Kalian juga dapat mengetahuinya melalui wawancara langsung dan melalui pengamatan.

Apabila kamu telah mengenal tokoh yang diidolakan tersebut, tentu kamu dapat menceritakannya. Apa saja keistimewaannya? Mengapa kamu mengidolakannya? Bagaimana identitas tokoh idola kamu? Sebelum kamu menceritakan tokoh idolamu, perhatikan hal-hal yang perlu diceritakan mengenai tokoh idolamu itu, yaitu
  1. prestasi dalam bidangnya,
  2. perilakunya dalam bergaul atau cara bersosialisasi dengan masyarakat,
  3. keistimewaan tokoh, dan
  4. prestasi yang membanggakan untuk bangsa dan negaranya.

Agar dapat menceritakan tokoh idola dengan baik dan benar, perhatikan langkah-langkah berikut ini.
  1. Carilah data tentang tokoh idolamu (riwayat hidup, pribadi, keistimewaan, prestasi, dan sebagainya)!
  2. Tulislah satu tema yang menurutmu paling menarik mengenai tokoh idolamu! Tema itu dapat mengenai kerja kerasnya dalam mencapai prestasi di bidangnya, perjalanan hidupnya, kariernya, dan sebagainya.
  3. Tambahkan komentar mengenai tokoh idolamu tersebut!
  4. Gunakan bahasa yang baik!

Dengarkan pembacaan profil Ronaldinho di bawah ini!

Ronaldinho

Siapa yang tidak kenal pesepak bola Brasil ini? Penampilannya khas sekali, hitam manis, rambut ikal panjang, dan murah senyum. Nyaris ia tidak pernah marah di lapangan. Ia sangat terampil serta cekatan mengolah bola. Ya, itulah Ronaldo de Assis Moreira atau yang lebih dikenal dengan Ronaldinho.

Cara Menanggapi Cerita tentang Tokoh
www.ilmubindo.com

Ronaldinho lahir di Porto Alegre, Brasil, pada tanggal 21 Maret 1980. Pada usia delapan tahun, ia mulai bergabung di klub Gremio Yunior hingga usia delapan belas tahun. Karier Ronaldinho mulai menanjak ketika ia menjuarai Piala Dunia (U-17) di Mesir 1997. Dua tahun kemudian, ia bergabung di Tim Samba, Brasil. Ronaldinho sempat bermain empat tahun di klub Paris St Germain, Perancis. Tahun 2003, ia bergabung di FC Barcelona. Pada tahun 2002, ia ikut membawa Brasil menyabet gelar juara Piala Dunia. Selanjutnya, ia menjadi pemain Terbaik Dunia tahun 2004 dan 2005. Ia pun baru saja menggenggam juara La Liga (2005 dan 2006) dan Piala Champions 2006 bersama Bercelona. Wow, prestasinya memang luar biasa.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Siapa tokoh yang dibicarakan di atas?
  2. Di mana dan kapan Ronaldinho dilahirkan?
  3. Kapan Ronaldinho memulai kariernya?
  4. Prestasi apa saja yang pernah diraih Ronaldinho?
  5. Apa yang membuat penampilan Ronandinho khas?


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menanggapi Cerita tentang Tokoh